Seperti yang kita ketahui bersama, Pancasila lahir pada tanggal 1 Juni 1945. Ketika itu, tokoh kemerdekaan Indonesia sekaligus Presiden pertama Indonesia yaitu, Ir. Soekarno, mengusulkan rumusan Pancasila di dalam sidang pertama Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Bung Karno, memberikan 5 gagasan yang kemudian disebut dengan Pancasila atau 5 sila. Dari kelima sila itu memiliki contoh dan fungsinya masing-masing, tak terkecuali contoh sila ke-3 yang juga sangat penting.

Pancasila merupakan dasar negara yang mempunyai nilai-nilai luhur. Ini juga menjadi dasar kita dalam menjalankan kehidupan sehari-hari sekaligus dalam berbangsa dan bernegara. Itulah kenapa Pancasila sudah diajarkan kepada kita ketika masih kecil atau Sekolah Dasar. Sebab, di dalamnya memang memiliki peranan yang sangat penting seperti yang tercantum dalam contoh sila ke-3.

Tentunya Sedulur ingin tahu seperti apa contoh pengamalan sila ke-3 di sekolah keluarga dan masyarakat. Nah, berikut ini penjelasan lengkapnya mengenai pengamalan sila ke-3 di kehidupan sehari-hari. Yuk, simak lebih lanjut.

BACA JUGA: Nilai-nilai Pancasila: Pengertian & Contoh dalam Kehidupan

Pengamalan sila ke-3

detik.com

Sebelum masuk ke dalam contoh-contohnya, bunyi sila ke-3 adalah “Persatuan Indonesia”. Sesuai yang dikutip dalam Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, sila ke-3 ini mengandung nilai-nilai penting sebagai landasan kita untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Dalam sila ke-3 ini, terdapat 7 pengamalan yang dijelasakan di bawah ini:

  1. Mampu menempatkan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan.
  2. Sanggup dan rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa apabila diperlukan.
  3. Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa.
  4. Mengembangkan rasa kebanggaan berkebangsaan dan ber-Tanah Air Indonesia.
  5. Memelihara ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
  6. Mengembangkan persatuan Indonesia atas dasar Bhinneka Tunggal Ika.
  7. Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa.

BACA JUGA: 25 Contoh Pengamalan Sila ke-2 dalam Kehidupan Sehari hari

Contoh sila ke-3 dalam kehidupan sehari-hari

suara.com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bunyi sila ke-3 adalah “Persatuan Indonesia”. Sebagai dasar negara, sila ketiga dalam Pancasila itu memiliki makna dan arti yang sangat penting. Sehingga sila ketiga menjadi sebuah kewajiban bagi setiap warga negara untuk menegakkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Di sisi lain, kesatuan dan persatuan ini juga memegang peranan krusial di dalam berbagai aspek, contohnya seperti sosial, budaya, politik, sosial, ekonomi, hingga pertahanan dan keamanan. Itulah kenapa pengamalan sila ketiga ini wajib diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebab, hal ini juga memiliki tujuan untuk meningkatkan rasa persatuan di tengah-tengah masyarajat yang memiliki keanekaragaman budaya, suku, agama, dan lainnya. Sehingga rasanya wajib bagi kita semua untuk mengamalkan sila ketiga ini. Tentunya dengan begitu, kita bisa hidup di tengah-tengah perdamaian dan kerukunan dengan sesama warga negara. Kehidupan kita pun juga akan berjalan lebih harmonis dengan banyak orang.

Contoh sila ke-3 di rumah

kalderanews.com

Ketika kamu di lingkungan keluarga atau di rumah, ada contoh penerapan sila ke-3 yang bisa Sedulur coba. Sebab contoh sila ke-3 ini gak cuma ketika kita dengan orang lain atau saat di luar, tapi dengan orang-orang di rumah juga penting. Berikut contohnya:

  • Rajin dan giat belajar untuk tujuan menuntut ilmu agar bisa membanggakan kedua orangtua.
  • Selalu menghormati anggota keluarga yang lebih tua dan tidak lupa untuk menghargai anggota keluarga yang lebih muda.
  • Selalu membantu anggota keluarga yang sedang melakukan pekerjaan rumah.
  • Selalu mendahulukan kepentingan bersama (keluarga) serta mengabaikan kepentingan pribadi.
  • Mengembangkan serta menciptakan suasana rukun di rumah.

BACA JUGA: Makna Lambang Sila ke-2, Rantai Emas dalam Pancasila

Contoh sila ke-3 di sekolah

tirto.id

Ketika kamu di sekolah juga perlu mengamalkan sila ketiga. Contoh sila ke-3 pun cukup banyak dan bisa kamu lakukan di lingkungan sekolah. Nah, bagi kamu yang ingin tahu seperti apa contohnya, berikut ini beberapa hal positif yang bisa kamu terapkan di lingkungan di mana kamu belajar dan menuntut ilmu.

  • Giat dan tekun belajar agar bisa membanggakan nama baik sekolah.
  • Saling menghargai antar sesama warga sekolah.
  • Mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi ataupun kelompok.
  • Menjaga kerukunan antar warga sekolah.
  • Menunjukkan rasa cinta terhadap Tanah Air, bangsa, dan negara dengan melakukan upacara bendera dengan khidmad dan tertib, mempelajari sejarah bangsa agar semakin menghargai jasa dan perjuangan para pahlawan, dan mengetahui serta hafal lagu-lagu nasional.

BACA JUGA: 9 Fungsi Pancasila sebagai Pedoman Hidup Bangsa Indonesia

Contoh sila ke-3 di lingkungan masyarakat

tni-au.mil.id

Hidup bermasyarakat perlu adanya aturan yang harus kamu taati. Dalam kaitannya sila ketiga, banyak contohnya yang wajib kamu amalkan bersama dengan anggota masyarakat lainnya. Sebab, dengan melakukan contoh sila ke-3, tentunya nilai persatuan dan kesatuan di dalam masyarakat bisa berjalan dengan semestinya. Kerukunan dan kedamaian di lingkungan tempat tinggal kamu pun akan tercipta. Lalu apa saja ya contohnya? Berikut di antaranya:

  • Ikut serta dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan di lingkungan sekitar tempat tinggal, seperti kerja bakti ataupun siskamling.
  • Rela membayar pajak sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Rela mengorbankan harta, tenaga, maupun jiwa raga apabila diperlukan untuk melindungi kedaulatan bangsa dan negara.
  • Mematuhi peraturan hukum dan undang-undang yang berlaku di negara Indonesia.
  • Mau merelakan sebagian tanahnya untuk pembangunan fasilitas umum dengan memperoleh penggantian yang layak.
  • Menjaga semangat persatuan dan kesatuan.
  • Menggunakan barang-barang buatan dalam negeri.
  • Mencintai budaya bangsa, seperti tarian daerah dan lagu daerah.
  • Melestarikan lingkungan alam dan melestarikan budaya bangsa dengan mempelajarinya.
  • Memiliki rasa bangga menjadi rakyat Indonesia.
  • Mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi ataupun golongan.

Dengan membaca artikel ini, diharapkan Sedulur sudah tidak bingung lagi dengan contoh sila ke-3. Sebab, banyak banget aspek di kehidupan kita yang perlu mengamalkan salah satu sila dalam Pancasila ini. Dengan begitu, nilai persatuan dan kesatuan bisa tercipta di lingkungan terdekat kita. Jika semua orang bisa melakukan hal yang sama, bukan tidak mungkin persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia akan semakin kuat ke depannya. Yuk, mulai sekarang menerapkan sila ketiga dari Pancasila ini di dalam kehidupan kamu.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!