Pancasila merupakan dasar negara yang menjadi pedoman bagi seluruh masyarakat Indonesia dalam menjalani kehidupannya sehari-hari. Pancasila sendiri terdiri dari 5 sila, dan setiap sila memiliki artinya sendiri-sendiri. Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas seputar arti lambang sila ke-2.

Arti dari lambang sila ke-2 apa Sedulur sudah tahu? Ya, walaupun tidak secara langsung, namun ternyata sila yang ke-2 ini sering kita temui, lho. Jadi tidak hanya sekadar lambang saja, tapi juga menjadi panutan dalam  kehidupan bernegara dan bermasyarakat.

Nah, bagi Sedulur yang ingin tahu secara lebih lanjut mengenai arti lambang sila ke-2 dan bunyinya, langsung saja simak informasi yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: Hasil Sidang BPUPKI I dan II untuk Kemerdekaan Indonesia

-->

Pemahaman dan bunyi sila ke-2

lambang sila ke-2
Cerdika

Untuk bunyi Pancasila sila ke-2 yakni “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”. Kemudian rantai sebagai lambang dari sila tersebut, mempunyai arti yang sangat mendalam terutama dalam kehidupan seluruh masyarakat Indonesia.

Hal ini karena rantai terdiri dari rantai yang berbentuk bulat dan juga rantai persegi yang saling berkaitan antara satu dengan lainnya. Untuk rantai yang bulat, diibaratkan sebagai kaum perempuan. Sedangkan untuk rantai persegi adalah laki-laki.

Nah, dari bentuk rantai tersebut, maka bisa disimpulkan jika arti lambang sila ke-2 yaitu melambangkan bahwa setiap rakyat baik itu perempuan maupun laki-laki, harus bersatu agar bisa menjadi kuat layaknya sebuah rantai.

Terdapat beberapa nilai yang terkandung di dalam sila ke-2 Pancasila, di antaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Kesamaan derajat antara sesama manusia.
  • Kesopanan dan juga beradab.
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.
  • Rasa empati serta kasih sayang.

Nilai-nilai tersebut, harus kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari agar tercipta kondisi masyarakat yang ideal bagi seluruh rakyat Indonesia.

Contoh sikap sila ke-2

lambang sila ke-2
Pixabay

Ya, sebenarnya masyarakat telah mempunyai pegangan yang kuat secara mendasar dari Pancasila dalam berbagai lini kehidupan. Hal ini dibuktikan dengan beberapa contoh sikap di bawah ini.

  • Mau berteman dengan siapa saja tanpa memandang suku, agama, dan juga ras.
  • Menjadi relawan yang membantu menolong korban bencana.
  • Menjalani berbagai kewajiban sebagai pelajar, seperti belajar dan mengerjakan tugas.
  • Menolong teman yang sedang dalam keadaan susah atau sulit.
  • Saling menyayangi antar teman, baik di lingkungan sekolah, rumah, dan kerja.

Jadi, sekarang sudah paham ‘kan contoh pengalaman dari lambang sila ke-2? Pastikan Sedulur mengamalkan sila yang ke-2 ini dalam kehidupan, ya!

BACA JUGA: Pancasila Sebagai Ideologi Negara: Arti & Makna Dalam Kehidupan

Arti lambang Pancasila sila yang lain

Good News Form Indonesia

Tidak hanya sila yang ke-2 saja, Sedulur juga harus mengamalkan sila-sila yang lain. Nah, berikut penjelasan singkat mengenai arti lambang Pancasila yang lain.

  • Arti lambang sila ke-1

Bintang adalah simbol sila yang menggambarkan cahaya, layaknya cahaya kerohanian yang berasal dari Tuhan dan berikan pada manusia.

  • Arti lambang sila ke-3

Pohon Beringin dikorelasikan sebagai Indonesia, di mana setiap rakyat bisa ‘berteduh’ di bawah naungan NKRI.

  • Arti lambang sila ke-4

Kepala bateng punya filosofi sebagai hewan sosial yang selalu bergerombol. Seperti musyawarah, di mana ada banyak orang yang berdiskusi untuk suatu keputusan.

  • Arti lambang sila ke-5

Padi dan kapas menjadi simbol pangan dan sandang. Hal itu menyiratkan jika syarat utama berdirinya sebuah negara yang adil adalah bisa mencapai kemakmuran bagi rakyatnya.

BACA JUGA: Mengenal Makna Lambang Garuda Pancasila hingga Sejarahnya

Nah, itu dia penjelasan secara lengkap mengenai arti lambang sila ke-2 dan juga sedikit mengenai sila-sila Pancasila yang lain. Sebagai warga negara yang hidup di dalam Indonesia yang merdeka, kita harus selalu menghargai jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan, adalah dengan selalu menjadikan Pancasila sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.