Ciri ciri kucing akan melahirkan menjadi salah satu hal yang perlu Sedulur ketahui, terlebih lagi jika Sedulur memang memelihara hewan lucu tersebut di rumah. Kucing merupakan hewan yang lazim dipelihara. Selain karena wujudnya yang lucu menggemaskan, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kucing yang dipelihara dapat membuat hidup kita menjadi lebih bahagia dan sehat.

Kucing termasuk ke dalam kelompok hewan mamalia. Karenanya, ia berkembang biak dengan cara melahirkan atau vivipar. Setelah sembilan minggu mengandung, biasanya naluri kucing akan mulai mempersiapkan proses persalinan sendiri. Nah, ada beberapa tanda yang perlu Sedulur ketahui untuk menyambut anabul (anak bulu) baru tersebut.

Apa saja kira-kira ciri ciri kucing akan melahirkan? Simak beberapa informasinya dalam artikel berikut ini, yuk Sedulur!

BACA JUGA: Manfaat Ikan Lele yang Tinggi Protein untuk Ibu Hamil  

Kucing, hewan peliharaan berbulu yang menggemaskan

Depositphotos

Sebelum masuk ke dalam pembahasan inti mengenai ciri ciri kucing akan melahirkan, ada baiknya kita terlebih dahulu mengulas sekilas tentang kucing. Kucing (Felis silvestris atau Felis catus) adalah hewan yang sudah akrab dengan kehidupan manusia sejak beribu-ribu tahun yang lalu.

Kucing termasuk ke salah satu hewan peliharaan yang paling populer di dunia. Ia sendiri terbagi menjadi beberapa ras, seperti domestik, persia, siam, manx, dan sphinx. Rata-rata kucing mampu hidup mencapai usia 20 tahun.

BACA JUGA: Inspirasi Outfit Kondangan yang Stylish dan Simple Anti Ribet

Ciri ciri kucing akan melahirkan, kenali tanda-tandanya!

Depositphotos

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kucing termasuk ke dalam kelompok hewan mamalia. Karenanya, ia berkembang biak dengan cara melahirkan atau vivipar. Menurut sebuah sumber informasi, terdapat beberapa tanda-tanda yang bisa Sedulur kenali ketika kucing akan melahirkan. 

Beberapa tanda yang paling mencolok adalah mencari tempat yang nyaman, mengeong sepanjang waktu, menjilati tubuhnya, cenderung lebih manja, dan keluar cairan dari kelenjar susu. Yuk, kenali 5 tanda kucing akan melahirkan tersebut!

BACA JUGA: Senam Ritmik: Pengertian, Sejarah, Unsur, Manfaat dan Jenisnya

1. Mencari tempat yang nyaman

Depositphotos

Ciri ciri kucing akan melahirkan yang pertama adalah ia mulai mencari tempat yang nyaman. Tempat tersebut nantinya akan dijadikan untuk bersalin. Satu atau dua hari sebelum melahirkan, kucing biasanya akan mondar-mandir mengelilingi isi rumah. 

Ya, kucing memiliki naluri yang sangat unik ketika hendak melahirkan. Walaupun biasanya orang yang memelihara kucing telah menyiapkan kandang tempat tinggal, tidak jarang biasanya kucing akan lebih memilih tempat lain ketika dirasa waktu persalinan akan tiba.

Jadi, jangan heran ketika kucing terlihat gelisah dan menelusuri seluk-beluk rumah, ya Sedulur. Ia sejatinya sedang mencari tempat yang pas sesuai dengan keinginannya untuk mengawali perjalanan menjadi induk. 

Kucing biasanya akan terlihat menyusuri lokasi-lokasi yang sempit dan agak sulit terjangkau di dalam rumah. Ia akan memilih tempat yang sekiranya aman dari gangguan luar demi anak-anak barunya. Tempat yang menjadi favorit kucing untuk melahirkan adalah tempat yang aman dan hangat, seperti lemari baju, dapur, atap rumah, atau di bawah ranjang tidur.

BACA JUGA: 12 Fakta Bunga Abadi Edelweis yang Ternyata Dilarang Dipetik

2. Mengeong sepanjang waktu

ciri ciri kucing akan melahirkan
Depositphotos

Pernahkah Sedulur menyadari bahwa kucing akan terus-terusan mengeong kita menjelang hari H? Ya, itu juga termasuk tanda yang paling mencolok ketika kucing hendak melahirkan. Ia berusaha menginformasikan kepada lingkungan sekitar bahwa anak-anaknya akan segera hadir ke dunia.

Jika Sedulur mendapati induk kucing yang hamil terus-menerus mengeong, sebaiknya mulai pisahkan ia dari peliharaan lain, ya. Kucing juga memiliki hak privasi agar ia tetap nyaman dan fokus selama menjelang proses kelahiran hingga bayi-bayinya tiba.

BACA JUGA: 120 Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islam & Artinya yang Indah

3. Menjilati tubuhnya

ciri ciri kucing akan melahirkan
Depositphotos

Kita sering melihat kucing menjilati tubuhnya sebagai salah satu mekanisme untuk membersihkan diri dari kotoran. Akan tetapi, ketika induk kucing yang sedang hamil tersebut kedapatan menjilati tubuhnya secara berlebihan, maka itu termasuk ciri ciri kucing akan melahirkan.

Biasanya Sedulur akan mendapati sang induk kucing menjilati daerah sekitar kelaminnya. Hal tersebut ia lakukan untuk merangsang hormon agar proses persalinan menjadi lancar. Biarkan kucing sendirian saja apabila ia sedang menjilati tubuhnya agar tetap fokus dengan proses melahirkan tersebut.

4. Cenderung lebih manja

ciri ciri kucing akan melahirkan
Depositphotos

Ciri ciri kucing melahirkan selanjutnya adalah ia cenderung lebih manja ketimbang biasanya. Kucing akan sering meminta untuk sekedar dielus atau dipangku. Ia mengisyaratkan bahwa momen yang ditunggu-tunggu akan segera tiba dan membutuhkan bantuan serta perlindungan menjelang proses persalinan.

5. Keluar cairan dari kelenjar susu

ciri ciri kucing akan melahirkan
Depositphotos

Tanda-tanda selanjutnya yang paling mencolok adalah keluar cairan dari kelenjar susu. Ya, perut kucing bagian bawah akan terlihat sedikit lembab dan basah. Hal tersebut wajar karena merupakan reaksi alami dari tubuh kucing menjelang lahirnya anak-anak yang dikandung. 

Nah Sedulur, di atas merupakan informasi singkat dari ciri ciri kucing akan melahirkan. Beberapa tanda-tanda yang dapat Sedulur kenali adalah kucing yang nampak mondar-mandir untuk mencari tempat persalinan nyaman, dan selalu mengeong sepanjang waktu. 

Lebih lanjut lagi, apabila kucing Sedulur yang sedang hamil tersebut terus-menerus menjilati tubuhnya, bersifat sangat manja, serta mengeluarkan cairan dari kelenjar susu, sudah sepatutnya Sedulur untuk mempersiapkan kehadiran anabul-anabul baru di keluarga Sedulur. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, ya! 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.