lele ibu hamil

Tahukan Sedulur bahwa ternyata ikan lele memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil? Kandungan berbagai nutrisi pada ikan lele dapat membantu perkembangan janin dan membantu meningkatkan imun ibu hamil. 

Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi dalam ikan lele seperti vitamin D, vitamin B12 dan masih banyak yang lainnya. Penasaran dengan apa saja manfaat lele untuk ibu hamil? Yuk simka rangkuman infromasinya berikut ini!

BACA JUGA : 15 Manfaat Habbatussauda Bagi Kesehatan Tubuh & Kulit

Kandungan nutrisi dan ikan lele

lele ibu hamil
iStock

Dilansir dari Healthline, ikan lele mengandung banyak nutrisi yang tidak bisa Sedulur diremehkan. Dalam satu porsi ikan lele atau sekitar 100 gram, terdapat beberapa nutrisi di antaranya yaitu sebagai berikut.

-->
  • Kalori: 105.
  • Lemak: 2,9 gram.
  • Protein: 18 gram.
  • Natrium: 50 milligram.
  • Vitamin B12: 121% dari kebutuhan harian.
  • Selenium: 26% dari kebutuhan harian.
  • Fosfor: 24% dari kebutuhan harian.
  • Tiamin: 15% persen dari kebutuhan harian.
  • Kalium: 19% dari kebutuhan harian.
  • Kolesterol: 24%dari kebutuhan harian.
  • Asam lemak omega-3: 237 miligram.
  • Asam lemak omega-6: 337 miligram

BACA JUGA : 10 Manfaat Pisang Klutuk untuk Kesehatan dan Kecantikan

Setelah mengetahui kandungan nutrisi pada ikan lele, berikut manfaatnya untuk ibu hamil yang perlu Sedulur ketahui. 

1. Mengurangi risiko cacat janin

Freepik

Manfaat yang pertama mengonsumsi ikan lele bagi ibu hamil adalah dapat mencegah dan mengurangi risiko bayi lahir cacat. Hal ini dikarenakan ikan lele mengandung sumber vitamin B12 yang hanya ditemukan pada produk hewani.

Vitamin B12 ini juga dipercaya berfungsi untuk mencegah risiko cacat pada janin. Tak hanya itu, nutrisi juga dibutuhkan untuk membantu tubuh membuat DNA dan menjaga saraf serta membuat sel darah berfungsi dengan baik.

2. Mengoptimalkan otak janin

lele ibu hamil
Freepik

Ikan lele juga bermanfaat untuk mengoptimalkan otak janin. Ikan lele memiliki sumber lemak omega yang baik. Secara khusus, asam lemak omega -3 seperti asam eikosapentaenoat (EPA) dan juga asama docosahexaenoic (DHA) sangat baik untuk otak, jantung, sistem kekebalan tubuh dan mata bayi dalam kandungan.

3. Mencegah gangguan tulang

Freepik

Manfaat ikan lele bagi ibu hamil yang selanjutnya adalahdapat mencegah gangguan pada tulang. Lele juga menjadi sumber vitamin D yang sangat baik yang tidak ditemukan dibeberapa jenis ikan lain.

Tak hanya bermanfaat untuk mencegah gangguan tulang pada ibu hamil, vitamin D pada ikan lele juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin. Selain itu , kandungan vitamin D tersebut juga membantu menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh Anda dan mengatur pertumbuhan sel di seluruh tubuh.

4. Meningkatkan imun pada ibu hamil

Freepik

Ketika sedang masa kehamilan, nutrisi tentu sangat diperlukan demi Kesehatan janin dan juga ibunya. Untuk itu, Sedulur perlu memenuhi nutrisi tersebut, salah satunya dengan mengonsumsi ikan lele. Ikan lele sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh yang akan membuat kondisi kesehatan ibu hamil tidak mudah sakit.

BACA JUGA : Manfaat Tumbuhan Bagi Lingkungan Rumah, Perlu Diketahui

5. Membantu pertumbuhan janin

Freepik

Selain bermanfaat untuk ibu hamil, ikan lele juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan janin. Untuk membantu perkembangan janin, ibu hamil dapat mengonsumsi asupan omega 3 sebagai pelengkap nutrisi selama kehamilan. Tingginya kandungan omega 3 pada lele ini tentunya dapat memenuhi asupan omega 3 untuk tubuh.

6. Membantu diet yang baik

lele ibu hamil
Freepik

Diet yang sehat diperlukan ibu hamil untuk menunjang tumbuh kembang janinnya. Tak jarang, dokter menyarankan ibu hamil untuk melakukan diet karena berat badan janin di atas rata-rata. Maka dari itu Sedulur dapat mengonsumsi ikan lele selama diet.

Manfaat ikan lele untuk ibu hamil yang satu ini membantu melakukan diet tanpa khawatir. Ikan lele kaya akan protein. Mengonsumsi protein yang tinggi membuat ibu hamil lebih kenyang dan mengurangi rasa lapar. 

7. Memberikan energi

lele ibu hamil
Freepik

Manfaat ikan lele untuk ibu hamil selanjutnya yaitu memberikan energi. Ketika sedang hamil banyak energi yang terkuras karena merasakan mual dan muntah. Agar tidak kehabisan energi dan nantinya mempengaruhi kesehatan janin, tak ada salahnya untuk mengonsumsi ikan lele.

Ikan lele mengandung lebih banyak fosfor dibandingkan dengan telur. Telur hanya mengandung 100 mg fosfor sedangkan ikan lele mencapai 168 mg/100 gram. Fosfor ini berfungsi untuk memberikan penguatan dan energi di dalam tubuh.

8. Meringankan persendian

lele ibu hamil
Freepik

Manfaat ikan lele untuk ibu hamil yang tak bisa diremehkan adalah membantu meringankan nyeri sendi. Selama hamil, biasanya ibu hamil akan merasakan pegal bahkan nyeri di beberapa bagian tubuh. Hal ini merupakan salah satu gejala yang kerap dikeluhkan Kondisi ini karena bobot tubuh bertambah selama mengandung dan membuat kaki menahan beban.

Tak jarang, ibu hamil mengeluhkan nyeri pada tulang atau sendi. Nyeri sendi merupakan sebuah kondisi munculnya rasa tidak nyaman, peradangan, dan nyeri pada bagian sendi. Sebuah penelitian menemukan adanya hubungan antara lemak omega-3 yang terkandung pada ikan membantu mencegah dan meringankan gejala rheumatoid arthritis, suatu kondisi yang menyebabkan persendian membengkak dan pegal.

9. Baik untuk pencernaan

Freepik

Ibu hamil biasanya sering mengalami gangguan pencernaan. Hal ini memang wajar karena adanya perubahan hormon. Nah, untuk mengurangi gangguan pada pencernaan, ibu hamil dapat mengonsumsi ikan lele. Ikan lele bermanfaat untuk membantu melindungi tubuh dari penyakit radang usus besar (BD) termasuk penyakit Crohn dan colitis ulserativa.

BACA JUGA : 10 Manfaat Gerakan Sholat untuk Kesehatan Tubuh & Mental

Tips membersihkan dan mengolah lele 

Kompas.com

Nah, agar ikan lele bersih dan aman dikonsumsi ibu hamil, yuk simak tips memilih, membersihkan, serta mengolah ikan lele di bawah ini. 

1. Pilih lele yang masih hidup

Ikan lele yang masih hidup tentunya lebih segar. Pastikan juga ikan tersebut sehat. Sedulur dapat melihat ukuran, kelincahan, dan tekstur daging yang tidak lembek. 

2. Bersihkan lele

Tips selanjutnya adalah rendam lele (yang sudah dalam keadaan mati) dengan air cuka. Hal ini bertujuan agar dapat menyingkirkan semua lendir sehingga mudah untuk dibersihkan.

3. Buang isi perut

Tahap berikutnya  membersihkan dan membuang isi perut ikan lele. Agar bersih sepenuhnya, Sedulur juga dapat membelah dari bagian dekat kepala hingga ujung akhir mengikuti garis tulang untuk membuang semua kotoran dalam perutnya.

4. Rendam jeruk nipis

Sebelum dimasak, rendam dulu dengan jeruk nipis atau lemon agar bau amisnya hilang. Diamkan selama 10-15 menit dan lele siap diolah. Masak hingga benar-benar matang.

 

Demikianlah penjelasan tentang manfaat lele untuk ibu hamil dan tips membersihkannya agar tidak mau. Meski memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil, Sedulur harus tetap memperhatikan porsi saat mengonsumi ikan lele ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.