cara untuk lebih mandiri

Banyak orang berpendapat, kemandirian akan dengan sendirinya tumbuh seiring bertambahnya usia. Berbagai peristiwa yang dialami akan menjadi pengalaman hidup yang membentuk seseorang menjadi pribadi yang mandiri. Meski begitu, bagi sebagian orang lainnya, bersikap mandiri ternyata bukanlah hal yang mudah terlepas dari berapapun usianya. Sebab, mandiri tidak terbatas hanya pada keberanian untuk melakukan pekerjaan tanpa bantuan orang lain, melainkan juga berkaitan dengan rasa percaya kepada diri sendiri. Oleh sebab itu, mencari tahu cara untuk lebih mandiri kerap diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Nah, apakah Sedulur juga ingin berubah menjadi pribadi yang lebih mandiri? Berikut Super telah merangkum beberapa tips cara untuk lebih mandiri. Yuk, langsung disimak informasinya!

BACA JUGA: Mengenal Kepribadian Lone Wolf Beserta Tanda-Tandanya

7 cara untuk lebih mandiri yang bisa Sedulur coba

Ada beragam kiat-kiat untuk menjadi individu yang mandiri yang dapat Sedulur ikuti. Mulai dari memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri, mengubah cara berpikir, hingga belajar untuk mengetahui kapan harus meminta tolong kepada orang lain. Untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut.

1. Memahami dan menerima diri sendiri

cara untuk lebih mandiri
iStock

Hal pertama yang perlu Sedulur lakukan untuk menjadi pribadi yang lebih mandiri adalah memahami dan menerima diri sendiri. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sayangnya, kerap kali kekurangan menjadi sesuatu yang sulit untuk diterima. Bahkan tidak jarang seseorang menjadi tidak percaya diri karena memiliki kekurangan tertentu.

Di sisi lain, tak sedikit orang yang ternyata tidak memahami dengan baik kelebihan yang ia miliki. Kondisi tersebut membuatnya sering memandang rendah terhadap dirinya sendiri. Termasuk meragukan kemampuan yang dimiliki untuk melakukan suatu pekerjaan atau memikul tanggung jawab tertentu.

Memahami dan menerima diri sendiri tentu akan menjadi langkah awal yang baik untuk bisa menjadi pribadi yang mandiri. Sebab, dengan demikian Sedulur bisa memiliki kepercayaan diri untuk mengerjakan suatu tugas atau tanggung jawab tanpa bergantung pada orang lain.

2. Percaya kepada diri sendiri

cara untuk lebih mandiri
Depositphotos

Cara untuk lebih mandiri yang berikutnya adalah percaya kepada diri sendiri. Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, rasa percaya kepada diri sendiri dapat muncul setelah Sedulur memahami kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki. Pengakuan dan penerimaan atas hal tersebut akan menumbuhkan rasa percaya bahwa Sedulur mampu melakukan suatu tugas atau menyelesaikan suatu urusan.

Sebaliknya, tidak adanya rasa percaya atas kemampuan yang dimiliki bisa berakibat pada sikap tidak percaya diri, pesimis, hingga bergantung pada orang lain. Sebab, ketika Sedulur tidak yakin akan mampu melakukan sesuatu, biasanya akan muncul dorongan untuk meminta tolong kepada orang lain. Hal ini tentu akan membawa dampak buruk jika terjadi secara terus menerus karena membuat Sedulur menjadi bergantung pada orang lain dan tidak terbiasa untuk menyelesaikan suatu urusan secara mandiri.

BACA JUGA: Mengenal Karakter Jack Lockley, Kepribadian Lain Moon Knight

3. Berpikir untuk lebih mandiri

Freepik

Mindset atau cara berpikir juga memiliki peran penting dalam melatih diri menjadi orang yang lebih mandiri. Berpikir mandiri artinya berusaha untuk mengambil keputusan dengan mempertimbangkan banyak hal seperti keadaan sekitar, pengetahuan terkait, maupun meminta pendapat orang lain sebagai referensi. Meski masih melibatkan orang lain, pada akhirnya Sedulur harus mengambil keputusan sendiri dan bertanggung jawab terhadap konsekuensi atas pilihan tersebut.

Adapun pendapat orang lain bisa menjadi bahan untuk mengembangkan sudut pandang sehingga Sedulur bisa memiliki pertimbangan lebih sebelum menentukan pilihan. Untuk itu, berlatih berpikir mandiri bisa dimulai dengan memperkaya wawasan atau pengetahuan, termasuk berdiskusi dengan orang lain.

4. Berusaha menyelesaikan urusan sendiri

Freepik

Salah satu kunci untuk menjadi lebih mandiri adalah mengetahui kapan harus meminta bantuan orang lain. Seperti yang diketahui, meminta bantuan sebenarnya bukanlah hal yang buruk. Terlebih jika mengingat manusia adalah makhluk sosial yang perlu berinteraksi dengan orang lain termasuk dalam hal menyelesaikan suatu urusan. Meski demikian, hal ini tidak berarti Sedulur harus meminta bantuan untuk setiap pekerjaan yang dilakukan.

Cara untuk lebih mandiri di sini bisa diterapkan dengan memahami kemampuan yang dimiliki dan berusaha untuk menyelesaikan urusan secara mandiri tanpa meminta bantuan kepada orang lain. Jika memang ada hal yang berada di luar porsi kemampuan, Sedulur bisa meminta bantuan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Namun buat batasan sampai mana bantuan tersebut diperlukan.

5. Memperkaya wawasan

Freepik

Dalam kehidupan yang dinamis, akan selalu ada hal baru yang perlu untuk dieksplorasi. Untuk itu, mempelajari atau mengeksplorasi hal baru menjadi hal yang penting dilakukan, termasuk untuk bisa menjadi pribadi yang mandiri.

Sedulur bisa melakukannya dengan membaca buku, mengunjungi tempat-tempat baru, atau saling berbagi pengalaman dengan orang lain. Dengan begitu, Sedulur akan memiliki wawasan yang luas sebagai bekal untuk menghadapi masalah atau situasi di masa depan.

BACA JUGA: Tes MBTI: Pengertian, Penerapan & Macam Tipe Kepribadiannya

6. Cara untuk lebih mandiri dengan merantau

iStock

Merantau juga bisa menjadi pilihan bagi Sedulur untuk menjadi lebih mandiri. Cara untuk lebih mandiri yang satu ini mungkin terlihat “ekstrim” namun cukup efektif untuk dapat melepaskan diri dari kendali orang lain. Sebab, ketika tinggal di perantauan yang jauh dari keluarga atau kerabat, mau tidak mau Sedulur harus mengandalkan diri sendiri dalam berbagai urusan. Secara tidak langsung, Sedulur juga akan melatih sikap tanggung jawab terhadap diri sendiri mulai dari hal kecil. Misalnya berbagai rutinitas sehari-hari yang mungkin ketika masih tinggal di rumah kerap dibantu orang anggota keluarga yang lain.

7. Membantu orang lain

Depositphotos

Cara untuk lebih mandiri yang terakhir adalah membantu orang lain. Kebiasaan baik ini bisa melatih rasa empati sekaligus kebijaksanaan Sedulur dalam mengambil keputusan. Hal ini secara tidak langsung juga akan memberikan motivasi kepada dirinya sendiri untuk bersikap mandiri dalam menghadapi masalah.

Di sisi lain, membantu orang lain akan mengasah kepedulian dan membuat kita bisa melihat sisi lain kehidupan. Sedulur bisa mempelajari bagaimana “hidup” dari kacamata orang lain. Karena seperti yang diketahui, realita kehidupan tidak selalu indah dan kerap kali dipenuhi oleh rintangan hingga ketidakadilan. 

Demikian tadi beberapa cara untuk lebih mandiri yang bisa Sedulur ikuti. Tentunya masih banyak cara lain yang bisa diterapkan untuk melatih kemandirian. Nah, semoga informasi ini bisa membantu Sedulur untuk menjadi pribadi yang lebih mandiri, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.