Tes MBTI merupakan sebuah tes kepribadian yang banyak dilakukan oleh khalayak ramai. Terutama anak muda yang tengah mencari jati diri dan mengenal lebih dalam tentang kepribadiannya. Tes ini juga menjadi rujukan untuk keperluan akademik dan keperluan pekerjaan.

Bahkan, di beberapa perusahaan tertentu banyak yang menggunakan tes MBTI untuk mengetahui terlebih dahulu setiap kepribadian calon karyawan agar saat bekerja dapat ditempatkan di divisi atau departemen yang sesuai. Lantas, apa sebenarnya pengertian tes MBTI? Yuk, simak ulasannya di sini!

BACA JUGA: Apa Itu Tes Wartegg: Pengertian, Teknis, dan Tips Mengerjakannya

Apa itu MBTI?

tes mbti
LinovHR

Tes MBTI adalah sebuah uji kepribadian yang pertama kali diperkenalkan oleh Katharine Cook Briggs dan anaknya, Isabel Briggs Myers pada 1942. MBTI merupakan singkatan dari Meyers-Briggs Type Indicator, terdapat gabungan nama dua orang yang menemukan tes kepribadian ini.

-->

Tes ini bersandar pada teori psikologi Carl Jung. Sepanjang hidupnya, mereka berjuang untuk meneliti indikator kepribadian seseorang. Tujuannya agar semua orang bisa memahami dirinya dan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengannya. Selama ini, banyak orang menganggap bahwa hanya ada dua kepribadian di dunia ini yaitu introvert dan ekstrovert.

Melalui tes MBTI, Sedulur bisa mengetahui bahwa kepribadian ada lebih banyak dari itu. Tes MBTI membagi kepribadian seseorang berdasarkan beberapa dikotomi kategori, antara lain introversion (I) versus extraversion (E), intuitive (N) versus sensory (S), thinking (T) versus feeling (F), dan judging (J) versus perceiving (P).

Dari kombinasi 8 kategori tersebut, dihasilkan 16 tipe kepribadian yang bisa dimiliki oleh setiap orang. Dengan berbagai tipe kepribadian itu, banyak perusahaan dan lembaga yang menjadikan tes MBTI sebagai salah satu tahap rekrutmennya. Mereka menganggap bahwa tes ini dapat menjadi acuan untuk mengenali dan memutuskan jenis kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Penerapan kepribadian MBTI

Peace Quarters

Tes kepribadian MBTI pada dasarnya merupakan tes yang bersifat eksperimental untuk mengidentifikasi kepribadian seseorang dan membaca potensi dan preferensi seseorang. Tidak ada kepribadian yang dinilai lebih baik atau terbaik dibandingkan kepribadian lainnya.

Meski demikian, biasanya seseorang memiliki kepribadian yang cenderung lebih kuat daripada tipe lainnya. Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa teori MBTI berdasarkan pada teori psikologi Carl Jung, dengan beberapa jenis kepribadian yang telah ditentukan.

Yang dilihat perusahaan dari tes MBTI adalah kepribadian dan kemampuan kandidat untuk menyelesaikan tugas sehari-harinya. Sementara itu, perusahaan menggunakan hasil MBTI untuk menentukan apakah kandidat cocok dengan calon kolega dan budaya kerja perusahaan mereka.

Mereka menganggap bahwa tes ini dapat dijadikan acuan untuk mengenali dan memutuskan jenis kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, HRD kerap menjadikan tes MBTI sebagai dasar penyelenggaraan pelatihan di kantor. Namun, banyak pakar di bidang psikologi yang tidak setuju dengan tes ini.

Beberapa pakar psikologi beranggapan bahwa tes MBTI adalah tes yang bertumpu pada teori yang tidak sepenuhnya terbukti benar. Ada pula pakar lain yang menganggap bahwa tes MBTI menghasilkan tipe kepribadian yang tidak akurat dan tidak konsisten. Meski demikian, jenis tes kepribadian ini masih dinilai efektif dan tetap digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia.

Kategori kepribadian menurut MBTI

tes mbti
Newsweek

Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, bahwa terdapat beberapa macam macam MBTI atau kategori kepribadian dari tes MBTI yang lebih beragam dan tidak kaku. Terdapat empat kategori MBTI dan dari empat kategori tersebut dapat menjadi turunan beberapa tipe kepribadian, yang terdiri dari 16 tipe kepribadian.

Sudah disinggung sebelumnya, kategori dari kepribadian MBTI adalah introversion (I) versus extraversion (E), intuitive (N) versus sensory (S), thinking (T) versus feeling (F), dan judging (J) versus perceiving (P). Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

1. Introversion (I) vs extraversion (E)

tes mbti
Team Building Hub

Dua kepribadian pertama yang diukur dalam tes MBTI adalah introversion (I) – extraversion (E). Masyarakat umum menyebutnya sebagai introvert dan ekstrovert. Keduanya diperkenalkan pertama kali oleh Jung sebagai tipe kepribadian yang menggambarkan bagaimana seseorang merespons dan berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka.

Extraversion menunjukkan bahwa seseorang menikmati banyak interaksi sosial dan merasa semangat setelah menghabiskan waktu bersama orang lain. Sementara itu, introversion lebih berorientasi pada pemikiran, menikmati interaksi sosial yang lebih mendalam dan bermakna, serta merasa semangat setelah menghabiskan waktu sendirian.

2. Intuitive (N) vs sensory (S)

The Retail Doctor

Intuitive (N) – sensory (S) berbicara tentang jenis informasi yang Sedulur proses. Sisi intuitive menggambarkan bahwa seseorang lebih fokus pada fakta dan detail yang dialami langsung. Sementara itu, sensory menggambarkan bahwa seseorang lebih memperhatikan intuisi seperti pola dan kesan, serta lebih senang memikirkan dan membayangkan kemungkinan di masa depan.

3. Thinking (T) vs feeling (F)

tes mbti
Team Building Hub

Kedua pasangan kepribadian yang satu ini mengukur bagaimana seseorang mengambil keputusan berdasarkan informasi yang diterimanya. Thinking menunjukkan bahwa Sedulur adalah orang yang lebih suka berpikir dengan objektif, analisis, dan impersonal ketika mengambil keputusan. Sementara itu, feeling menunjukkan bahwa seseorang lebih banyak mempertimbangkan nilai, emosi, dan perasaan saat mengambil keputusan.

4. Judging (J) vs perceiving (P)

Deposit Photos

Pasangan kepribadian tes MBTI terakhir adalah tentang gaya kita dalam menjalani hidup. Judging berarti kepribadian yang lebih senang menjalani kehidupan terstruktur dan terencana. Sementara itu, perceiving berarti lebih terbuka, fleksibel, dan mudah beradaptasi pada lingkungan yang berbeda.

BACA JUGA: Cara Tes Kecepatan Internet via Online & Android, Gratis!

Tipe-tipe kepribadian MBTI

tes mbti
Her Way

Setelah Sedulur mengetahui apa saja ketegori kepribadian menurut MBTI, berikut ini tipe-tipe kepribadian MBTI yang merupakan turunan dari kategori yang telah di bahas di atas. Seperti apa saja tipe-tipenya? Yuk, kita simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

1. ISTJ (the inspector)

tes mbti
GenPI

Setiap kepribadian tes MBTI yang Sedulur ikuti, salah satu hasil yang akan Sedulur dapatkan adalah the inspector atau ISTJ. Hasil tes MBTI menunjukkan kepribadian seseorang yang cenderung pendiam dan praktis. Mereka menikmati ketertiban pada semua aspek kehidupan mereka, termasuk rumah, pekerjaan, hingga keluarga.

ISTJ menghargai kesetiaan dalam diri mereka sendiri dan orang lain. Mereka pun gemar menekankan tradisi pada setiap pekerjaan. Tipe kepribadian yang sangat cocok bagi Sedulur yang memang disiplin terhadap diri sendiri, setia kawan, serta menghargai pekerjaan dan selalu menyelesaikannya dengan benar.

2. ISTP (the crafter)

Ladies Story

Tipe kepribadian kedua yang akan dihasilkan oleh tes MBTI adalah the crafter. Tipe ini menunjukkan kepribadian seseorang yang sangat menyukai waktu menyendiri dan senang menghabiskan waktu sendiri dengan berpikir. Terkenal sangat mandiri, ISTP nyaman untuk bekerja sendiri dan memantapkan keahlian mereka.

Orang dengan tipe kepribadian ISTP menyukai aksi, pengalaman baru, aktivitas praktis, dan kebebasan untuk bekerja dalam kecepatan mereka sendiri. Pada dasarnya, kepribadian ini sangat menyukai kesendirian. Oleh karena itu, konsekuensi dari kepribadian ini adalah mereka yang mandiri dan tidak senang terikat oleh peraturan.

3. ISFJ (the protector)

tes mbti
Idkuu

Hasil dari tes MBTI selanjutnya akan menunjukkan kepribadian ISFJ atau the protector. Kepribadian ini biasanya dimiliki oleh seseorang yang sangat hangat, mudah bergaul, dan sederhana menjalani hidup dengan cara mereka sendiri. Mereka terkenal efisien dan bertanggung jawab, memberikan perhatian yang cermat pada setiap detail dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagaimana namanya, kepribadian ini juga sangat senang memberikan perlindungan dan menjaga setiap orang yang mereka sayangi. Mereka akan bertanggung jawab kepada setiap orang yang mereka lindungi.

4. ISFT (the artist)

Fimela

Tipe kepribadian selanjutnya yang akan didapatkan saat selesai tes MBTI adalah tipe the artist atau ISFT. Tipe kepribadian ini memiliki pikiran yang terbuka dan menunjukkan ketertarikan yang tinggi akan kehidupan yang penuh tantangan dan sebuah pengalaman baru.

Orang-orang dengan kepribadian ini memiliki sifat yang hangat dan membumi. Kemampuan mereka untuk merasakan emosi membuat ISFP sebagai seniman yang andal. Sangat kreatif dan inovatif, setiap solusi yang dipikirkan untuk setiap masalah yang dihadapi tidak akan pernah terpikirkan oleh orang lain di luar tipe kepribadian ini.

5. INFJ (the advocate)

tes mbti
Kompas

Hasil tes MBTI selanjutnya adalah INFJ atau the advocate, kepribadian ini merupakan seseorang yang suka kehidupan dengan penuh imajinasi yang mendalam dan pikiran yang luas. Visi mereka mengenai nilai-nilai kemanusiaan, dan prinsip kedamaian biasanya membimbing mereka dalam segala aspek kehidupan.

Alhasil, orang dengan jenis kepribadian ini umumnya idealis dan gemar membantu sesama dalam keadaan yang menekan. Namun tentu saja, bantuan yang diberikan harus sesuai dengan visi dan idealisme mereka dengan menekankan nilai kemanusiaan, kedamaian dan nilai-nilai kehidupan.

6. INFP (the mediator)

Studio Literasi

Tipe kepribadian INFP dalam tes MBTI sering digambarkan sebagai kepribadian orang-orang yang sangat idealis dan altruis. Mereka yang termasuk dalam kepribadian ini cenderung tertutup, idealis, kreatif, dan didorong oleh nilai-nilai yang tinggi. INFP memiliki minat yang kuat untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.

Kunci dari kepribadian ini adalah seseorang dengan tingkat negosiasi yang tinggi, dapat menjadi penengah untuk setiap konflik dan dapat membuat tempat kerja menjadi lebih baik lagi. Seseorang dengan kepribadian ini dibutuhkan untuk membuat lingkungan lebih seimbang dan membuat lingkungan berkembang.

7. INTJ (the architect)

tes mbti
Jatik

Tes MBTI selanjutnya akan menghasilkan kepribadian INTJ atau the architect. Kepribadian ini adalah seseorang yang dapat menjadi pemecah masalah dan sangat berbakat untuk meningkatkan kehidupan dengan ide-ide yang inovatif, kreatif, dan cemerlang. Seorang yang dapat menyusun ide dari awal hingga terakhir.

Mereka memiliki kemampuan untuk melihat kemungkinan perbaikan, baik di tempat kerja, rumah, atau dalam diri mereka sendiri. Sering kali dianggap sebagai jenis kepribadian paling intelektual, INTJ menikmati penalaran logis dan strategi pemecahan masalah yang kompleks.

BACA JUGA: Perbedaan Psikolog dan Psikiater yang Sering Dianggap Sama!

8. INTP (the thinker)

Deposit Photos

Tipe kepribadian selanjutnya dalam tes MBTI adalah INTP. Orang yang mendapatkan jenis kepribadian ini sering digambarkan sebagai orang yang pendiam dan analitis. INTP kerap menghabiskan waktu sendiri untuk memikirkan cara kerja, serta menemukan solusi untuk tiap permasalahan yang mereka temukan.

Jika Sedulur pernah menemui seseorang dalam lingkaran pertemananmu yang sering berpikir dan memecahkan masalah atau mengajukan ide dalam setiap persoalan, maka seseorang tersebut adalah seorang the thinker, orang dengan kepribadian INTP.

9. ESTP (the entrepreneur)

tes mbti
Bernas

Tipe kepribadian selanjutnya dalam tes MBTI adalah INTP. Orang yang mendapatkan jenis kepribadian ini sering digambarkan sebagai orang pendiam dan analitis. INTP kerap menghabiskan waktu sendiri untuk memikirkan cara kerja, serta menemukan solusi untuk tiap permasalahan yang mereka temukan. Seseorang dengan tipe kepribadian ini sangat memiliki visi dan pandangan yang baik terhadap dunia bisnis.

10. ESTJ (the executive)

Shopee

Tipe kepribadian ESTJ adalah kepribadian seorang pemimpin yang tegas dan salah satu kepribadian yang dapat diandalkan. Seseorang dari kepribadian ini sangat disiplin dan memegang teguh keinginan dan tujuan mereka. Mereka memiliki ketabahan yang besar serta kemampuan untuk mengikuti penilaian diri sendiri yang logis. Orang-orang dengan kepribadian ini sering berperan sebagai pemimpin yang andal, mampu menawarkan solusi yang tepat di tengah kesulitan.

11. ESFP (the performer)

tes mbti
Fimela

Tipe kepribadian selanjutnya adalah ESFP atau the performer. Kepribadian ini menonjolkan sifat yang sangat ceria dan semangat. Seseorang yang mempunyai kepribadian ini cenderung memiliki sifat yang periang dan dapat menghibur lingkungan. Biasanya, seseorang dengan kepribadian ESFP dapat mengubah suasana hati lingkungan. Mereka senang menemukan hal-hal yang tidak diketahui bersama orang-orang tertentu. Jiwa sosial mereka yang tinggi sering mendorong orang lain melakukan kegiatan serupa.

12. ESFJ (the caregiver)

GenPI

Berikutnya adalah ESFJ. Tipe kepribadian dalam tes MBTI ini dikenal sebagai sosok ibu yang biasa kita temukan dalam lingkup pertemanan. Orang dengan tipe kepribadian ini cenderung ramah, setia, teratur, dan berhati lembut. Mereka mendapatkan energi dengan cara berinteraksi dengan orang lain dan membantu memecahkan masalah mereka.

13. ENFJ (the protagonist)

tes mbti
Deposit Photos

Orang dengan tipe kepribadian ENFJ sering digambarkan sebagai orang yang hangat, ramah, setia, dan sensitif. Dari semua tipe kepribadian, ENFJ sering dianggap sebagai “people person“. Mereka mampu menjalin persahabatan dengan semua tipe kepribadian, bahkan dengan individu yang lebih tertutup atau pendiam.

14. ENFP (the campaigner)

Deposit Photos

Kepribadian berikutnya dalam tes MBTI adalah ENFP. Orang-orang ini gemar merangkul ide dan visi besar yang mencerminkan harapan maupun niat baik terhadap orang lain. Energi mereka yang hidup dan membara kerap mengalir ke orang lain, bahkan pada mereka yang cenderung lebih tertutup.

15. ENTJ (the commander)

Bernas

Seperti halnya ESTJ, ENTJ adalah tipe kepribadian dalam tes MBTI yang kerap mengambil peran sebagai pemimpin. Mereka adalah orang-orang tegas yang menyukai pencapaian. Bagi mereka, hal terpenting adalah memiliki keberanian untuk mengikuti kata hati dan intuisi. Orang-orang dengan kepribadian ini entah bagaimana sudah tahu ingin menjadi apa dan bahkan sudah merencanakan strategi terbaik dalam meraih cita-cita tersebut.

16. ENTP (the debater)

Woop.id

Kepribadian terakhir dalam tes MBTI adalah ENTP. Orang-orang ini cenderung berani, kreatif, dan gemar mendekonstruksi ide-ide dengan kemampuan intelektual yang hebat. Mereka selalu mengejar tujuan mereka dengan penuh semangat meskipun ada hambatan yang perlu dihadapi. Maka dari itu, kerap kali kita menemukan ENTP yang gemar berargumen dan sering terlibat dalam perdebatan panas.

BACA JUGA: Mengenal Tes DiSC dan Tipe-Tipe Kepribadiannya

Apakah tes MBTI akurat?

tes mbti
CNBC

Setelah membaca pengertian dan tipe dan macam kepribadian dari tes MBTI di atas, tentu Sedulur bertanya apakah MBTI dapat dipercaya dan hasil yang muncul tersebut akurat? Pertanyaan tersebut wajar Sedulur tanyakan karena kepribadian setiap orang berbeda dan sangat dinamis.

Mengukur sebuah kepribadian bisa dilakukan namun mustahil untuk disamakan. Berangkat dari kesadaran itu, maka kategorisasi adalah hal paling mudah untuk bisa memberikan ukuran. Banyak pro dan kontra terkait tes MBTI itu sendiri, namun persentase yang dihasilkan untuk akurasi tes ini dipertanyakan.

Banyak orang yang mempertanyakan keakuratan tes ini, terdapat dua faktor yang menyebabkannya. Pertama, sifat manusia yang kompleks. Manusia begitu rumit dan sifatnya bisa berubah seiring dengan pertambahan usia, lingkungan, dan pengalaman hidup. Kepribadian bukanlah sesuatu yang saklek dan stabil selama masa kita hidup.

Penyebab kedua adalah faktor saat menjawab pertanyaan tes MBTI. Indikator dalam menjawab soal selalu berubah tergantung kondisi dan lingkungan. Oleh karena itu, dua faktor tersebut dapat menyebabkan keraguan terhadap tes ini.

Itulah penjelasan lengkap terkait tes MBTI. Semoga penjelasan di atas bisa membuat Sedulur paham terkait MBTI dan segala kepribadian yang merupakan hasil dari MBTI. Saat ini, banyak kanal online yang menyediakan tes secara gratis. Bagi Sedulur yang penasaran memiliki kepribadian apa, Sedulur bisa segera melakukan tes tersebut secara online.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!