Ejakulasi dini adalah momok bagi pria, oleh karenanya penting untuk mengetahui cara mengatasi ejakulasi dini sendiri. Karena kepuasan dalam ranjang adalah dambaan bagi setiap pasangan. Sama-sama dapat mencapai kepuasan merupakan hal ideal dalam hubungan suami istri.

Terdapat beberapa cara mengatasi ejakulasi dini sendiri yang bisa dilakukan para pria. Memang butuh keberanian mengakui permasalahan ejakulasi dini yang seringkali dianggap aib dan tabu ini. Jika belum cukup keberanian untuk berkonsultasi dengan dokter ahli, kita bisa melakukannya sendiri.

Sebelum memasuki pembahasan utama terkait cara mengatasi ejakulasi dini sendiri, kita bahas bersama terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan ejakulasi dini dan seperti apa kondisi yang dianggap ejakulasi dini di bawah ini.

BACA JUGA: 6 Tips Hubungan Intim yang Sehat & Menggairahkan untuk Pasangan

Apa itu Ejakulasi Dini?

cara mengatasi ejakulasi dini sendiri
winnetnews

Ejakulasi dini merupakan kondisi yang dikaitkan dengan disfungsi ereksi. Ejakulasi dini bisa berkaitan dengan stress dan masalah yang menyebabkan emosi dan psikologi seseorang. Hal itu merupakan pendapat dari Andrew C. Kramer, MD., seorang desen dari University if Maryland School og Medicie, Baltimore, Amerika Serikat.

Seringkali, persoalan ejakulasi dini menjadi penyebab utama pria tidak percaya diri di atas ranjang. Hal ini membuat beberapa pria melakukan beberapa hal sebagai cara alami mengatasi ejakulasi dini sendiri.

Kondisi Ejakulasi Dini

halodoc

Ejakulasi merupakan proses keluarnya sperma dari penis, sementara ejakulasi dini adalah proses keluarnya sperma dari penis yang terjadi dalam waktu yang sangat cepat. Rentang waktu yang menyatakan seorang pria mengalami ejakulasi dini adalah antara 30 detik hingga satu menit.

Gangguan ini bisa dialami oleh pria dari berbagai kalangan tanpa melihat usia. Apa yang menjadi penyebab ejakulasi dini dan cara menanganinya, hingga kini belum diketahui secara pasti. Namun kecurigaan para ahli, penyebab utama adalah karena stress, depresi dan gangguan kecemasan serta kondisi emosi yang tidak stabil.

Kondisi ini tidak bisa dibiarkan, terdapat beberapa cara mengatasi ejakulasi dini sendiri di rumah yang bisa dilakukan oleh setiap pria yang mengalami gangguan disfungsi ereksi ini. Berbagai cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut, yuk kita daftar cek cara mengatasinya!

1. Teknik perilaku

cara mengatasi ejakulasi dini sendiri
sonora

Cara mengatasi ejakulasi dini sendiri di rumah secara alami yang pertama adalah dengan melakukan teknik perilaku. Hal ini bertujuan untuk mengalihkan stress dan mengendalikan ejakulasi dini dalam berhubungan seksual. Salah satu contoh teknik perilaku adalah dengan melakukan mastrubasi sebelum berhubungan.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan tidak dulu berhubungan inti dalam beberapa waktu yang lama, fokus untuk melakukan foreplay atau permainan rangsangan seksual. Sehingga stress bisa rilis tanpa harus berhubungan intim. Manfaatkan waktu jeda berhubungan intim untuk berlatih. Latihan yang paling efektif bagi pria adalah latihan dasar panggul, atau senam kegel

2. Latihan dasar panggul atau Senam kegel

lemonilo

Latihan dasar panggul atau senam kegel merupakan cara mengatasi ejakulasi dini sendiri tanpa obat laki laki yang  sangat efektif. Selain itu, senam kegel juga sangat alami dan menyehatkan. Salah satu penyebab ejakulasi dini adalah otot-otot panggul yang lemah sehingga kemampuan untuk menahan ejakulasi juga melemah.

Beberapa cara mengatasi ejakulasi dini sendiri dengan senam kegel yang bisa Sedulur lakukan adalah sebagai berikut:

  • Temukan otot yang benar: Sedulur bisa mencoba gerakan menahan aliran kencing atau kencangkan otot ketika ] menahan buang angin. Jika sudah menemukan otot yang benar, Sedulur bisa melakukan gerakan ini kapan saja. Pastikan hal ini tidak membuat Sedulur menahan urine atau menahan buang angin, sebab dampaknya tidak baik untuk kesehatan. Lakukan gerakan tersebut sebaiknya saat tidak ingin buang air kecil atau buang angin.
  • Mulai melakukan teknik latihan: Sedulur bisa menahan otot dasar panggul selama tiga detik, lalu lemaskan untuk tiga detik selanjutnya. Ketika Sedulur merasakan otot panggul sudah mulai menguat, Sedulur bisa melakukannya sambil duduk, berdiri, atau berjalan.
  • Latih fokus Sedulur: Hati-hati untuk tidak latihan melenturkan otot perut, paha, atau bokong. Fokus saja pada mengencangkan otot panggul. Selama latihan, sebaiknya Sedulur bernapas bebas saja, tidak perlu menahan napas.
  • Ulangi latihan ini. Agar hasilnya maksimal, lakukan latihan ini tiga kali dalam sehari. Jika Sedulur sudah mampu melakukannya beberapa kali, targetkan 10 kali pengulangan dalam sehari.

3. Teknik jeda-remas

cara mengatasi ejakulasi dini sendiri
sonora

Cara mengatasi ejakulasi dini sendiri selanjutnya dengan menggunakan teknik jeda-remas, teknik ini juga dikenal dengan nama pause-squeeze. Bisanya juga dengan dibantu menggunakan minyak oles seperti minyak kayu putih agar penis lebih rileks. Cara mengatasi ejakulasi dini dengan minyak kayu putih dan teknik jeda-remas ini adalah:

  • Mulai aktivitas seksual seperti biasanya, bisa diawali dengan memberikan rangsangan, hingga Sedulur merasa siap untuk berejakulasi—tapi tidak sampai ejakulasi.
  • Biarkan pasangan Sedulur memeras bagian ujung peni, pada titik di mana bagian kepala penis menyatu dengan batang. Hentikan remasan untuk beberapa detik saja sampai dorongan untuk ejakulasi berlalu.
  • Minta pasangan melakukannya lagi sesuai dengan kebutuhkan.

4. Menggunakan kondom

alodokter

Mungkin Sedulur bertanya bagaimana kondom dapat menjadi cara mengatasi ejakulasi dini sendiri? Hal tersebut sangat sederhana. Penyebab ejakulasi dini bisa saja karena penis yang terlalu sensitif dan tidak mampu menahan ejakulasi. Penggunaan kondom bisa mengurangi sensitivitas penis sehingga butuh rangsangan lebih untuk mencapai klimaks.

Sedulur bisa menggunakan kondom yang mengandung benzocaine atau lidocaine, sebab kedua kandungan tersebut dapat memberikan efek kebas atau mati rasa. Jika tidak ada, cari kondom yang terbuat dari lateks yang tebal.

BACA JUGA: 8 Tips & Cara Foreplay agar Hubungan Intim Lebih Bergairah

5. Makanan untuk atasi ejakulasi dini

cara mengatasi ejakulasi dini sendiri
theasiaparent

Cara mengatasi lainnya bisa dengan mengkonsumsi makanan mengobati ejakulasi dini. Untuk dapat menghindari masalah ini, Sedulur bisa mengkonsumsi beberapa makanan seperti  telur, nasi merah, bawang merah/bawang putih, asparagus, alpukat, pisang dan wortel.

Asparagus sendiri merupakan tanaman herbal yang dapat mengatasi ejakulasi dini, hal tersebut disebabkan oleh kandungan vitamin E dan mineral yang tinggi didalamnya sehingga dapat meningkatkan fungsi hormon pria. Cara mengatasi ejakulasi dini dengan tanaman herbal ini adalah cukup dengan mengkonsumsi asparagus secara rutin.

6. Masturbasi sebelum hubungan seksual

hellosehat

Cara mengatasi ejakulasi dini sendiri adalah dengan melakukan masturbasi sebelum hubungan seksual. Dengan begini, setiap pria akan mencapai klimaks lebih lama dan persoalan ejakulasi dini dapat teratasi dengan mudah. Rangsangan pertama untuk masturbasi sebelum hubungan seksual dapat membuat rangsangan kedua saat berhubungan seksual lebih kuat dan klimaks menjadi lebih lama.

Namun cara ini tidak bisa sembarang dilakukan oleh setiap pria. Karena semakin tua usia pria, kemampuan refraksi atau kemampuan untuk ereksi pasca orgasme pertama akan cenderung menurun. Itu artinya hanya pria muda yang masih serang yang mampu melakukan hal ini.

7. Obat atasi ejakulasi dini

cara mengatasi ejakulasi dini sendiri
hellosehat

Untuk mengatasi hal ini, cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan. Namun untuk melakukan ini perlu pengawasan ketat dari dokter. Obat pertama yang bisa dikonsumsi adalah obat anestesi topikal. Anestesi ini dapat berupa krim dan spray yang biasanya memiliki kandungan benzocaine, prilocaine, atau lidocine. Efek yang dihasilkan anestesi topikal adalah efek mati rasa atau kebas pada penis ereksi.

Selain anestesi topikal, terdapat juga obat dan suplemen untuk mengatasi ejakulasi dini. Beberapa obat yang dimaksud adalah:

  • Salah satu golongan obat antidepresan, yakni selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI) memiliki efek menunda ejakulasi sehingga dapat digunakan untuk memperbaiki gejala ejakulasi dini. Jenis obat SSRI, seperti escitalopram (Lexapro), sertraline (Zoloft), parxetine (Paxil), atau fluoxetine (Prozac, Sarafem).
  • Jenis obat analgesik, seperti tramadol (Ultram) yang biasa digunakan untuk mengobati nyeri juga memiliki efek menunda ejakulasi. Tramadol mungkin diresepkan apabila obat SSRI belum efektif.
  • Phosphodiesterase-5 inhibitor. Termasuk ke dalam golongan obat kuat untuk mengatasi masalah disfungsi ereksi, seperti sildenafil (Viagra), tadalafil (Cialis), atau vardenafil (Levitra, Staxyn).

Ejakulasi Dini pada Wanita dan Cara Mengatasinya

hellosehat

Tidak hanya pria, wanita juga bisa mengalami ejakulasi dini. Namun proses ejakulasi dini yang dimaksud untuk kaum wanita adalah terlampau cepat mencapai klimaks. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut, di antaranya adalah bagian klitoris wanita yang hipersensitif, siklus hormon yang tidak stabil hingga periode menstruasi yang kacau.

Berikut ini beberapa cara mengatasi ejakulasi dini sendiri bagi kaum wanita:

  • Melakukan hubungan seksual dengan lebih pelan, untuk mencapai klimaks yang lebih lembut.
  • Melakukan foreplay lebih lama agar kontrol dan fokus klimaks lebih terjaga, serta durasi juga lebih lama.
  • Melakukan masturbasi terlebih dahulu, agar rangsangan pasca masturbasi jadi lebih kuat dari sebelum masturbasi (lakukan satu jam sebelum hubungan seks dengan pasangan).

BACA JUGA: Memahami Arti Komitmen Adalah Kunci Dalam Hubungan Percintaan

Mengatasi Ejakulasi Dini dan Meningkatkan Kualitas Sperma

cara mengatasi ejakulasi dini sendiri
hellosehat

Bagian ini selain membahas bagaimana cara mengatasi ejakulasi dini sendiri, juga akan membahas beberapa cara agar kualitas sperma lebih baik. Sperma yang baik adalah sperma yang memeliki kekentalan yang cukup dan tidak encer. Agar dapat mendapat hal tersebut, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Menjaga berat badan tetap ideal dan proporsional.
  • Makan makanan dengan gizi seimbang, tak lupa sayur serta buah-buahan.
  • Minum air putih cukup, minimal 2 liter per hari.
  • Jangan terlalu sering mandi, shower, atau berendam air hangat atau panas.
  • Jangan pakai celana dalam yang ketat, atau ganti celana dalam biasa (briefs) dengan boxer atau boxer briefs.
  • Istirahat cukup tiap harinya.

Mengatasi Ejakulasi Dini dalam Islam

telisik

Dalam agama Islam, perihal cara mengatasi ejakulasi dini sendiri juga diatur. Hal paling penting adalah tidak meninggalkan hal-hal yang tidak sesuai dengan hukum dan syariat Islam. Seperti melakukan masturbasi dan menggunakan kontraspsi. Dalam Islam lebih disarankan melakukan pendekatan komunikasi dan melakukan hubungan intim dengan pasangan.

Melakukan hubungan intim lebih sering dengan pasangan juga merupakan bagian dari ibadah untuk memberikan ‘nafkah secara batin’ kepada pasangan satu sama lain. Komunikasi juga diperlukan untuk membangun hubungan yang lebih mesra dan lebih intim. Islam juga mewajibkan untuk membaca doa sebelum melakukan hubungan intim suami-istri, serta disunnahkan untuk mengambil napas secara dalam demi kelancaran proses hubungan intim itu sendiri.

Itulah daftar cara mengatasi ejakulasi dini sendiri beserta dengan penjelasan terkait lainnya. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Sedulur yang mengalami gangguan disfungsi ereksi tersebut. Jangan sungkan untuk periksa ke dokter dan berkonsultasi. Setiap orang memiliki masalah dan kendala masing-masing, berkonsultasi dan periksa ke dokter merupakan bentuk ikhtiar agar menjadi lebih baik lagi.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.