buku non fiksi

Tak banyak orang yang senang membaca buku non fiksi karena dianggap pembahasannya terlalu berat dan bikin ngantuk. Padahal membaca buku non fiksi sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan lho.

Apalagi, beberapa karya non fiksi sekarang ini sedang digandrungi oleh masyarakat, terutama yang mengangkat tema motivasi, kesehatan dan pengembangan diri. Jika Sedulur penasaran tentang apa itu  buku non fiksi beserta apa saja jenis-jenisnya? Berikut ulasan tentang pengertian dan rekomendasi buku non fiksi ringan yang dapat Sedulur baca.

BACA JUGA : 14 Contoh Novel Sejarah Indonesia Terbaik yang Diincar Pelajar!

Buku non fiksi adalah

buku non fiksi
Freepik

Karya non fiksi merupakan karya yang berisi cerita mengenai kejadian nyata atau ditulis berdasarkan pada fakta-fakta yang sudah ada. Menurut pendapat Geir Farner, buku non fiksi merupakan klasifikasi untuk setiap karya informatif yang sering berisi tentang cerita yang pengarangnya.

Dalam kisah tersebut, si penulis akan menunjukkan itikad baik, bertanggung jawab atas kebenaran atau akurasi dari peristiwa, orang, dan atau informasi yang disajikan pada tulisan. Bahasa yang digunakan dalam ceritanya juga harus logis dan dapat diterima oleh nalar pembaca, sehingga kata yang dipakai umumnya formal bukan informal.

Ciri-ciri buku non fiksi

buku non fiksi
Freepik

Berikut ciri-ciri buku non fiksi yang perlu Sedulur pahami. 

1. Menggunakan bahasa formal

Ciri yang pertama dari buku non fiksi adalah selalu menggunakan menggunakan bahasa formal sesuai dengan Bahasa yang baik dan benar. Meski begitu, terdapat beberapa karya non fiksi yang menggunakan bahasa santai tetapi tetap sesuai dengan kaidah penulisan EYD.  

2. Menggunakan bahasa denotatif

Umumnya bahasa yang digunakan dalam karya non fiksi adalah bahasa denotatif. Artinya yaitu kata yang digunakan mengandung makna yang sebenarnya. Informasi yang dibuat oleh penulis disampaikan secara lengkap, tegas dan tidak bertele-tele. Tujuan dari penggunaan kata denotatif ini adalah agar pembaca tidak merasa bingung.

3. Dibuat berdasarkan fakta

Ciri yang selanjutnya adalah non fiksi ditulis berdasarkan pada fakta dan data yang ada. Hal tersebut membuat pembaca dapat langsung memperoleh manfaat ketika membaca informasi yang disampaikan.

4. Tulisan berbentuk ilmiah populer

Maksud dari bentuk ilmiah populer adalah tulisan tidak selalu menggunakan bahasa yang kaku. Jadi, yang terpenting tulisan dapat dipelajari dan juga dipahami secara mandiri. Sebuah tulisan dikatakan sebagai tulisan ilmiah populer karena penggunaan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca dan sesuai dengan pasar.

Kemudian dalam pengambilan data berdasarkan kajian, daftar pustaka, dan sumber referensi yang dijadikan acuan. Dalam penggunaan sumber referensi, sebaiknya dipahami terlebih dahulu isinya dan ditulis kembali sesuai dengan pemahaman sendiri.

5. Tulisan baru

Sesuatu yang ditulis dalam karangan non fiksi harus berupa temuan baru atau dapat berupa pengembangan dari temuan yang sudah ada. Hal ini dikarenakan karangan non fiksi bertujuan untuk menyempurnakan ide dari karangan yang sudah ditulis terlebih dahulu.

BACA JUGA : 12 Contoh Pidato Persuasif Singkat Tentang Berbagai Tema

Unsur buku non fiksi

buku non fiksi
Times

Berikut unsur-unsur buku non fiksi yang perlu Sedulur pahami.

1. Cover buku

Unsur yang pertama adalah cover buku. Pada cover atau sampul buku non fiksi umumnya terdapat informasi tentang buku tersebut seperti judul dan juga nama penulis. Tak jarang buku non fiksi yang juga menyertakan tahun terbit serta edisi buku pada bagian sampul.

2. Rincian sub bab buku

Rincian sub bab buku berisi informasi sub bab dalam sebuah buku non fiksi. Umumnya, rincian sub bab buku non fiksi juga berisi gambaran umum dari sub bab bersangkutan. Rincian sub bab buku non fiksi ini bertujuan agar pembaca lebih mudah dalam memahami isi buku.alam memahami isi buku.

3. Judul sub bab

Judul sub biasanya terletak pada halaman daftar isi pada buku non fiksi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan bagian yang dicari dan ingin dibaca.

4. Isi buku

Bagian isi buku nantinya akan menjelaskan secara rinci tentang isi keseluruhan buku non fiksi. Isi buku umumnya dijelaskan dalam bahasa yang baku dan formal agar dapat dengan mudah dipahami oleh pembaca. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, isi buku harus berdasarkan pada fakta dan data yang dapat dipertanggung jawabkan oleh penulis.

5. Cara menyajikan isi buku

Unsur yang selanjutnya adalah cara menyajikan isi buku. Unsur ini berisi daftar pustaka dari buku non fiksi. Daftar pustaka dibuat bertujuan untuk menyertakan berbagai sumber referensi yang digunakan penulis dalam menyusun buku non fiksi yang dibuatnya.

6. Bahasa yang Digunakan

Bahasa yang digunakan dalam penulisan buku non fiksi umumnya adalah bahasa baku dan sesuai dengan KBBI. Jika ada kata serapan maupun kata asing yang jarang didengar masyarakat, biasanya penulis akan mencantumkannya di bagian glosarium sehingga pembaca yang tidak tahu arti kata tersebut dapat dengan mudah merujuk pada glosarium untuk mencari artinya.

Tak hanya itu, buku non fiksi juga harus menggunakan bahasa yang lugas, tidak bertele-tele, sehingga informasi yang disampaikan bisa diterima dengan baik oleh pembaca.

7. Sistematika Penulisan

Buku non fiksi harus ditulis secara sistematis. Setiap informasi yang ditulis harus terstruktur dengan baik dan juga runtut dan tidak acak atau sembarangan agar tidak membingungkan pembaca.

BACA JUGA : Kumpulan Contoh Penutup Pidato untuk Segala Jenis Acara

Manfaat membaca buku non fiksi

Freepik
  1. Menambah wawasan.
  2. Melatih pola pikir.
  3. Self healing.
  4. Mencegah kepikunan dini.
  5. Mengubah cara pandang terhadap sesuatu.
  6. Menambah perbendaharaan kosa kata.
  7. Meningkatkan konsentrasi.
  8. Mendapatkan inspirasi.

Buku non fiksi contoh berdasarkan jenisnya

Buku non fiksi terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut jenis-jenisnya yang perlu Sedulur ketahui!

1. Buku biografi

Perpusnas

Jenis yang pertama adalah buku biografi. Jenis buku ini merupakan tulisan yang menceritakan tentang kisah hidup seseorang tokoh yang memiliki pengaruh besar bagi banyak orang. Buku biografi ditulis dengan tujuan agar memotivasi dan memberikan inspirasi bagi pembacanya. Buku biografi juga disebut juga sebagai buku riwayat hidup seseorang.

Berikut rekomendasi buku biografi yang dapat Sedulur baca.

  1. Gus Dur Kh Abdurrahman Wahid: Biografi Singkat 1940 – 2020 karya Muhammad Rifai.
  2. Membaca Sukarno Dari Jarak Paling Dekat karya Eddi Elison.
  3. Soekarno: Biografi Singkat 1901 – 1970 dari Taufik Adi Susilo.

2. Buku autobiografi

buku non fiksi
Balai Buku Progresif

Selanjutnya adalah buku autobiografi atau yang disebut juga dengan otobiografi. Sama seperti buku biografi, buku autobiografi juga berisi tentang kisah serta perjalanan hidup dari seorang tokoh yang berpengaruh di masyarakat. Hanya saja, buku autobiografi ditulis sendiri oleh tokoh tersebut. Jadi secara sederhana buku autobiografi adalah buku yang ditulis oleh tokoh tersebut dengan tujuan untuk mengenalkan dirinya sendiri kepada para pembaca.

Rekomendasi buku autobiografi yang dapat Sedulur baca.

  1. Autobiografi Mahatma Gandhi.
  2. Autobiografi Tan Malaka: Dari Penjara Ke Penjara.
  3. An Autobiography (Agatha Christie).

3. Buku motivasi

klikkoran

Buku motivasi merupakan salah satu jenis buku yang sering dibaca kaum milenial untuk mengembalikan motivasi hidup yang sempat pudar. Buku motivasi biasanya berisi tentang motivasi untuk terus semangat dalam menjalani kehidupan, motivasi untuk tetap percaya diri dan motivasi agar seseorang tidak takut keluar dari zona nyaman.  Tak hanya itu, buku motivasi biasanya juga memuat tentang kajian psikologis yang berkaitan dengan semangat hidup.

Berikut rekomendasi buku motivasi yang dapat Sedulur baca ketika sedang mengalami penurunan motivasi hidup.

  1. Kami (Bukan) Jongos Berdasi karya J.S Khairen.
  2. The Power Of Habbit.
  3. Berani Tidak Disukai.

4. Buku literatur

Gramedia

Buku literatur biasanya dijadikan sebagai sumber referensi untuk berbagai kegiatan yang ada di dalam dunia pendidikan. Jadi dapat dikatakan bahwa buku ini selalu dicari oleh orang-orang yang membutuhkan informasi penting. Buku literatur identik dengan Bahasa yang formal, jumlah kata dan halaman yang banyak dan membahas tentang teori-teori tertentu.

Berikut rekomendasi buku litertaur yang dapat Sedulur jadikan referensi untuk mengerjakan tugas.

  1. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Edisi Revisi.
  2. Kurikulum Dan Pembelajaran.
  3. Teknik Membaca.

BACA JUGA : 7 Contoh Teks Prosedur Singkat Beserta Strukturnya

5. Buku pendamping

buku non fiksi
Gramedia

Sama seperti namanya, buku pendamping merupakan buku yang berfungsi sebagai pengiring buku utama. Buku ini juga biasa juga disebut sebagai buku pengayaan. Dengan demikian, biasanya buku ini ditulis setelah penulis menyelesaikan penulisan buku utama yang biasanya digunakan untuk anak sekolah.

Berikut contoh buku pengayaan yang biasa digunakan di sekolah-sekolah adalah:

  1. Seri Buku Pengayaan untuk Guru : Menjadi Guru Yang Mau dan Mampu Mengajar Secara Menyenangkan.
  2. Seri Buku Pengayaan untuk Guru : Menjadi Guru Yang Mau dan Mampu Membuat Buku.

6. Buku kesehatan

Perpus.bandungkab

Berikutnya adalah buku kesehatan yang dibutuhkan oleh mereka yang berkecimpung dalam dunia kesehatan dan juga masyarakat umum. Buku ini berisi informasi-informasi mengenai kesehatan, baik secara spesifik maupun umum. Oleh karena itu, buku kesehatan harus ditulis oleh dokter atau tenaga ahli kesehatan lainnya.

Berikut eberapa judul yang termasuk dalam buku kesehatan diantaranya yaitu sebagai berikut. 

  1. Penatalaksanaan Terapi Penyakit Sistem Pernafasan.
  2. Anatomi Fisiologi.
  3. A to Z PENYAKIT REMATIK AUTOIMUN.

7. Makalah akademik

id.scribd

Makalah akademik singkatnya adalah tulisan non fiksi yang disusun oleh akademisi untuk bisa meraih gelar akademiknya. Contohnya seperti skripsi untuk gelar Sarjana, tesis untuk Master, disertasi untuk doktor, dan sebagainya.

Dalam makalah akademik umumnya terdapat karya tulis atau tugas yang disusun untuk mengetahui pemahaman penulis mengenai topik yang dibahas dalam makalah akademik tersebut. Hal ini bertujuan sebagai syarat dalam memenuhi tugas tertentu.

8. Personal literature

Mojok Store

Personal literature juga dikatakan menjadi salah satu jenis buku non fiksi yang usianya masih muda. Ciri khas dari jenis personal literature ini yaitu memuat cerita atau kisah nyata yang dialami oleh penulis sendiri (fakta). Kemudian gaya tulisannya lebih santai dan menggunakan bahasa yang ringan sehingga mudah pembaca lebih tertarik untuk membaca karya tersebut. 

Adapun contoh-contoh buku personal literature yaitu sebagai berikut. 

  1. Cinta Brontosaurus, Kambing Jantan, Manusia Setengah Salmon, dan Koala Kumal karya Raditya Dika
  2. Sebuah Seni Untuk Memahami Kekasih karya Agus Mulyadi

Ensiklopedia

buku non fiksi
Gramedia

Secara umum, ensiklopedia diartikan sebagai karya yang berisi informasi dan merangkum topik tertentu secara komprehensif. Umumnya ensiklopedia ditulis berjilid-jilid agar dapat menyajikan informasi yang lengkap dari topik yang dibahas.

Bentuknya mirip kamus sehingga informasi disusun berdasarkan abjad dan ditambahkan dengan keterangan sebagai pelengkap. Beberapa topik yang dibahas buku ensiklopedia diantaranya yaitu, jenis-jenis hewan dan tumbuhan di bumi, sains, tubuh manusia, pulau-pulau di Indonesia, dan lain sebagainya.

Demikian rangkuman informasi tentang  contoh buku non fiksi yang memiliki banyak manfaat ketika kita membacanya. Adapun beberapa buku non fiksi yang dapat Sedulur baca diantaranya adalah Filosofi Teras karya Henry Manampiring, Menjual Diri karya Prie GS dan masih banyak yang lainnya. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.