Doa tidur kristen

Sebagai umat kristiani yang taat, Sedulur perlu mengajarkan doa tidur kristen pada si kecil di rumah. Bukan hanya mengajari, namun juga penting untuk melatih disiplin untuk berdoa. Agar berdoa menjadi kebiasaan baik bagi anak sejak dini.

Termasuk ketika hendak tidur beristirahat, berikuti ini terdapat beberapa doa tidur yang bisa Sedulur ajarkan kepada si kecil sebagai bagian dari mengajarkan keimanan dan kasih sejak dini. Yuk, mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Doa Novena Tiga Salam Maria, Doa yang Pasti Dikabulkan!

1. Doa mohon perlindungan saat tidur

doa tidur kristen
Crosswalk

Mengajarkan anak untuk memohon perlindungan sebelum tidur adalah penting. Berikut ini doa tidur kristen yang bisa dibacakan:

Tuhan, sebentar saja kami mau tidur. Kami mohonkan perlindungan-Mu sepanjang malam ini. Kiranya kami boleh tidur dengan nyenyak agar kami boleh bangun dan kembali beraktivitas di hari esok. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa dan mengucap syukur.

2. Doa malam sebelum tidur

Freepik

Terdapat juga doa malam yang dibacakan sebelum tidur, doa tidur kristen tersebut yaitu:

Bapa di surga, selamat malam. Aku datang mau berterimakasih atas anugerahMu yang masih bisa kunikmati sepanjang hari ini. Melalui semua aktivitasku, aku melihat tangan kasih-Mu bekerja. Memberiku berkat dan kekuatan untuk melewati tantangan di hari ini.

Engkau selalu menguatkanku di saat lemah, menegarkanku ketika aku putus asa, dan memberi pengharapan bagiku. Aku ingin memanjatkan rasa syukur kepadaMu ya Tuhanku. Sebentar aku akan beristirahat hingga esok pagi. Lindungilah aku dan orang-orang yang aku sayangi. Demi Kristus Tuhan, aku berdoa dan mengucap syukur. Amin

3. Doa tidur singkat

doa tidur kristen
Freepik

Mengajarkan doa yang singkat-singkat merupakan langkah untuk membuat anak rajin berdoa, adapun doa tidur kristen singkat tersebut adalah:

Selamat malam, Tuhan Yesus. Aku anak-Mu ini menghadap kepada-Mu hendak mengucapkan rasa syukur atas semua berkat dan kasih-Mu yang boleh aku rasakan. Kau berikan aku pengalaman luar biasa, kesehatan, orang-orang terdekat, dan masih banyak lagi. Aku mau berterimakasih atas kebaikan-Mu sepanjang hari ini.

Sebentar aku ingin beristirahat, kiranya Engkau menjaga aku sepanjang malam, sehingga dapat beristirahat dengan tenang. Hanya di dalam nama-Mu kami sudah berdoa dan mengucap syukur. Amin.

4. Doa bersyukur sebelum tidur

Freepik

Selain memohon perlindungan, wajib juga mengajari anak bersyukur sebelum tidur melalui doa. Doa tersebut adalah:

Tuhan Yesus, kami anak-Mu malam ini menghadap kepada-Mu untuk mensyukuri kasih-Mu dan penyertaan-Mu sepanjang hari ini. Ya Tuhan, sekarang kami ingin beristirahat, kiranya Engkau menjaga kami sepanjang malam, sehingga dapat beristirahat dengan tenang. Hanya di dalam nama-Mu kami sudah berdoa dan mengucap syukur. Haleluya. Amin.

5. Doa memohon keberkahan

doa tidur kristen
Freepik

Ada juga doa tidur kristen yang memohon keberkahan, doa tersebut adalah sebagai berikut:

Bapa kami yang ada di surga, pada malam ini aku datang kepada-Mu untuk mengucap syukur atas seluruh kasih dan penyertaan yang Engkau berikan sepanjang hari yang indah ini. Terima kasih atas setiap peristiwa yang terjadi dan setiap orang yang Engkau tempatkan di sekitarku. Berkatilah malam hariku ini, supaya aku dapat beristirahat dengan cukup dan tenang, sehingga bisa kembali beraktivitas dengan baik pada hari esok.

Berkatilah juga seluruh keluarga, saudara, dan sahabatku. Berikanlah mereka istirahat yang cukup dan hiburlah mereka yang tengah bersedih. Hanya di dalam nama Tuhan Yesus aku memohon dan berdoa. Haleluya. Amin.

6. Doa tidur kristen mohon perlindungan

Freepik

Adapun doa tidur kristen lain yang bisa dibacakan untuk memohon lindungan yaitu:

Tuhan Yesus yang bertahta di kerajaan surga. Terima kasih Tuhan atas hari yang engkau berikan. Engkau telah memberkati dan menyertai kami sepanjang hari ini. Tuhan, sebentar saja kami mau tidur. Kami mohonkan perlindungan-Mu sepanjang malam ini. Kiranya kami boleh tidur dengan nyenyak agar kami boleh bangun dan kembali beraktivitas di hari esok. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa dan mengucap syukur. Amin.

7. Doa memohon kelancaran

doa tidur kristen
iStock

Doa tidur malam juga wajib digunakan untuk memohon kelancaran untuk hari esok dari mulai bangun tidur hingga waktu tidur kembali. Adapun bacaan doa tidur kristen adalah sebagai berikut:

“Aku bersyukur kepadaMu ya Tuhan, satu hari lagi yang telah aku lalui. Ada banyak peristiwa yang terjadi, baik suka maupun duka. Namun aku mau berterimakasih karena Engkau selalu menjadi penolongku.

Sebelum beristirahat di malam ini, aku mau memohonkan perlindunganmu dan kelancaran hari esok. Biarlah Tuhan Yesus yang selalu menjagaku, melindungiku, memberikan rahmat-Nya selalu. Curahkan juga berkat-Mu kepada orangtua dan teman-temanku sepanjang hari esok. Terimakasih ya Tuhanku. Amin.

8. Doa Memohon istirahat yang lelap

iStock

Berikut ini adlaah doa yang bisa dibacakan sebagai permohanan untuk mendapatkan istirahan yang cukup dan sangat lelap. Berikut ini bacaan doanya”

“Selamat malam ya Yesus Tuhanku. Malam hari ini aku datang ke hadirat-Mu mau mengucapkan terimakasih atas penyertaan-Mu sepanjang hari.

Ya Tuhan aku mau menyerahkan malamku ini ke dalam tangan-Mu. Aku percaya Engkau senantiasa menjagaku selama aku tertidur. Jauhkan mimpi buruk dan pikiran yang dapat mengangguku sepanjang malam. Bantulah aku juga agar dapat tertidur lelap dan esok kembali bagun di pagi hari dengan pikiran dan tubuh yang segar. Amin.”

9. Doa tidur dibaca bersama keluarga

doa tidur kristen
Freepik

Ada juga rekomendasi doa tidur yang bisa dibacakan si kecil bersama dengan keluarga. Doa tersebut yaitu:

 “Bapa surgawi, sebelum tidur, kami sekeluarga mau berdoa menghadap kehadiratMu. Malam ini kami hendak menaikkan doa syukur bagiMu atas segala kasih dan karunia yang boleh kami terima sepanjang hari.

Yesus, kami percaya tidak ada mustahil bagi-Mu. Melalui kasih setia-Mu, kami mohonkan perlindungan, kesehatan, rahmat, dan karunia-Mu senantiasa menyertai kami sekeluarga. Biar Engkau jaga kami agar selalu berada dalam damai sukacita-Mu. Agar masing-masing dari kami mampu menunjukkan kasih-Mu yang lembut.

Bimbing kami juga sepanjang aktivitas di hari esok. Biar semuanya berjalan dengan lancar. Kami pecayakan segala aktivitas, cita-cita, dan rencana kami hanya ke dalam tangan-Mu. Terimakasih Bapa untuk menjadi segalanya bagiku. Amin.

BACA JUGA: Doa Aku Percaya Katolik Lengkap: Panjang dan Pendek

10. Doa memohon kesehatan saat tidur

Freepik

Terakhir ada doa memohon kesehatan tubuh saat tidur, bacaan doa yang dimaksud adalah:

“Tuhan Yesusku, selamat malam. Aku mau berterimakasih karena kasih-Mu yang menyertaiku sepanjang hari yang indah ini. Tuhan ampunilah aku atas kesalahan dan dosa yang kuperbuat yang menyakiti sesamaku dan menyakiti-Mu.

Sebelum tidur, aku mau memohon kesehatan dan berkat dari-Mu khususnya untuk hari-hariku ke depan. Aku percaya hanya kepada-Mu ya Tuhan Allahku. Hanya melalui tangan-Mu lah ada berkat dan suka cita. Ku serahkan semuanya ke dalam tangan-Mu. Amin.”

Selain doa tidur kristen di atas, Sedulur juga bisa mengajari doa-doa berikut ini kepada si kecil di rumah, yaitu:

“Tuhan Yesus anak Allah yang bertahta di kerajaan surga. Terima kasih Tuhan atas hari yang engkau berikan pada hari ini untuk kami. Engkau memberkati dan menyertai kami sepanjang hari ini. Engkau memberikan kekuatan dan kesehatan bagi kami, sehingga kami boleh bekerja dan beraktivitas sepanjang hari ini.

Tuhan, saat ini kami hendak mau tidur, berkatilah kami sepanjang malam ini. Kiranya kami boleh tidur dengan tenang, agar kami boleh beristirahat dengan baik sehingga kami boleh beraktivitas kembali esok hari.

Jauhkanlah kami dari orang-orang yang ingin mengganggu tidur kami dan jauhkanlah kami dari orang-orang jahat. Begitu juga dengan keluarga kami Tuhan di manapun mereka berada, engkau berkati juga tidur mereka.

Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa dan mengucap syukur. Amin.”

Nah itulah daftar rekomendasi doa tidur kristen yang bisa Sedulur ajarkan kepada si kecil. Dari doa di atas, Sedulur bisa mulai membuat anak tetap disiplin dengan berdoa dan menyadari juga bersyukur atas kasih Tuhan itu sendiri.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.