Pernahkah Sedulur bertanya-tanya apa arti mimpi berkelahi? Dalam tidurnya seseorang, tidak jarang biasanya ia akan bermimpi tentang sesuatu. Mimpi sendiri lazim disebut sebagai ‘bunga tidur’. Banyak kegiatan atau aktivitas sehari-hari yang terkadang muncul di dalam mimpi seseorang. Menurut keterangan dari Sigmund Freud, mimpi adalah manifestasi atau dorongan motivasi seseorang terkait hal-hal yang ada di dalam kehidupan nyatanya.

Jadi, wajar saja apabila Sedulur memimpikan sesuatu yang sangat mungkin terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu kejadian di dalam mimpi yang beberapa orang alami adalah mimpi memanen padi. Banyak orang yang mengaku pernah memimpikan kejadian tersebut, padahal ia sedang tidak bertengkar dengan orang lain.

Apakah Sedulur termasuk ke dalam salah satu orang yang pernah memimpikan kejadian berkelahi tersebut? Jangan bingung dulu! Ada beberapa makna atau arti di balik mimpi tersebut dan tidak semuanya bersifat negatif, kok! Cari tahu apa arti mimpi berkelahi dan hubungannya dengan masa depan di artikel ini, yuk!

BACA JUGA: Jumlah Pemain Sepak Bola Serta Posisi & Perannya di Lapangan

Apa sih, arti mimpi berkelahi?

Depositphotos

Apabila menelaah dari sisi psikologi seseorang, sejatinya arti mimpi berkelahi ternyata tidak jauh berbeda dengan makna di balik mimpi yang lainnya. Mimpi berkelahi dapat mencerminkan keinginan mendalam seseorang, tekad, pikiran, motivasi, dan juga harapan yang menggebu-gebu terhadap sesuatu yang diinginkannya dalam kehidupan nyata. 

Penjelasan di atas memang sejalan dengan apa yang dipaparkan oleh Sigmund Freud, seorang pendiri aliran psikoanalisis dalam bidang ilmu psikologi asal Austria. Tanpa berlama-lama lagi, mari simak apa makna dari mimpi yang Sedulur alami ini.

BACA JUGA: 18 Film Horor Terseram Sepanjang Masa, Yakin Berani Nonton?

1. Arti mimpi berkelahi tandanya Sedulur sedang gelisah

Arti mimpi berkelahi berkaitan dengan permasalahan dan emosi dalam diri Sedulur. Mungkin Sedulur sedang menghadapi permasalahan yang cukup rumit yang membuat emosi menjadi bergejolak dan tidak karuan. Kemudian, mimpi ini muncul sebagai pertanda atau manifestasi untuk memberitahu kalau Sedulur sedang membutuhkan space untuk menenangkan diri.

2. Emosi kesal kepada seseorang yang sedang meluap-luap

Depositphotos

Mimpi berkelahi memang dapat menjadi manifestasi atas rasa kesal terhadap seseorang. Kalau sudah begitu, coba cermati lagi hubungan Sedulur dengan teman atau keluarga. Pastikan bahwa Sedulur berniat untuk menyelesaikan perkara tersebut, dan hati-hati terhadap setiap perkataan yang keluar dari mulut, ya!

3. Arti mimpi berkelahi tandanya Sedulur sedang menutupi kepribadian asli dari orang lain

Arti mimpi berkelahi juga bisa menjadi pertanda jika sebenarnya Sedulur sedang menutupi kepribadian dari orang lain. Tidak mengapa jika Sedulur tak ingin mengungkap jati diri asli kepada orang-orang di sekitar, akan tetapi dampaknya akan sangat terasa di dalam pikiran dan hati. Perasaan menjadi sesak karena harus terus berpura-pura di depan orang. Hanya Sedulur yang tahu solusi dari permasalahan ini.

BACA JUGA: Daftar Juara Piala Dunia Terbanyak Sejak 1930, Ada yang 5 Kali!

4. Mengalami pergolakan batin yang hebat

arti mimpi berkelahi
Depositphotos

Mimpi ini juga menandakan beberapa pergolakan batin yang sedang Sedulur alami. Mungkin Sedulur sedang merasa kesulitan untuk membuat beberapa keputusan penting yang akan berdampak besar pada hidup. Maka dari itu pertimbangkan segalanya dengan matang, jangan terburu-buru akan keputusan yang Sedulur ambil. Pikirkan dengan baik dan bijak, ya!

5. Arti mimpi berkelahi tandanya Sedulur harus bersifat lebih positif

Mimpi ini juga dapat dimaknai bahwa Sedulur harus lebih melihat kehidupan dari sisi positif. Walaupun banyak masalah dalam keseharian, tetapi Sedulur harus tetap mengutamakan sifat tersebut agar lebih bijak menyikapi segalanya.

Arti mimpi berkelahi menurut Primbon Jawa

Jika sebelumnya kita telah mengulas sedikit mengenai arti mimpi berkelahi dari sudut pandang psikologi, saatnya kita merambah ke kajian mimpi yang lain. Kajian tafsir mimpi kali ini berdasarkan sebuah kitab yang sangat tersohor di Tanah Jawa, yaitu Primbon Jawa.

Primbon Jawa seringkali dikaitkan dalam perjalanan hidup seorang manusia, salah satunya adalah perihal mencari arti di balik suatu mimpi ini. Temukan arti mimpi berkelahi menurut Primbon Jawa di dalam poin-poin berikut ini, yuk!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Drama Korea Terbaru 2022, Berbagai Genre

1. Arti mimpi melihat perkelahian

Jika posisi Sedulur di dalam mimpi sedang melihat perkelahian dan diam saja, mungkin hal tersebut menandakan bahwa Sedulur jarang memberikan inisiatif kepada orang lain. Cobalah lebih aktif di lingkungan sosial, kerja, ataupun kuliah.

2. Arti mimpi berkelahi dengan hewan, apa ya?

arti mimpi berkelahi
Depositphotos

Mimpi yang satu ini tergolong sangat unik. Siapa yang sangka bahwa kita akan berkelahi dengan hewan di dalam mimpi? 

Jika bermimpi menghadapi harimau, maka ia pertanda kemuliaan diri. Jika bermimpi menghadapi buaya, maka Sedulur akan mendapatkan kesehatan jasmani. Jika Sedulur menghadapi monyet, maka hal tersebut menjadi pertanda bahwa ada orang jahat yang akan datang ke dalam hidup.

3. Makna mimpi bertengkar dengan saudara

Arti mimpi berkelahi dan menang melawan saudara bisa jadi pertanda bahwa Sedulur akan mendapat rezeki dalam waktu dekat. Sebaliknya, jika kalah dalam perkelahian itu artinya Sedulur akan mengalami masalah keuangan.

4. Makna mimpi bergulat dengan hantu

arti mimpi berkelahi
Depositphotos

Mimpi berkelahi dengan hantu besar kaitannya dengan kesehatan Sedulur. Dalam waktu mendatang, Sedulur akan terserang sebuah penyakit jika kalah dengan hantu tersebut. Namun, jika dalam perkelahian tersebut Sedulur menang, maka Sedulur akan terus sehat.

5. Berkelahi dengan teman di dalam mimpi

Mimpi berkelahi dengan teman adalah sebuah pertanda baik bagi kehidupan. Mimpi ini menandakan dalam waktu dekat Sedulur akan kedatangan seseorang yang membawa kabar baik.

BACA JUGA: Gaji Pemain Sepak Bola Termahal 2022, Bukan Messi & Ronaldo!

6. Bertengkar dengan kedua orang tua

arti mimpi berkelahi
Depositphotos

Arti mimpi bertengkar dengan orang tua adalah sebuah pertanda baik. Walau terdengar meragukan, tetapi menurut Primbon Jawa mimpi ini menandakan dalam waktu dekat cita-cita dan harapan Sedulur akan terkabul.

7. Berkelahi dengan pasangan

Apabila Sedulur pernah bermimpi konflik dengan pasangan, hal ini bermakna ada permasalahan yang harus segera diselesaikan. Mimpi ini dikaitkan dengan kurangnya komunikasi atau perhatian dari pasangan.

8. Arti mimpi berkelahi hingga berdarah

arti mimpi berkelahi
Depositphotos

Pernahkah Sedulur mimpi berkelahi hingga berdarah? Jika pernah, maka artinya Sedulur dan keluarga akan menghadapi situasi yang buruk. Oleh karenanya, perhatikanlah semua rencana Sedulur secara rinci, terlebih yang berkaitan dengan masalah keluarga atau keuangan keluarga.

9. Makna di balik mimpi berkelahi hingga meninggal

Mimpi bergulat dengan seseorang hingga meninggal mungkin menjadi salah satu mimpi unik sekaligus mengerikan yang pernah Sedulur alami, ya. Setelah terbangun dan meratapi mimpi yang barusan dialami, tak jarang Sedulur akan bertanya-tanya makna di balik mimpi tersebut.

Jangan khawatir, mimpi mengerikan itu bukan semata-mata pertanda hal buruk, kok. Justru, ia menjadi pengingat kepada aspek-aspek di dalam kehidupan Sedulur. Jika mengalaminya, Sedulur harus merenungkan kembali mengenai hal-hal yang mengganggu hidup Sedulur. Kemudian, cobalah hadapi masalah tersebut dan jangan mencoba lari.

10. Berdamai setelah berkelahi

Setelah bertengkar dengan seseorang dan saling mengeluarkan perlawanan masing-masing, tidak jarang ajakan untuk berdamai datang begitu saja tanpa menunggu waktu yang lama. Kejadian tersebut bisa terjadi di dalam mimpi, loh Sedulur! 

Apabila Sedulur adalah salah satu yang mengalami mimpi ini, maka maknanya adalah Sedulur sebaiknya meningkatkan kewaspadaan terhadap relasi dengan orang-orang sekitar. Hal ini bisa jadi pertanda bahwa seseorang akan menjanjikan hal yang sangat baik, namun tidak realistis. Pikirkanlah kembali setiap tawaran yang datang pada Sedulur, karena bisa jadi tawaran tersebut hanya akal-akalan untuk memanfaatkan dan menipu kebaikan dari Sedulur.

Nah, itu dia ulasan singkat mengenai 15 arti mimpi berkelahi, baik itu secara umum maupun dari tafsiran kitab Primbon Jawa. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.