ambeien

Penyakit ambeien termasuk penyakit yang tidak bisa dianggap sebelah mata Sedulur. Mengapa bisa  demikian? Karena jika semakin parah, bisa mengganggu kegiatan Sedulur dan jika semakin parah, penanganannya bisa semakin rumit. Biasanya, jika tidak tertangani dengan baik, maka nyawa menjadi taruhannya.

Nah, penarasan mengenai penyakit yang satu ini? Yuk simak ulasan di bawah ini

BACA JUGA : Perhatikan 19 Ciri Ciri Hamil Sebelum Telat Haid, Jarang Disadari

1. Apa itu ambeien

Bagaimana Cara Mengobati Ambeien? Simak Disini
sindonews

Kondisi ini disebabkan karena peradangan atau pembengkakan pada pembuluh darah vena pada sekitaran anus. Kondisi seperti ini biasa  disebut sebagai hemoroid atau biasa dikenal dengan sebutan wasir. Pembengkakan seperti ini bisa muncul di dalam rektum yaitu sebuah saluran yang menghubungkan antara usus besar dengan anus atau pada sekitar anus.

Nah, biasanya penyakit ini disebabkan karena mengejan terlalu sering dan dalam  waktu yang lama ketika sedang akan buang air besar. Perlu kamu ketahui, bahwa  ambeien ini dibedakan menjadi dua jenis lho Sedulur. Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

  • Internal hemorrhoid, peristiwa ini muncul di dalam saluran rektum, tidak merasa nyeri tapi mungkin menyebabka feses yang berdarah.
  • External hemorrhoid, muncul ketika di luar anus, terasa gatal atau nyeri atau kadang-kadang bisa mengalami robek dan berdarah.

BACA JUGA : 15 Sifat Cahaya Lengkap dengan Penjelasan dan Contohnya

2. Gejala-gejala ambeien

Bagaimana Cara Mengobati Ambeien? Simak Disini
tirto

Ternyata berdasarkan jenisnya, gejala ambeien yang dirasakan pasti akan berbeda. Bila Seduur memiiki jenis  eksternal, maka Sedulur akan mengalami beberapa hal yang dapat terjadi. Seperti halnya berikut ini.

  • Munculnya benjolan yang keras atau mungkin terasa lembut saat disentuh yang ada pada dekat anus.
  • Anus terasa gatal serta
  • Anus terasa nyeri teruma ketika Sedulur akan duduk.

Meski demikian, gejala seperti ini bisa menghilang hanya dalam beberapa hari. Namun, apabila Sedulur terbiasa membersihkan anus dengan kasar atau mungkin terlalu sering mengejen gejalanya mungkin bisa lama. Lalu pada jenis internal, biasanya Sedulur tidak akan merasa nyeri atau gatal. Meski demikian, feses yang keluar bisa saja disertai darah.

Bila ambeien dapat berkembang atau benjolannya keluar dari anus, mungkin akibatnya Sedulur bisa merakan rasa perih  dan susah buang air besar. Nah, setelah tahu tentang definisi penyakit ini, maka selanjutnya gejala yang biasa dialami oleh wanita atau pria.

Gejala ambeien pada pria dikutip dari laman Kompas.com, akan mengalami anus terasa gatal, muncul benjolan kecil di dekat anus, anus dan area pantat terasa sakit dan ada darah dalam kotoran buang air besar (BAB) atau tinja. Selanjutnya, setelah membahas gejala pada pria, maka selanjutnya pada wanita.

Gejala ambeien pada wanita biasanya akan ada darah berawarna merah ketika BAB terutama saat kotoran sangat keras dan besar, sering kali muncul benjolan mirip anggur kecil pada anus, muncul benjolan di sekitar anus jika ambeien luar, area sekitar benjolan akan terasa bengkak bahkan gatal lalu terakhir pada trombosis ambeien, benjolan pada anus  sangat sakit.

BACA JUGA : Ciri Cucak Ijo Asli & Cara Merawatnya Agar Gacor Ngerol

3. Penyebab ambeien

Bagaimana Cara Mengobati Ambeien? Simak Disini
TheAsianParent

Mengalami masalah di saluran anus seperti ambeien ini, memang sangat menyakitkan bukan. Nah, apabila Sedulur masih awam tentang penyakit ini, maka saya akan memberikan penjelasan secara lengkapnya untuk Sedulur.

Pada dasarnya, penyebab ambeien adalah gangguan di dalam aliran darah yang akan menuju saluran pembuangan feses. Gangguan semacam ini bisa muncul, apabila terlalu mengejan ketika buang air besar (BAB) atau mungkin terlalu lama di toilet. Karena  kebiasan yang kurang baik tersebut, bisa membuat jalannya aliran darah terganggu

Tentu saja karena gangguan tersebut, muncul pembengkakan dan sangat mengganggu Sedulur yang mungkin sedang akan duduk. Jadi, harus lebih menjaga kesehatan ya Sedulur.

BACA JUGA : 10 Jenis Burung Pleci dan Makanan Terbaiknya, Bikin Nyaring!

4. Ciri-ciri ambeien

Bagaimana Cara Mengobati Ambeien? Simak Disini
alodokter

Setelah tadi membahas mengenai penyakit ini dan gejala yang bisa dialami oleh kaum wanita dan pria, serta penyebabnya, maka selanjutnya kita akan membahas mengenai ciri-ciri penyakit yang menyerang saluran anus ini Sedulur.

  • Nyeri dan rasa tidak nyaman
  • Mengalami iritasi pada area rektum
  • Terjadi pembengkakan di sekitar anus
  • Terdapat benjolan yang sensitif atau nyeri yang terjadi dekat anus
  • BAB berdarah berwarna terang

BACA JUGA : 6 Jenis & Ciri-ciri Burung Ciblek Lengkap Dengan Kisaran Harga

5. Faktor risiko terkena ambeien

Bagaimana Cara Mengobati Ambeien? Simak Disini
Liputan6

Setelah tadi mengetahui tentang ciri-ciri hingga definisi, maka selanjutnya adalah faktor-faktor apa saja yang bisa dirasakan apabila seseorang sudah mengalami penyakit yang sering menyerang anus ini. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Mengalami sembelit kronis

Feses yang mengalami pengerasan akibat dari sembelit mungkin membuat Sedulur harus mengeluarkan tenaga yang lebih saat mengejan. Karena tekanan yang kuat, mungkin bisa memicu pembengkakan pada pembuluh darah di bagian anus dan bisa menyebabkan hemoroid.

Kehamilan

Saat sudah memasuki usia kehamilan yang semakin membesar, maka rahim mungkin akan ikut berkembang juga mengikuti perkembangan pada janin. Nah, akibat tekanan yang kuat membuat pembuluh darah pada usus besar memicu munculnya benjolan di anus.

Duduk terlalu lama

Masalah ini selalu menjadi hal biasa buat penderita ambeien. Sebab, pembuluh darah pada sekitar anus tentu akan banyak terisi oleh darah. Nah, aliran darah yang konstan bisa memicu menekan dinding pembuluh darah akan  semakin besar.

Mengangkat benda berat

Masalah ini bisa memperbesar terjadinya wasir. Hal ini bisa terjadi lantaran adanya penumpukan pada tekanan darah yang ada  pada bagian rektum. Yang akan mempengaruhi aliran darah sehingga bisa memunculkan pembengkakan.

Usia

Kondisi tubuh yang semakin menua pun juga secara alami bisa menyebabkan jaringan pembuluh darah disekitar rektum dan anus mungkin bisa melemah dan merenggang  sehingga rentan untuk bengkak.

BACA JUGA : 1 Kaki Berapa Meter? Ini Penjelasan dan Cara Hitung Cepat

6. Apakah ambeien bisa diobati?

Bagaimana Cara Mengobati Ambeien? Simak Disini
Momsmoney

Wasir atau ambeien sejatinya bisa diobati melalui beberapa langkah baik dengan cara pengobatan kimia, atau pun juga bisa menggunakan alami. Namun, apabila sudah terlalu parah maka jalan satu-satunnya adalah harus dilakukan operasi.  Nah, untuk mereka yang mengalami penyakit ini, dan tanpa harus operasi, berikut adalah penjelasannya.

  • Stadium pertama BAB berdarah tapi benjolan ambeien belum turun
  • Stadium kedua BAB berdarah, benjolan ambeien turun, tapi gejala penyakitnya bisa sembuh dengan sendirinya
  • Stadium ketiga BAB berdarah benjolan ambeien turun terkadang memebutuhkan obat untuk mengatasi penyakit
  • Stadium lanjut BAB berdarah, benjolan turun, gejala penyakit tidak sembuh dengan bantuan obat.

7. Obat ambeien

Unsplash

Setelah tadi membahas kemungkinan penyakit ini bisa sembuh atau tidak, jawabannya tentu bisa. Sebab banyak sekali obat untuk mengatasi persoalan penyakit yang satu ini. Baik menggunakan cara alami atau mungkin bisa menggunakan pengobatan kimia.

Obat ambeien alami

Obat ambeien ini bisa kamu dapatkan di sekitar kalian sedulur. Selain murah, obat alami juga minim  akan efek samping yang bisa ditimbulkan setelah dikonsumsi. Nah obat-obatan alami itu di antaranya adalah, menggunakan air hangat, lidah buaya, makan-makanan yang kaya akan serat, kompres dengan es, jaga kebersihan anus  hingga mungkin jangan sampai menahan BAB.

Obat ambeien kimia

Setelah mengetahui obat alami untuk penyakit ini, maka selanjutnya mungkin bisa menggunakan cara kimia. Ingat, penggunaan obat-obatan kimia,  dianjurkan jika obat alami dirasa tidak memberikan efek yang signifikan kepada tubuh kita. Beberapa obat kimia yang sudah sesuia dengan resep dokter antara  lain, Naproxen, Ibuprofen, Hidrikortison rektal, Lidocain dan obat pencahar.

8. Kapan konsultasi ke dokter

fahrenheit

Ada tahapan-tahapan yang mesti diketahui Sedulur jika ingin melakukan konsultasi ke dokter terkait mengenai penyakit yang satu ini. Setidaknya ada tiga hal yang wajib kamu tahu mengenai kapan kamu harus konsultasi ke dokter terkait.

  • Ambeien terasa nyeri dan tidak kunjung membaik walaupun sudah diobati di rumah
  • BAB Berdarah atau berwarna hitam atau berdarah
  • Anda merasa pusing atau kliyengan

Perlu diketahui jika tubuh setiap manusia akan berbeda-beda. Tentu respons terhadap penyakit pun juga bisa berbeda. Jadi, jika Sedulur memiliki pertanyaan seputar wasir, langsung saja konsultasikan ke dokter yang berkaitan.

Dokter pertama-tama akan melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu. Biasanya, dokter langsung mendiagnosis penyakit bila jenis wasir yang Sedulur  alami adalah jenis eksternal

9. Makanan pantangan wasir

suara

Ada beberapa makanan yang dianggap sangat tidak dianjurkan bagi penderita penyakit ini. Makanan-makanan tersebut antara lain adalah sebagai berikut . Yuk simak ulasan lengkapnya.

Makanan tinggi garam

Makanan yang tinggi garam tidak dianjurkan bagi mereka yang menderita penyakit ambeien ini. Jadi, tidak hanya dianjurkan buat penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, namun juga penderita wasir.

Makanan berlemak

Makanan yang mengandung lemak tinggi biasanya di dapat pada makanan yang banyak mengandung minyak tinggi. Atau mungkin daginng merah.

Makanan pedas

Makanan pedas juga tidak diizinkan untuk dikonsumsi oleh para penderita wasir ini lho Sedulur.

Makanan rendah serat

Makanan rendah serat bisa kamu temukan pada beberapa olahan makanan, seperti daging atau sosis hingga makanan cepat saji.

10. Makanan untuk penderita ambeien

kompas

Setelah mengetahui makanan yang tidak dibolehkan bagi penderita  wasir, maka selanjutnya saya akan memberikan makanan apa saja yang layak dikonsumsi dan juga  menyehatkan.

Serat larut

Makanan pertama yang bisa dikonsumsi adalah serat larut. Serat ini lengket dan lembut, seperti gel sehingga dapat menyerap air. Ini membuat feses menjadi lebih lembut, terbentuk dengan baik, dan mudah melewati anus ketika dikeluarkan. Anda yang mengonsumsi banyak serat jenis ini akan terhindar dari sembelit.

Serat tidak larut

Setelah tadi membahas mengenai makanan yang cepat larut, selanjutnya adalah sebaliknya serat tidak larut. Jenis serat ini memiliki sifat yang tidak larut dalam air sehingga tidak dipecah secara langsung di usus dan langsung menyerap ke aliran darah yang mengalir ke sistem pencernaan. Ini membantu menjaga sistem pencernaan karena menyeimbangkan zat kimia di usus.

Demikian ulasan mengenai wasir dan cara mengobatinya. Semoga membuat Sedulur lebih menjaga sanitasi lingkungan supaya terhindar dari penyakit ini.