Alas Roban merupakan salah satu tempat menarik di kawasan Pantura tepatnya di Kabupaten Batang, Provinsi Jawa Tengah. Tempat ini dianggap angker oleh banyak orang, karena jalanan curam dan berliku. Bahkan sering kali muncul kabar kecelakan hingga rem blong di tempat ini. Sehingga kesan horor semakin terasa sekali Sedulur.

Nah bagi kalian yang penasaran tentang misteri apa saja yang terjadi di Alas Roban, dan suka cerita berbau horor, berikut fakta fakta alas roban yang wajib kamu tahu.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Film Horor Indonesia & Barat Terbaik 2021

1. Penampakan warung gaib

alas roban
pikiranrakyat

Alas roban Jawa Tengah selain terkenal karena jalannya yang curam dan berliku, ternyata di lokasi ini ditemukan warung gaib. Penjelasan ini diungkapkan langsung oleh salah seorang pengguna Twitter @baryoism. Suatu ketika, ban mobilnya kempes dan terpaksa menghentikan mobil di pinggir jalan Alas Roban.

Karena merasa capek dan lelah, maka sang sopir memilih mencari warung terdekat Alas Roban. Di sana sang sopir @baryoism menikmati hidangan warung dan memilih sekalian istirahat di warung tersebut. Namun tak disangka, saat dirinya sudah terbangun, posisinya berada di semak pinggir jalan. Tanpa baju kemeja dan tanpa keberadaan warungnya.

2. Ada orang berdiri di tengah jalan

alas roban
solopos

Selain kisah mistis keberadaan warung gaib, ada pula cerita mistis tentang keberadaan puluhan orang di tengah jalan Alas Roban Jawa Tengah. Hal ini diungkapkan langsung oleh pemelik akun Twitter @chitattooes. Dalam ceritanya, dia menceritakan pengalaman mistis selama melewati jalan Alas Roban sekarang.

Pemilik akun Twitter itu, menceritakan kisah ganjil yang dialami kakak, ayah, ibu, dan diriya saat hendak menuju Bandung dari Surabaya pada tahun 2003. Pemilik  akun Twitter @chitattoes itu sadar kemampuan yang dimiliki kakaknya dan dirinya dalam melihat hal gaib. Dengan keadaan setengah tidur, kakaknya berkata kepada ayahnya untuk membunyikan klakson dulu saat mau lewat Alas Roban itu. Sebab, menurutnya jalanan menjadi ramai karena ada orang kumpul di tengah jalan.

BACA JUGA: Mengenal Apa Itu Arti Cenayang hingga Tokoh Terfenomenal

3. Adanya legenda Tumenggung Bau Reksa

alas roban
okezone

Kenapa Alas Roban menjadi angker, sebab di wilayah ini ada penunggu bernama Tumenggung Bau Reksa. Penjelasan ini bukan tanpa alasan. Sebab sebelumnya, YouTube pencinta dunia mistis Kisah Tanah Jawa (KTJ) menyebut jika Kabupaten Batang adalah daerah pemerintahan dari Sultan Agung Mataram. Dan di sini dipimpin oleh salah seorang raden bernama Bau Reksa sebagai Tumenggung.

Tumenggung Bau Reksa berencana membuka kawasan tersebut sebagai lahan pertanian. Mengikuti rencana penyerangan sultan agung ke Batavia. Namun masalah ini malah menimbulkan rasa kurang nyaman bagi penunggu Alas Roban Jawa tengah. Makhluk halus yang sangat terganggu, akhirnya memberikan perlawanan dan melakukan penyerangan ke prajurit dengan mengirim penyakit yang berakhir pada kematian.

Demi menghentikan masalah ini, maka Tumenggung Bau Reksa melakukan komunikasi dengan makhluk penghuni tempat itu. Maka hasil akhirnya, Tumenggung mencapai kesepakatan dengan balasan berupa hasil sedekah bumi dalam bentuk sesajian yang berupa hasil panen.

4. Adanya sendang keramat

alas roban
kumparan

Tak hanya soal pengalaman mistis yang dialami pengendara, di jalan Alas Roban sekarang, diketahui ada sendang keramat. Di sendang ini, konon katanya terdapat penghuni makhluk tak kasat mata berwujud wanita cantik. Ya, wanita cantik ini menjadi penunggu utama di sendang ini, sehingga kesan mistis sangat terasa sekali. Lokasi sendang keramat ini berada di peta Alas Roban. Ukurannya tidak terlalu besar namun cukup dianggap keramat bagi banyak orang. Lokasi ini dipercaya sebagai tempat mata air untuk perkumpulan siluman wanita cantik. Hii serem ya Sedulur.

BACA JUGA: Kisah Hantu Momo, Boneka Seram Asal Jepang yang Viral

5. Pohon beringin putih

alas roban
jurnalasia

Dalam adat masyarakat Jawa, keberadaan pohon beringin identik sebagai rumah para jin. Ya, hal ini berlaku pula di Alas Roban Jawa Tengah.  Di mana pada lokasi ini, ditemukan pohon beringin berwarna putih. Lokasi pohon beringin putih berada persis di samping jalanan. Sebab, di sepanjang jalan Alas Roban sekarang pohon beringin putih tumbuh subur.

Dipercaya, hadirnya pohon beringin putih ini menjadi tempat atau rumah bagi sesepuh makhluk halus lho Sedulur. Nah, saat kamu memasuki Alas Roban Jawa Tengah, maka kamu akan diperlihatkan monyet liar yang bergelantungan pada daerah tersebut. Monyet-monyet ini akan menyapamu saat melewati jalanan di alas ini. Konon katanya monyet-monyet ini tidak akan pernah bisa ditangkap. Meskipun sudah menggunakan berbagai macam cara.

6. Ki Janggut Putih dan Nyi Putih

alas roban
sonora

Kenapa Alas Roban angker, sebab di lokasi ini terdapat makhluk halus bernama Ki Janggut Putih dan Nyi Putih. Namun, ada hal aneh dari dua makhluk halus ini. Sebab, jika biasanya makhluk halus banyak melakukan tindakan usil, jika makhluk ini tidak sama sekali. Kecuali saat merasa terusik. Bila kamu ingin menemui dua makhluk halus ini, maka kamu harus memiliki keberanian dan tekad tinggi. Tidak hanya soal keberanian dan tekad tinggi, namun kamu harus membawa minyak mistik yang bisa mendatangkan keberadaan mereka.

7. Jadi tempat pembuangan mayat

alas roban
akurat

Selain keberadaan makhluk halus bernama Ki Janggut Putih dan Nyi Putih, Alas Roban Jawa Tengah konon katanya menjadi tempat pembuangan mayat. Pembuangan mayat ini terjadi ketika masa Orde Baru. Di mana pada saat itu, populer dengan adanya petrus atau penembak misterius. Ya, para petrus yang memiliki tugas menembak komplotan kriminal bersenjata hingga tewas, kabarnya membuang mayatnya di area ini.

Sebab, pernah ada seseorang melihat kejadiaan tersebut dan menceritakannya hingga sekarang. Alhasil, menjadi cerita menyeramkan sampai saat ini. Dampak pembuangan mayat tersebut, konon katanya arwahnya bergentayangan. Sehingga mengganggu para pengguna jalan. Bahkan kabarnya sang pengguna jalan meninggal dunia setelah diganggu dan kendaraan yang dikemudikan mengalami kecelakaan.

Demikian ulasan seputar fakta Alas Roban yang terkenal angker, wingit, dan konon memakan korban jiwa. Semoga ulasan ini bisa membantu Sedulur yang menyukai dunia horor.