cenayang adalah

Bisa dibilang cenayang adalah salah satu kosakata yang mulai jarang digunakan. Seperti yang telah diketahui, penggunaan kata-kata dalam ucapan dan keterangan itu semakin luas. Disamping itu, banyak kosakata yang mulai jarang digunakan, dan akhirnya banyak orang yang tidak tahu artinya.

Walaupun sudah jarang digunakan, namun tidak berarti kata tersebut sudah tidak berlaku lagi, hal ini juga termasuk dengan cenayang. Ya, bagi Sedulur yang sering menonton film-film horor luar dengan alih bahasa, mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata ‘cenayang’.

Nah, biasanya kata tersebut ditujukan untuk orang yang memiliki kekuatan spiritual dan berhubungan erat dengan hal-hal mistis. Lalu apa arti cenayang yang sebenarnya? Langsung saja, simak informasi yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: Dunia Paralel Benar Ada? Ini Beberapa Teori & Temuan Ilmuwan

-->

Apa itu cenayang?

cenayang adalah
pexels

Jika melihat Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), cenayang adalah dukun (pawang) yang dapat berhubungan dengan makhluk halus. Sinonim cenayang sendiri adalah bomoh, belian, dukun, pawang, paranormal, syaman, sinse, malim, orang pintar, sengsai, poyang, tabib, suangi, mistis, mantri, bibit buwit, okultis, dan cikal bakal.

Mungkin Sedulur masih bingung akan perbedaan cenayang dan dukun. Jadi sebenarnya keduanya sama, hanya mungkin penggunaan istilah cenayang lebih sering digunakan pada masa kerajaan kuno. Sedangkan untuk dukun, istilah tersebut masih sering digunakan hingga saat ini.

Kekuatan cenayang, dikenal dengan kelebihannya dalam hal supranatural. Mereka mampu memahami hal-hal yang tak kasat mata, berkomunikasi dengan makhluk gaib, dan melakukan berbagai aktivitas diluar nalar.

Umumnya, cenayang Indonesia kerap diminta untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam kehidupan. Misalnya saja seperti ekonomi, percintaan, penyakit, gangguan sihir, dan masih banyak lagi lainnya. Namun keberadaannya tidak hanya di Indonesia saja, mereka tersebar di berbagai belahan dunia.

Dapat dikatakan jika keberadaan dari cenayang ini sering dianggap sebagai ancaman. Salah satu contohnya ada di Kongo, dimana banyak perempuan dan anak kecil yang menjadi korban ulah cenayang. Ketika mereka tertangkap, biasanya akan langsung dimusnahkan oleh pihak yang berwajib.

Tokoh besar yang pernah berkaitan dengan cenayang

pexels

Nancy Reagan

Terdapat fakta jika Presiden Amerika ke-40, Ronald Reagan dan Ibu Negara menggunakan jasa paranormal dan juga astrolog hingga masa jabatan sebagai presiden Negeri Adikuasa tersebut habis. Jadi pada tahun 1970-an, Nancy Reagan menemui seorang cenayang bernama Joan Quigley.

Sejak saat itu, keduanya mulai dekat. Quigley pun sering memberi Nancy ramalan yang memperhitungkan periode dari keberhasilan sang suami, serta kapan sang presiden harus bertindak atas suatu keputusan.

Usai Reagan ditembak, Nancy mempunyai saluran telepon khusus yang tidak hanya dipasang di Gedung Putih saja. Namun juga di Camp David, sehingga dia punya akses secara penuh penuh ke sang cenayang setiap kali membutuhkan bantuannya.

Adolf Hitler

Erik Jan Hanussen merupakan seorang cenayang ternama di Jerman yang bergabung dengan sirkus ketika masih anak-anak. Pada tahun 1920, dia mencapai puncak ketenaran berkat pertunjukan publiknya. Keluarga kerajaan Austria-Hungaria setelah Perang Dunia I, ternyata juga menjadi kliennya.

Kemudian Hanussen berhubungan dekat dengan perwira tinggi Nazi dan juga Hitler. Terdapat spekulasi yang menyebut bahwa Hitler selalu meminta untuk diramal. Hanussen sendiri menyembunyikan fakta bahwa dia adalah seorang Yahudi. Namun dia secara misterius ditemukan tewas pada tahun 1933.

Abraham Lincoln

Selama berlangsungnya perang sipil, gerakan spiritualisme berada pada puncak ketenaran. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya paranormal yang melakukan proses pemanggilan arwah untuk membantu orang-orang menghubungi keluarga mereka tewas dalam peperangan.

Nah, Presiden Amerika Serikat ke-16, Abraham Lincoln, ternyata juga cukup sering mengadakan proses pemanggilan arwah dengan cenayang di Gedung Putih. Tindakan tersebut diprakarsai oleh sang istri, Mary Todd Lincoln, setelah dia mengenal seorang paranormal bernama Nettie Colburn, usai kematian dari anak laki-laki Lincoln.

Hillary Clinton

Hillary Clinton dikabarkan pernah menghadiri beberapa sesi ramalan cenayang saat suaminya, Bill Clinton pertama kali menjabat posisi sebagai Presiden Amerika Serikat. Hillary bahkan menjadi teman baik dari seorang paranormal bernama Jean Houston, yang mengaku bisa berkomunikasi dengan orang yang sudah meninggal.

Seorang jurnalis bernama Bob Woodward mengungkapkan kisah interaksi antara Houston dan Clinton, termasuk juga dengan sebuah proses pemanggilan arwah yang dilakukan. Menurut laporannya, Clinton mengalami kerasukan dan menjadi perantara arwah Eleanor Roosevelt serta Gandhi.

Charlie Chaplin

Kebenaran apakah Charlie Chaplin memang percaya peramal atau paranormal memang tidak diketahui secara pasti. Akan tetapi, yang pasti aktor komedi asal Inggris itu diketahui pernah memakai jasa paranormal di sepanjang karirnya.

Dilansir dari buku The Intimate Charlie Chaplin karya Mary Reeves dan Claire Goll, yang mendokumentasikan kehidupan Charlie Chaplin melalui perspektif teman-temannya, Chaplin sering menghadiri kelompok peramal di Inggris.

Ya, mungkin saja Chaplin terhibur dengan aksi mereka. Namun hal itu tidak menutup kemungkinan bahwa Chaplin memang mencari bimbingan untuk menjalani kehidupannya yang sukses sebagai aktor ternama dan juga pembuat film.

BACA JUGA: Pedagogik adalah: Pengertian, Manfaat & Fungsinya, Lengkap!

Zodiak cenayang

pexels

Nah, bagi Sedulur yang suka membaca tentang zodiak, ternyata ada juga zodiak yang memiliki bakat untuk menjadi cenayang, lho. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Sagittarius

Sagittarius merupakan salah satu zodiak yang pintar membaca aura orang lain. Mereka memiliki kemauan untuk membantu orang-orang yang sedang membutuhkan bantuannya. Ya, Sagittarius memang dilahirkan dengan intuisi yang kuat.

Virgo

Zodiak yang satu ini terkenal dengan sosok yang penuh kasih sayang. Jadi tidak heran jika mereka sangat pandai dalam membaca aura orang lain. Selain itu, Virgo juga sangat senang menawarkan bantuan kepada orang yang sedang berada dalam kesulitan.

Aries

Meskipun tidak terduga, Aries juga dikenal sebagai zodiak yang pintar untuk memahami apa yang terjadi pada orang lain. Dengan kesabaran yang mereka miliki, mereka akan dengan senang hati menolong orang lain yang butuh bantuan.

BACA JUGA: 20 Cerita Rakyat Terbaik Sepanjang Masa [Banyak Hikmahnya]

Nah, itulah sedikit informasi mengenai cenayang yang bisa dijelaskan kali ini. Oh iya, beberapa negara yang juga erat dengan keberadaan cenayang adalah Kongo, India, Gambia, Kamerun, Afrika Selatan, Zambia, dan juga Kenya.

Meskipun begitu, bukan berarti di negara lain tidak ada cenayang, lho. Hanya saja, kasus terkait cenayang yang ditemukan tidak sebanyak beberapa negara yang tadi sudah disebutkan.