al qariah

Surat Al Qariah merupakan surat ke 101 di Al Quran. Surat ini masuk ke dalam juz ke 30 atau lebih dikenal sebagai juz amma. Meski berada di urutan ke 101 di dalam kitab suci Al Quran, surat yang terdiri atas 11 ayat ini merupakan surat ke 30 yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. Tepatnya, surat ini diturunkan sesudah surat Al Quraisy dan sebelum surat Al Qiyamah.

Untuk lebih memahami tentang surat ini, berikut adalah rangkuman informasi mengenai surat Al Qariah termasuk bacaan surat Al Qari’ah dan artinya.

BACA JUGA: Arti dan Makna Alif Lam Mim Dalam Pembuka Surat Al Quran

Mengenal surat Al Qariah

al qariah
iStock

Disampaikan sebelumnya, surat Al Qariah merupakan surat ke 101 dan masuk dalam juz amma atau juz ke 30. Sementara itu, berikut adalah beberapa informasi terkait surat Al Qariah yang bisa Sedulur simak.

  • Nama surat: Al Qariah
  • Nama dalam tulisan Arab: القارعة
  • Arti nama surat: hari kiamat, menggebrak, mengguncang
  • Surat ke: 101
  • Klasifikasi: surat Makkiyah
  • Jumlah ayat: 11

BACA JUGA: Surat Al Humazah Lengkap, Arab, Latin, & Terjemahannya

Bacaan surat Al Qariah (arab dan latin)

al quran
unsplash

Berikut adalah bacaan surat Al Qariah dalam tulisan arab dan latin.

اَلْقَارِعَةُۙ ١

al-qāri’ah

مَا الْقَارِعَةُ ۚ ٢

mal-qāri’ah

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا الْقَارِعَةُ ۗ ٣

wa mā adrāka mal-qāri’ah

يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِۙ ٤

yauma yakụnun-nāsu kal-farāsyil-mabsus

وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِۗ ٥

wa takụnul-jibālu kal-‘ihnil-manfụsy

فَاَمَّا مَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِينُهٗۙ ٦

fa ammā man ṡaqulat mawāzīnuh

فَهُوَ فِيْ عِيْشَةٍ رَّاضِيَةٍۗ ٧

fa huwa fī ‘īsyatir rāḍiyah

وَاَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُهٗۙ ٨

wa ammā man khaffat mawāzīnuh

فَاُمُّهٗ هَاوِيَةٌ ۗ ٩

fa ummuhụ hāwiyah

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا هِيَهْۗ ١٠

wa mā adrāka mā hiyah

نَارٌ حَامِيَةٌ ࣖ ١١

nārun ḥāmiyah

BACA JUGA: Surat Al Bayyinah Lengkap Beserta Arab, Latin & Terjemahannya

Terjemahan surat Al Qariah

al qariah
Tribunnews Jateng

Setelah mengetahui bacaan surat Al Qariah, ada baiknya Sedulur menyimak terjemahannya berikut ini.

  1. Al-Qāri‘ah (hari Kiamat yang menggetarkan).
  2. Apakah hari kiamat itu?
  3. Tahukah kamu apakah hari kiamat itu?
  4. Pada hari itu manusia seperti laron yang beterbangan
  5. dan gunung-gunung seperti bulu yang berhamburan.
  6. Siapa yang berat timbangan (kebaikan)-nya,
  7. dia berada dalam kehidupan yang menyenangkan.
  8. Adapun orang yang ringan timbangan (kebaikan)-nya,
  9. tempat kembalinya adalah (neraka) Hawiyah.
  10. Tahukah kamu apakah (neraka Hawiyah) itu?
  11. (Ia adalah) api yang sangat panas.

BACA JUGA: Arti Kun Fayakun dan Surat Al Quran yang Menyebutkannya

Asbabun nuzul

iStock

Dirangkum dari berbagai sumber, tidak ada penjelasan secara komprehensif mengenai asbabun nuzul atau sebab-sebab yang melatarbelakangi turunnya surat ini. Meski begitu, turunnya surat ini disebut sebagai pengingat bagi umat muslim tentang adanya hari kiamat. Penjelasan mengenai hari kiamat sendiri terkandung dalam surah Al Qariah ayat 1-5 sebagai berikut.

Al qariah,  mal qariah, wa mā adrāka mal-qāri’ah, yauma yakụnun-nāsu kal-farāsyil-mabsus, wa takụnul-jibālu kal-‘ihnil-manfụsy. (Al Qariah (hari kiamat), apakah hari kiamat itu? Tahukah kamu apakah hari kiamat itu? Pada hari itu manusia seperti laron (anai-anai) yang beterbangan, dan gunung-gunung seperti bulu yang berhamburan).

Selanjutnya, ayat ke 6-11 menerangkan tentang hari penimbangan amal, di mana seluruh amalan manusia akan dihitung. Selain itu, ayat ke 10-11 secara khusus membahas tentang neraka Hawiyah. Berikut bunyi surat Al Qariah ayat ke 6-11 beserta artinya.

Fa ammā man ṡaqulat mawāzīnuh, fa huwa fī ‘īsyatir rāḍiyah, wa ammā man khaffat mawāzīnuh, fa ummuhụ hāwiyah, wa mā adrāka mā hiyah, nārun ḥāmiyah (Siapa yang berat timbangan (kebaikan)-nya, dia berada dalam kehidupan yang menyenangkan. Adapun orang yang ringan timbangan (kebaikan)-nya, tempat kembalinya adalah (neraka) Hawiyah. Tahukah kamu apakah (neraka Hawiyah) itu?  (Ia adalah) api yang sangat panas).

BACA JUGA: Bacaan Surat Ad Dhuha: Latin, Arab Beserta Terjemahannya

Tafsir surat Al Qariah

Freepik

Untuk lebih memahami makna surat Al Qariah, ada baiknya Sedulur menyimak tafsirnya sebagaimana telah dirangkum dari laman Quran Kemenag berikut ini.

  • Tafsir ayat ke 1: Hari kiamat yang mengerikan. 
  • Tafsir ayat ke 2: Pada ayat ini Allah mengulang penyebutan kata Al-Qariah untuk menggugah perhatian manusia tentang kengeriannya dan peristiwa-peristiwa dahsyat yang terjadi pada hari itu.
  • Tafsir ayat ke 3: Allah mengulangi sekali lagi pertanyaan itu agar manusia semakin tergugah, “Dan tahukah kamu apakah hari kiamat itu?”
  • Tafsir ayat ke 4 dan 5: Dalam ayat ini, Allah menggambarkan dahsyatnya hari kiamat melalui dua hal, yaitu keadaan manusia dan gunung-gunung. Pada hari kiamat itu manusia seperti laron yang beterbangan. Mereka berlarian tidak tentu arah, kacau balau, dan tidak lagi menghiraukan sekelilingnya. Selain itu, pada hari kiamat gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan. Gunung yang demikian kekar dan besar diempaskan sehingga menjadi abu, kemudian disapu oleh angin dahsyat hingga beterbangan, menjadikan bumi terhampar rata.
  • Tafsir ayat ke 6 dan 7: Orang yang berat timbangan kebaikannya, baik berupa ibadah ritual maupun sosial yang dikerjakan dengan ikhlas, maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan dan membahagiakan. Itulah surga yang penuh nikmat.
  • Tafsir ayat ke 8 dan 9: Sementara itu, orang yang ringan timbangan kebaikannya dan kalah berat dibanding timbangan keburukannya karena lebih banyak berbuat maksiat dan kebatilan daripada taat dan kebajikan, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah.
  • Tafsir ayat ke 10: Menggugah perhatian manusia tentang neraka Hawiyah itu, Allah berfirman, “Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu?”
  • Tafsir ayat ke 11: Surah Al Qariah ayat ke 11 menjelaskan bahwa neraka Hawiyah itu adalah api yang sangat panas dan menjadikan apa saja yang masuk ke dalamnya hancur lebur dan leleh.

Demikian tadi pembahan mengenai surat Al Qariah, lengkap dengan profil hingga arti dan tafsirnya. Semoga tulisan ini bisa membantu Sedulur untuk lebih memahami surat Al Qariah, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.