al bayyinah

Tahukah kamu? Ada 114 surat di dalam kitab suci Al Quran. Satu di antaranya ialah surat Al Bayyinah. Surat yang berada di urutan ke 98 ini merupakan bagian dari juz amma atau juz ke-30.

Melihat pada sejarahnya, surat Al Bayyinah termasuk ke dalam golongan surat Madaniyah karena diturunkan di Kota Madinah. Tepatnya surat ini diturunkan setelah surat At Talaq.

Adapun kata Al Bayyinah artinya adalah pembuktian atau bukti nyata. Inti kandungan dari surat ini ialah bahwa Al Quran dan Rasulullah SAW. merupakan bukti nyata dari kekuasaan Allah SWT.

BACA JUGA: Surat At Takasur dengan Latin, Terjemahan & Isi Kandungannya

Surat Al Bayyinah (arab dan latin)

al bayyinah
Freepik

Mungkin ada Sedulur yang ingin tahu surat Al Bayyinah berapa ayat. Nah, surat yang diturunkan di Kota Madinah ini terdiri atas 8 ayat. Berikut bacaan surat Al Bayyinah latin dan arab dari ayat 1 sampai 8.

لَمْ يَكُنِ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ اَهْلِ الْكِتٰبِ وَالْمُشْرِكِيْنَ مُنْفَكِّيْنَ حَتّٰى تَأْتِيَهُمُ الْبَيِّنَةُۙ – ١

  1. lam yakunil ladziina kafaru min ahlil kitaabi wal musyrikiina munfakkiina hattaa ta’tiyahumul bayyinah

رَسُوْلٌ مِّنَ اللّٰهِ يَتْلُوْا صُحُفًا مُّطَهَّرَةًۙ – ٢

  1. rasulum minallaahi yatlu suhufam mutahharah

فِيْهَا كُتُبٌ قَيِّمَةٌ ۗ – ٣

  1. fiiha kutubung qoyyimah

وَمَا تَفَرَّقَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ اِلَّا مِنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَتْهُمُ الْبَيِّنَةُ ۗ – ٤

  1. wamaa tafarroqol ladziina uutul kitaaba illaa mim ba’dimaa jaa athumul bayyinah

وَمَآ اُمِرُوْٓا اِلَّا لِيَعْبُدُوا اللّٰهَ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ ەۙ حُنَفَاۤءَ وَيُقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَيُؤْتُوا الزَّكٰوةَ وَذٰلِكَ دِيْنُ الْقَيِّمَةِۗ – ٥

  1. wamaa umiruu illaa liya’ budullooha mukhlishiina lahud diina khulafaa-a wayuqiimussholaata wayu’ tuz zakaata wadzaalika diinul qoyyimah

اِنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا مِنْ اَهْلِ الْكِتٰبِ وَالْمُشْرِكِيْنَ فِيْ نَارِ جَهَنَّمَ خٰلِدِيْنَ فِيْهَاۗ اُولٰۤىِٕكَ هُمْ شَرُّ الْبَرِيَّةِۗ – ٦

  1. innal ladziina kafaruu min ahlil kitaabi wal musyrikiina fii naari jahannama khoolidiina fiiha ulaa-ika hum syarrul bariyyah

اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ اُولٰۤىِٕكَ هُمْ خَيْرُ الْبَرِيَّةِۗ – ٧

  1. innal ladziina aamanuu wa ‘amilush shoolihaati ulaa-ika hum khoirul bariyyah

جَزَاۤؤُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنّٰتُ عَدْنٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُ خٰلِدِيْنَ فِيْهَآ اَبَدًا ۗرَضِيَ اللّٰهُ عَنْهُمْ وَرَضُوْا عَنْهُ ۗ ذٰلِكَ لِمَنْ خَشِيَ رَبَّهٗ ࣖ – ٨

  1. jazaa-uhum ‘inda robbihim jannaatu ‘adnin tajrii min tahtihal anhaaru khoolidiina fiiha abadaa rodhiyalloohu ‘anhum warodhuu ‘anhu dzaalika liman khosyiyarobbah

BACA JUGA: Surat Al A’la: Arab, Latin, Terjemahan & Isi Kandungannya

Terjemahan surat Al Bayyinah

al bayyinah
Detik

Berikut adalah terjemahan surat Al Bayyinah 1-8 lengkap, sebagaimana dikutip dari laman Qur’an Kemenag.

  1. Orang-orang yang kafir dari golongan Ahli Kitab dan orang-orang musyrik tidak akan meninggalkan (agama mereka) sampai datang kepada mereka bukti yang nyata,
  2. (yaitu) seorang Rasul dari Allah (Muhammad) yang membacakan lembaran-lembaran yang suci (Al-Qur’an),
  3. di dalamnya terdapat (isi) kitab-kitab yang lurus (benar).
  4. Dan tidaklah terpecah-belah orang-orang Ahli Kitab melainkan setelah datang kepada mereka bukti yang nyata.
  5. Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah dengan ikhlas menaati-Nya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga agar melaksanakan salat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar).
  6. Sungguh, orang-orang yang kafir dari golongan Ahli Kitab dan orang-orang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahanam; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Mereka itu adalah sejahat-jahat makhluk.
  7. Sungguh, orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk.
  8. Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah surga ’Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah rida terhadap mereka dan mereka pun rida kepada-Nya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya.

BACA JUGA: Surat Al Ikhlas Lengkap dengan Arab, Latin & Terjemahannya

Tafsir surat Al Bayyinah

al bayyinah
Freepik

Setelah mengetahui lafaz dan arti surat Al Bayyinah, mari kita cari tahu bagaimana tafsirnya. Berikut adalah rangkuman tafsir surat Al Bayyinah yang dirangkum dari laman Qur’an Kemenag.

1. Tafsir Al Bayyinah ayat 1

Surat Al Bayyinah ayat 1 berisikan tentang kisah orang-orang yang mengingkari kerasulan Nabi Muhammad saw. Mereka berasal dari golongan Ahli Kitab yaitu orang-orang Yahudi dan Nasrani.

Mereka enggan meninggalkan tradisi nenek moyang karena beranggapan tidak ada nilai lebih dari ajaran yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw. dibandingkan dengan agama mereka. Selain itu, mengikuti kepercayaan yang lama dianggap lebih menenteramkan jiwa karena tidak bertentangan dengan adat istiadat mereka.

2. Tafsir Al Bayyinah ayat 2

Kemudian pada ayat ke 2, Allah menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan bukti yang nyata itu ialah Nabi Muhammad saw. yang membacakan ayat-ayat suci Al Quran. 

3. Tafsir Al Bayyinah ayat 3

Pada ayat ke 3 dijelaskan bahwa di dalam lembaran-lembaran suci (Al Quran) terkandung hukum-hukum tertulis serta ajaran-ajaran yang lurus. Sebab, Al Quran berisikan akidah, hukum, aturan, hingga kisah yang menuntun umat manusia ke jalan yang benar.

4. Tafsir Al Bayyinah ayat 4

Ayat ke-4 menceritakan tentang keadaan orang-orang Yahudi, Nasrani, dan musyrikin setelah Nabi Muhammad saw. datang. Sebagian dari mereka memilih beriman dan mengikuti ajaran Nabi, sementara sebagian lainnya meragukan kebenaran dari apa yang disampaikan oleh Nabi saw. Hal itu pun menyebabkan terjadinya perselisihan di antara mereka.

5. Tafsir Al Bayyinah ayat 5

Berikutnya ayat 5 menjelaskan bagaimana Allah mengingatkan bahwa tugas manusia tidak lain adalah hanya menyembah-Nya. Selain itu, ayat kelima juga berisikan tentang perintah untuk menunaikan salat dan zakat.

6. Tafsir Al Bayyinah ayat 6

Ayat keenam menegaskan balasan bagi orang-orang kafir dan musyrik. Yaitu bahwa mereka akan masuk ke dalam neraka jahanam dan kekal di dalamnya.

7. Tafsir Al Bayyinah ayat 7

Sementara, pada ayat ketujuh Allah menyampaikan ganjaran untuk orang-orang yang beriman. Dijelaskan bahwa orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasulnya adalah sebaik-baiknya makhluk.

8. Tafsir Al Bayyinah ayat 8

Surat Al Bayyinah ayat 8 berisikan mengenai janji Allah Swt. untuk orang-orang yang beriman. Bahwa mereka mendapatkan balasan berupa surga ‘Adn yang dipenuhi oleh kesenangan dan kelezatan yang lebih lengkap dan sempurna dari apa yang ada di bumi.

Nah, itu dia bacaan surat Al Bayyinah surat ke 98 dalam Al Quran. Isi dan kandungan surat satu ini memang begitu penting, karena membuat umat Muslim agar selalu ingat bahwa kebesaran Allah SWT itu nyata.  Semoga dengan memahami ayat-ayat suci Al Quran dapat meningkatkan keimanan kita, ya, Sedulur!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!