188 nomor apa

Apakah Sedulur pernah dihubungi nomor 188? Nomor tersebut bisa dibilang cukup unik karena hanya terdiri atas tiga angka. Hal itu tentu sangat berbeda dengan nomor ponsel yang umumnya terdiri atas 12 bahkan 13 digit. Pertanyaan seperti “188 nomor apa ya?” atau “188 nomor apa itu?” dan “188 nomor telepon apa ya?” pun banyak dilontarkan warganet.

Bahkan, tak sedikit yang menduga nomor 188 penipuan sehingga banyak orang enggan untuk mengangkat panggilan dari nomor tersebut. Kabar baiknya, belakangan terungkap fakta bahwa 188 merupakan nomor call center salah satu operator di Indonesia. Operator apakah itu? Untuk mengetahui jawabannya, yuk, simak informasi selengkapnya yang sudah Super rangkum berikut ini.

BACA JUGA: 1500755, Nomor Siapa? Ini Jawabannya

188 nomor apa itu?

188 nomor apa
Freepik

Dihimpun dari berbagai sumber, nomor 188 ternyata merupakan nomor call center milik operator Telkomsel. Informasi mengenai 188 adalah nomor call center Telkomsel juga tertera secara jelas pada laman resmi operator yang identik dengan warna merah tersebut.

Dalam laman resmi telkomsel.com, dikatakan bahwa terdapat beberapa cara yang dapat ditempuh pelanggan untuk menghubungi pihak Telkomsel apabila mengalami masalah. Satu di antaranya adalah dengan menghubungi call center 188. Di sisi lain, nomor 188 juga disebut sebagai nomor marketing yang menawarkan berbagai promo dari operator tersebut. Sehingga kini sudah diketahui jawaban 188 nomor apakah yaitu merupakan nomor call center atau marketing operator Telkomsel.

Apa keuntungan dihubungi 188?

188 nomor apa
Freepik

Pertanyaan selanjutnya yang mungkin terlintas di benak Sedulur adalah, apa keuntungan mendapat panggilan telepon dari 188? Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, 188 merupakan nomor call center serta marketing dari 188. Sehingga Sedulur tidak perlu merasa khawatir untuk mengangkat panggilan tersebut karena dapat dipastikan bahwa sosok di balik nomor tersebut bukanlah seorang penipu.

Sementara itu, keuntungan dari dihubungi 188 di antaranya adalah Sedulur berkesempatan untuk mendapatkan promo menarik. Biasanya, promo yang disampaikan melalui panggilan 188 ini bersifat eksklusif sehingga mungkin tidak banyak orang yang mengetahui adanya promo tersebut. 

Di sisi yang lain, jika Sedulur dihubungi oleh 188 yang merupakan call center resmi dari Telkomsel, artinya nomor Sedulur telah terdaftar dan terverifikasi sebagai pelanggan Telkomsel. 

Di samping berbagai keuntungan yang dipaparkan di atas, Sedulur tetap memiliki wewenang penuh untuk menerima atau mengabaikan panggilan dari nomor tersebut. Dengan kata lain, tidak ada kewajiban apalagi sanksi jika tidak mengangkat panggilan dari 188.

BACA JUGA: 8 Cara Cek Nomor Smartfren, Via SMS Hingga Via WhatsApp

Bagaimana cara menghubungi call center 188?

Kalibrr

Sebelumnya sudah dibahas soal keuntungan mendapat panggilan dari nomor 188 serta wajib tidaknya untuk mengangkat panggilan tersebut. Lantas, apakah sebagai pelanggan Sedulur juga dapat menghubungi call center 188? 

Masih mengutip dari laman resmi Telkomsel, Sedulur selaku pengguna layanan operator Telkomsel juga berhak untuk menghubungi call center 188. Misalnya ketika menghadapi kendala terkait nomor ponsel ataupun masalah lainnya.

Adapun cara untuk menghubungi call center Telkomsel juga cukup mudah. Pertama, Sedulur dapat langsung menghubungi nomor 188. Nantinya Sedulur akan diminta memilih bahasa dan mengikuti instruksi selanjutnya sesuai permasalahan yang ingin dilaporkan.

Apakah call center Telkomsel bebas pulsa?

Bisnis

Setelah mengetahui 188 no apa ya dan bagaimana cara menghubungi call center Telkomsel di 188, Sedulur tentu juga ingin tahu apakah terdapat biaya yang dikenakan jika menghubungi nomor tersebut.

Terkait dengan pertanyaan tersebut, ternyata ada perbedaan kebijakan bagi pelanggan pascabayar dan prabayar. Bagi pelanggan pascabayar atau Telkomsel Halo dan Telkomsel Diamond tidak dikenakan biaya alias gratis. Sementara, pelanggan Telkomsel prabayar dikenakan tarif Rp 300.

BACA JUGA: Mengenal Aplikasi Getcontact untuk Deteksi Nomor Orang Lain

Kanal lain untuk menghubungi Telkomsel

Kompas

Selain menghubungi call center di 188, Sedulur juga bisa menghubungi pihak Telkomsel melalui kanal lain apabila mengalami kendala. Cara-cara berikut ini bisa menjadi opsi solusi jika Sedulur tidak bisa mengunjungi kantor atau gerai Telkomsel terdekat. Berikut beberapa cara untuk menghubungi pihak Telkomsel sebagaimana dirangkum dari laman resminya.

  • Aplikasi MyTelkomsel: merupakan aplikasi yang diluncurkan secara khusus untuk memudahkan pelanggan Telkomsel.
  • Situs Telkomsel: Sedulur bisa menggunakan fitur percakapan dengan klik ikon Veronika di pojok kanan bawah dan pilih “Mulai” untuk memulai percakapan.
  • Telegram: Sedulur dapat mencari bot Telkomsel @telkomsel_official_bot di aplikasi Telegram.
  • Facebook Messenger: untuk menghubungi Telkomsel melalui kanal ini dengan klik atau kunjungi link tsel.me/fbVA3
  • Twitter: Sedulur bisa mention atau mengirim DM ke akun @telkomsel

Daftar nomor call center operator lain

Freepik

Sementara, berikut adalah daftar nomor call center operator lain di Indonesia.

  • XL Axiata: 817
  • Indosat Ooredoo: 185 atau (021) 30003000
  • Tri: 132 atau 08999800123
  • Smartfren: (021) 50100000
  • AXIS: 838
  • by.U: 155

Demikian tadi pembahasan tentang 188 nomor apa. Telah diketahui bahwa 188 merupakan nomor call center atau layanan pelanggan operator Telkomsel. Selain itu juga sudah dipaparkan cara menghubungi call center Telkomsel serta daftar nomor call center operator lain. Semoga informasi ini dapat membantu menjawab pertanyaan Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.