cara cek nomor smartfren

Bagi para pengguna smartphone, menyimpan nomor pribadi kadang terlewat atau lupa untuk dilakukan. Seperti halnya pada para pengguna Smartfren sebagai salah satu sebuah provider terkenal di Indonesia. Beberapa penggunanya sering lupa dengan nomor yang mereka miliki sehingga harus mencari cara cek nomor Smartfren ketika tiba-tiba dibutuhkan.

Padahal nomor pribadi sangatlah penting untuk diketahui. Nomor pribadi biasanya menjadi syarat untuk melakukan banyak hal, seperti digunakan untuk memverifikasi pendaftaran suatu aplikasi, sebagai nomor yang bisa dihubungi ketika melakukan servis alat elektronik, hingga mengurus keperluan administrasi lainnya.

Jika Sedulur adalah salah satu pengguna Smartfren, tidak perlu khawatir, berikut adalah beberapa cara yang dapat Sedulur lakukan untuk mengetahui nomor Smartfren yang lupa belum disimpan dan bungkus kartu perdananya sudah hilang entah kemana. Simak baik-baik, ya!

BACA JUGA: Cara Cek Stalker IG Cepat Mudah Tanpa Aplikasi, Terbaru 2022

1. Cek nomor smartfren via SMS

cara cek nomor smartfren
iStock

Cara cek nomor Smartfren lewat SMS merupakan cara paling mudah untuk dilakukan. Langkah ini dapat dilakukan jika Sedulur kehilangan urutan nomor telepon atau hendak melakukan pengisian pulsa maupun data. 

Untuk mengecek nomor Smartfren via SMS, Sedulur dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Bukalah aplikasi Pesan atau Message default pada telepon
  • Ketik “Info” tanpa tanda petik pada badan teks pesan
  • Kirim pesan tersebut ke nomor 995
  • Tunggu beberapa saat dan Sedulur akan menerima balasan SMS berupa nomor Smartfren yang dimiliki.

BACA JUGA: Apa itu Tes Wartegg: Pengertian, Teknis, dan Tips Mengerjakannya

2. Layanan operator

cara cek nomor smartfren
iStock

Cara cek nomor Smartfren selanjutnya adalah dengan menghubungi call center atau layanan operator. Melalui cara ini, Sedulur akan terhubung pada Customer Service (CS) secara langsung.

Terdapat dua nomor CS yang dapat Sedulur hubungi saat ingin melakukan pengecekan nomor Smartfren, yakni 995 dan 500. Jika Sedulur sudah menghubungi, maka sampaikan bahwa ingin mengetahui nomor Smartfren yang dimiliki. Selanjutnya CS akan memberikan informasi mengenai nomor telepon tersebut.

Cara ini juga dapat dijadikan pilihan jika dalam keadaan mendadak, karena CS ini aktif 24 jam sehingga Sedulur dapat menggunakan layanan ini kapan saja. Namun yang perlu diingat, siapkan buku tulis dan bolpoin untuk mencatat nomor yang akan diucapkan sehingga tidak perlu lagi kebingungan mencari nomor telepon.

3. Dial up *995#

cara cek nomor smartfren
iStock

Cara cek nomor Smartfren modem dapat dilakukan melalui dial up *995#. Cara ini sangat cepat karena Sedulur cukup menekan beberapa tombol saja dan akan mendapatkan nomor yang dicari. Berikut adalah langkah yang dapat dilakukan.

  • Buka aplikasi Telepon atau Calls
  • Ketik *995# pada tombol yang tersedia
  • Kemudian tekan tombol Ok / Yes
  • Tunggu beberapa saat hingga layar ponsel menunjukkan berbagai informasi mengenai kartu Smartfren yang digunakan
  • Cari pilihan cek nomor dan nomor tersebut akan muncul di layar
  • Perlu diingat, cara ini kadang tidak selalu bisa dilakukan jika jaringan sedang mengalami masalah

BACA JUGA: Cara Cek Plat Nomor Online dengan Cepat dan Mudah

4. Aplikasi mySmartfren

cara cek nomor smartfren
MySmartfren

Selanjutnya adalah melalui mySmartfren yang dapat digunakan sebagai cara cek nomor Smartfren masih aktif atau tidak maupun cara cek nomor Smartfren unlimited. Untuk menggunakan layanan ini, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi melalui PlayStore ataupun AppStore.

Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi My smartfren dan lakukan pendaftaran dengan mengisi semua kolom yang tersedia. Isi dengan benar semua data yang dibutuhkan untuk membuat proses verifikasi berjalan dengan lancar.

Jika pendaftaran sudah terverifikasi, buka aplikasi mySmartfren dan lihat pada halaman utama aplikasi, disana tertera nomor yang sedang digunakan. Tidak hanya untuk mengecek nomor telepon, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk banyak layanan hingga pengisian pulsa dan data.

5. WhatsApp

cara cek nomor smartfren
iStock

Cara mudah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah mengecek nomor melalui aplikasi WhatsApp. Cara pengecekan nomor Smartfren ini dapat dilakukan dengan sangat mudah meskipun sinyal internet sangat lambat. Cara pengecekan nomor Smartfren melalui aplikasi WhatsApp dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Membuka aplikasi WhatsApp pada smartphone yang dimiliki
  • Mengklik ikon berbentuk titik tiga di bagian pojok kanan atas
  • Pada bagian Setelan atau Settings, klik pada bagian profil
  • Lihat nomor yang tercantum dibawah bagian nama dan info
  • Salin nomor tersebut dan simpan pada perangkat smartphone yang dimiliki sehingga tidak kebingungan mencari lagi
  • Perlu diingat, cara ini hanya dapat dilakukan jika nomor yang didaftarkan pada WhatsApp adalah nomor Smartfren yang sedang dicari

BACA JUGA: 7 Cara Cek Kuota Telkomsel Mulai Via SMS Hingga Via Website

6. Dial up USSD *999#

cara cek nomor smartfren
iStock

Cara selanjutnya adalah melalui dial up *999#  yang juga dapat dilakukan sebagai Cara cek nomor smartfren modem. Cara ini juga dapat digunakan untuk mengecek nomor perdana dengan metode dial up yang lebih praktis. Tidak hanya mudah, layanan dial up ini juga gratis atau tidak dikenakan biaya tambahan lagi. 

Sedulur dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka menu Telepon pada perangkat yang Sedulur miliki
  • Ketikkan kode USSD *999# pada tombol yang tersedia dan ketuk tombol Call
  • Tunggu beberapa saat dan nomor perdana kartu Smartfren akan muncul pada jendela informasi

7. Missed call

Mengurangi bau dari kotoran hewan
Unsplash

Cara mudah lainnya adalah melalui missed call atau panggilan tak terjawab. Cara cek nomor smartfren sendiri ini dapat dilakukan dengan syarat memiliki pulsa yang cukup. Berikut adalah langkah-langkahnya. 

  • Buka menu Telepon atau Call pada perangkat Sedulur
  • Pilih kontak orang tua, teman, atau orang terdekat lainnya
  • Klik Panggil atau Call lalu matikan
  • Nomor Smartfren akan tercatat pada menu panggilan tak terjawab dan Sedulur dapat mencatatnya melalui HP orang tersebut 

BACA JUGA: 5 Cara Cek KK Online dengan Cepat, Mudah, Anti Ribet

8. Kode UMB *123#

definisi
Unsplash

iStock

Cara terakhir yaitu menggunakan kode UMB *123#. Cara ini juga mirip dengan dial up namun menggunakan kode yang berbeda. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan.

  • Buka aplikasi Telepon lalu tekan kode UMB *123#
  • Tekan tombol Call atau Panggilan
  • Tunggu sebentar hingga muncul menu
  • Tekan menu 8 untuk memilih opsi Info
  • Sedulur dapat mengecek informasi berisi nomor telepon maupun saldo pulsa yang akan ditampilkan secara otomatis

Itulah informasi cara cek nomor Smartfren yang dapat Sedulur coba di rumah. Semoga informasi ini dapat berguna bagi Sedulur yang sedang mencari solusi karena lupa dengan nomor telepon yang dimiliki.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!