hukum taurat

Salah satu kitab yang diturunkan Allah kepada nabi-Nya adalah kitab Taurat. Kitab ini diturunkan kepada Nabi Musa As pada abad ke-12 SM. Terdapat 10 hukum Taurat yang menjadi pedoman umat Kristiani yang terkandung dalam kitab tersebut.

Hukum Taurat ini sendiri disampaikan oleh Allah Swt kepada bangsa Israel dengan perantara Nabi Musa As. Perjanjian tersebut berisi tindakan penyelamatan yang dilakukan Tuhan dan bangsa Israel dituntut untuk menaatinya. Kesimpulan dari hukum Taurat sendiri adalah kasih. Berikut hukum kitab Taurat yang perlu Sedulur ketahui. 

BACA JUGA : Doa Aku Percaya Katolik Lengkap: Panjang dan Pendek

1. Akulah Tuhan Allahmu, Jangan Ada padamu allah Lain di Hadapan-ku

hukum taurat
Freepik

Pada kalimat  dalam hukum taurat ke 1 , tulisan “Allah” kecil yang menandakan allah yang palsu. Tuhan Allah tidak menghendaki kita untuk memuji allah selain dari diri-Nya. Karena di dalam hukum Taurat, Allah lah yang menciptakan langit dan juga bumi. Meski begitu, masih banyak terjadi kasus pemujaan berhala. Bahkan masih banyak orang memilih menjadi Atheis atau Agnostik.

2. Jangan Membuat bagimu Patung yang Menyerupai apapun yang Ada di Langit, Bumi dan di dalam Bumi

hukum taurat
Freepik

Berikut arti hukum Taurat ke 2 yang perlu Sedulur ketahui. 

  • Dilarang mematungkan Allah dengan cara maupun dalam bentuk apapun itu
  • Tidak melakukan kebaktian dengan cara yang salah, seperti melakukan kebaktian sambil tiduran
  • Dilarang untuk menyembah berhala, terutama kepada patung, pohon, maupun benda gaib lainnya

3. Jangan Menyebut Nama Tuhan Allahmu dengan Sembarangan

Freepik

Berikut arti dari perkataan dari hukum taurat ke 3 di atas:

  • Perintah yang ketiga ini sebagai pemberitahuan bahwa kita harus selalu menghormati Tuhan. Kita harus menjaga kekudusan nama Tuhan. Sebutlah nama Tuhan di saat yang tepat, misalnya saat kita sedang berdoa. Jangan pula menyebut nama Tuhan saat kita melakukan perbuatan dosa, dengan simbol Kristen menjadi arti yang penting dalam hidup kita.
  • Sebagai umat Kristen, kita selalu dituntut untuk melindungi nama Tuhan. Terutama dalam segala bentuk penyalahgunaan. Jangan pernah menggunakan nama Tuhan hanya untuk keuntungan diri sendiri. Utamakanlah untuk melakukan segala sesuatu demi kemuliaan nama Tuhan

BACA JUGA : Niat Sholat Dhuha Lengkap Beserta Doa Sesudah Sholat Dhuha

4. Ingatlah dan Kuduskanlah Hari Sabat/Hari Tuhan

Freepik

Arti dari perkataan  pada hukum Taurat ke 4  antara lain yaitu sebagai berikut. 

  • Kita sebagai umat Kristiani menyediakan waktu yang dikhususkan untuk Tuhan
  • Menyediakan waktu untuk merenungkan makna dan tujuan hidup kita di hadapan Tuhan agar kita dapat menemukan rancangan atau renungan Tuhan didalamnya
  • Jangan lupa untuk pergi beribadah dan melakukan cara berdoa yang benar dengan setiap hari dan setiap minggu. Selain itu, ikutilah kegiatan keagamaan untuk menguduskan nama Tuhan

5. Hormatilah Ayahmu dan Ibumu

Freepik

Dalam hukum kitab ini juga dijelaskan bahwa sebagai seorang Kristiani wajib untuk menghargai dan menghormati sesama manusia. Pertama yang harus dan wajib dihormati adalah kedua orang tua. Hal ini karena kedua orang tualah yang berjasa dalam membesarkan dan berjuang untuk kebahagiaan anaknya.

6. Jangan Membunuh

Freepik

Maksud dari hukum Taurat ke 6 adalah bahwa sebagai umat Kristiani harus menghargai hidup sesama manusia. Selain itu juga dilarang untuk melakukan tindakan euthanasia atau mempercepat kematian manusia untuk menghilangkan sakit yang dideritanya.

7. Jangan Berzinah

Freepik

Arti dari hukum tersebut adalah agar manusia selalu menjaga kesucian dirinya, termasuk menjaga kesucian tubuhnya dan menghindari perbuatan cabul. Selain itu juga dianjurkan untuk menjauhii perbuatan dan perkataan yang mengarah kepada pornografi. Serta berkatalah sewajarnya tanpa mengandung unsur yang tidak senonoh. Serta dilarang untuk mengingini isteri atau suami orang lain.

8. Jangan Mencuri

Freepik

Arti perintah jangan mencuri adalah kita harus selalu menghargai apa yang menjadi hak orang lain, dan selalu mensyukuri apa yang sudah kita miliki yang sudah Allah berikan kepada manusia.

BACA JUGA : Kisah Ashabul Kahfi Singkat Beserta Pelajaran Pentingnya

9. Jangan Mengungkapkan Saksi Dusta Tentang Sesamamu

Freepik

Perintah ini terdapat dalam ayat hukum Taurat dalam Kitab Keluaran 20:16. Hal ini tidak hanya menyuruh kita untuk tidak memfitnah. Akan tetapi, sejarah agama Kristen selalu mengingatkan umat Kristiani untuk selalu berkata jujur.

Terutama ketika kejujuran tersebut sangat dibutuhkan di meja pengadilan. Namun sayangnya, masih banyak orang yang sangat sulit untuk berkata jujur. Bahkan tak jarang orang rela berbohong kepada dirinya sendiri dan kepada orang lain. Hal ini dilakukan karena meterialitas alias karena uang. 

10. Jangan Mengingini Rumah Sesamamu, Jangan Mengingini Istrinya, atau Apapun yang Menjadi Sesamamu

Freepik

Perintah ini memiliki beberapa arti, diantaranya adalah sebagai berikut.

  •  Harus mampu mengusai keinginan dirinya baik batiniah maupun lahiriah
  • Dapat menyelaraskan tindakan dengan hati Nurani
  • Mampu mengasah moral

Demikianlah informasi mengenai hukum Taurat 1-10 yang harus ditaati umat Kristiani. Dalam kitab tersebut terdapat 10 hukum yang juga dikenal dengan dasa titah.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.