Baking powder vs baking soda

Sama-sama jadi jagoan untuk membuat kue, tapi baking powder dan baking soda adalah dua bahan yang sangat berbeda lho. Hayo, jangan sampai tertukar!

Sedulur yang hobi masak pasti sudah mengenal baking powder dan baking soda. Keduanya kerap digunakan dalam resep-resep kue maupun roti. Biasanya, bahan ini digunakan sebagai agen pengembang bagi produk-produk bakery.

Tapi tahukah Sedulur apa sebenarnya perbedaan dari kedua bahan kue ini? Atau jangan-jangan selama ini Sedulur sering tertukar atau salah menggunakan? Nah, agar tak keliru, yuk simak ulasan berikut tentang baking powder, baking soda dan perbedaannya!

Berikut Perbedaan Mendasar dari Baking Powder dan Baking Soda. Yuk Simak, jangan sampai salah!

1. Apa Itu Baking Soda?

Apa itu baking soda
Photo by HowToGym on Unsplash

Baking soda dikenal juga dengan nama bikarbonat soda atau sodium bikarbonat. Merupakan senyawa kimia yang kerap digunakan sebagai pengembang bagi olahan kue dan roti.

-->

Pada dasarnya, baking soda adalah senyawa basa yang sama sekali tidak memiliki sifat asam. Saat senyawa ini bertemu dengan zat lain yang bersifat asam, maka akan menimbulkan reaksi gas karbondioksida. Gelembung karbondioksida inilah yang kemudian membuat kue dan roti mengembang.

2. Apa Itu Baking Powder?

Apa itu baking powder
Photo by Annie Spratt on Unsplash

Bahan kue satu ini merupakan gabungan antara baking soda dan asam kering seperti cream of tartar atau sodium alumunium sulfat. Untuk mencegah kedua zat ini bereaksi secara prematur, ditambahkan tepung pati. Reaksi gas karbondioksida baru akan terjadi setelah baking powder bertemu dengan cairan.

Olahan baking soda ini diciptakan sebagai alternatif jika adonan tidak memiliki bahan yang bersifat asam di dalamnya.

3. Kandungan Baking Powder dan Baking Soda

Kandungan baking powder
Photo by Ryan Clark on Unsplash

Meski memiliki tampilan yang serupa, namun kandungan kedua bahan kue ini ternyata berbeda lho. Seperti sudah dijelaskan di atas, baking soda adalah senyawa kimia tunggal dengan nama ilmiah natrium bikarbonat atau NAHCO3. Sedangkan sodium bikarbonat merupakan nama dagang dari natrium bikarbonat.

Baking powder di sisi lain memiliki 3 kandungan di dalamnya yakni baking soda, zat asam kering seperti cream of tartar, serta tepung pati. Kehadiran tepung pati ini adalah untuk mencegah baking soda bereaksi langsung dengan zat asam kering.

Baca Juga: Resep Pancake Tanpa Baking Powder, Praktis Banget!

4. Fungsi Baking Soda dan Baking Powder

Fungsi baking soda
Photo by Sonia Nadales on Unsplash

Kegunaan baking powder dan baking soda pada hakikatnya sama, yakni sebagai pengembang dalam olahan kue maupun roti. Akan tetapi, kedua bahan ini digunakan dalam kondisi yang berbeda.

Biasanya, baking soda digunakan dalam adonan yang mengandung bahan asam seperti buttermilk, lemon atau cuka. Di sisi lain, baking powder banyak digunakan untuk kue kering yang tidak mengandung asam.

Terkadang ada resep yang menggunakan campuran keduanya. Biasanya, penggunaan kedua bahan sekaligus dikarenakan resep tersebut memiliki sedikit zat asam di dalamnya namun tak cukup untuk mengembangkan kue dengan sempurna. Untuk itu, ditambahkan bahan pengembang lainnya agar kue yang dihasilkan memiliki tekstur yang diinginkan.

5. Baking Powder vs Baking Soda Perbedaan

Perbedaan soda kue
whatsarahbakes.com

Perbedaan paling mendasar dari kedua bahan ini adalah dalam sisi penggunaannya. Seperti dijelaskan di atas, baking soda digunakan untuk kue atau roti yang mengandung asam. Sedangkan baking powder bersifat lebih netral.

Selain itu, baking soda memiliki rasa yang cenderung pahit atau getir. Karena itu, penggunaannya harus dibarengi dengan zat asam untuk menutupi rasa getir tersebut. Berbeda dengan bahan satunya yang sudah memiliki asam kering di dalamnya sehingga tak akan mempengaruhi rasa hasil olahannya.

6. Harga Baking Powder dan Baking Soda

Harga baking powder
washingtonpost.com

Kedua bahan kue ini memiliki harga yang cukup terjangkau. Untuk 50 gram baking powder dibanderol dengan harga 5000 Rupiah. Sedangkan baking soda sedikit lebih murah yakni sekitar 4.500 Rupiah per 50 gram.

Tentu saja, akan ada sedikit perbedaan harga antara merk dagang yang berbeda. Misalnya, soda kue arm&hammer akan sedikit lebih mahal dibandingkan merk koepoe-koepoe. Meski begitu, keduanya memiliki kemampuan mengembangkan makanan yang kurang lebih sama.

7. Pengganti Baking Powder dan Baking Soda

Substitusi baking powder
cookin.id

Ada banyak bahan pengganti yang bisa digunakan untuk kedua bahan ini. Bahkan, keduanya pun bisa saling menggantikan. Sedulur dapat menggunakan ¼ sendok baking soda dan sedikit cream of tartar untuk menggantikan 1 sendok teh baking powder. Sebaliknya, untuk mengganti 1/4 sendok teh baking soda, Sedulur dapat menggunakan 1 sendok teh baking powder.

Jika Sedulur tidak memiliki keduanya, tenang. Sedulur bisa menggantinya dengan self-rising flour. Dalam self-rising flour, sudah terdapat campuran kedua bahan di atas sekaligus terigu sehingga Sedulur akan mendapatkan hasil yang sama. Self-rising flour sendiri bisa Sedulur dapatkan di Aplikasi Super.

8. Substitusi Bahan Pengembang Lainnya

Bahan pengembang kue
thespruceeats.com

Jika Sedulur tak memiliki kedua bahan di atas, pengganti yang dapat Sedulur coba adalah putih telur. Akan tetapi penggantian ini hanya akan berhasil pada resep yang tak terlalu rumit. Caranya, Sedulur dapat mengocok putih telur hingga mengembang dan kaku. Semakin mengembang maka semakin baik. Setelah itu, masukkan ke dalam adonan.

Selain putih telur, soda juga bisa digunakan sebagai pengembang. Akan tetapi Sedulur perlu cepat dalam mengolahnya agar hasil kue lebih mengembang. Pasalnya, efek gas dalam soda akan cepat hilang saat terpapar udara.

Baca Juga: Manfaat Baking Soda, Daftar Merek & Harga Terlengkap 2021

9. Mengecek Kedaluwarsa Baking Powder dan Baking Soda

cuka dan baking soda
apartmenttherapy.com

Sebenarnya, kedua bahan ini tidak dapat basi atau kedaluwarsa. Akan tetapi efektivitasnya sebagai pengembang makanan akan berkurang seiring waktu. Jika terlalu lama, kedua bahan ini tak akan lagi bisa membuat makanan mengembang.

Karena itu, jika Sedulur sudah lama menyimpan kedua bahan tersebut, lebih baik lakukan tes dahulu sebelum menggunakannya. Jangan sampai hasil makanan malah bantat. Tes efektivitas kedua bahan kue tersebut sangat mudah dan cepat untuk dilakukan.

Untuk mengecek efektivitasnya, Sedulur dapat melarutkan 1 sendok teh baking soda dalam cuka. Jika bergelembung, maka bahan tersebut masih bisa digunakan. Untuk baking powder, coba larutkan dalam air hangat. Jika terjadi gelembung-gelembung di dalamnya, berarti produk tersebut masih baik digunakan.

10. Kegunaan Lain Baking Powder dan Baking Soda

Baking soda dan lemon
tasteofhome.com

Jika kedua produk bahan kue ini sudah kedaluwarsa atau tak bisa digunakan lagi untuk kue, Sedulur bisa memanfaatkannya untuk beragam fungsi lain. Misalnya sebagai pembersih dan scrub.

Bersihkan panci dan peralatan masak Sedulur menggunakan campuran kedua bahan kue di atas dan air. Scrub bagian belakang panci dan wajan menggunakan campuran tadi. Namun hati-hati jangan sampai melukai logam.

Kegunaan lainnya adalah untuk merendam pakaian yang kotor. Air baking soda dapat membuat pakaian jadi lebih segar dan bebas bau. Selain itu, rendaman ini juga dapat memudarkan noda pada pakaian.

Kini Sedulur pasti sudah paham lebih jauh tentang kedua bahan ini. Jangan sampai keliru menggunakan keduanya ya, karena rasa dan tekstur yang dihasilkan akan berbeda pula. Selain itu, lebih baik Sedulur tidak mengganti atau men-substitusi kedua bahan di atas dalam resep untuk mencegah kemungkinan hasil kue yang tak sesuai.

Jika Sedulur kehabisan bahan di atas padahal akan membuat kue yang membutuhkan pengembang, tenang. Sedulur bisa mendapatkan kedua bahan kue ini dengan mudah di Aplikasi Super. Tinggal install aplikasinya di sini, dan cus belanja! Jangan lupa manfaatkan berbagai promo yang tersedia agar lebih cuan!