rekomendasi cairan pembersih kamar mandi

Seperti yang diketahui, kamar mandi menjadi bagian di rumah yang ada banyak kuman dan bakteri. Bukan hanya itu, kerak dan bau tak sedap juga seringkali menjadi masalah ketika membersihkannya. Oleh sebab itu, Sedulur perlu tahu rekomendasi cairan pembersih kamar mandi untuk mengatasi masalah tersebut.

Untuk saat ini, ada beberapa merek cairan pembersih kamar mandi ternama yang bisa dengan mudah ditemukan di pasar. Setiap merek tentu saja mengklaim kelebihan dan kemampuannya dalam membersihkan kamar mandi dengan baik.

Sehingga Sedulur harus pintar-pintar dalam memilih cairan pembersih terbaik untuk hasil yang memuaskan. Nah, bagi yang masih merasa bingung, simak dulu beberapa rekomendasi cairan pembersih kamar mandi yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Merek Cairan Pembersih Lantai Granit Bagus dan Terbaik 2023

1. Clink

Pexels/Matilda Wormwood

Rekomendasi cairan pembersih kamar mandi yang pertama adalah Clink. Ya, mungkin banyak yang sudah tidak asing dengan merek pembersih satu ini. Produk ini diklaim cukup ampuh untuk membersihkan kerak membandel yang biasanya ada di kamar mandi atau kloset WC.

Selain itu, Sedulur bisa mengandalkan Clink untuk menghilangkan kotoran yang biasa menempel pada keramik, porselen, wastafel, toilet, hingga bak mandi. Kemudian untuk bau-bau yang tidak sedap pada kamar mandi, cairan ini tentu bisa diandalkan untuk menghilangkannya.

2. Napoclean

Cairan pembersih Napoclean, bisa digunakan untuk membersihkan lantai, dapur, dan juga kamar mandi. Produk yang satu mengandung bahan antibakteri, asam, aquadest, dan crystal solution. Tidak usah khawatir, karena Napoclean tidak mengandung HCL, sehingga tidak merusak sambungan keramik.

Ada tiga vairan Napoclean, mulai dari Napoclean Heavy Duty yang bisa digunakan untuk membersihkan keramik warna cerah. Lalu Napoclean Strong untuk membersihkan kerak air di keramik bercorak. Sementara Napoclean Limescale Remover dapat membersihkan kerak kapur pada keramik.

3. Cleer

Cleer Porcelain Cleaner adalah sebuah cairan pembersih porselen dan juga keramik ekstra kuat yang dibuat dengan bahan-bahan aktif. Rekomendasi cairan pembersih kamar mandi yang ketiga ini, telah terbukti sangat efektif untuk membersihkan sekaligus mengupas kerak air menempel pada keramik.

Tidak hanya itu, kerak yang sudah mengendap lama pada keramik dan porselen bahkan hingga bertahun-tahun, bisa langsung dihilangkan dan dibersihkan dengan mudah menggunakan cairan pembersih kamar mandi bernama Cleer ini. Bahkan Sedulur juga tidak butuh waktu lama untuk melakukannya.

4. TopRon

Cairan pembersih Topron bisa digunakan dalam menghilangkan noda pada kloset, gayung, ember plastik, lantai kamar mandi, serta kerak yang menguning. Produk ini bisa digunakan untuk membersihkan noda yang telah membandel. Namun, cairan pembersih ini sebaiknya tidak digunakan di lantai berwarna gelap.

Nah, dengan aroma yang segar dan juga tidak menyengat, Topron bisa disimpan sampai 24 bulan. Produk ini juga terbilang aman jika terkena tangan, karena tidak menyebabkan rasa panas atau gatal. Untuk menggunakannya, cukup oleskan cairan dengan kuas, diamkan selama beberapa menit, lalu sikat.

5. BioWaste

Jika Sedulur masih bingung dalam memilih cairan pembersih kamar mandi, mungkin bisa mencoba merek BioWaste. Ya, BioWaste Surface Stain Remover ini hadir dengan kandungan enzim yang memiliki kemampuan untuk melunakkan sekaligus menghilangkan noda dan juga kerak.

Tentu saja cairan pembersih tersebut sangat efektif untuk membersihkan noda dan kerak yang mulai mengeras. Dengan penggunaan secara rutin, dijamin Sedulur bisa mencegah noda dan kerak muncul kembali. Jadi jangan lupa selalu sediakan produk BioWaste untuk menjaga kamar mandi tetap bersih.

6. Porstex

Bagi yang sudah sering membersihkan kamar mandi, tentu saja sudah tak asing lagi dengan produk yang namanya Porstex. Porstex sendiri adalah sebuah cairan pembersih lantai yang diproduksi oleh Yuri. Formulasi yang digunakan, mengandung hydrochloric acid.

Hydrochloric acid ini dipercaya memang sangat ampuh untuk menghilangkan noda yang membandel pada keramik kamar mandi. Namun pastikan untuk memakai masker dan sarung tangan ketika menggunakannya, karena produk yang satu ini memang memiliki aroma asam yang cukup kuat.

7. Vixal

Rekomendasi cairan pembersih kamar mandi yang berikutnya adalah Vixal. Vixal merupakan produk cairan pembersih kamar mandi dari salah satu produsen pembersih ternama, Unilever. Sama halnya seperti Porstex, Vixal juga mengandung hydrochloric acid untuk membersihkan permukaan keramik dan porselen.

Akan tetapi, ada satu kelebihan yang dimiliki oleh Vixal jika dibandingkan dengan Porstex. Kelebihan tersebut, yakni cairan pembersih Vixal ini tidak berbau kimia seperti apda Porstex. Melainkan bau yang dihadirkan terasa harum dan tentu saja sangat menyegarkan.

8. Harpic

Harpic adalah salah satu merek terkenal untuk produk pembersih kamar mandi dan toilet. Cairan pembersih kamar mandi ini dirancang khusus untuk membersihkan dan menyegarkan toilet. Harpic juga dikenal memiliki kekuatan pembersihan yang tinggi. Dengan begitu, tentu saja Sedulur bisa mengandalkannya.

Produknya dirancang khusus untuk membersihkan noda, kerak, dan kuman di toilet dengan efektif. Harpic menyediakan berbagai varian produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Ada produk khusus untuk membersihkan kerak, menyegarkan, atau memberikan kilau ekstra.

Produk Harpic tersedia dalam bentuk cair yang mudah untuk diaplikasikan. Sedulur bisa dengan mudah menuangkan atau mengaplikasikan cairan pada permukaan toilet. Kemudian menggosok atau menyikatnya sampai bersih, dan terakhir tinggal bilas dengan air.

9. Domestos

Domestos dikenal memiliki formula yang efektif dalam membunuh kuman dan bakteri pada permukaan toilet. Ini membantu menjaga kehigienisan dan kebersihan kamar mandi. Produk yang satu ini juga memiliki kemampuan khusus untuk membunuh kuman dan juga menghilangkan bakteri di dalam kamar mandi.

Oleh karena itu, Domestos mampu membantu mencegah penyebaran penyakit dan infeksi yang dapat terjadi di area toilet. Produk Domestos juga mengandung formula anti-jamur, sehingga membantu mencegah pertumbuhan jamur yang dapat menyebabkan kerak pada permukaan toilet.

10. Cif

Cif dirancang untuk membersihkan berbagai permukaan di kamar mandi, termasuk porselen, keramik, kaca, stainless steel, dan sebagainya. Hal ini membuatnya sangat fleksibel dan dapat digunakan untuk berbagai jenis material. Produk Cif juga dikenal efektif dalam menghilangkan noda dan kerak.

Bahkan formulasi Cif dirancang untuk dapat digunakan pada permukaan yang sensitif tanpa merusak atau merusaknya. Tidak usah khawatir, karena cairan pembersih Cif ini cukup mudah untuk diaplikasikan dan dapat digunakan dengan mudah tanpa perlu disiram atau dibilas dengan air yang terlalu banyak.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Merek Pembersih Kaca dan Harga Terbaru 2023

11. SoKlin

rekomendasi cairan pembersih kamar mandi
pexels-karolina-grabowska-4239087

Meskipun SoKlin lebih dikenal sebagai merek pembersih serbaguna dan deterjen, ternyata mereka juga memiliki produk pembersih khusus untuk kamar mandi, lho. SoKlin pembersih kamar mandi ini, memang dirancang untuk memberikan pembersihan yang efektif pada berbagai permukaan di kamar mandi.

Hal ini termasuk toilet, wastafel, dan juga ubin yang ada di ruangan tersebut. Bisa dibilang jika produk yang satu ini sangat efektif dalam menghilangkan noda, kerak, dan kotoran yang seringkali muncul di berbagai area di kamar mandi.

Nah, produk Cif ini juga tersedia dalam berbagai varian produk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembersihan Sedulur. Varian-varian tersebut tentu saja memiliki formulasi yang berbeda untuk tugas-tugas pembersihan tertentu.

12. Mr. Muscle Toilet Cleaner

Mr. Muscle Toilet Cleaner adalah salah satu rekomendasi cairan pembersih kamar mandi yang terkenal dan telah banyak digunakan. Produk yang satu ini, dikenal dengan formulasi yang kuat untuk membersihkan noda dan kerak yang ada pada toilet. Hal ini membantu memberikan kebersihan maksimal.

Formulanya juga dirancang untuk membunuh kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan bau tidak sedap dan masalah kesehatan lainnya di kamar mandi. Selain itu dengan rancangan untuk menghilangkan bau tidak sedap di kamar mandi, cairan ini mampu memberikan kesan kebersihan yang tahan lama.

13. Wipol

Wipol merupakan salah satu merek pembersih yang umum di Indonesia. Walau tidak sepopuler beberapa merek internasional lain, Wipol seringkali menjadi pilihan bagi banyak orang. Produk ini dirancang untuk memberikan pembersihan efektif di berbagai permukaan kamar mandi, termasuk toilet, wastafel, dan ubin.

Wipol tentunya memiliki formula dengan aroma menyegarkan yang dapat memberikan kesan kesegaran di kamar mandi setelah digunakan. Beberapa formulasi dari Wipol juga dirancang untuk memberikan hasil pembersihan yang memuaskan dengan menggunakannya dalam jumlah yang sedikit.

14. Kao Magiclean

Kao Magiclean menjadi salah satu rekomendasi cairan pembersih kamar mandi, karena memang sudah dikenal di berbagai negara, termasuk Indonesia. Formulasi yang digunakan produk ini bebas dari klorin, yang bisa menjadi pilihan bagi Sedulur yang ingin menghindari penggunaan bahan kimia tertentu.

Kao Magiclean juga memiliki formula anti-jamur, membantu mencegah pertumbuhan jamur yang dapat menyebabkan kerak pada permukaan kamar mandi. Selain itu, produk ini menawarkan pewangi yang menyegarkan, dan tentu saja meninggalkan aroma yang menyenangkan setelah penggunaan.

15. Silver

rekomendasi cairan pembersih kamar mandi
Pexels/Karolina Grabowska

Rekomendasi cairan pembersih kamar mandi yang terakhir adalah Silver. Sama seperti sebelumnya, formulasi yang digunakan pada produk Silver ini, menghadirkan aroma menyegarkan. Dengan begitu, kesan kebersihan dan kesegaran di kamar mandi akan tertanam dengan baik.

Produk yang satu ini tersedia di berbagai toko dan juga supermarket di Indonesia, sehingga memudahkan para pengguna untuk bisa mendapatkannya. Silver juga bisa menjadi pilihan pembersih kamar mandi yang cukup terjangkau, jadi bisa diakses oleh berbagai kalangan.

Nah, mungkin hanya itu beberapa rekomendasi cairan pembersih kamar mandi yang bisa Sedulur pilih. Ingatlah jika setiap produk pembersih biasanya memiliki karakteristik dan petunjuk penggunaan yang berbeda-beda. Jadi selalu perhatikan informasi yang tertera pada kemasan produk tersebut.

Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan peralatan pengaman seperti sarung tangan dan masker demi keamanan diri. Lalu, lakukan pembersihan secara rutin untuk mencegah penumpukan kotoran yang sulit dibersihkan. Pembersihan rutin juga akan membantu menjaga kebersihan dan kesehatan kamar mandi.