Kenali jenis-jenis minyak goreng ini. Ada jenis minyak goreng yang bermanfaat buat kulit, lho!

Dalam urusan masak-memasak, tentu Sedulur Super tidak asing lagi dengan minyak goreng bukan? Yap, minyak goreng merupakan jenis sembako yang banyak digunakan untuk menggoreng aneka masakan. Masakan yang diolah dengan minyak goreng tentu akan memberikan citarasa yang menggugah selera. Tetapi, sudahkah Sedulur Super tahu manfaat lain dari minyak goreng? Ternyata ada enam jenis minyak goreng yang memiliki manfaat bagi kesehatan lho, Sedulur Super. Kira-kira, apa sajakah jenis minyak goreng yang bermanfaat bagi kesehatan itut? Yuk, mari simak jawabannya di bawah ini ya, Sedulur Super!

1. Minyak Zaitun

Jenis minyak goreng yang pertama yaitu minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan adalah untuk menurunkan kolesterol, karena minyak zaitun mengandung campuran antioksidan yang bisa mempertahankan kadar kolesterol baik yang ada di dalam tubuh. Selain itu, minyak zaitun bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung, karena minyak zaitun mengandung polifenol. Tidak hanya itu, minyak zaitun ini bisa mencegah penyakit kanker lho, Sedulur Super. Karena kandungan antioksidan pada minyak zaitun juga membantu untuk menangkal radikal bebas.

-->

2. Minyak Canola

Jenis minyak goreng yang kedua yaitu minyak canola. Minyak ini berasal dari biji tanaman canola. Minyak canola memiliki kandungan asam linolenat serta alpha-linolenat, yaitu omega 3 dan omega 6 yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh Sedulur Super. Minyak canola memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan yaitu untuk menurunkan peradangan. Peradangan yang dimaksud adalah obat asma dan arthritis. Selain itu, minyak canola juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah. Penderita diabetes yang mengonsumsi minyak canola cenderung memiliki kadar gula darah yang lebih rendah daripada yang tidak mengonsumsinya. Tidak hanya itu, minyak canola bermanfaat untuk mencegah penuaan otak serta meningkatkan kesehatan mental lho, Sedulur Super.

3. Minyak Kelapa

Jenis minyak goreng yang ketiga yaitu minyak kelapa. Minyak kelapa banyak dijadikan alternatif beberapa orang dalam hal kesehatan. Kandungan lemak jenuh yang ada pada minyak kelapa memiliki banyak manfaat seperti mencegah penyakit hati. Dengan mengonsumsi minyak kelapa secara rutin selama satu bulan, kesehatan hati Sedulur Super jadi lebih baik dari Sedulur Super yang tidak mengonsumsinya. Manfaat lain minyak kelapa bagi kesehatan yaitu membantu menurunkan berat badan. Komponen MCT yang ada pada minyak kelapa membuat lebih banyak lemak dan mengubahnya menjadi energi. Tetapi Sedulur Super perlu ingat juga, dengan banyak mengonsumsi minyak kelapa, bukan berarti Sedulur akan mendapatkan tubuh yang ideal. Sedulur Super tentu perlu mengimbangi dengan mengonsumsi makan makanan yang bergizi.

4. Minyak Sawit

Jenis minyak goreng yang keempat yaitu minyak sawit. Tahukah Sedulur Super? Satu sendok minyak sawit ternyata mengandung 120 kalori, 13,6 gram lemak, vitamin E dan vitamin K yang berguna bagi tubuh, lho. Kandungan vitamin E yang berisi antioksidan pada minyak sawit bermanfaat untuk  melindungi kulit dari radikal bebas, sedangkan vitamin K yang ada pada minyak sawit bermanfaat untuk membantu menyembuhkan luka dari dalam serta membuat aliran darah dalam tubuh Sedulur Super terjaga dengan baik. Minyak sawit juga mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bisa menurunkan kolesterol. Tidak hanya itu, kandungan omega 3 yang ada pada minyak sawit membantu menjaga fungsi otak serta daya ingat dengan baik dan optimal. Meski begitu, jangan terlalu sering mengonsumsi minyak sawit ya, Sedulur Super!

5. Minyak Wijen

Jenis minyak goreng yang kelima yaitu minyak wijen. Sedulur Super pasti tidak asing dengan kehadiran minyak wijen ini di dapur. Minyak wijen digunakan untuk menambah citarasa pada masakan yang Sedulur Super buat. Namun siapa sangka, ternyata minyak wijen tidak hanya dimanfaatkan untuk memasak tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan lho, Sedulur Super. Diketahui bahwa minyak wijen ini bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri pada lengan maupun paha dengan cara memijatnya. Selain itu, kandungan antioksidan pada minyak wijen bermanfaat untuk mengatasi luka bakar. Minyak wijen memang memiliki segudang manfaat lainnya, seperti kandungan vitamin E yang bertugas untuk menjaga kesehatan kulit Sedulur Super dengan cara mengoleskan minyak wijen pada kulit lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air hangat ya, Sedulur Super!

6. Minyak Kacang Tanah

Jenis minyak goreng yang keenam yaitu minyak kacang tanah. Seperti yang Sedulur Super tahu, kacang tanah adalah sumber nutrisi yang memiliki banyak manfaat di dalamnya. Minyak kacang tanah bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker dan membantu melancarkan sirkulasi darah dengan baik. Selain itu, minyak kacang tanah memiliki kandungan lemak sehat yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Jadi, Sedulur Super tidak perlu khawatir kolesterol naik ketika mengonsumsi minyak kacang tanah ini. Tetapi, Sedulur Super perlu ingat juga, jangan sampai mengonsumsi minyak kacang tanah secara berlebihan, ya!

Nah, itulah keenam jenis minyak goreng yang kaya akan manfaat bagi kesehatan Sedulur Super. Perlu diingat bahwa jangan sampai berlebihan dalam mengonsumsi minyak goreng di atas ya, Sedulur Super! Berbicara tentang minyak goreng, Sedulur Superjuga bisa lho kulakan minyak goreng dari Aplikasi Super. Sedulur Super tidak perlu repot keluar rumah buat kulakan, karena dengan Aplikasi Super semua jadi mudah, apalagi Sedulur Super akan mendapatkan harga termurah. Jadi, tunggu apa lagi? Segera download Aplikasi Super di Playstore! Sedulur Super juga bisa download aplikasinya di sini