kopi sachet tanpa gula

Kopi sachet tanpa gula menjadi opsi terbaik bagi yang ingin menikmati “kopi original” tanpa perlu pergi ke coffee shop. Ya, kandungan kafein di dalam kopi hitam tanpa gula sendiri lebih mudah diserap oleh otak dan tubuh, sehingga mampu melawan adenosin yang kerapkali membuat orang merasakan kantuk. Dengan ini, maka para penikmatnya bisa tetap terjaga dan lebih baik dalam berkonsentrasi.

Tidak hanya itu, kopi hitam tanpa gula juga memiliki manfaat lain khususnya bagi Sedulur yang sedang menjalani program diet, karena dapat meningkatkan metabolisme tubuh sampai 50 persen dan membantu untuk membakar kalori. Kafein yang terkandung di dalam kopi bisa merangsang sistem saraf yang berfungsi untuk memecah sel lemak.

Manfaat lain yang akan dirasakan, yakni adanya peningkatan senyawa antioksidan di dalam tubuh dan membuat kekebalan tubuh terhadap penyakit meningkat. Tubuh memang dapat memproduksi antioksidan sendiri namun jumlahnya yang sedikit, jadi butuh tambahan dari minuman dan makanan yang dikonsumsi. Nah, bagi yang sedang mencari rekomendasi kopi sachet tanpa gula, berikut ini daftarnya!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Merek Kopi Tanpa Ampas, Lebih Bersih Lebih Nikmat!

1. Kapal Api Special

Pinterest

Ketika membahas mengenai kopi sachet tanpa gula terbaik, tentu saja salah satu merk kopi yang ada di benak adalah Kapal Api Special. Walaupun harganya cukup terjangkau, namun kopi hitam satu ini memiliki aroma kuat dengan rasa yang enak, lho. Jadi tidak heran jika banyak orang dari berbagai kalangan yang menggemari Kapal Api Special.

Cara penyajiannya juga sangat mudah, hanya perlu menuangkan satu sendok makan bubuk Kapal Api Spesial kemudian seduh dengan 200 ml air panas. Dengan begitu, Sedulur sudah bisa menikmati cita rasa kopi hitam yang khas. Menariknya lagi, Kapal Api Spesial memiliki beberapa macam kemasan dan bisa ditemukan dengan sangat mudah.

2. Nescafe Classic

Perlu untuk diketahui, Nescafe Classic dibuat dari 100% kopi Robusta yang dibudidayakan oleh petani Lampung. Jenis kopi tersebut dikenal dengan rasa pahitnya yang cukup kuat dengan aromanya yang nikmat. Menariknya, Nescafe Classic ini bisa disajikan dengan air panas maupun dingin. Untuk penyajian panas, Sedulur hanya perlu campurkan 150ml air panas dengan 1 sendok teh Nescafe Classic.

Sementara untuk penyajian dingin, langsung saja campurkan 1 sendok teh kopi kemasan yang satu ini dengan 80 ml air suhu ruang. Sedulur juga bisa menambahkan es batu bagi yang suka dengan varian es kopi. Terdapat beberapa macam kemasan yang dapat Sedulur jumpai di pasar, mulai dari yang sachet hingga botol kaca.

3. Luwak Kopi Murni Premium

Sesuai dengan namanya, Luwak Kopi Murni Premium terbuat dari biji kopi luwak yang dipadukan dengan kopi arabica, sehingga tercipta cita rasa istimewa dan aroma yang kuat. Ampas yang dihasilkan dari salah satu merek kopi hitam ini juga sangat sedikit, sehingga tidak repot saat diminum. Pembuatannya juga cukup mudah, yakni dengan mencampurkan bubuk Luwak Kopi Murni Premium degan air panas, lalu aduk rata.

Salah satu kopi sashet tanpa gula terbaik ini dijual dalam kemasan plastik berisikan 164 gram. Sedulur bisa menjumpainya dengan mudah, baik itu di toko online, supermarket, minimarket, atau bahkan warung-warung terdekat. Harganya pun juga tergolong cukup terjangkau, sehingga Sedulur tidak perlu khawatir jika ingin mengonsumsinya tiap hari.

4. King Coffee Espresso Instant

King Coffee Espresso Instant benar-benar terasa spesial, karena dibuat biji kopi arabica asal Vietnam yang diproses dengan menggunakan teknologi ekstraksi ala Eropa Timur. Jadi tidak heran jika rasa yang dihadirkan benar-benar kuat dan penuh, layaknya seperti Espresso Italia. Cara penyajian kopi hitam yang satu ini juga sangat mudah.

Sedulur cukup melarutkan satu stik King Coffee Espresso Instant dengan air panas. Untuk mempertahankan kualitasnya, alangkah baiknya disimpan di dalam wadah tertutup kedap udara, kemudian taruh di tempat yang gelap, sejuk, dan kering. Hindari untuk menyimpan di dalam kulkas, karena bisa membuat bagian dalam kemasan mengembun dan merusak kualitasnya.

5. HIBO Black Italian Roast

HIBO mengklaim bahwa kopi yang mereka buat, berasal dari kopi yang dirawat tanpa menggunakan pestisida di Lembah Baliem, Papua. Jadi kopi organik HIBO ini sangat cocok dikonsumsi bagi Sedulur yang menjalani diet dan gaya hidup sehat. Menariknya, kadar kafein di dalamnya cukup rendah dan tidak terlalu asam, sehingga cocok dikonsumsi oleh orang yang sensitif terhadap efek samping kafein.

Cara untuk menyajikannya juga tidak susah, cukup dengan menuang 10 gram bubuk kopi dan diseduh dengan 200 ml air panas. Kemudian biarkan selama kurang lebih 5 menit agar bubuk kopi benar-benar turun ke bagian dasar cangkir. Nah, sebaiknya hindari penggunaan pemanis saat menyajikan kopi sachet tanpa gula ini, karena dapat memicu asam yang berlebih.

6. Excelso Robusta Gold

iStock

Rekomendasi yang berikutnya adalah Excelso Robusta Gold. Kopi kemasan ini dibuat dari kopi robusta pilihan dari kebun yang dikelola secara profesional sehingga mampu menghasilkan kopi robusta yang berkualitas. Pemanggangan dan peramuan biji kopinya dilakukan dengan teknik khusus, agar bisa menghasilkan rasa kopi yang benar-benar eksklusif.

Pengemasan dari Excelso Robusta Gold sendiri dilakukan dengan kemasan valve yang dapat mencegah udara masuk, sehingga keutuhan dari aroma dan rasa kopi tetap terjaga. Keamanannya untuk dikonsumsi juga tidak perlu dikhawatirkan, karena telah teregristrasi pada BPOM. Sedulur dapat menemukan salah satu merek kopi sashet tanpa gula terbaik ini di dengan mudah, baik itu online maupun offline.

7. Kopi Tubruk Gadjah

Bagi Sedulur yang suka dengan cita rasa pahit yang kuat pada sebuah kopi, maka Kopi Tubruk Gadjah dapat menjadi opsi yang paling tepat. Ya, hal ini karena kopi yang satu ini memang diseduh sebagai kopi tubruk. Bahkan, penggilingan biji kopi juga dilakukan dengan sangat halus. Kopi Tubruk Gadjah juga telah mengantongi sertifikasi halal MUI, sehingga kehalalannya tidak perlu diragukan lagi.

Kopi Tubruk Gadjah dikemas di dalam kemasan pouch dan dapat ditemukan dengan mudah di toko online dan maupun toko-toko terdekat. Harganya yang ramah di kantong juga tidak akan membuat para pembeli kerepotan. Menariknya, Kopi Tubruk Gadjah diklaim mampu bertahan hingga 12 bulan, jika disimpan di dalam wadah kedap udara.

8. Tagetto Coffee Ciwidey Black Honey

Tagetto Coffee Ciwidey Black Honey, terbuat dari kopi arabika berbagai varietas yang dibudidayakan di kawasan Ciwidey, Jawa Barat. Kemudian diproses dengan menggunakan metode black honey process medium roast level. Jika Sedulur mencari merek kopi hitam tanpa gula yang rasanya tidak terlalu pahit, maka bisa memilih produk ini karena memiliki tasting notes manis layaknya sugar cane.

Tagetto Coffee Ciwidey Black Honey dijual dalam empat varian, yakni varian biji kopi, giling halus, giling halus, serta giling kasar. Sedulur tinggal menyesuaikan dengan metode penyeduhan yang ingin dilakukan. Untuk saat ini, Tagetto Coffee Ciwidey Black Honey hanya tersedia di toko-toko online. Masih cukup sulit menemukan merek kopi tersebut di toko-toko offline.

9. Kopi Hitam Massa Kok Tong

Kopi Hitam Massa Kok Tong asli Siantar ini telah berdiri sejak tahun 1925 silam dan diolah dari biji kopi robusta Siantar. Salah satu merk kopi hitam tanpa gula legendaris ini diracik dengan cara giling kasar. Sehingga lebih cocok untuk metode penyeduhan cold brew, dan kurang cocok jika dijadikan sebagai kopi tubruk biasa.

Pengemasan dari Kopi Hitam Massa Kok Tong ini hanya satu varian saja, yakni wadah plastik dengan berat bersih 1 kg. Ya, hal ini karena biasanya kopi tersebut dijadikan sebagai menu di café dan restoran. Jika ingin menikmati kopi hitam tanpa gula yang satu ini, Sedulur dapat membelinya di toko online atau e-commerce.

10. Murrell Coffee Black Diamond

Murrell Coffee Black Diamond dibuat dari campuran biji kopi robusta dan arabika yang pemrosesannya dilakukan dengan profil roasting medium to dark. Kopi hitam ini menyajikan perpaduan rasa caramel, orange and blueberry, dan juga sweet chocolate with cedar. Dengan tingkat keasaman low to medium, membuat kopi ini dapat dikonsumsi oleh siapa saja.

Setelah kemasan dibuka, sebaiknya simpan di dalam stoples kaca yang kedap udara agar kualitas rasa dan juga aromanya tetap terjaga. Murrell Coffee Black Diamond dijual dengan kemasan 150 gram, dan sebaiknya dihabiskan dalam waktu tidak lebih dari 2 bulan sejak dibeli. Pasalnya setelah itu, rasa dan kualitasnya sudah tidak sama lagi.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Kopi Kemasan Botol Kafein Tinggi Terenak!

11. Arutala Rantebua Robusta Coffee

Kopi bubuk
Unsplash

Arutala Rantebua Robusta Coffe dibuat dari biji kopi yang dibudidayakan di wilayah Rantebua, Toraja Utara. Kopi hitam hasil produksi industri rumah tangga ini sangat cocok untuk mendampingi program diet Sedulur selama tidak menambahkan pemanis seperti gula ketika menyeduhnya. Arutala Rantebua juga menyediakan bentuk biji-bijian.

Jadi cocok bagi yang mempunyai mesin kopi sendiri, dan juga ingin menyimpannya dalam jangka waktu lama. Walaupun rasa pahit yang dihasilkan cukup dominan, namun kopi hitam robusta ini tidak sepahit kopi arabika. Sehingga dapat menjadi opsi yang bisa dipilih oleh Sedulur yang masih tergolong sebagai pemula dalam dunia perkopian.

12. JJ Royal Kopi Tubruk

Diklaim terbuat dari 100% biji kopi asli berkualitas terbaik, JJ Royal Kopi Tubruk menjadi salah satu rekomendasi kopi hitam tanpa gula yang dapat dicoba. Pembuatan kopi ini juga sangat mudah, yakni hanya perlu menyeduh dengan menggunakan air panas. Setelah itu, baru Sedulur bisa menambahkan air es jika ingin menikmati sensasi kopi tubruk dingin.

13. Indocafe Fine Blend

Indocafe Fine Blend merupakan kopi bubuk yang diolah dari biji kopi arabika dan robusta pilihan yang dapat menjadi opsi terbaik pada saat diet. Ya, merek kopi hitam yang satu ini tidak memiliki tambahan gula di dalam kemasannya. Di sajian berupa satu sendok the bubuk kopi, Sedulur akan memperoleh asupan energi hingga 5 kkal tanpa garam dan lemak.

Cara pembuatan yang mudah, juga tidak akan merepotkan para penikmat kopi. Pasalnya, Sedulur hanya perlu melarutkan satu sendok the bubuk Indocafe Fine Blend ke dalam 150 cc air panas. Kemudian aduk secara merata, dan tunggu sampai ampasnya turun. Oh iya, ampas yang dihasilkan juga sangat sedikit, sehingga waktu menunggu ampas turut tidaklah lama.

14. Tagetto Coffee Arabica

Tagetto Coffee Arabica merupakan salah satu merek kopi hitam lokal yang bisa menjadi pilihan bagi para penikmat kopi pahit. Kopi ini diproses dengan metode black honey process medium roast level. Hal ini membuat rasanya tidak terlalu pahit walaupun disajikan tanpa tambahan gula. Selain bubuk, Sedulur juga dapat membeli Tagetto Coffee Arabica dalam bentuk giling kasar, giling medium, dan biji kopi utuh.

15. Torabika Diet Coffee 3 in 1

Torabika juga menjadi salah satu produsen kopi instan lokal yang saat ini telah mendunia. Walaupun target market utama dari kopi ini adalah kalangan muda, sehingga kebanyakan variannya memiliki citarasa yang cenderung manis, ringan, dan tidak begitu pekat. Namun jangan salah, mereka juga menyediakan varian kopi hitam, dimana kini tidak sedikit anak muda yang doyan kopi hitam.

Varian yang dimaksud adalah Torabika Duo Tanpa Gula, yang cocok bagi para penggemar kopi hitam tanpa gula. Tentu saja varian ini rendah kalori, sehingga sangat pas dinikmati Sedulur yang sedang menjalankan program diet namun tetap ingin menikmati rasa yang khas dari Torabika. Selain, kopi ini juga praktis disajikan, yakni hanya perlu menyeduhnya dengan air panas.

16. Singa Coffee Tanpa Gula

cara menghilangkan bau sepatu
Unsplash

Kopi Singa tentu menjadi merk kopi hitam yang cukup populer dikalangan para pecinta kopi. Bagi Sedulur yang suka dengan citarasa kopi yang klasik, maka Singa Coffee dapat menjadi pilihan yang tepat. Kopi bubuk instan ini diproses dengan teknologi khusus yang tidak akan menghilangkan aroma, rasa, serta tampilan otentik pada kopi tersebut.

17. OWL Coffee Strong

OWL Coffee hanya menggunakan biji kopi pilihan yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Sehingga pada saat diseduh, Sedulur akan merasakan kenikmatan secangkir kopi hitam dengan cita rasa yang kuat dan juga sedap. Jadi bagi yang suka menikmati kopi hitam tanpa gula, akan rugi jika tidak mencoba OWL Coffee varian Strong.

18. TOP Coffee Toraja Murni

Selaras dengan slogan “Kopinya Orang Indonesia”, TOP Coffee selalu konsisten dalam menyajikan kopi hitam dengan cita rasa yang cocok dengan lidah masyarakat di Indonesia. Nah, TOP Coffee Toraja Murni memadukan kopi Robusta dan Arabika yang ditanam di daerah Toraja, dan menjadi salah satu kopi sachet tanpa gula paling nikmat dengan harga terjangkau.

Tidak heran jika banyak orang yang memilih TOP Coffee sebagai teman nongkrong, melakukan pekerjaan, mengerjakan tugas, dan lain sebagainya. Ya, tidak hanya harganya yang ramah di kantong, citarasa yang sangat khas membuat orang-orang menyukainya. Jadi jangan lupa untuk menyediakan kopi yang satu ini di rak dapur Sedulur, ya!

19. Kopi Ya! Original

Kopi Lampung memang populer di kalangan pecinta kopi di Indonesia. Ini karena kopi Lampung memiliki karakter rasa dan aroma yang khas. Bagi yang tertarik untuk mencoba kopi Lampung bubuk tanpa ampas yang nikmat, bisa langsung memilih produk Kopi Ya!. Harga yang murah dengan citarasa yang khas, membuat kopi ini cocok untuk Sedulur cicipi.

20. Super Kopi Cap Oplet

Pexels

Rekomendasi kopi sachet tanpa gula yang terakhir ada Super Kopi Cap Oplet, merk kopi legendaris yang tentu saja banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Walaupun saat ini cukup jarang ditemukan di toko-toko offline, namun Sedulur masih bisa membelinya di e-commerce. Rasa kopi hitam yang pekat dan nikmat, membuat siapa saja akan langsung jatuh cinta dengan merk kopi hitam satu ini.

Demikian tadi deretan merk kopi sachet tanpa gula yang bisa direkomendasikan pada kesempatan kali ini. Ya, kopi tanpa gula sendiri memang mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, jika dibandingkan dengan varian kopi dengan gula.

Akan tetapi, Sedulur tetap harus memperhatikan takaran harian, karena terlalu banyak mengonsumsi kopi juga tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, pastikan pula untuk menghindari efek samping yang ditimbulkan bagi yang menderita masalah tertentu, seperti asam lambung.