Untuk kamu yang punya ketertarikan di bidang kuliner, pasti tidak asing lagi dengan resep masakan yang bisa dibaca di berbagai sumber. Mulai dari buku sampai berbagai website yang bisa diakses di internet memungkinkan Sedulur untuk mendapatkan resep. Dalam suatu resep, pasti ditemukan kata Ounce atau Oz. Sebenarnya, apa sih arti dari Oz ini? Ada berapa ounce dalam satu cangkir gelas?

Tak hanya ditemukan dalam berbagai resep, Oz juga biasa ditemukan ketika Sedulur ingin mengorder minuman dan ada berbagai ukuran dalam takaran Oz. Untuk memahaminya agar tidak bingung, berikut adalah beberapa penjelasan tentang apa itu Oz dan berbagai takarannya. Simak terus, ya!

BACA JUGA: Ternyata Ini Perbedaan Soda Kue, Baking Soda & Baking Powder

1. Apa yang dimaksud dengan Ounce?

ada berapa ounce dalam satu cangkir
kilauagung

Salah satu satuan berat atau massa yang tidak begitu umum dipakai di Indonesia adalah Ounce. Biasanya, Indonesia memiliki satuan yang sering digunakan yaitu gram atau kilogram. Menurut kamus Bahasa Indonesia, satuan ini berasal dari bahasa Belanda yang dikenal dengan sebutan ons. Ounce memiliki ragam variasi yang tergantung dari asal setiap negaranya. Maka dari itu, ia termasuk unit pengukuran berat yang tidak baku.

-->

Dalam Bahasa Latin, ukuran ounce adalah uncia. Kata ini dipakai oleh Bangsa Romawi untuk menyebutkan ukuran inci atau ounce. Singkatan dari ounce adalah Oz yang berasal dari kata onza dari Bahasa Italia di abad pertengahan.

Lalu, ada berapa ounce dalam satu cangkir?  Setiap satu ons, setara dengan 28,349 gram. Sedangkan dalam setiap satu cup ukuran 240 ml setara dengan 8 ons.

2. Ukuran gelas plastik 12 oz berapa ml?

ada berapa ounce dalam satu cangkir
bukalapak

Setelah mengetahui ada berapa ounce dalam satu cangkir, selanjutnya adalah mengetahui berbagai jenis dan ukuran Oz pada gelas plastik. Ukuran Oz tentunya tidak asing bagi penjual minuman. Para pebisnis di bidang minuman ini biasanya menggunakan gelas plastik sebagai wadah dari minuman yang ditawarkan.

Ukuran dalam satu wadah pun bervariasi, mulai dari yang terkecil hingga yang paling besar. Penjual minuman harus mempertimbangkan setiap ukuran dari gelas plastiknya dan ada pula berbagai penyesuaian harga pada setiap jenis minuman.

Berbeda dengan ukuran gelas plastik 10 oz berapa ml, gelas berukuran 12 oz ini memiliki 350 ml pada volumenya. Ukuran dalam gelas ini biasanya berkisar antara 8 cm dan memiliki diameter bawah sekitar 5,5 cm. Untuk gelas ini, Sedulur bisa menggunakan tutup yang cembung maupun datar.

Gelas berukuran 12 oz ini tidak direkomendasikan ketika produk minuman ditambah dengan es batu, karena ukurannya yang terlalu kecil. Untuk menggunakannya, gelas ini cocok sebagai wadah minuman hangat atau minuman yang dibekukan di dalam kulkas dan lemari pendingin. Bagi penjual minuman dan pebisnis minuman, ukuran ini cukup menguntungkan karena terkesan memiliki harga yang terjangkau karena porsinya pas. 

BACA JUGA: 1 Sendok Teh Berapa Gram? Ini Cara Hitung Paling Mudah

3. Ukuran gelas plastik 14 oz berapa ml?

ada berapa ounce dalam satu cangkir
saranamesin

Pada era modern, menyajikan minuman dengan wadah plastik sudah jarang ditemui. Penjual minuman kini beralih ke kemasan gelas yang lebih menarik serta praktis untuk digunakan. Dahulu, penjual minuman yang wadahnya plastik es biasanya ditemui di pinggir jalan dan biasanya berjualan berbagai minuman seperti es teh, es sirup, dan es jeruk. Saat ini, kebanyakan pedagang tersebut telah mengupgrade plastik tersebut dengan gelas plastik dengan berbagai ukuran. 

Setelah tahu ada berapa ounce dalam satu cangkir, pastinya Sedulur bisa menghitung berapa ml dalam satu gelas plastik 14 oz. Gelas ini ukurannya memang tidak terlalu besar, yaitu memiliki tinggi 11 cm saja. Namun, gelas ini bisa diisi dengan sedikit es batu di sebuah minuman yang akan disajikan.

Ada dua macam pilihan yang menjadi tutup dari ukuran gelas plastik ini, di antaranya adalah tutup cembung dan tutup datar. Tutup datar bisa Sedulur gunakan ketika akan menyajikan minuman seperti es jeruk dan es teh karena lebih sesuai. Sedangkan untuk minuman yang memiliki topping di atasnya direkomendasikan untuk menggunakan tutup cembung.

4. Ukuran gelas 16 oz

saranamesin

Ukuran gelas 18 oz merupakan ukuran yang jarang ditemui dalam sajian minuman. Sebagai gantinya, ada ukuran gelas 16 oz yang lebih pas digunakan sebagai wadah minuman dengan es batu. Daya tampung dalam ukuran gelas ini adalah 470 ml.

Berbeda tidak jauh dengan ukuran 14 yang hanya menampung minuman dengan berat 400 ml saja yang bisa dihitung dari ada berapa ounce dalam satu cangkir. Ukuran yang dimiliki dari gelas plastik ini adalah 12 cm sebagai tingginya, dan memiliki diameter atas 8 cm serta diameter bawah 5,5 cm.

BACA JUGA: Takaran Resep Per 100 Gram (Lengkap), Sendok makan, Gelas & Cup

5. Gelas plastik 22 oz berapa ml?

Gelas plastik 22 oz
Shopee

Memiliki ukuran yang paling besar di antara yang lainnya, gelas plastik ukuran 22 oz ini cocok untuk dipakai di minuman yang berukuran large di berbagai kedai minuman. Jika Sedulur merasa ukuran sedang atau kecil tidak cukup memuaskan dahaga, maka bisa mencoba memesan minuman dengan ukuran 22 oz ini.

Sesuai dengan ada berapa ounce dalam satu cangkirnya, gelas ini banyak dikemas dalam bentuk minuman dingin dengan es batu yang berlimpah. Jadi, jika Sedulur sedang kegerahan dan butuh minuman dingin yang memiliki banyak es, ukuran ini cocok untuk dicoba. 

Biasanya, minuman dengan ukuran 22 oz ini memiliki harga yang tidak jauh berbeda dengan ukuran gelas yang lebih kecil. Namun hal itu tidak membuat pemilik kedai menjadi rugi. Justru, pemilik kedai minuman akan jauh lebih untung ketika pembeli memesan gelas berukuran besar ini. Hal itu dikarenakan hanya sebuah strategi marketing dari pemilik kedai dan karyawannya saja. Biasanya, ukuran ini banyak dijumpai di minuman thai tea dengan logo gajah yang terdapat dalam kemasannya.

Ukuran gelas cup

Masih terkait dengan ada berapa ounce dalam satu cangkir, ada pula berbagai ukuran lain yang bisa Sedulur jumpai baik di resep internasional maupun nasional. Agar tidak bingung, berikut ini adalah konversi ukuran gelas cup yang bisa sedulur jadikan patokan.

  • 1 cup = 250 ml
  • ¾ cup = 180 ml
  • ½ cup = 120 ml

Dengan adanya penjelasan mengenai ada berapa ounce dalam satu cangkir beserta berbagai konversi serta takarannya ini, diharapkan Sedulur bisa memahaminya dan tidak bingung lagi ketika memesan minuman. Ketika ingin berbisnis menggunakan gelas plastik dengan berbagai ukuran ini misalnya ukuran gelas pop ice berapa ml, kamu bisa menambahkan label pada gelas tersebut agar bisa memperluas pasar.

Kamu juga bisa melakukan survei terlebih dahulu tentang kecocokan gelas plastik dengan minuman yang akan dijual agar sesuai dengan yang diinginkan. Semoga bermanfaat!

Kamu juga bisa mengunduh Aplikasi Super untuk mendapatkan harga terbaik tentang berbagai macam minuman yang akan diwadahi dengan gelas plastik tersebut. Selain mudah, harga yang ditawarkan juga murah, lho! Unduh sekarang, ya!