warna pakaian memudar

Perlu Sedulur ketahui bahwa warna pakaian memudar dapat terjadi karena beberapa faktor, salah satunya akibat proses pencucian yang keliru. Akan tetapi Sedulur tidak perlu khawatir, karena terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. 

Bahkan, Sedulur bisa memanfaatkan berbagai bahan dapur sederhana untuk membuat warna pakaian kembali seperti sedia kala. Lalu bagaimana caranya? Yuk simak penjelasannya berikut ini!

BACA JUGA : Cara Mudah Membersihkan Kran Air, Nggak Repot!

Faktor yang menyebabkan warna baju pudar

warna pakaian memudar
Kamini.id

Sebelum beranjak ke pembasahan tentang cara mengembalikan warna pakaian, Sedulur sebaiknya memahami terlebih dahulu faktor yang menyebabkan warna pakaian mudah memudar. Berikut penjelasannya!

-->

1. Paparan sinar matahari

Perlu Sedulur ketahui bahwa ternyata salah satu hal yang membuat warna pakaian menjadi lebih cepat pudar adalah paparan sinar matahari. Pakaian yang terlalu sering terkena sinar matahari akan menyebabkan warnanya mudah memudar. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan Ultraviolet (UV) yang ada di sinar matahari. Untuk itu, jangan terlalu menjemur pakaian di bawah sinar matahari yang sangat terik ya Sedulur!

2. Bleaching effect

Tak bisa dipungkiri bahwa pewarna baju mengandung berbagai ikatan kimia. Ketika terkena sinar matahari secara terus menerus, maka ikatan kimia ini bisa pecah. Hal ini disebut bleaching effect yang akan membuat tampilan warna baju tidak secerah seperti saat awal membeli.

3. Kualitas kain dan pewarna

Ketika membeli baju, hal penting yang sering dilupakan adalah memperhatikan kualitas kain dan pewarna yang digunakan. Pakaian dengan warna yang gelap cederung lebih rentan untuk memudar warnanya. Untuk itu Sedulur harus memperhatikan kualitas kain dan pewarna sebelum membeli pakaian ya Sedulur!

BACA JUGA : 10 Cara Mudah Mengatasi WC Mampet Tanpa Perlu Bongkar

Cara mengembalikan warna baju yang pudar

Berikut beberapa cara yang dapat Sedulur lakukan untuk mengembalikan warna baju yang pudar dengan memanfaatkan bahan sederhana. 

1. Menggunakan kopi untuk pakaian warna hitam

warna pakaian memudar
iStock

Bahan pertama yang dapat Sedulur manfatkan untuk mengembalikan warna pakaian adalah kopi hitam. Sedulur dapat menggunakan bahan ini untuk pakaian dengan warna gelap. Caranya yaitu cukup dengan menyeduh kopi hitam pekat, lalu memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci dan cucilah seperti biasa.  Sebelum proses pembilasan, tuangkan langsung kopi panas ke dalam mesin cuci yang berisi pakaian tersebuy. Setelah itu lanjutkan proses pembilasan. Tunggu hingga beberapa saat, dijamin pakaian sudah yang berwarna gelap akan berubah jadi cerah lagi sesudahnya.

Perlu Sedulur perhatikan bahwa cara ini tidak bisa digunakan untuk mengembalikan pakaian berwarna putih yang pudar. Sedulur dapat menggunakan trik kopi panas ini hanya untuk merendam denim atau jeans hitam yang mulai pudar. Setelah direndam selama satu jam, mulailah mencuci jeans seperti biasa. Sedulur akan melihat denim akan terlihat seperti baru lagi.

2. Gunakan kunyit untuk pakaian warna kuning

warna pakaian memudar
iStock

Jika Sedulur memiliki pakaian yang berwarna kuning dan warnanya mulai memudar, cara mudah untuk mengembalikan warnanya yaitu dengan menggunakan kunyit. Caranya yaitu masukan air ke dalam panci secukupnya (cukup untuk merendam pakaian), kemudian didihkan dan tambahkan secangkir garam ke dalamnya. Garam ini akan berfungsi sebagai ‘fiksatif’ yang dapat mengunci zat pewarna. Setelah itu, matikan api kemudian rendam kain dalam air panas asin selama sekitar 30 menit. Jika sudah selesai, buang airnya dan setelah cukup dingin untuk dipegang, peras pakaian tersebut. Pakaian kuning yang mulai memudar akan kembali seperti semula. 

3. Gunakan anggur untuk warna merah muda

iStock

Selanjutnya adalah Sedulur dapat memanfaatkan anggur untuk mengembalikan warna pakaian berwana merah muda yang memudar. Warna merah muda yang dilepaskan anggur akan mengembalikan warna kain merah muda yang sudah pudar. Masukkan pakaian merah muda yang pudar ke dalam ember, kemudian ambil anggur hitam kemudian masukkan ke dalam stoking atau pantyhose. Sesuaikanlah letak selang air dan stoking di atas mulut ember. Lalu tuangkan air panas di atas buah anggur tadi. Warna pakaian dijamin akan kembali seperti semula.

BACA JUGA : Cara Menanam Daun Bawang agar Cepat Tumbuh di Polybag

4. Menggunakan lada hitam

iStock

Ternyata lada hitam tidak hanya dapat digunakan untuk masakan saja lho Sedulur. Rempah ini juga dapat bermanfaat untuk membuat baju yang warnanya pudar jadi cerah kembali. Lada hitam memiliki kandungan yang juga dapat mengembalikan warna pakaian yang pudar. Jika ingin menggunakan lada hitam untuk mengembalikan warna baju, sebaiknya jangan menggunakannya terlalu banyak ya Sedulur!

5. Menggunakan MSG

warna pakaian memudar
iStock

Kehebatan MSG atau yang lebih dikenal dengan micin penyedap rasa ternyata tidak hanya berlaku untuk makanan, tapi juga untuk pakaian. Ketika warna pakaian luntur karena ada tempelan noda, maka salah satu cara untuk mengembalikan warnanya adalah dengan mengangkat noda tersebut menggunakan MSG. Micin ini dapat menjadi salah satu cara efektif untuk mengangkat noda yang susah hilang pada pakaian. Caranya adalah dengan menambahkan MSG pada deterjen khusus yang digunakan untuk pakaian berwarna ketika akan mencuci pakaian tersebut. Cucilah pakaian tersebut seperti biasa dan Sedulur akan melihat warna pakaian jadi cerah lagi tanpa noda.

6. Lemon

iStock

Lemon memiliki banyak khasiat. Selain untuk kesehatan tubuh, kulit, rambut dan sebagai makanan, lemon juga bisa digunakan untuk mengembalikan warna pakaian yang pudar. Buah lemon merupakan buah yang kaya dengan kandungan vitamin C dan mempunyai fungsi yang mirip dengan citrun.

Untuk mengembalikan warna yang pudar menggunakan lemon, caranya yaitu dengan menggosokkan lemon ketika mencuci baju agar warna yang pudar bisa kembali jadi cerah seperti semula. Kemudian lanjutkan dengan Langkah mencuci baju biasaya.

7. Cuci menggunakan warna baru yang sama

iStock

Trik sederhana untuk mengembalikan pakaian yang warnanya memudar adalah dengan mencucinya bersamaan dengan pakaian baru berwarna sama. Cucilah pakaian lama dalam satu wadah bersamaan dengan pakaian baru yang berwarna sama atau serupa. Pakaian baru akan mengeluarkan warna yang nantinya akan diserap oleh pakaian lama. Trik ini berhasil sangat baik untuk denim yang pudar, handuk, dan lain-lain. Usahakanlah mencari zat pewarna semirip mungkin karena akan menghasilkan warna yang paling jelas dan alami. Jika Sedulur ingin mengubah warna pakaian, kemungkinan besar juga akan membutuhkan zat penghilang warna terlebih dahulu.

8. Menggunakan belimbing wuluh

iStock

Cara menghilangkan noda luntur yang ampuh untuk dicoba adalah dengan menggunakan bahan alami seperti belimbing wuluh. Buah yang satu ini memiliki sifat asam sehingga dapat menjadi penghapus noda luntur yang efektif. Untuk menggunakannya, Sedulur cukup memotong belimbing menjadi dua bagian. Setelah itu, gosokkan bagian daging buahnya ke noda di baju dan diamkan kurang lebih selama 30 menit. Kemudian cuci pakaian seperti biasa dengan detergen dan air, lalu jemur di bawah sinar matahari. Setelah kering, Sedulur akan melihat pakaian yang luntur sudah kembali seperti semula.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Alat Pengusir Nyamuk Terbaik yang Ampuh

Tips menghindari agar warna pakaian tidak mudah pudar

warna pakaian memudar
Kompas

Setelah mengetahui faktor yang menyebabkan warna pakaian dan cara mengatasinya, berikut tips yang dapat Sedulur lakukan agar pakaian tidak mudah memudar. 

1. Perhatikan petunjuk label

Perlu Sedulurketahui bahwa ;abel pada pakaian bukan sekadar pajangan lho. Label pakaian ini merupakan sebuah petunjuk agar Sedulur mengetahui cara mencuci pakaian agar tahan lama dan mencegah warna cepat memudar. Mengabaikan label perawatan dan pencucian dapat membuat pakaian lebih cepat rusak dan mudah mengalami kelunturan.

Beberapa jenis kain dapat menyerap pewarna lebih baik daripada jenis kain lainnya. Jadi, sebelum mencoba untuk menggunakan zat pewarna, perhatikan dulu label pakaian untuk mengetahui jenis kain penyusunnya. Jika terbuat dari paling tidak 60% serat alami seperti katun, sutra, linen, rami, atau wol, atau jika terbuat dari rayon atau nilon, biasanya pakaian tersebut cukup bagus menyerap pewarna.  Berikut hal mengenai label pakaian yang perlu Sedulur perhatikan. 

  • Warna pakaian yang terbuat dari campuran serat alami dan sintetis mungkin tidak akan sepekat pakaian yang terbuat dari 100% serat alami jika diberi pewarna.
  • Jika pakaian terbuat dari bahan akrilik, spandeks, poliester, atau serat metalik, atau jika dalam labelnya tercantum “Dry Clean Only“, kemungkinan besar pakaian itu tidak bisa menyerap pewarna dengan baik.

2. Cuci dengan air dingin

Mencuci pakaian menggunakan air dingin ternyata bermanfaat untuk dapat mencegah warna pakaian memudar. Akan tetapi sebaliknya, mencuci dengan air hangat bisa memecah serat yang dapat menyebabkan warna pakaian mengalami luntur. Untuk hasil yang terbaik, Sedulur dapat menggunakan detergen yang dikhususkan untuk pencucian menggunakan air dingin. 

3. Gunakan pengaturan yang tepat pada mesin cuci

Jika pakaian tidak begitu kotor, hindari menggunakan siklus pencucian berat. Hal ini justru hanya akan membuat warna pakaian lebih cepat memudar.  

4. Hindari terlalu sering mencuci pakaian

Perlu Sedulur pahami bahwa semakin sering mencuci pakaian, maka akan semakin membuat warnanya cepat memudar. Jika baru mengenakan pakaian selama beberapa jam, hindari mencucinya. Sebaiknya,Sedulur menggantung pakaian di luar ruangan agar terkena udara dan membunuh kuman atau bakteri yang menempel. 

5. Balikkan pakaian dari dalam ke luar

Cara yang satu ini dapat melindungi serat luar pakaian dari keausan saat mencucinya. Serat yang aus dapat membuat warna pakaian akan lebih cepat memudar. Akan tetapi, serat dalam pakaian yang memudar tidak masalah karena tidak ada yang melihatnya. 

6. Tambahkan kondisioner kain pada pakaian

Tips agar warna pakaian tidak mudah memudah adalah dengan menambahkan kondisioner kain ketika mencucinya. Kondisioner kain seperti medan kekuatan yang besar.Hal ini dapat melumasi serat kain selama pencucian sehingga tidak mudah mengalami aus. Keausan sama dengan memudar, jadi apa pun yang dapat digunakan untuk mencegah gesekan adalah hal baik untuk digunakan. 

Cara mengembalikan warna pakaian dengan zat pewarna

CaraProfesor

Berikut cara mengembalikan warna pakaian yang memudar dengan menggunakan zat pewarna. 

  • Lindungi tangan menggunakan sarung tangan karena kontak dengan zat pewarna bisa menyebabkan iritasi kulit.
  • Siapkan sekitar 11 liter air untuk setiap 0,5 kg pakaian.
  • Siapkan ember atau panci besar cocok digunakan untuk pakaian kecil seperti atasan tipis, aksesori, atau pakaian anak. Sementara itu, gunakan bak plastik atau mesin cuci untuk pakaian yang lebih besar seperti sweter atau celana jin.
  • Sebagian besar pakaian memiliki berat sekitar 0,2-0,4 kg.
  • Agar lebih mudah dibersihkan, pertimbangkan untuk menggunakan batang atau sendok plastik saat mengaduk zat pewarna dalam wadah kecil. Dengan begitu, Sedulur dapat langsung membuangnya setelah selesai.
  • Makin sering diaduk, warna pakaian akan makin merata. Sebagian orang lebih suka terus mengaduk pakaian, sementara yang lain merasa mengaduk pakaian setiap beberapa menit sekali saja sudah cukup.
  • Ingatlah, bahwa warna pakaian akan tampak lebih pekat saat masih basah. Pertimbangkan hal ini saat menentukan apakah pakaian sudah selesai direndam.
  • Segera bersihkan wastafel atau bak mandi agar zat pewarna tidak meninggalkan noda yang susah dibersihkan.
  • Baliklah pakaian dari dalam keluar akan membantu mempertahankan warnanya selama dicuci.
  • Jika perlu, rendamlah pakaian dalam larutan pewarna lagi.
  • Keringkan dibawah sinar matahari. 
  • Setelah kering, warna pakaian akan kembali seperti baru. 

Demikianlah rangkuman informasi tentang cara mengembalikan warna pakaian yang mulai memudar. Sedulur dapat memanfaatkan bahan-bahan sederhana maupun menggunakan pewarna pakaian. Jangan lupa untuk memperhatikan cara mencuci dan menjemur pakaian ya Sedulur. 

Agar warna pakaian tidak mudah memudar, ketika mencuci Sedulur harus menggunakan detergen yang sesuai dengan bahan pakaian. Sedulur dapat membeli detergen dan pewangi pakaian berkualitas dengan harga terjangkau di Aplikasi Super lho. Banyak promo dan gratis ongkir setiap hari tanpa minimal pembelian. Yuk langsung download dan belanja di Aplikasi Super sekarang! Dan nikmati promo menarik lainnya.