membersihkan keran air

Keran air yang jarang dibersihkan lama-lama akan menyisakan kerak akibat noda air yang mengering. Untuk itu, Sedulur harus membersihkan keran air agar hal tersebut tidak terjadi. Pasalnya, keran air yang berkerak akan membuat air menjadi tidak jernih dan cenderung kotor.  

Sedulur dapat membersihkan keran air dengan memanfaatkan bahan-bahan sederhana lho. Apa saja dan bagaimana caranya? Yuk simak informasinya di bawah ini!

BACA JUGA : 10 Cara Mudah Mengatasi WC Mampet Tanpa Perlu Bongkar

Cara membersihkan kran air

Berikut cara yang dapat Sedulur lakukan untuk membersihkan kran air yang mudah dan sederhana.

-->

1. Menggunakan cuka putih

membersihkan keran air
iStock

Tak hanya digunakan untuk berbagai masakan, cuka putih juga dapat Sedulur manfaatkan untuk membersihkan keran air yang kotor, berikut ini caranya. 

  • Oleskan perlahan cuka sehingga merata untuk seluruh permukaan. Kemudian tunggu atau diamkan selama 2 menit.
  • Sikat permukaan kromium tersebut dengan spons yang agak kasar. Usahakan sikat searah.
  • Bilas menggunakan air bersih sampai kotoran menghilang.
  • Keringkan keran air dengan kain lap atau handuk.

2. Menggunakan boraks

membersihkan keran air
iStock

Cara selanjutnya yang dapat Sedulur lakukan untuk membersihkan kerak kapur di keran yaitu menggunakan boraks. Berikut caranya. 

  • Campur boraks dan cuka, aduk hingga merata.
  • Campuran tersebut oles dan gosokan kepada keran yang berkerak.
  • Setelah itu bilas dengan air dan lihat perbedaannya.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Alat Pengusir Nyamuk Terbaik yang Ampuh

3. Menggunakan baking soda

iStock

Cara ketiga untuk membersihkan kerak kapur di keran menggunakan baking soda. Cara yaitu sebagai berikut. 

  • Gosokkan keran dengan baking soda. 
  • Tunggu sekitar 5 menit.
  • Bilas dengan air bersih.

4. Gunakan Produk Pembersih yang Ada di Pasaran

iStock

Selanjutnya Sedulur dapat memanfaatkan produk pembersih yang terdapat di pasaran. Produk pembersih kamar mandi juga cukup ampuh untuk mengatasi dan membersihkan kerak kapur di keran dengan mudah.

BACA JUGA : 30 Tips Beri Hiasan Dinding Ruang Tamu Buatan Sendiri

Cara membersihkan keran air mudah

iStock

1. Mencuci keran air dengan sabun cuci piring 

Jika keran air sudah terlanjur kering, basahilah dulu dengan air biasa. kemudian, tuangkanlah beberapa tetes sabun cuci piring ke atas permukaan keran air. Setelah itu, sikatlah seluruh permukaannya menggunakan sikat gigi bekas hingga bersih. 

2. Membilas keran air

Jika sudah bersih, bilaslah dengan kain bersih yang sudah dibasahi hingga sisa sabunnya hilang. Lanjut dengan mengeringkan dengan  menggunakan kain bersih yang kering. Dengan cara ini, keran air terlihat bersih dan berkilau kembali seperti semula. 

3. Membersihkan keran air dengan cuka

Jika keran air masih terdapat noda yang membandel dan tidak bisa dibersihkan dengan sabun cuci piring. Maka, Sedulur sebaiknya menggunakan cuka, agar noda pada keran bisa disingkirkan. Caranya dapat Sedulur lakukan seperti penjelasan di atas ya!

 4. Membersihkan tepi keran air 

Bagian tepi keran biasany luput dari perhatian ketika membersihkan keran iar. Seluruh permukaan keran air memang sudah bersih, akan tetapi bagian tepiannya biasanya masih ada noda. Untuk membersihkan tepiannya, Sedulur dapat menggunakan sabun cuci piring dan air. Setelah itu, digosok menggunakan sikat gigi bekas. Kemudian, dibilas menggunakan kain basah dan dikeringkan dengan kain kering. 

5. Membersihkan lubang keran

Sedangkan, bagian lubang keran bisa Sedulur bersihkan menggunakan cuka yang dicampur dengan air atau cairan pembersih lainnya tetapi tidak keras. Hal ini dikarenakan, cairan pembersih yang sifatnya mengikis atau keras, bisa merusak material keran air. Untuk membersihkan bagian lubang keran, campurkanlah cairan pembersih dan air ke dalam kantong plastik. Setelah itu, bungkuslah bagian lubang keran dengan cairan pembersih yang ada di dalam kantong plastik dan ikat.

Diamkanlah sekitar 30 menit sampai 1 jam dan lepaskanlah. Dengan menggunakan cara ini, kotoran yang berkumpul di lubang keran bisa dibersihkan. Sehingga, aliran air lebih lancar, keran air tidak akan tersumbat dan airnya pun kembali bersih. 

Demikianlah penjelasan tentang cara membersikan keran air yang kotor. Sedulur dapat memanfaatkan bahan sederhana seperti baking soda, cuka dan juga sabun cuci piring. Jangan lupa untuk rutin membersihkan keran air ya Sedulur, agar tidak berkerak. Selamat mencoba!