Salah satu permasalahan kulit yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang adalah wajah kusam. Hal tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti perubahan hormon dalam tubuh, cuaca, kebersihan kulit tidak terjaga, atau bahkan penggunaan produk perawatan kulit yang sebenarnya tidak cocok dengan kita.

Sedulur merasa memiliki permasalahan kulit ini? Tidak perlu panik, di bawah ini adalah 8 cara mengatasi wajah kusam. Langsung simak artikelnya sampai selesai, ya!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berminyak Terbaik 2022

Penyebab wajah kusam

wajah kusam
Depositphotos

Wajah kusam dapat mengurangi kepercayaan diri. Di atas telah disinggung beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit wajah kusam. Nah, pada bagian ini, kita akan membahas secara lengkap tentang beberapa faktor penyebab tersebut.

-->

1. Wajah kusam karena kebiasaan merokok

Beberapa penelitian telah berhasil mengungkap keterkaitan antara rokok dan kulit wajah kusam pria. Perokok aktif cenderung memiliki kulit dan wajah yang terlihat lebih tua daripada usia aslinya. Ciri wajah kusam seorang perokok akan terlihat lebih kusam, berkerut, dan warnanya tidak rata.

Hal tersebut dapat terjadi kepada seorang perokok karena rokok yang mereka hisap mengandung banyak zat berbahaya bagi tubuhnya. Beberapa zat dari rokok tersebut kemudian menghambat aliran darah ke kulit wajah dan mengurangi produksi kolagen sehingga kulit wajah pun menjadi kusam.

2. Bertambahnya usia

Seiring dengan bertambahnya usia, penuaan kulit tentu saja tidak dapat dihindari. Produksi kolagen akan terus menurun. Tentunya kondisi alami ini akan membuat kulit wajah kehilangan cahayanya, serta mulai muncul keriput-keriput halus. Walaupun kita memang tidak bisa menghindari penuaan, tetapi setidaknya kita masih bisa berusaha untuk menjaga kulit agar tidak kusam dan terlihat cerah kembali.

3. Wajah kusam karena kurang asupan air

Terdapat banyak jurnal yang mendukung fakta bahwa minum air dengan kadar yang cukup akan membuat kulit lebih sehat. Air berfungsi untuk menjaga kelembapan serta kelenturan kulit agar lebih tahan iritasi, keretakan, dan kerusakan. Dengan minum air secara rutin kulit akan terhidrasi, terhindar dari wajah kusam dan kering.

4. Udara panas dan kering

Masalah kulit wajah kusam memang mayoritas dialami oleh orang-orang di wilayah tropis atau panas. Udara panas dan kering yang setiap hari berhembus dapat membuat kulit wajah lebih kusam dan kurang bercahaya. Tidak terbatas pada musim kemarau dengan udara panas dan kering saja, tetapi juga pada musim dingin dengan udara kering dan kelembapan yang rendah.

5. Wajah kusam karena sel kulit mati

Secara alami, kulit kita akan melepas sel-sel kulit mati sebagai proses regenerasi. Terkadang, sel-sel tersebut tidak terlepas dengan sempurna dan menumpuk, menyebabkan kulit wajah yang terkesan kusam, kering, bersisik, dan pecah-pecah.

6. Kebiasaan begadang

Kolagen dan keratin sebagai zat untuk mengencangkan dan menyehatkan kulit terbentuk pada saat tidur. Apabila Sedulur kekurangan tidur, maka kedua zat tersebut tidak dapat diproduksi dengan maksimal dan menghambat proses regenerasi.

7. Wajah kusam karena stres

Stres merupakan suatu hal yang wajar terjadi pada seseorang. Namun, apabila intensitas stres cukup tinggi dan berlarut-larut, maka dapat berpengaruh pada kesehatan kulit kita. Kondisi stres juga dapat menyebabkan peningkatan kortisol dalam tubuh dan kulit, yang dapat memicu gangguan-gangguan kulit yang sebelumnya telah diderita. Kulit kusam pun tidak dapat dihindari apabila kita mengidap stres dalam waktu yang cukup lama.

BACA JUGA: 11 Skincare yang Mengandung AHA BHA Bikin Kulit Mulus

Cara mengatasi wajah kusam

Depositphotos

Setelah mengetahui tentang faktor-faktor penyebab kulit wajah kusam, kali ini kita akan mempelajari tentang bagaimana cara untuk mengatasi masalah kulit wajah kusam. Di bawah ini merupakan 8 cara mengatasi permasalahan kulit wajah tersebut yang dapat Sedulur terapkan di rumah.

1. Lakukan proses eksfoliasi

wajah kusam
Depositphotos

Proses eksfoliasi adalah salah satu rangkaian dari perawatan kulit yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk penyebab wajah kusam. Melakukan eksfoliasi wajah dengan benar dan tidak secara berlebihan dapat meremajakan kulit, mengurangi produksi minyak, serta membersihkan hingga ke dalam pori-pori untuk mencegah komedo dan jerawat.

Proses eksfoliasi wajah yang dilakukan secara rutin juga dapat membuat warna kulit jadi lebih cerah. Lebih lanjut lagi, proses eksfoliasi wajah disarankan memakai scrub dengan bulir lembut dan halus, atau exfoliate serum. Tapi, pastikan dulu produk eksfoliasi yang dipilih memang sesuai dengan jenis kulit kita, ya. Produk eksfoliasi yang tepat membuat kita terhindar dari wajah kusam dan berminyak.

2. Selalu gunakan sunscreen

Depositphotos

Paparan sinar matahari ternyata dapat menyebabkan kulit kusam. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk Sedulur selalu menggunakan sunscreen atau tabir surya pada saat beraktivitas di luar ruangan, walaupun ketika awan mendung menutupi matahari. Sebaiknya juga menghindari aktivitas luar ruangan pada jam ketika matahari sedang panas-panasnya, antara jam 10.00 sampai 14.00. Jangan lupa juga untuk reapply sunscreen 2 sampai 3 jam sekali.

3. Selalu gunakan pelembap

wajah kusam
Depositphotos

Moisturizer atau yang biasa disebut dengan pelembap ternyata memiliki segudang manfaat untuk mencegah kulit wajah kusam. Sama halnya dengan tubuh, kulit kita pun juga membutuhkan asupan air. Asupan air tersebut dapat diperoleh dari pelemba yang meresap ke kulit. Maka dari itu, pemakaian pelembap tidak boleh terlewat agar kulit wajah terlindung dari kerusakan dan kusam.

BACA JUGA: 10 Skincare untuk Menghilangkan Milia pada Area Mata & Wajah

4. Selalu gunakan face toner

Depositphotos

Face toner adalah salah satu skincare untuk wajah kusam. Produk perawatan kulit yang berwujud cairan ini berfungsi mengurangi produksi sebum, mengecilkan pori-pori wajah, dan sekaligus memberikan rasa segar pada wajah. Face toner dapat menurunkan kadar pH pada kulit serta mengangkat sisa-sisa kotoran di wajah akibat polusi udara di luar maupun make-up yang tidak sepenuhnya disapu bersih oleh sabun cuci muka. Nah, dalam kasus wajah kusam, Sedulur dapat menggunakan face toner berbahan dasar alami seperti witch hazel, paraben, salicylic acid, dan tentunya perlu untuk bebas dari alkohol.

5. Pakai produk perawatan kulit yang benar-benar cocok

wajah kusam
Depositphotos

Banyak persepsi salah bahwa menggunakan bermacam-macam produk perawatan kulit akan cepat memperbaiki kondisi kulit kita. Tetapi ternyata, risiko yang akan muncul dari menggunakan terlalu banyak produk perawatan kulit adalah iritasi dan masalah lainnya. Hal tersebut dapat terjadi karena mungkin terdapat beberapa kandungan dari produk-produk tersebut yang seharusnya tidak boleh digunakan secara bersamaan.

Contohnya, kandungan asam dalam asam salisilat dan asam glikolat dari satu produk perawatan kulit akan merusak bahan vitamin A atau retinol dari produk perawatan kulit lain apabila digunakan secara bersamaan.

Selain itu, terlalu sering berganti-ganti produk juga akan mempercepat kerusakan pada kulit kita, misalnya membuat wajah kusam dan bruntusan. Makanya, pastikan dulu kebutuhan kulit kita apa, kemudian cari produk perawatan kulit yang sesuai, dan selalu menjaga kebersihan wajah agar kulit senantiasa terhindar dari berbagai masalah.

6. Konsumsi makanan sehat dan berolahraga rutin

Depositphotos

Cara lain untuk mendapatkan kulit wajah sehat, segar, dan tidak kusam namun tanpa menggunakan bantuan produk-produk berbahan kimia adalah dengan mengonsumsi buah dan sayur, serta berolahraga secara rutin. Sayur dan buah perlu menjadi menu santapan sehari-hari dan sempatkan waktu untuk berolahraga walaupun hanya sebentar.

BACA JUGA: 10 Cara Membuat Masker Lidah Buaya untuk Merawat Wajah

7. Penuhi waktu istirahat

Depositphotos

Tidur ternyata dapat secara tidak langsung membantu kita untuk mengurangi kekusaman pada wajah. Waktu tidur yang berkualitas berkisar antara 7 sampai 9 jam sehari. Dengan tidur secara rutin dapat membentuk hormon pertumbuhan yang mendorong pergantian sel-sel tubuh dan produksi kolagen pada kulit.

Apabila Sedulur kekurangan waktu tidur, makan proses pergantian sel serta produksi kolagen pada kulit akan terhambat sehingga membuat wajah tampak lebih kusam dan lesu. Namun, perlu diingat juga bahwa terlalu banyak tidur tidak baik untuk kesehatan.

8. Kelola stres dengan baik

Depositphotos

Pada saat kita stres, entah itu karena pekerjaan, masalah akademik, atau masalah lain, tubuh akan memproduksi hormon stres yang kemudian akan menyebabkan kulit wajah terlihat kusam. Maka dari itu, mengelola stres sama pentingnya dengan menjaga kulit wajah dengan produk-produk pilihan. Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk mengelola stres, Sedulur harus tahu cara mana yang paling cocok, apakah melalui meditasi, konseling, atau sekadar melakukan hal-hal yang disukai.

Memiliki wajah sehat, cerah, dan berseri merupakan aset berharga bagi kita. Terlebih lagi, wajah biasanya menjadi salah satu first impression ketika bertemu dengan seseorang. Oleh karena itu, merawat dan menjaga kondisi kulit wajah sangatlah penting, kapan pun dan di mana pun. Sedulur bisa menerapkan 8 cara di atas untuk memperoleh kulit wajah yang senantiasa sehat dan tidak kusam. Selamat mencoba!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!