Trik mencari file di Google menjadi salah satu jalan pintas yang tepat apabila Sedulur sedang membutuhkan akses terhadap file tertentu yang ada di dalam internet. Ya, Google merupakan salah satu mesin pencarian yang sangat bermanfaat untuk aktivitas keseharian kita. 

Google mampu menyajikan berbagai macam hasil pencarian dengan tepat sesuai perintah kita. Sedulur dapat dengan mudah mendapatkan alamat, nilai tukar mata uang, hingga file dengan berbagai format pun tersedia melalui mesin pencarian tersebut.

Sebagai pengguna aktif internet, pastinya Sedulur tidak ingin melewatkan berbagai macam fitur dan kelebihan yang ditawarkannya. Begitu pula dengan sejumlah fitur yang ditawarkan oleh Google, Sedulur harus mampu memanfaatkan semuanya dengan baik. Salah satunya adalah ketika hendak mencari file tertentu. Yuk, langsung simak bagaimana tips dan trik mencari file dengan format tertentu di Google!

BACA JUGA: Fakta Tentang Cream Temulawak yang Harus Kamu Ketahui

Trik mencari file di Google dengan cepat

trik mencari file di google
Depositphotos

Apabila Sedulur tidak memiliki banyak waktu untuk mencari file di Google, mungkin tidak ada salahnya untuk mencoba cara yang ini. Sedulur dapat mengetikkan nama file(dot)ekstensi atau nama file(spasi)ekstensi. Contohnya adalah Lingkungan Hidup.pdf atau Lingkungan Hidup pdf.

Dengan menggunakan cara tersebut, Sedulur bisa dengan cepat menemukan file yang dikehendaki melalui mesin pencari Google.

BACA JUGA: 15 Jenis Ikan Laut Konsumsi yang Bagus Untuk Kesehatan

Trik mencari file di Google secara efektif

trik mencari file di google
Depositphotos

Lain caranya apabila Sedulur sedang tidak terburu-buru dan menginginkan hasil pencarian yang ekstensif. Terdapat cara khusus agar laman pencarian dapat menampilkan hasil yang lebih banyak, relevan, namun tetap dengan hasil pencarian yang sama cepatnya. Untuk melakukan cara tersebut, Sedulur dapat mengikuti format di bawah ini.

  • intext:NamaFile ext:ekstensi
  • intitle:NamaFile ext:ekstensi
  • inurl:NamaFile ext:ekstensi

Contoh: intext:Lingkungan Hidup ext:pdf

Dengan menggunakan cara pencarian tersebut, Google dapat memahami dan memberikan hasil pencarian yang sangat relevan. Nama file serupa dan ekstensi yang sesuai akan muncul di laman pencarian Google.

Sebagai informasi tambahan, apabila Sedulur ingin menemukan beberapa konten atau file yang berkaitan dengan situs tertentu, Sedulur dapat mencoba format related:url. Contohnya adalah related:https://superapp.id.

BACA JUGA: 18 Gorengan Khas Indonesia yang Cocok Untuk Acara Keluarga

Tips lain dalam menggunakan mesin pencari Google

Depositphotos

Sampai sini, Sedulur pastinya tertarik untuk memaksimalkan proses pencarian pada Google. Jangan khawatir, terdapat tips dan trik mencari file di Google yang lainnya. Penasaran apa saja? Yuk, ikuti pembahasan di bawah ini!

1. Trik mencari file di Google, gunakan tanda petik

Tips pertama dalam menggunakan mesin pencarian Google agar ia dapat menampilkan hasil pencarian yang lebih relevan adalah dengan memakai tanda petik. Ketika Sedulur memasukkan tanda petik sebelum dan sesudah kata kunci, Google akan mendeteksi bahwa ia harus mencari secara keseluruhan semua hal yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. Contohnya adalah “anak kucing lucu”.

2. Gunakan tanda hubung

Tanda hubung juga dapat membuat Google menampilkan hasil pencarian yang lebih ekstensif. Tips ini dapat digunakan ketika Sedulur mencari sebuah kata kunci yang agak ambigu. Dengan tanda hubung tersebut, Sedulur merujuk kepada Google agar mempersempit pencariannya ke kata kunci tersebut. 

Walaupun kata kunci terkesan ambigu, Google tetap dapat memberikan hasil pencarian yang paling relevan dengan harapan Sedulur.

3. Gunakan titik dua untuk mencari situs tertentu

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, format titik dua dapat mempersempit dan memfokuskan pencarian dalam situs tertentu. Formatnya adalah KataKunci:NamaSitus, seperti Toko Kelontong:Aplikasi Super.

Dengan memanfaatkan format di atas, hasil pencarian dari Google akan berfokus kepada seluruh konten yang membahas toko kelontong pada situs Aplikasi Super.

4. Trik mencari file di Google, mencari beberapa kata sekaligus

Untuk membuat proses pencarian lebih efisien, Sedulur dapat mencari beberapa kata sekaligus. Sebagai sebuah mesin pencari, Google memahami bahwa kita tidak bisa selalu menentukan kata kunci yang tepat untuk sesuatu yang kita cari. Maka dari itu, ia memiliki kemampuan untuk memahami rangkaian kata kunci acak yang dicari oleh pengguna. Contohnya adalah Cara Mudah Menjadi Reseller ATAU Cara Menjadi Reseller.

BACA JUGA: 12 Ide Desain Batu Alam Dinding Teras Depan yang Bikin Wah!

5. Mencari hal yang berkaitan dengan angka

Jika Sedulur mencari sesuatu yang berkaitan dengan angka (tahun, jumlah, dll.), usahakan untuk mencantumkan angka tersebut ke dalam kolom pencarian. Dengan begitu, hasil yang ditampilkan akan lebih spesifik.

6. Trik mencari file di Google, gunakan kata-kata relevan

Kata kunci yang relevan akan dapat membantu Sedulur mempercepat Google menampilkan hasil pencarian yang relevan.

7. Mencari file tertentu

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, untuk mencari file-file tertentu di Google dengan mudah, Sedulur hanya perlu menyelipkan jenis ekstensi file di belakang kata kunci. Contohnya seperti Lingkungan Hidup.pdf atau Lingkungan Hidup pdf.

Nah Sedulur, di atas merupakan tips dan trik mencari file di Google. Jika Sedulur tengah terburu-buru untuk menemukan file tertentu, gunakan cara cepat mencari file di Google seperti yang di atas. Apabila Sedulur menginginkan hasil pencarian yang menyeluruh, tidak ada salahnya untuk mencoba cara mencari file di Google secara efektif.

Pembahasan di atas juga telah mencakup beberapa langkah untuk menggunakan mesin pencari Google secara optimal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sedulur dan menambah pengetahuan serta wawasan, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.