18 Gorengan Khas Indonesia yang Cocok Untuk Acara Keluarga

Gorengan makanan khas Indonesia dan paling disukai. Berikut ini daftar gorengan khas Indonesia yang cocok untuk setiap acara keluarga.

Banyak jenis gorengan Indonesia yang sangat disukai oleh hampir setiap orang. Aneka gorengan sangat berperan penting, terutama ketika Sedulur merasa kelaparan di tengah pekerjaan. Membuat gorengan pun cukup mudah dan bahan-bahannya mudah dibeli.

Dalam kesempatan kali ini, akan dibahas berbagai macam jenis gorengan khas Indonesia yang cocok untuk berbagai acara, terutama acara berkumpul bersama keluarga besar. Tanpa berlama-lama, kita langsung saja simak daftarnya di bawah ini, bisa juga digunakan sebagai referensi camilan Sedulur!

Daftar Aneka Gorengan Khas Indonesia yang Disukai Banyak Keluarga!

1. Tahu

Photo by Riki Risnandar from Pexels

Gorengan pertama yang paling sering kita konsumsi dan paling banyak tersedia adalah tahu goreng. Tahu yang digunakan biasanya tahu kuning, yang digoreng terlebih dahulu. Setelah tahu kering digoreng, celupkan pada adonan terigu dan goreng kembali. Tahu krispi plus lezat pun bisa dinikmati bersama keluarga.

2. Tempe Mendoan

2. Tempe Mendoan
sindonews.com

Jenis gorengan yang kedua adalah tempe. Di beberapa daerah, terdapat jenis tempe yang berbeda. Seperti salah satu yang terkenal adalah tempe mendoan. Selain itu, ada juga tempe goreng tepung yang tak kalah nikmat. Sedulur bisa membeli tepung bumbu untuk membuat mendoan maupun tempe goreng tepung di Aplikasi Super. Selain harganya lebih murah, bisa diantar langsung ke rumah Sedulur lho!

3. Bakwan

3. Bakwan
tribunnews.com

Gorengan bakwan merupakan jenis camilan yang khas Indonesia, selalu disandingkan dengan tahu dan tempe. Campuran sayur wortel dan kol yang diiris tipis dan dicampurkan dengan adonan terigu. Lalu digoreng kering hingga renyah, bakwan pun siap dinikmati saat berkumpul bersama keluarga atau bersantai bersama kerabat.

4. Pisang Goreng

4. Pisang Goreng
kompas.com

Gorengan tidak melulu memiliki rasa asin dan gurih, banyak juga yang memiliki rasa manis yang nikmat dan gurih. Salah satunya pisang goreng. Berbahan dasar pisang, yang dibalut oleh adonan terigu manis dan digoreng hingga kering dan renyah. Namun, tidak semua jenis pisang bisa digunakan, biasanya jenis pisan yang nikmat adalah jenis pisang ambon.

5. Singkong Goreng

5. Singkong Goreng
resepantigagal.com

Gorengan selanjutnya adalah singkong. Singkong merupakan jenis umbi-umbian yang banyak ditemukan di Indonesia, namun untuk menghasilkan singkong goreng yang nikmat harus diolah sedemikian rupa. Seperti direbus terlebih dahulu lalu diberi bumbu bawang putih dan garam, untuk mengeluarkan rasa gurih dalam singkong. Setelah itu, lanjut rebus sebentar dan tiriskan. Setelah betul-betul dingin, panaskan minyak dalam jumlah banyak dan goreng hingga lembut.

6. Molen

6. Molen
orami.co.id

Molen merupakan pisang yang dibalut oleh adonan terigu tebal. Berbagai dengan pisang goreng yang dibalut dengan adonan terigu basah, molen dibalut dengan adonan terigu tebal dan kering. Lalu digoreng hingga adonan renyah dan pisang yang dibalut matang. Camilan ini cocok dikonsumsi bersama dengan teh manis hangat.

7. Cireng

7. Cireng
pikiran-rakyat.com

Cireng merupakan salah satu aneka gorengan unik untuk dijual. Cireng merupakan singkatan dari aci yang digoreng. Aci sendiri merupakan sebutan untuk tepung tapioka/kanji dalam bahasa Sunda. Tepung tapioka diberi bumbu dan daun bawang lalu dibentuk hingga pipih dan digoreng hingga kering. Kalau ingin lebih kreatif, Sedulur juga bisa membuat cireng isi menggunakan daging frozen yang dijual di Aplikasi Super.

Baca Juga: 20 Resep Bakwan Rumahan Enak, Gurih, & Mudah Dibuat

8. Bakwan Jagung

8. Bakwan Jagung
kompas.com

Selain bakwan dengan sayur kol dan wortel, kita juga bisa mengolah jagung menjadi bakwan. Selain bakwan sayur, bakwan jagung merupakan pilihan yang disukai oleh banyak masyarkat Indonesia. Namun, tidak seperti bakwan sayur, bakwan jagung agak sulit ditemui. Untuk mengkonsumsi bakwan jagung, biasanya banyak masyarakat yang membuatnya sendiri.

9. Tahu Sumedang

9. Tahu Sumedang
idntimes.com

Gorengan tahu asli Sumedang ini menjadi salah satu buah tangah yang pasti Sedulur beli ketika berkunjung ke daerah Jawa Barat, terutama jika Sedulur berkunjung ke daerah Sumedang. Tahu Sumedang memiliki tekstur yang berbeda dengan tahu kuning pada umumnya. Dapat memberikan tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam, sangat cocok Sedulur nikmati bersama secangkir kopi hangat.

10. Tahu Pong

10. Tahu Pong
tribunnews.com

Gorengan tahu pong memiliki tekstur yang sama dengan tahu sumedang, namun bedanya tahu pong memiliki warna yang lebih kuning dan isi yang kosong, berbeda dengan tahu sumedang yang memiliki isi lembut. Biasanya, tahu pong dinikmati dengan sambal kecap yang nikmat.

11. Jamur Goreng

11. Jamur Goreng
tribunnews.com

Gorengan khas Indonesia selanjutnya adalah jamur goreng. Jamur yang dibalut dengan adonan tepung terigu, dan digoreng kering menghasilkan jamur krispi yang renyah dan nikmat. Bisa dikonsumsi langsung atau juga dikonsumsi sebagai teman makan siang, karena teksturnya yang renyah bisa dikonsumsi sebagai pengganti kerupuk.

12. Peyek

idntimes.com

Peyek atau rempeyek merupakan camilan yang memiliki kerenyahan super nikmat, seringkali dimakan sebagai teman makan karena teksturnya yang sangat gurih seperti kerupuk. Namun, Sedulur juga bisa konsumsi secara langsung tanpa harus menggunakan lauk makan. Cocok sebagai camilan bersantai dengan keluarga.

13. Combro

13. Combro
idntimes.com

Combro merupakan singkatan dari oncom dijero, yang berasal dari bahasa Sunda artinya oncom yang ada di dalam. Resep gorengan ini menggunakan singkong yang diparut dan diolah lalu dibentuk, kemudian bagian dalamnya diisi oleh oncom dan digoreng hingga kering. Karena berbahan dasar singkong, makan camilan ini sangat mengenyangkan.

14. Misro

14. Misro
idntimes.com

Camilan ini merupakan suadara dari combro, misro yang merupakan singkatan dari amis dijero. Berbahan sama dengan combro, namun bagian dalam diisi dengan gula merah. Amis sendiri dalam bahasa Indonesia berarti manis. Camilan manis ini cocok dinikmati bersama keluarga dengan secangkir teh hangat tawar.

Baca Juga: 8 Makanan Pokok Khas Indonesia yang Tinggi Gizi & Menyehatkan

15. Gehu

15. Gehu
idntimes.com

Gehu sama seperti tahu yang dijelaskan pada poin nomor pertama. Gehu sendiri singkatan dari Tauge dan Tahu, tahu diisi oleh tauge yang telah ditumis terlebih dahulu lalu kemudian dibalut oleh adonan terigu dan digoreng kering hingga krispi. Beberapa resep berkreasi menganti berbagai isinya dengan sayuran lain, ada sayuran wortel, kol dan lain sebagainya. Ada juga yang diberi rasa pedas dan lain sebagainya. Agar lebih sedap, Sedulur bisa menyantapnya dengan dicocol saus sambal pedas yang juga bisa didapatkan di Aplikasi Super.

16. Burayot

16. Burayot
harapanrakyat.com

Jika Sedulur pernah berkunjung ke Garut, Sedulur akan menemui banyak penjual camilan bernama unik ini. Burayot sendiri berarti yang bergelantungan dalam bahasa Indonesia. Hal tersebut terlihat dari bentuk camilan manis satu ini yang digoreng dengan cara seperti bergelantungan. Rasanya sangat manis, rekomendasi oleh-oleh khas Garut selain dodol yang menjadi identitas Garut itu sendiri.

17. Ali Agrem

17. Ali Agrem
tandaseru.id

Salah satu gorengan nikmat khas Jawa Barat lainnya adalah ali agrem. Bentuknya terlihat seperti donat, namun ali agrem terbuat dari bahan yang berbeda. Camilan manis ini terbuat dari tepung beras dan gula merah yang dibentuk bulat seperti donat. Ali sendiri dalam bahasa Sunda berarti cincin, hal itu merujuk pada bentuk camilan ini yang seperti cincin.

18. Rarawuan

18. Rarawuan
masakandapurku.com

Jenis gorengan khas terakhir adalah rarawuan, camilan ini merupakan camilan rakyat yang juga berasal dari Jawa Barat. Camilan satu ini dibuat dari kacang tolo yang dicampur dengan bumbu dan beberapa jenis tepung. Menghasilkan rasa yang nikmat dan sangat lezat. Cocok sebagai camilan atau lauk makan bersama nasi hangat.

Dari daftar gorengan di atas, mana yang jadi favorit Sedulur? Selain nikmat, gorengan juga menjadi favorit semua orang karena bahan-bahannya mudah didapatkan. Apalagi jika Sedulur sudah menginstall Aplikasi Super, Sedulur bisa membeli bahan gorengan dengan harga miring dan promo yang menarik.

Jika Sedulur belum memiliki Aplikasi Super di HP, segera install di Play Store. Bukan hanya bahan gorengan, Sedulur juga akan menemukan berbagai bahan sembako dan kebutuhan rumah tangga lengkap lainnya. Mulai dari bumbu, kebutuhan dapur, hingga bahan makanan beku bisa Sedulur dapatkan di Aplikasi Super. Semua belanjaan juga akan diantar langsung ke rumah Sedulur, nggak pakai repot deh!