Ada banyak olahan gorengan yang nikmat untuk disantap, salah satunya adalah gorengan risol. Gorengan yang menggunakan tepung panir. Biasanya terdapat beberapa teknik tertentu agar tepung panir bisa menempel dengan rata sehingga hasil gorengan maksimal. Jika Sedulur sedang mencari tips agar tepung panir menempel sempurna, maka Aplikasi Super akan membahasnya.

Perlu Sedulur ketahui, bahwa tepung panir merupakan tepung yang terbuat dari roti. Maka dari itu, seringkali tepung panir sulit menempel rata kepada bahan makanan jika dibandingkan dengan tepung terigu atau tepung kanji. Agar Sedulur bisa dengan mudah, mari simak beberapa tips dan trik menggunakan tepung panir di bawah ya!

BACA JUGA: Apa Alternatif Pengganti Tepung Maizena? Ini Jawabannya!

Perbedaan tepung panir dan tepung roti

tips agar tepung panir menempel
Fimela

Sebelum membahas tips agar tepung panir menempel, Sedulur harus tahu apa itu tepung panir. Tepung panir merupakan tepung yang terbuat dari roti yang diolah menjadi remah-remah. Sehingga tepung ini juga dikenal dengan nama tepung roti.

-->

Tekstur tepung panr juga berbeda-beda, mulai dari tepung roti yang halus hingga kasar. Tepung panir biasanya digunakan sebagai lapisan gorengan atau sebagai taburan. Tepung ini digunakan untuk membuat tekstur makanan menjadi renyah di luar dan lembut di dalam.

Makanan yang biasanya menggunakan tepung roti/tepung panir adalah kroket, nugget, risoles dan sebagainya. Selain beragam tekstur yang berbeda, di pasaran juga terdapat beragam tepung roti yang berbeda warna.

Tepung roti sebenarnya sama saja dengan tepung panir. Masyarakat meggunakan kedua nama ini untung tepung yang dibuat dari roti tawar yang dikeringkan kemudian dihaluskan. Teksturnya sedikit kasar.

Biasanya digunakan sebagai pelapis gorengan atau taburan, seperti katsu atau tempura. Tepung roti/tepung panir ini memberikan tekstur makanan yang lebih renyah dan garing.

BACA JUGA: Mengenal Tepung Kanji Beserta Manfaat dan Fakta-Faktanya

1. Gunakan cairan perekat

tips agar tepung panir menempel
Maggi

Tips agar tepung panir menempel yang pertama yaitu dengan menggunakan cairan perekat. Cairan perekat sendiri memiliki peran penting untuk membuat tepung panir menempel sempurna. Salah satu cairan perekat yang dapat membuat gorengan semakin gurih yaitu telur.

Sedulur bisa menggunakan telur secara utuh, atau hanya kuningnya saja atau juga hanya putihnya saja. Hal tersebut bisa bebas Sedulur gunakan sesuai selera. Namun jika Sedulur ingin menggoreng makanan manis, disarankan untuk menggunakan larutan tepung saja.

Tips agar tepung panir menempel ini sangat penting dan dapat mempengaruhi tepung tidak rontong saat digoreng. Agar tidak rontok juga penting untuk Sedulur perhatikan agar gorengan tidak sering dibolak-balik. Biarkan beberapa saat hingga sudah benar-benar matang, lalu bisa dibalik sisi satunya.

Agar adonan semakin sempurna, Sedulur bisa membuat larutan tepung cair lalu masukan gorengan ke dalamnya, kemudian masukkan ke dalam tepung panir sambil dipijat-pijat agar dapat menempel dengan sempurna.

2. Gulingkan ke tepung panir

tips agar tepung panir menempel
Masak Apa Hari Ini

Selanjutnya dalam tips agar tepung panir menempel adalah dengan menggulingkan ke tepung panir. Sedulur bisa menggulingkan ke tepung panir dan memastikan hingga tepung menempel dengan sempurna.

Selanjutnya, Sedulur jangan lupa untuk menepuk-nepuk gorengan secara pelan agar tepung panir yang tidak menempel akan terjatuh dan tidak mengotori minyak saat proses menggoreng nantinya. Setelah ditepuk secara pelan, Sedulur bisa memijat-mijat gorengan.

Tujuan memijat-mijat gorengan yaitu agar tepung panir menempel dengan sempurna dan sangat rata sehingga tidak rontok saat digoreng.

3. Simpan di kulkas

tips agar tepung panir menempel
Piknikdong

Sebelum digoreng, ada baiknya menyimpan gorengan di dalam kulkas terlebih dahulu agar tepung panir menempel sempurna. Letakkan dalam wadah tertutup, kemudian simpan di kulkas selama kurang lebih 30 menit. Saat digoreng tepung panir yang rontok pun akan jadi berkurang.

Saat menggoreng gunakan juga minyak yang banyak. Apakah ada alasan khusus menggunakan minyak goreng yang banyak? Jelas tentu saja, karena agar saat digoreng nanti gorengan panir terendan seluruhnya. Maka dari itu, tidak perlu sering dibolak-balik agar menempel rata.

BACA JUGA: 12 Merek Tepung Beras Terbaik Untuk Membuat Aneka Kue

4. Jangan goreng menggunakan api besar

Unsplash

Terakhir, tips agar tepung panir menempel yaitu jangan menggunakan api besar saat menggoreng. Penting untuk Sedulur ingat agar tidak menggoreng di dalam minak panas dengan api besar. Karena hal tersebut hanya akan mematangkan gorengan bagian luarnya saja.

Sementara bagian dalamnya akan mentah. Ditambah dengan menggunakan api besar tepung panir akan mudah gosong.Usahakan untuk menggunakan api kecil saja. Hal yang harus selalu Sedulur ingat yaitu saat menggoreng tepung panir harus selalu sabar dan jangan pernah tergoran untuk membolak-balik gorengan.

Karena nantinya tepung panir bisa rontok karena terkena spatula. Cukup satu kali saja jika satu bagian terlihat sudah mulai kuning keemasan, baru kita balik gorengan. Nah, kalau sebelum ini tepung panir pada gorengan kita tidak menempel sempurna, pasti kita melewati salah satu dari cara di atas.

Tapi kini kita tidak perlu khawatir lagi tepung panir akan rontok karena Sedulur sudah mengetahui tips agar tepung panir menempel dengan sempurna di dalam sebuah makanan.

Demikian beberapa tips agar tepung panir menempel pada makanan dengan baik. Tepung satu ini memang berbeda dengan tepung biasa, karena memberikan testur renyah pada bagian luarnya. Semoga informasi di atas bisa membantu Sedulur agar bisa memasak menggunakan tepung panir secara benar ya.

Oiya, bagi Sedulur yang ingin membeli tepung panir dan aneka tepung lainnya. Sedulur bisa belanja dan kulakan di Aplikasi Super. Tersedia banyak sekali bahan-bahan membuat roti, kebutuhan bumbu dapur, sampai sembako yang lengkap. Sedulur juga dijamin nggak bakal repot, karena Aplikasi Super memiliki layanan pengantaran yang cepat, akurat, dan gratis ongkir. Jadi segera download Aplikasi Super di PlayStore sekarang juga ya!