rekomendasi merek tepung beras

Tepung beras merupakan salah satu bahan penting dalam membuat berbagai macam kue. Di Indonesia sendiri, dari Sabang sampai Marauke memang memiliki banyak sekali jenis kue baik itu yang merupakan jenis kue basah maupun kue kering. Jadi tidak heran, tepung beras jadi salah satu tepung yang begitu penting bagi masyarakat Indonesia.

Bagi Sedulur yang sedang ingin membuat kue atau berjualan aneka kebutuhan membuat kue. Ada beberapa rekomendasi merek tepung beras yang cocok digunakan nih. Aplikasi Super juga akan mengulas secara lengkap tentang kelebihan dan keunggulan dari masing-masing merek supaya Sedulur bisa mendapatkan pilihan terbaik. Penasaran apa saja? Yuk langsung simak berikut ini!

BACA JUGA: Harga Tepung Beras Rose Brand Murah di Aplikasi Super

1. Rose Brand Tepung Beras Putih

merek tepung beras
Rose Brand

Rekomendasi merek tepung beras pertama yaitu tepung beras Rose Brand. Merek satu ini tentu sudah tidak asing lagi. Salah satu merek tepung beras yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, terutama untuk membuat aneka kue dan roti.

-->

Di dalam merek tepung ini terkandung protein, karbohidrat, dan kalsium yang bebas gluten. Selain itu, tepung ini juga kaya akan serat yang bagus untuk pencernaan. Tepung beras ini memiliki tekstur yang halus dan lembut sehingga tidak mudah menggumpal saat diaduk.

2. Bionic Farm Tepung Beras Putih Organik

merek tepung beras
Bionic Farm

Rekomendasi tepung beras kedua yaitu Bionic Farm yang merupakan salah satu rekomendasi tepung beras aman bagi kesehatan, karena merek tepung beras ini tidak mengandung bahan tambahan seperti MSG, pestisida dan bahan kimia lainnya.

Selain itu, merek tepung beras ini juga cocok digunakan untuk berbagai maca kebutuhan memasak. Seperti di antaranya yaitu bahan adonan kue serta bahan untuk makanan diet. Hal tersebut disebabkan karena kandungannya yang aman.

Selain itu, Bionic Farm juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) bagi bayi yang mulai mengkonsumsi makanan. Bionic Farm juga dikemas dalam plastik dan sudah divakum sehingga tidak ada udara yang masuk ke dalamnya.

3. Bola Deli Tepung Beras

merek tepung beras
BOLA Deli

Rekomendasi selanjutnya yaitu merek tepung beras Bola Deli. Tepung beras ini bebas gluten sehingga diklaim aman untuk Anda yang mengalami intoleransi gluten. Selain itu, Bola Deli memiliki tekstur halus, menyerap air lebih banyak, dan tidak menggumpal, sehingga mudah untuk diolah.

Harga dari merek tepung beras yang satu ini terbilang murah, tidak sampai Rp10.000  untuk kemasan 500 gram. Salah satu alternatif tepung beras yang bisa Sedulur gunakan untuk berbagai olahan makanan yang ingin Sedulur buat di rumah.

4. Healthy Choice Tepung Beras Organik

merek tepung beras
Healthy Choice

Bagi Sedulur yang mencari rekomendasi tepung beras organik, Healthy Choise Tepung Beras Organik merupakan rekomendasi yang bisa Sedulur gunakan. Karena tepung beras ini diklaim bebas gluten, tinggi serat dan dibuat tanpa bahan pengawet buatan. Semua bahan yang digunakan merupakan bahan alami.

Tepung beras ini terbuat dari beras menthik wangi yang bebas gluten dan bernutrisi tinggi. Healthy Choice Tepung Beras Organik bisa Sedulur olah menjadi:

  • Bubur bayi,
  • Bubur sumsum
  • Kue basah.
  • Aneka olahan makanan lainnya.

Jenis tepung yang satu ini memiliki tekstur tidak mudah menggumpal, sehingga memudahkan Sedulur saat mengolahnya untuk berbagai macam menu makanan.

5. Rice’n Shine Organic White Rice Flour

merek tepung beras
Rice’n Shine

Rice’n Shine adalah salah satu merek tepung beras terbaik yang memiliki tekstur halus dan lembut, sehingga cocok digunakan sebagai makanan pendamping ASI (MPASI) untuk bayi berusia 6 bulan ke atas. Selain itu, kandungan tepung beras satu ini juga sangat aman.

Kandungannya yang bebas gluten menjadikan tepung ini diklaim sebagai sumber karbohidrat dan kalori lebih baik dari tepung berbahan dasar gandum. Tepung ini bisa Sedulur gunakan sebagai bahan roti, kue kering, jajanan pasar, pasta, mie, sampai bubur.

6. Gasol Organik Tepung Beras Putih

merek tepung beras
Gasol Organik

Rekomendasi selanjutnya yaitu Gasol Organik Tepung Beras Putih. Selain bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat camilan si kecil di rumah, tepung beras Gasol juga baik dikonsumsi oleh lansia dan orang sakit yang membutuhkan makanan halus.

Tepung beras ini diklaim mengandung vitamin C, A, fenolik dan senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menjaga daya tahan tubuh dari radikal bebas. Tepung Beras merek Gasol ini juga diklaim sebagai sumber karbohidrat yang mudah dicerna dan minim risiko alergi sebagai MPASI pertama bayi.

7. Lingkar Organik Tepung Beras Putih

Lingkar Organik

Rekomendasi selanjutnya yaitu Lingkar Organik Tepung Beras Putih. Tepung beras ini diolah tanpa campuran kimia maka dari itu sangat aman dijadikan sebagai bahan MPASI. Bukan hanya itu, tepung beras satu ini juga sangat aman digunakan sebagai pengganti tepung terigu.

Terutama penggunaan tepung terigu untuk membuat kue. Hal tersebut dikarenakan tepung beras merek satu ini memiliki kandungan utama di antaranya yaitu:

  • Karbohidrat (80 persen)
  • Protein (2,4 persen)
  • Serat (1,5 persen)
  • Gula (0,12 persen)

Manfaat karbohidrat adalah sebagai sumber energi, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan menjaga massa otot untuk tubuh. Sangat cocok sebagai rekomendasi tepung beras untuk Sedulur gunakan di rumah.

8. Suji Wangi Tepung Beras

Suji Wangi

Rekomendasi selanjutnya yaitu tepung beras merk Suji Wangi. Tepung beras ini sangat cocok digunakan untuk membuat makanan yang kenyal. Selain itu, tekstur adonannya juga sangat lembut dan wangi. Salah satu rekomendasi tepung beras alami bagi Sedulur.

Hal tersebut disebabkan karena merek tepung beras ini diklaim dibuat dengan proses alami tanpa rekayasa genetika kimia buatan. Sehingga sangat cocok dan bisa digunakan dengan aman untuk berbagai kebutuhan memasak Sedulur di rumah.

BACA JUGA:

9. Javara White Rice Flour

Javara

Rekomendasi merek tepung beras selanjutnya yaitu Javara White Rice Flour. Tepung beras ini terbuat dari beras yang ditanam secara organis menggunakan varietas lokal tanpa rekayasa genetika (non-GMO).

Javara White Rice Flour memiliki rasa dan tekstur yang khas. Selain itu, juga merek satu ini dijamin bebas gluten. Nah, Sedulur bisa menggunakan tepung beras ini untuk membuat bubur sumsum, puding, ataupun MPASI.  Jika ingin membawa pulang merek tepung beras ini, Sedulur harus merogoh kocek sekitar Rp42.000 untuk ukuran 500 gram.

10. Aromanis Tepung Beras

Titan Baking

Aromanis Tepung Beras bertekstur halus dan berwarna putih bersih. Tepung yang berasal dari beras pilihan berkualitas ini telah melewati proses produksi yang memenuhi standar mutu. Aromanis Tepung Beras juga harum beras asli.

Sedulur bisa menggunakannya sebagai bahan baku beraneka kue dan makanan. Jika ingin membeli merik tepung beras ini, untuk ukuran Aromanis Tepung Beras 500 gram, Sedulur hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp7.500.

11. Virgo Tepung Beras Putih

Virgo Tepung

Tepung beras putih Virgo tersedia dalam kemasan kecil, yang berukuran kurang dari 100 gram. Sehingga sangat pas untuk keperluan sekali pakai dan memasak berbagai olahan sederhana. Hal ini cukup menguntungkan untuk Sedulur yang tidak ingin repot menyimpan sisa tepung terlalu lama di dapur.

Hal menarik lainnya, tepung beras dengan harga terjangkau ini bisa diandalkan untuk campuran bahan kue maupun untuk aneka gorengan sebagai pengganti tepung terigu juga sangat bisa digunakan, karena kandungannya yang aman dengan tekstur yang lembut dan halus.

12. Javara Gluten Free Multi Purpose Flour

Javara

Rekomendasi terakhir merek tepung beras terbaik yaitu Javara Gluten Free Multi Pupose Flour. Sedikit berbeda dengan jenis sebelumnya yang masih keluaran Javara.

Komposisi tepung ini berupa campuran dari tepung tapioka, tepung beras, tepung sorgum, dan xanthan gum. Untuk Sedulur yang ingin membuat pancake atau kue kering, Sedulur bisa menjadikan tepung premiks ini sebagai pengganti tepung terigu. Sedlur bisa mendapatkan tepung ini dengan harga mulai dari Rp49.000 saja.

BACA JUGA:

Manfaat penggunaan tepung beras

merek epung beras
iStock

Setelah Sedulur mengetahui rekomendasi tepung beras terbaik untuk membuat aneka kue di atas, Sedulur juga harus tahu manfaat dari penggunaan tepung beras itu sendiri. Tidak seperti tepung terigu yang mengandung gluten, tepung beras sangat bebas gluten.

Maka dari itu, bagi Sedlur yang menghindari tepung dengan gluten yang tinggi, penggunaan tepung beras bisa jadi rekomendasi dan solusi yang tepat. Selain itu, tepung beras sendiri memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh, yaitu sebagai berikut:

  • Mengandung serat yang tinggi,
  • Bebas gluten sehingga aman bagi penderita intoleran gluten, serta
  • Mengandung kolin, yang membantu mengangkut kolesterol dan trigliserida dari hati ke tempat yang dibutuhkan di dalam tubuh.
  • Dilengkapi dengan kandungan seng, magnesium, mangan, tembaga, dan vitamin B.

Selain itu, Sedulur juga wajib tahu beberapa jenis atau varian dari tepung beras itu sendiri. Pertama ada tepung beras putih dan tepung beras merah. Namun tepung beras merah jarang sekali ditemukan di apsar. Ada juga tepung beras varian ketan dan tepung beras ketan hitam.

Tepung beras ketan merupakan varian tepung beras yang terbuat dari beras ketan. Jika tepung beras biasa terbuat dari beras, tepung beras ketan terbuat dari butiran ketan yang ditumbuk hingga halus. Biasanya tepung beras ketan menghasilkan tekstur yang lebih kenyal.

Nah itulah beberapa rekomendasi merk tepung beras yang bisa jadi rekomendasi Sedulur. Bagi Sedulur yang sedang  mencari rekomendasi merk tepung beras terbaik, daftar di atas bisa jadi rekomendasi utama Sedulur.

Bagi Sedulur yang ingin stok tepung beras dan jenis tepung lainnya, Sedulur bisa belanja di Aplikasi Super. Belanja di Aplikasi Super dijamin mudah dan murah, bikin Sedulur untung super melimpah. Yuk, buktikan langsung bagi yang penasaran. Sebelumnya, jangan lupa download Aplikasi Super di PlayStore terlebih dahulu.