rekomendasi shower terbaik 2023

Berbagai produsen shower terbaik 2023 telah berhasil membuat kran shower dengan kualitas terbaik. Prestasi ini membuat produk-produk shower semakin bisa diterima dan dinikmati oleh banyak orang. Bahkan, beberapa merk juga meraih penghargaan lokal maupun di kancah internasional atas keunggulan produknya.

Pada umumnya, shower yang termasuk produk sanitary memang dipasang di kamar mandi tetapi shower juga ada yang dipasang di kamar mandi rumah, tempat sauna, hingga kolam renang. Penggunaan shower pada keperluan komersial juga umumnya menggunakan eberapa merk shower kamar mandi yang bagus, seperti TOTO, Wasser, Germany Brilliant, American Standard, dan merk terkenal lainnya. Namun bagaimana cara memilih rekomendasi shower terbaik 2023 yang tepat? Simak berikut ini.

BACA JUGA: Biaya Membuat Kamar Mandi Sederhana, Cuma 2 Jutaan!

Cara memilih shower kamar mandi

rekomendasi shower terbaik 2023
Bob Vila

Ketika Sedulur mau memilih kran shower pastikan kran shower tersebut memiliki kualitas yang bagus, ya! Karena jika kran shower yang Sedulur pilih kualitasnya rendah, penggunaanya tidak akan memiliki waktu yang lama. Para produsen membuat kran shower dengan keunggulan yang berbeda-beda dan harganya yang beda pula.

Berikut ini tips dan cara bagaimana memilih shower terbaik 2023 untuk melengkapi kamar mandi rumahmu:

  1. Pastikan merk tersebut memiliki jenis shower yang diinginkan

Biasanya setiap merk shower terbaik akan membuat beberapa jenis produk agar konsumennya bisa lebih leluasa saat memilih. Sedulur bisa memilih side shower, jet shower, maupun jenis lainnya yang diinginkan.

  1. Ketahui material yang digunakan untuk membuat shower

Setiap shower tentu terdiri dari beberapa bagian sehingga tidak heran kalau ada beberapa material yang dipilih merk shower terbaik untuk membuat satu produk. Nah, material yang paling umum digunakan adalah stainless steel, ABS, PVC, dan krom.

  1. Perhatikan fitur produk yang diberikan oleh merk shower terbaik

Poin selanjutnya yang sebaiknya diperhatikan saat memilih produk dari shower terbaik adalah fitur-fiturnya. Umumnya, shower akan dilengkapi dengan pengaturan tekanan air sehingga Sedulur bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

  1. Pilih warna shower sesuai tema atau keinginan

Demi meningkatkan ketertarikan konsumen terhadap sebuah produk, biasanya merk shower terbaik akan membuat produk dengan berbagai macam warna.

Nah, warna-warna tersebut, antara lain hitam, chrome white, rose gold, dan gold dengan finishing glossy maupun matte. Sedulur bisa menyesuaikan warna shower dengan tema ruangan yang dipilih atau warna barang-barang di dalam kamar mandi agar lebih estetik.

  1. Pilih ukuran shower yang diinginkan

Bentuk shower akan sulit diketahui ukurannya jika memperhitungkan panjang dikali lebar dikali tinggi. Namun, ada beberapa merk shower yang mencantumkan ukuran panjang tiang, panjang selang, diameter kepala shower, dan ukuran bagian shower lainnya.

BACA JUGA: 10 Cara Menghilangkan Bau di Kamar Mandi, Coba Lakukan Ini!

Rekomendasi merek shower terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi merk shower terbaik 2023 yang bisa dijadikan pilihan karena kualitas dan sudah diakui oleh banyak orang. Sedulur bisa membelinya di berbagai tempat terpercaya, dari toko-toko penyedia peralatan dan perlengkapan rumah tangga resmi yang ada di kota-kota.

1.  Shower Vone

rekomendasi shower terbaik 2023
Forbes

Vone sanitary menjadi rekomendasi merk shower lainnya yang bisa Sedulur pilih untuk melengkapi dan mempercantik tampilan kamar mandi di rumah. Tidak perlu khawatir karena setiap produk milik Vone sudah melalui proses quality control sehingga dijamin aman saat digunakan. Sama seperti beberapa merk shower terbaik 2023 lainnya, Vone juga memilih bahan krom sebagai finishing produknya agar menjadi lebih awet.

Beberapa produk sudah dilengkapi dengan pengaturan air panas atau dingin sehingga saat mandi tidak akan merasa kegerahan atau kedinginan. Sedulur bisa memilih hanya membeli bagian tertentu atau ingin langsung membeli satu set shower. Tentu saja harga produk yang ditetapkan oleh merk shower terbaik ini sangatlah terjangkau.

2.  Shower Onda

Ada berbagai hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan produk dari merk shower terbaik, seperti mandi serta keperluan buang air kecil maupun besar. Bisa dikatakan produk dari Onda tergolong murah, tetapi kualitasnya juga tidak mengecewakan. Sampai sekarang, merk lokal ini berhasil bertahan dan terus berinovasi menciptakan Indonesia yang lebih bersih dan sehat hingga 20 tahun.

Tidak hanya memiliki pengaturan keluarnya air, Onda juga memiliki pilihan shower yang dilengkapi dengan fitur Infrared ball sehingga akan membantu melepaskan ion negatif dalam tubuh. Selain itu, ada juga carbon ball yang akan membantu mengecilkan molekul air sehingga lebih mudah diserap oleh kulit. Cukup berbeda kompetitornya, merk shower terbaik yang satu ini membuat shower dengan warna hijau, merah muda, biru, hitam, dan warna lainnya.

3.  Shower Wasser

Rekomendasi merk shower terbaik 2023 selanjutnya yang bisa Sedulur jadikan referensi adalah Wasser. Seperti beberapa merk lainnya, Wasser juga memilih Jakarta sebagai kantor pusatnya.

Tidak perlu khawatir karena harga produknya cukup terjangkau sehingga Sedulur bisa segera memasang shower pada kamar mandi. Tentu saja Wasser tetap mengikuti tren dan menggunakan teknologi canggih masa kini demi membuat produk berkualitas tinggi.

Selain itu, produk-produk shower Wasser juga dirancang agar bisa menghemat air dan menghasilkan air bersih. Dengan begitu, Sedulur bisa berkontribusi untuk melindungi lingkungan sekaligus meningkatkan kualitas hidup.

4.  Shower Paloma

Salah satu merk shower terbaik legendaris yang sudah beroperasi sejak puluhan tahun lalu adalah Paloma. Oleh karena itu, tidak heran kalau produk-produknya sudah digunakan untuk lebih dari 1.000 proyek di berbagai industri.

Tidak perlu bingung karena Sedulur bisa menemukan produk Paloma dengan mudah di berbagai kota di Indonesia. Kalau ada kerusakan yang terjadi setelah pembelian, Sedulur bisa mengajukan klaim garansi asalkan sesuai dengan syarat dan ketentuannya.

Merk shower terbaik ini banyak menggunakan material PowerABS untuk bagian kepala yang keras, padat, dan anti keropos. Tidak hanya itu, stainless steel SUS 304 berkekuatan tinggi, PVC, dan kuningan juga menjadi material pilihan Paloma untuk bagian-bagian shower lainnya. Kepuasan tersendiri pun bisa Sedulur rasakan ketika menikmati shower yang tahan terhadap tekanan air tinggi.

5.  Shower Aetrio

Rekomendasi merk shower terbaik 2023 yang satu ini sudah dikenal oleh masyarakat dengan konsep produk modern minimalis. Dengan begitu, shower set tidak hanya untuk keperluan sanitary, melainkan dekorasi kamar mandi. Sama seperti merk lainnya, Aetrio juga memilih warna hitam, chrome white, dan gold untuk mempercantik showernya. Produk-produknya juga memiliki daya tahan yang baik sehingga bisa awet dalam jangka waktu yang cukup lama.

Tentu saja ada beberapa material yang dipilih oleh merk shower terbaik ini, seperti ABS, PVC, dan kuningan. Jika merk lain menyediakan bagian-bagian shower sehingga tidak mengharuskan Sedulur untuk membeli satu set, maka lain halnya dengan Aetrio.

Merk ini hanya menjual satu set shower yang terinspirasi dari European Tech sehingga memungkinkan Sedulur untuk menggunakan hand shower serta head shower dalam waktu bersamaan.

6.  Shower AER – SAM

rekomendasi shower terbaik 2023

Produk kran shower berikut ini datang dari Aer-Sam BS 1. Kran shower ini digunakan untuk bathub, karena dibuat dengan desain yang mewah dan minimalis untuk kamar mandi berukuran sedang hingga luas dan besar, serta bisa mempercantik kamar mandi Sedulur.

Bodi kran shower ini terbuat dari kuningan dengan kualitas yang bagus, sehingga materialnya tebal karena dilapisi chrome yang berkilau dan kuat. Kran shower Aer-Sam BS1 tidak mudah rusak, dan dibanderol dengan harga yang tidak terlalu mahal. Jadi, kapan lagi Sedulur bisa mendapatkan kran shower berkualitas tinggi dengan harga yang tidak begitu mahal.

7.  Shower Jopex

Ingin memiliki kran shower yang bagus dengan harga murah? Jopex JPS 02 adalah pilihannya. Kran shower Jopex ini tidak akan membuat kantong Sedulur kebobolan, dan walaupun harganya murah, tapi kualitasnya tentu saja tidak murahan.

Meski demikian, kran shower terbaik 2023 yang diproduksi oleh para produsen memang memiliki style dan keunggulan masing-masing, tetapi hal ini juga harus diimbangi dengan kebutuhan Sedulur, ya! 

8.  Shower Fiorentino Bakkip

Tiang shower setinggi 110 cm agar memberi fleksibilitas pengaturan ketinggian. Selain itu, bahannya menggunakan stainless steel sehingga tahan lama dan tidak terkena karat yang merusak. Keluaran dari wall shower ABS maupun Hand shower ABS dapat diatur sesuai selera dan kebutuhan Sedulur.

Panjang selangnya 150 cm serta adanya drat dan seal karet untuk mencegah kebocoran air. Ukurannya 1/2 inch yang sudah umum digunakan di Indonesia. Tampilannya juga elegan, dengan warna hitam beraksen emas. Jenis catnya juga matte atau doff menambah estetika kamar mandi.

9.  Shower GM Bear

Shower set dari GM Bear ini terdiri dari 6 bagian yang semuanya sangat bermanfaat. Bahkan GM Bear turut memberikan tempat sabun. Menggunakan silikon gel yang menjaga saluran ar shower tetap bersih sehingga anti macet. Bahan-bahan yang digunakan juga ramah lingkungan.

Terdapat 5 macam model penyemprotan yang bisa disesuaikan dengan mudah. Cukup putar kanal di kepala shower dan Sedulur bisa nikmati aneka mode semprot. Bahan tianya menggunakan besi anti karat yang tangguh dan tidak korosi.

Sementara bagian lain seperti kepala shower menggunakan plastik ABS. Semburan air pun terjaga kencang karena ada saluran pelambat air, sehingga membersihkan lubang dengan mudah.

10.  Shower Micoe

Rekomendasi kran shower terbaik yang terakhir adalah Micoe – Kran Tembaga 2 Angel. Brand Micoe ini merupakan salah satu merk penyedia peralatan rumah tangga terkemuka di dunia yang sudah mengekspor produknya ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

Kualitasnya yang bagus dapat memberikan kepuasan kepada penggunanya. Beberapa Negara seperti Amerika, Inggris, Rusia, Indonesia, dll sudah memiliki target pasar yang cukup tinggi. 

Dibuat dengan desain yang elegan menjadikan kran shower terbaik ini banyak digandrungi para pembeli. Micoe juga selalu berkomitmen untuk menyediakan produk berkualitas tinggi untuk memenuhi kebutuhan para konsumen. Produk kran shower Micoe diproduksi secara professional di China, sehingga kualitasnya sudah pasti terjamin bagus.

11.  Shower TOTO

Unsplash

Jepang memang dikenal sebagai negara maju yang menciptakan berbagai macam produk berteknologi tinggi dan tentunya memiliki kualitas yang baik. Oleh karena itu, tidak heran kalau Jepang juga berkontribusi dari tahun 1917 hingga menjadi salah satu produsen toilet terbesar di dunia.

Hal yang menarik dari TOTO, yaitu berusaha untuk membantu melestarikan lingkungan dengan cara mengembangkan produk hemat air berkualitas tinggi, salah satunya dengan menjadi merk shower terbaik 2023.

Ada beberapa jenis shower yang dijual oleh TOTO, antara lain satu set head shower dan hand shower. Tentu saja bahan yang dipilih untuk membuat shower juga beragam, salah satunya bahan logam anitikarat dan krom. Sama seperti produk shower pada umumnya, Sedulur juga bisa mengatur tekanan air yang dikeluarkan sesuai keinginan.

12.  Shower Germany Brilliant

Salah satu rekomendasi merk shower terbaik, yaitu Germany Brilliant yang produknya tersebar di seluruh Indonesia dan digaransi mulai 5 sampai 25 tahun. Merk yang lahir pada tahun 2003 ini sangat menyadari kalau keamanan dan kenyamanan produknya bagi Sedulur memang penting. Tidak hanya itu, estetika dari desain setiap produk juga diperhatikan sehingga Sedulur bisa merasa puas saat menggunakan shower milik Germany Brilliant.

Series produk yang ditawarkan oleh merk shower terbaik ini cukup banyak sehingga lebih mudah untuk memilih sesuai kebutuhan. Ada Perfect Series, Famous Series, Series Baru, Lifestyle Series, Beautiful Series, Energy Series, Progressive Series, Power Series, Continental Series, Queen Series, Verisa Series, dan Brilliant Series. Selain itu, bahan yang digunakan dan harga yang dipatok juga bervariasi.

13.  Shower American Standad

Beralih dari merk sebelumnya, rekomendasi merk shower terbaik 2023 yang patut dijadikan pilihan alternatif adalah American Standard. Produk-produknya sudah digunakan oleh orang-orang dari berbagai penjuru dunia.

Selain di Indonesia, shower milik American Standard juga dijual di negara lain, seperti Australia, Hongkong, India, Korea, Malaysia, Myanmar, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Dari hal tersebut bisa diketahui kalau citra merk dan kualitas produknya memang bagus.

Salah satu merk paling ikonik dalam perlengkapan saniter ini menyediakan berbagai jenis shower, seperti hand shower dan head shower dengan harga yang cukup terjangkau. Setiap produknya juga dilengkapi dengan HygieneClean System, yaitu standard keamanan baru di kamar mandi dari hasil teknologi pembilasan dan rim yang kuat serta inovasi mutakhir dari Aqua Ceramic dan ComfortClean.

14. Shower GROHE

Kalau Sedulur mencari merk shower terbaik yang menyediakan jenis side showers, maka GROHE bisa menjadi salah satu pilihannya. Tidak hanya itu, Sedulur juga bisa menemukan jenis hand shower dan head shower dengan berbagai fitur.

Beberapa produknya dilengkapi dengan fitur DreamSpray sehingga menghasilkan pancuran yang tak tertandingi. Selain itu, ada SpeedClean nozzles untuk mencegah terjadinya penumpukan kerak kapur.

Beberapa produk yang dibuat oleh GROHE didesain agar bisa menggambarkan komitmen merk shower terbaik ini untuk menjaga lingkungan dengan membuat produk hemat air. Oleh karena itu, tidak heran kalau ada shower yang dilengkapi dengan empat fitur pengatur semprotan air. Sedulur juga bisa memilih ukuran shower yang diinginkan. Tidak hanya menjadi produsen shower, GROHE juga menyediakan perlengkapan sanitary lainnya.

15. Shower Europe Enchanting

Memiliki shower dengan pilihan air panas dan dingin memang menyenangkan dan menjadi keinginan banyak orang. Nah, hal itu juga bisa Sedulur peroleh apabila memilih merk shower terbaik 2023 yang satu ini.

Tentu saja bahan-bahan yang digunakan sudah melalui proses pemilihan dan pengujian secara ketat sehingga kualitasnya juga tidak perlu diragukan lagi. Salah satu bahannya adalah baja tahan karat SUS 304 dan kuningan halus dengan pelapisan tiga krom agar tidak terjadi kebocoran, meningkatkan daya tahan, dan tahan terhadap korosi.

Tidak hanya bahan, desain produk yang modern stylish juga menjadi perhatian penting merk shower terbaik ini. Beberapa produknya dibuat dengan warna yang menarik, seperti rose gold, hitam, dan chrome white.

Selain itu, merk shower terbaik ini melengkapi beberapa produknya dengan beragam fungsi, seperti rain, massage dan mix. Menariknya, ada produk head shower dan hand shower yang bisa dimiringkan ke berbagai posisi dan ketinggiannya bisa disesuaikan.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Sikat Kamar Mandi Terbaru 2023

Cara pasang kran shower terbaik

Unsplash

Jika kran shower yang Sedulur gunakan bisa untuk air panas dan dingin, maka perlu menyiapkan pipa khusus untuk air panas. Sedangan jika air dingin saja Sedulur bisa menggunakan pipa PVS standar yang banyak dijual di toko bangunan. Untuk cara pemasangannya, bisa mengikuti langkah berikut:

  • Pasang 2 stop kran berbahan logam untuk pengunaan air panas, atau kran plastic biasa untuk air dingin.
  • Siapkan juga pipa berukuran pendek 25 atau 30 cm dan pipa besi T yang berukuran 12 inch yang memiliki nipple pada ujungnya, hal ini untuk memudahkan Sedulur.
  • Siapkan seal tape, kunci pipa/kunci inggris dan kunci pas.
  • Sebelum melakukan pemasangan kran sebaiknya Sedulur matikan dulu saluran airnya agar pemasangan bisa dilakukan dengan mudah.
  • Pasang seal tape pada setiap bagian drat dengan lapisan yang tebal, supaya kran air tidak lepas
  • Pasang pipa T pada logam. 
  • Sambungkan pipa fleksibel pada bagian ujung kedua stop kran, putar nipple-nya menggunakan kunci inggris, hal ini perlu diperhatikan agar tidak kendur dan air tidak merembes.
  • Lalu pasang selang shower beserta ujungnya, selanjutnya pasangkan juga penggantung shower pada dinding kamar mandi.
  • Kran shower sudah bisa digunakan.

Cara merawat kran shower terbaik

rekomendasi shower terbaik 2023
Real Simple

Agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, sudah seharusnya Sedulur merawat produk dari merk shower terbaik 2023. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan agar shower tidak cepat rusak.

  1. Bersihkan shower agar tidak ada kotoran yang menyumbat

Sesekali Sedulur perlu membersihkan bagian dalam shower dengan cara membuka selang fleksibel terlebih dahulu, mencuci saringan yang tersumbat, menusuk lubang shower menggunakan jarum atau benda lainnya yang memungkinkan. Selain itu, Sedulur juga perlu membersihkan bagian head shower, sput keran shower bagian bawah, control cartridge, dan bagian-bagian lainnya.

  1. Alirkan air kembali dan pastikan sudah bersih

Jika dirasa semua bagian sudah berhasil dibersihkan, maka langkah selanjutnya adalah memastikan air bersih bisa mengalir dengan baik. Sedulur tinggal membuka kran yang sudah disambungkan dengan produk dari merk shower terbaik. Perhatikan air yang mengalir dari segi kualitas maupun kuantitasnya agar Sedulur bisa mandi dengan aman, tenang, dan nyaman.

  1. Memanggil orang yang ahli apabila kesulitan

Setiap merk shower terbaik merancang produknya agar bisa digunakan dengan baik oleh para konsumen. Tetapi tidak jarang ada orang yang kesulitan membersihkan shower sendirian dan khawatir menjadi rusak. Jika sudah begitu, maka langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah memanggil orang yang ahli di bidang tersebut.

Bagi sebagian orang, shower memang menjadi salah satu peralatan penting yang digunakan untuk mandi sehingga wajar saja kalau sekarang banyak merk shower kamar mandi yang bagus.

Agar menemukan produk yang tepat, Sedulur bisa memperhatikan beberapa hal seperti jenis shower, materialnya, fitur yang dimiliki, warna, dan ukuran shower. Selain itu, pastikan Sedulur merawat shower dengan baik agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.