Cara menghilangkan bau di kamar mandi

Semewah apapun rumah, jika kamar mandi tidak rajin dibersihkan dan dirawat maka akan menimbulkan bau tidak sedap. Untuk itu, penting melakukan perawatan rutin pada kamar mandi agar tetap bersih. Jika kamar mandi terlanjur bau, Sedulur perlu mengetahui cara menghilangkan bau di kamar mandi dengan efektif.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas beberapa rekomendasi cara menghilangkan bau di kamar mandi membandel dengan mudah. Tanpa berlama-lama, yuk simak tips dan triknya berikut ini!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Sikat Kamar Mandi Terbaru 2023

1. Rutin bersihkan kamar mandi

cara menghilangkan bau di kamar mandi
iStock

Cara terbaik menghilangkan bau tak sedap di kamar mandi adalah dengan membersihkannya secara rutin. Dengan membersihkan kamar mandi secara rutin, kamar mandi bukan hanya wangi namun juga akan tetap bersih.

Sedulur bisa mulai dengan membersihkan wastafel kamar mandi setiap hari secara rutin, hingga bagian-bagian lain seperti kloset dan lantai kamar mandi. Jangan lupa juga untuk mengganti keset atau menggosok kamar mandi hingga bersih.

2. Buang sampah kamar mandi

cara menghilangkan bau di kamar mandi
iStock

Cara menghilangkan bau di kamar mandi selanjutnya adalah dengan membuang sampah kamar mandi. Tumpukan sampah di kamar mandi juga bisa menjadi penyebab bau. Buang sampah secara teratur, meskipun tidak penuh.

Selain itu, saat membuang sampah, masukkan beberapa tetes minyak esensial ke tempat sampah dan kantong sampah yang kosong. Minyak akan memberikan semburan aroma segar setiap kali kaleng atau tempat sampah dibuka.

3. Gunakan baking soda

cara menghilangkan bau di kamar mandi
iStock

Cara menghilangkan bau di kamar mandi selanjutnya yaitu dengan menggunakan baking soda. Baking soda merupakan bahan dapur yang efektif untuk menghilangkan aroma tidak sedap di kamar mandi.

Hal tersebut membuat baking soda menjadi pilihan utama untuk menghilangkan aroma tidak sedap. Bahkan, untuk menjaga kulkas agar tetap wangi, baking soda bisa efektif digunakan. Sedulur cukup tempatkan 50 gram baking soda di rak kamar mandi. Baking soda bisa menyerap kelembapan dari udara dan menetralkan bau.

4. Bersihkan jamur di dinding kamar mandi

cara menghilangkan bau di kamar mandi
iStock

Cara selanjutnya yaitu dengan membersihkan jamur di dinding kamar mandi. Dinding kamar mandi bisa ditempeli jamur dengan mudah. Jamur bisa menyebabkan bau dan menimbulkan masalah kesehatan.

Penting untuk membersihkan dan menyikat dinding kamar mandi untuk menghilangkan jamur yang menempel di sana. Agar kamar mandi bisa tetap terjaga kebersihan dan aromanya.

5. Atur ventilasi

iStock

Cara menghilangkan bau di kamar mandi selanjutnya yaitu dengan mengatur ventilasi. Semua kamar mandi membutuhkan ventilasi yang baik. Ventilasi berguna untuk mendapatkan udara segar yang bergerak di sekitar ruangan.

Ventilasi juga bisa dengan menggunakan kipas ventilasi yang berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara agar tetap baik. Sedulur juga bisa hanya dengan menggunakan ventilasi tanpa kipas. Namun pastikan ruang ventilasi cukup besar agar udara bisa tetap waktu.

6. Nyalakan lilin

iStock

Sedulur juga bisa menggunakan lilin, sesederhana menyalakan lilin di kamar mandi dapat menghilangkan aroma tidak sedap di kamar mandi. Hal tersebut disebabkan panas dan asap dari lilin yang dapat menetralkan bau di kamar mandi.

Sedulur tinggal menyiapkan lilin dan menyalakannya di dalam kamar mandi. Sedulur juga perlu hati-hati, jangan sampat meninggalkan lilin yang menyala tanpa pengawasan dan meletakkannya di dekat tirai kamar mandi atau benda yang mdah terbakar.

Pastikan lilin berada di tempat yang aman dan tidak berbahaya jika ditinggalkan dalam waktu lama. Lebih aman dan efektif, Sedulur bisa menggunakan lilin aroma terapi untuk bau ruangan yang lebih wangi lagi.

7. Gunakan pembersih udara mini

iStock

Rekomendasi cara selanjutnya yang bisa Sedulur lakukan yaitu dengan menggunakan pembersih udara mini. Bau yang terdapat di kamar mandi bisa saja disebabkan oleh sikulasi udara yang kurang baik. Maka menggunakan alat pembersih udara merupakan cara yang tepat untuk menghilangkan bau.

Selain itu, sirkulasi udara yang buruk juga akan membuat usaha lain yang Sedulur lakukan sia-sia. Misalnya Sedulur menggunakan penghilang bau atau memasang aroma wangi di kamar mandi. Jika sirkulasi udara jelek, hal tersebut akan sia-sia dilakukan.

Maka dari itu, cara efektif yang bisa Sedulur lakukan yaitu dengan menggunakan alat pembersih udara. Sedulur bisa membeli alat pembersih udara atau purifier ukuran mini untuk membantu sirkulasi udara lancar di kamar mandi.

Selain itu, alat pembersih udara juga efektif untuk menghilangkan bakteri penyebab bau dari udara kamar mandi. Alat pembersih udara tersedia banyak di toko elektronik, bahkan saat ini tersedia di toko online yang bisa Sedulur beli.

8. Gunakan bubuk kopi

iStock

Selain soda kue atau baking soda, Sedulur juga bisa menggunakan bubuk kopi untuk menghilangkan aroma tidak sedap yang ada di kamar mandi. Hal tersebut dikarenakan kandungan dalam bubuk kopi yang dapat menyerap aroma, termasuk menyerap aroma tidak sedap.

Sedulur bisa meletakan semangkuk bubuk kopi di dalam kamar mandi, biarkan begitu saja karena bubuk kopi akan dengan sendirinya menyerap aroma tidak sedap di dalam kamar mandi. Namun, cara ini tidak dapat menghilangkan aroma tidak sedap di kamar mandi dengan cepat.

Karena butuh waktu bagi bubuk kopi untuk bersentuhan dengan udara sehingga aroma tidak sedap bisa hilang.

9. Coba arang bambu

iStock

Cara lainnya yaitu dengan menggunakan arang bambu, arang bambu merupakan produk ramah lingkungan yang dapat menyerap bau dan bahan kimia berbahaya. Arang bambu juga memiliki manfaat tambahan untuk menghilangkan kelembaban udara.

Bukan hanya itu, arang bambu juga dapat meminimalisir jamur dan lumat sehingga bisa sangat efektif bukan hanya untuk menghilangkan aroma tidak sedap di kamar mandi, juga dapat merawat kamar mandi agar tidak terlalu lembab.

Sedulur juga bisa mengombinasikan arang bambu dengan pewangi alami lainnya untuk menimbulkan kesegaran di dalam kamar mandi. Sehingga Sedulur akan tetap nyaman menggunakannya.

BACA JUGA: 10 Inspirasi Kamar Mandi Warna Pink jadi Cantik Terbaru 2023

10. Bersihkan kamar mandi secara menyeluruh

cara menghilangkan bau di kamar mandi
iStock

Jika tips pertama yaitu rutin membersihkan kamar mandi, maka cara terakhir yang bisa membuat kamar mandi tidak memiliki bau busuk yaitu dengan membersihkan kamar mandi secara menyeluruh. Bukan hanya secara rutin, namun juga harus dibersihkan secara menyeluruh.

Sedulur bisa mulai dengan membersihkan kloset bagian dalam dan luar, lalu gunakan baking soda agar kotoran terangkat saat dibersihkan. Untuk menambah kesegaran, Sedulur bisa menyimpan dua tablet antasi ke dalam kloset agar tetap menimbulkan aroma wangi dan segar.

Sedulur juga bisa menggunakan aroma terapi untuk menjaga ruangan agar tetap bersih dan wangi. Sehingga Sedulur bisa nyaman saat menggunakan kamar mandi.

Demikian beberapa rekomendasi cara menghilangkan bau di kamar mandi yang bisa Sedulur lakukan. Trik di atas mampu membuat kamar mandi tetap bersih dan nyaman digunakan. Perlu diingat, semewah apapun kamar mandi, jika tidak dilakukan perawatan akan menimbulkan bau yang tidak sedap!