robot vacuum terbaik

Aktivitas sehari-hari yang menyedot semua waktu dan perhatian kita, membuat kebersihan rumah harus menjadi korbannya. Oleh karena itu, seringkali rumah tidak terawat karena sisa tenaga yang tidak cukup untuk bebersih. Maka dari itu, perlu sesuatu hal untuk mengatasinya.

Salah satu solusi yang paling tepat yaitu dengan membeli robot vacuum cleaner terbaik. Dengan robot vacuum cleaner yang bergerak sendiri, Sedulur tidak perlu repot mengeluarkan tenaga untuk bersih-bersih. Dijamin robot tersebut dapat membuat rumah bersih dari bakteri.

Namun apa saja rekomendasi robot vacuum cleaner terbaik? Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama rekomendasi robot vacuum cleaner terbaik yang bisa jadi pilihan Sedulur untuk membuat rumah tetap bersih. Yuk langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Cara Menghilangkan Bau di Kamar Mandi, Coba Lakukan Ini!

-->

1. Perfin – robotic vacuum cleaner

Pinterest

Robot vacuum cleaner terbaik ini memiliki kemampuan untuk bekerja dengan relatif hening. Salah satu kelebihannya adalah harganya yang sangat terjangkau jika dibandingkan dengan produk sejenis. Selain itu, robot memiliki daya hisap yang cukup kuat, mencapai 1.800 Pa.

Satu keuntungan penting dari robot penyedot debu ini adalah tingkat kebisingannya yang rendah. Saat bekerja, robot ini hanya menghasilkan suara sebesar 55 dB.  Artinya, Sedulur dapat membiarkan robot ini membersihkan lantai rumah Sedulur tanpa khawatir akan mengganggu kenyamanan Sedulur. 

Fitur pengurangan kebisingan pada produk ini juga sangat berguna, karena dengan adanya fitur ini Sedulur dapat membersihkan rumah tanpa harus khawatir membangunkan anak-anak yang sedang tidur. Namun, perlu diperhatikan bahwa produk ini tidak dilengkapi dengan fitur navigasi yang dapat mengarahkan pergerakan robot sesuai dengan kebutuhan. 

2. Kurumi – robot vacuum cleaner

Pinterest

Produk ini memiliki kemampuan untuk membersihkan area dengan permukaan yang tidak rata. Salah satu kelebihannya adalah adanya remote control yang memudahkan pengoperasian. Sedulur dapat dengan mudah mengatur dan mengontrol alat ini sesuai kebutuhan Sedulur. 

Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan fitur pemetaan ruang yang memudahkan Sedulur dalam menentukan area mana yang perlu dibersihkan. Oleh karena itu, perlu diingatkan agar alat ini tidak digunakan pada area yang terlalu basah atau saat melakukan pembersihan dengan air.

Keamanan juga menjadi fokus dalam produk ini. Dilengkapi dengan sensor anti-jatuh, alat ini dapat secara otomatis menghindari terjatuh ketika digunakan untuk membersihkan area yang tidak memiliki permukaan yang rata. 

Selain itu, adanya sensor anti-tabrakan juga memungkinkan produk ini untuk mengidentifikasi dan menghindari benda-benda di sekitarnya, sehingga mengurangi risiko tabrakan yang tidak diinginkan. 

3. Xiaomi mi robot – vacuum cleaner

New York Post

Xiaomi, sebagai salah satu perusahaan ternama di sektor peralatan rumah tangga, tidak ketinggalan dengan merilis robot pembersih debu mini yang dilengkapi dengan sejumlah sensor canggih. 

Total ada 12 sensor yang terintegrasi dalam alat ini, didukung oleh 3 prosesor yang berbeda, sehingga memungkinkan alat ini untuk bekerja dengan optimal. 

Salah satu fitur unggulannya adalah Laser Distance Sensor (LDS) yang memungkinkan alat ini melakukan pemindaian area secara menyeluruh dalam sudut 360 derajat, dengan kecepatan pemindaian hingga 1800 kali per detik, dan jangkauan maksimal hingga 6 meter.

Tidak hanya memiliki daya hisap yang sangat kuat, bahkan mungkin salah satu yang terkuat diantara robot pembersih lantai lainnya, alat ini juga dilengkapi dengan kemampuan untuk mengepel lantai. 

Selain itu, robot ini juga memiliki algoritma navigasi yang sangat baik dan desain yang tipis sehingga dapat dengan mudah mencapai area yang sulit dijangkau.

4. Yeedi mop station robot – vacuum cleaner mop

The Economic Times

Salah satu perbedaan utama dari Yeedi Mop Station dengan robot vacuum cleaner terbaik lainnya adalah adanya dua tangki air yang terdapat dalam base station-nya, yaitu tangki untuk air bersih dan air kotor. 

Selain itu, base station ini juga dilengkapi dengan BuiltIn Mop Washing Machine, yang membuat Sedulur tidak perlu lagi mencuci kain pel atau mopping cloth secara manual. Vacuum cleaner Yeedi Mop Station juga memiliki keunggulan lainnya. 

Dengan baterai berkapasitas 5200mAh, alat ini dapat membersihkan selama 3 jam secara nonstop. Kekuatan vakum dan pelnya mencapai 2500 Pa dengan menggunakan tangle silk one brush

Selain itu, vacuum cleaner ini dilengkapi dengan fitur dualpower spin mopping dengan kecepatan 180 rpm/menit. Keamanan juga menjadi perhatian utama dalam Yeedi Mop Station. 

Alat ini dilengkapi dengan sensor anti-jatuh, anti-tabrak, deteksi karpet otomatis, dan fitur auto avoidance. Dengan adanya fitur-fitur ini, vacuum cleaner ini tidak akan jatuh atau mengalami kerusakan saat digunakan. Jadi, tidak perlu khawatir jika alat ini terjatuh dari tempat yang tinggi.

5. iRobot – roomba i3+

Unsplash

Robot vacuum cleaner terbaik ini direkomendasikan berkat teknologi allergen lock yang mampu menangkap 99% serbuk sari dan jamur. Selain itu, dengan sistem pembersihan 3 tahap premium dan tenaga hisap 10X lebih kuat, dan mampu mengatasi kotoran yang membandel.

Sedulur tak perlu lagi repot mengangkat kaki, karena vacuum cleaner ini dapat dikontrol melalui aplikasi iRobot Home atau menggunakan voice assistant. Dengan teknologi sensor reaktif, alat ini dapat menghindari terjebak di furnitur dan mengetahui area yang dapat dijangkau atau tidak.

Fitur sensor “dirt detect” juga sangat berguna untuk membersihkan area yang paling kotor di dalam rumah. Ketika baterainya hampir habis, iRobot Roomba i3+ ini bahkan dapat mengisi ulang sendiri.

6. Umedalife – tomo R2

Pinterest

Sedulur tidak perlu repot mengatur jadwal pembersihan rumah lagi, karena robot vacuum cleaner terbaik ini dirancang untuk mudah dioperasikan sesuai dengan kebutuhan Sedulur. 

Salah satu keunggulannya adalah adanya empat mode vakum yang dapat membersihkan partikel dari yang halus hingga kasar. Selain itu, alat ini juga dapat menyesuaikan tingkat air yang digunakan saat mode pel.

Namun, perlu diperhatikan bahwa berdasarkan ulasan pengguna, suara yang dihasilkan oleh robot ini cukup kencang saat berada dalam mode vakum. Oleh karena itu, jika Sedulur sensitif terhadap suara atau membutuhkan keheningan, hal ini perlu dipertimbangkan.

Dalam kehidupan yang sibuk, produk ini menjadi solusi praktis untuk menjaga kebersihan rumah.  Dengan fitur pengaturan jadwal pembersihan yang dapat diakses melalui TUYA, Google Assistant, atau Alexa, Sedulur dapat mengoperasikan robot ini dengan mudah menggunakan smartphone Sedulur. 

7. Roborock S5 max

Detik

Roborock S5 Max adalah jawaban robot vacuum cleaner terbaik pilihan Sedulur. Tangkinya berukuran besar yang bisa menampung 290 ml air. Ini cukup untuk membersihkan rumah seluas 200 meter persegi.

Roborock S5 Max bisa mendeteksi karpet, sehingga tidak akan mengeluarkan air dan membasahinya. Berkat baterai lithium-ion berukuran besar, alat ini bisa membersihkan rumah selama 3 jam nonstop, lho.

Untuk memulai dan menghentikan pembersihan, Sedulur bisa memberikan perintah lewat voice assistant. Berkat kecanggihannya, Roborock S5 Max dijual dengan harga Rp4,95 juta.

8. Avaro X1 + UVC robotic home assistant

Unsplash

Membantu menjaga kebersihan lantai dan keamanan buah hati, produk ini memiliki sejumlah keunggulan. Desainnya yang ramping memungkinkan alat ini untuk membersihkan hingga ke sudut ruangan yang sulit dijangkau. 

Selain itu, produk ini dilengkapi dengan sensor AI yang memandu robot pembersih debu untuk menghindari furnitur dan mencegahnya jatuh dari tangga. Namun, perlu diperhatikan bahwa bobot produk ini cukup berat, mencapai 15 kg. Oleh karena itu, diperlukan kehati-hatian saat menggunakannya agar tidak terjatuh dan mengalami kerusakan.

Bagi Sedulur yang memiliki buah hati aktif merangkak, menjaga kebersihan lantai menjadi prioritas penting. Dengan menggunakan produk ini, Sedulur dapat lebih percaya diri membiarkan buah hati bermain di lantai dengan bebas. 

Fitur cahaya ultraviolet C pada produk ini efektif dalam membasmi bakteri dan virus hingga 99,9%, menjadikan lantai bebas dari debu, bakteri, dan virus yang berpotensi membahayakan kesehatan buah hati. 

Dengan demikian, Sedulur dapat memberikan lingkungan yang lebih bersih dan aman bagi buah hati Sedulur untuk bermain dan tumbuh dengan bebas.

9. Seebest vacuum cleaner robotic E630

Better Home Garden

Tidak semua robot harus terlihat monoton dan membosankan seperti robot pada umumnya. Seebest mengambil pendekatan yang berbeda dalam memasarkan vacuum cleaner robotic seri E630 mereka.

Meskipun memiliki tinggi hanya 6 cm, vacuum cleaner ini sangat mudah untuk menjangkau kolong perabotan di rumah. Kemampuan pembersihannya tergolong optimal, karena alat ini dapat menyapu, menghisap, dan bahkan mengepel lantai. 

Udara yang bersih juga terjamin berkat adanya filter HEPA yang mencegah debu keluar kembali ke udara.

10. Bona BL809 robot vacuum cleaner

The New York Times

Inovasi terbaru dari BONA, yaitu seri BL809, menghadirkan lima fungsi sekaligus dalam satu produk. Robot vacuum cleaner terbaik ini dapat menyapu, menyikat, menghisap, mengepel, dan bahkan mengeringkan lantai. 

Keunggulannya tidak berhenti di situ, karena BL809 dapat digunakan pada berbagai jenis permukaan, mulai dari keramik, ubin, kayu, hingga karpet. Terdapat juga empat mode pembersihan yang dapat dipilih, seperti auto, spot, edge, dan zigzag.

Dilengkapi dengan teknologi pintar yang canggih, robot vacuum cleaner ini mampu membersihkan area yang lebih luas tanpa terganggu oleh hambatan di sekitarnya. 

Produk ini juga dilengkapi dengan wadah penyimpan air berkapasitas 180 ml dengan empat tingkatan yang cukup untuk melakukan proses pengepelan pada area seluas 120 meter persegi.

BACA JUGA: 10 Cara Membersihkan Tumbler yang Benar, Hilangkan Bau!

11. Ecovacs Deebot U2 Pro

Unsplash

Rekomendasi robot vacuum cleaner terbaik selanjutnya adalah Ecovacs Deebot U2 Pro. Alat pembersih ini ampuh untuk membersihkan bulu hewan peliharaan. Ecovacs Deebot U2 Pro adalah robot vacuum cleaner 2 in 1 dilengkapi dengan Pet Care Kit dan tangki debu berukuran XL.

Tangle-Free Brush yang terdapat pada mesin dikhususkan untuk menangani rambut dan bulu pet kesayangan Sedulur saat rontok dilantai. Ecovacs Deebot ini memiliki tiga mode pembersih yaitu, jalan sistematik, Hard Floor Mode, Max+Mode.

Vacuum cleaner ini juga dapat dikendalikan melalui aplikasi smartphone, sehingga mudah digunakan. Sensor Drop-Off yang dimiliki Ecovacs Deebot ini akan mendeteksi tangga dengan ketinggian minimal 10 cm, sehingga alat ini akan berputar dan melanjutkan proses pembersihan.

12. Umeda Tomo Robot Vacuum Cleaner

PCMag Australia

Robot vacuum cleaner terbaik keluaran Umeda ini bisa jadi pilihan Sedulur. Daya baterainya mencapai angka 220omAh dengan dilengkapi oleh remote control membuat alat ini semakin mudah digunakan. Robot vacuum cleaner Umeda Tomo ini memiliki fitur yang tidak Sedulur dapatkan dari vacuum cleaner biasa.

Umeda Tomo memiliki fitur pembersih 2 in 1 dan dapat dikendalikan melalui aplikasi bawaan yaitu Tuya Apps. Selain dapat diakses melalui aplikasi, Umeda juga menyediakan remote control fisik untuk membantu Sedulur menjalankan Tomo Robot Vacuum Cleaner.

Dilengkapi dengan fitur auto smartpath dimana alat ini bergerak zigzag teratur dan menampilkan peta Live saat vacuum cleaner sedang bekerja. Keunggulan lainnya dari Umeda Tomo vacuum cleaner ini adalah sensor anti falling seperti, menghindari lubang, tangga atau batas teras rumah.

Suara yang dikeluarkan dari mesin sangat halus, sehingga Sedulur tidak akan terganggu saat alat ini sedang membersihkan.

13. Eufy Robot Vacuum Cleaner with Mopping Robovac G10 Hybrid

New York Post

Eufy Robot Vacuum Cleaner adalah alat penyedot debu 2 in 1 yang memiliki teknologi pengenal perintah suara yang dapat diatur melalui smartphone. Vacuum cleaner ini dilengkapi dengan Smart Dynamic Navigation yang dapat membersihkan sudut-sudut ruangan yang diinginkan.

Mode vacuum 2 in 1 ini dapat menyapu dan mengepel secara bersamaan dengan menggunakan tiga lapis filter pembersih yang kuat, sehingga lantai Sedulur akan bersih secara maksimal. Daya hisap 2000Pa yang kuat memastikan lebih banyak serpihan debu yang terangkat disemua permukaan.

14. Roborock S7

Hardware Zone

Rekomendasi robot vacuum cleaner terbaik lainnya yaitu Roborock S7. Roborock S7 adalah robot penyedot debu terbaru dari roborock, setelah memiliki seri S6 beberapa tahun terakhir. Inovasi terbaru dari vacuum cleaner Roborock ini adalah fungsi mengepel. Dengan fungsi pelnya, Roborock menambahkan dua fitur utama, VibraRise dan Sonic Mopping.

VibraRise memungkinkan penyedot debu mengangkat pel dari lantai saat berada di area berkarpet, sehingga karpet Sedulur tidak basah. Dengan Sonic Mopping, alat ini akan bergetar sekitar 3.000 kali per menit, untuk menggosok lantai.

Selain itu, vacuum cleaner ini juga diengkapi dengan teknologi getaran sonic dan disuplai dengan tangka air elektronik 300 ml, sehingga dapat membersihkan lantai dengan bersih dan efektif. Alat penyedot debu ini dapat mendeteksi karpet dan akan terangkat secara otomatis untuk membersihkan.

15. Mi Robot Vacuum-Mop Essential

Tom’s Guide

Rekomendasi terakhir robot vacuum cleaner terbaik yaitu keluar Xiaomi. Mi Robot Vacuum Mop-Essential adalah robot vacuum cleaner pertama dari Xiaomi yang dapat dikendalikan melalui smartphone.

Di dalam produk vacuum cleaner barunya ini, Xiaomi membekali kemampuan ganda yang bisa digunakan sebagai penyedot debu ataupun mengepel lantai. Robot vacuum cleaner ini memiliki daya hisap 2200Pa yang diklaim terkuat di Indonesia.

Moe dayanya juga bisa diatur mulai dari Silent, Standard, Medium, hingga Turbo. Selain itu, Mi Robot Vacuum-Mop Essential juga dapat mengatur jumlah air sesuai kebutuhan dengan pilihan opsi Low, Medium, dan High.

Pengoperasian dari vacuum cleaner Xiaomi ini juga dikatakan kompatibel dengan aplikasi Mi Home App. Melalui aplikasi tersebut, Sedulur dapat menghidupkan, mematikan, melacak lokasi, hingga mengatur mode vakum saat ingin digunakan. Keunggulan lainnya, Sedulur juga bisa memberikan perintah kepada Xiaomi vacuum cleaner ini menggunakan Voice Assistant yang ada di aplikasi Mi Home App.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Pembersih Lantai Terbaik, Pasti Bikin Kinclong! 

Tips memilih robot vacuum cleaner terbaik

robot vacuum cleaner terbaik
iStock

Daftar rekomendasi robot vacuum cleaner terbaik di atas bisa jadi pilihan Sedulur, terutama bagi Sedulur yang kesulitan dan kebingungan menentukan robot vacuum yang dibeli. Agar Sedulur yakin dan tidak salah pilih, terdapat beberapa tips yang perlu Sedulur perhatikan.

Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan sebagai pertimbangan dalam memilih robot vacuum:

  1. Pilih kekuatan hisapnya. Dibandingkan vacuum cleaner biasa, robot vacuum cleaner memang memiliki daya hisap yang lebih lemah. Ini terjadi karena pembagian daya mesin ke kekuatan hisap dan motor gerak. Belum lagi tenaga untuk fitur-fitur lainnya. Oleh karena itu, pilih robot penyedot debu yang ada pengaturan kekuatan hisap. Biasanya ketika daya hisap ditingkatkan, pergerakan robot menjadi agak lambat. Meski begitu, hasilnya menjadi bersih maksimal berkat pengerjaan yang lebih seksama.
  2. Perhatikan fitur yang tersedia, pilih fitur yang menarik. Agar lebih mudah membersihkan rumah, pemilihan produk dengan beragam fitur membantumu untuk semakin cepat membersihkan rumah. Terdapat produk yang memiliki banyak fungsi sekaligus. Selain menyedot debu, ada juga yang menyikat, mengepel, dan mengeringkan.
  3. Jangan lupa pertimbangkan daya tahan baterai. Hal ini sering terjadi untuk mereka yang ingin membersihkan ruangan yang luas. Ruangan menjadi tak bersih maksimal akibat robot yang sudah kehabisan daya. Maka berusahalah untuk mengecek konsumsi daya dan kapasitas baterai sebelum membeli robot penghisap debu. Pilih produk yang Sedulur prediksi sesuai untuk ukuran ruanganmu.

Nah itulah daftar rekomendasi robot vacuum cleaner terbaik yang bisa jadi pilihan Sedulur. Jangan lupa untuk mempertimbangkan informasi terkait hal-hal penting yang harus dipertimbangkan dalam memilih robot vacuum agar Sedulur tidak salah pilih.