Salah satu cara HP kita memperoleh akses internet adalah dengan menggunakan WiFi. Ketika HP kita bergabung ke jaringan WiFi tersebut, maka secara otomatis kita tersambung ke internet. Namun, salah satu masalah yang sering muncul dalam penggunaan WiFi tersebut adalah sinyal yang bermasalah. Apabila terdapat kendala pada sinyal WiFi, maka akses kita ke internet akan terganggu, menjadi tidak lancar. Lalu biasanya penguat sinyal wifi handphone diperlukan.

Maka dari itu, dalam artikel ini Sedulur akan diajak untuk mencari tahu cara-cara yang dapat digunakan sebagai penguat sinyal WiFi handphone, baik itu HP Android atau iPhone. Terdapat sembilan cara yang dapat Sedulur coba, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Water Heater Terbaik Beserta Harganya

1. Pakai aplikasi penguat sinyal

AppsApk

Ingin mengatasi sinyal WiFi lemah di HP? Yuk, coba cari solusinya dengan menggunakan aplikasi penguat sinyal WiFi! Di Google Play Store atau App Store, terdapat beberapa aplikasi yang didesain khusus untuk menjadi penguat sinyal WiFi handphone

Sedulur bisa memilih mana aplikasi yang paling cocok, memiliki fitur yang Sedulur butuhkan, serta mempunyai rating dan testimoni pengguna yang baik. Salah satu aplikasi yang dapat Sedulur pilih adalah WiFi Booster & Analyzer. Aplikasi tersebut termasuk salah satu aplikasi penguat sinyal WiFi handphone yang memiliki penilaian serta testimoni yang baik. User interface dari aplikasi tersebut juga tergolong ramah dan tidak membingungkan untuk Sedulur yang belum pernah mencobanya. Yang paling penting, terdapat fitur Boost untuk meningkatkan sinyal WiFi di HP Sedulur. Wah, sangat bermanfaat, ya!

2. Periksa apakah case smartphone yang dipakai menghambat sinyal

penguat sinyal wifi handphone
Depositphotos

Salah satu cara untuk memperkuat sinyal WiFi Android di smartphone Sedulur adalah dengan memeriksa apakah case smartphone yang dipakai menghambat sinyal atau tidak. Case smartphone sejatinya memiliki banyak manfaat, seperti mempercantik tampilan luar smartphone dan juga melindunginya dari benturan atau goresan.

Tetapi, apakah Sedulur tahu bahwa case smartphone dapat menghambat sinyal? Ya, case smartphone yang didesain dengan bahan-bahan tebal ternyata akan menutupi signal receiver di smartphone Sedulur. Maka dari itu, tidak heran bahwa ketika menggunakannya sinyal WiFi akan terasa lelet. Coba gunakan case smartphone yang agak tipis agar tidak menghambat sinyal.

BACA JUGA: Lupa Password Email? Ini Cara Melihat Password Email di HP!

3. Perbarui firmware

penguat sinyal wifi handphone
Depositphotos

Apabila Sedulur ingin memperkuat sinyal WiFi di HP, Sedulur harus rutin memperbarui firmware yang terdapat di perangkat. Firmware merupakan data-data dalam perangkat yang berfungsi agar operasional perangkat berjalan dengan lancar. 

Perusahaan produsen HP biasanya akan memberikan update firmware secara berkala terhadap setiap perangkat produksinya. Apabila Sedulur jarang memperbarui firmware tersebut, kemungkinan besar akan memiliki dampak terhadap lancar atau tidaknya sinyal WiFi. Oleh karenanya, Sedulur harus rutin memperbarui firmware, melalui Settings >> About Phone >> System/Software Upgrade.

4. Atur koneksi di pengaturan smartphone

Depositphotos

Cara memperkuat sinyal WiFi tanpa alat salah satunya adalah dengan mengatur koneksi di pengaturan smartphone. Bisa jadi, letak permasalahan sinyal WiFi yang selalu lemot ini berasal dari HP Sedulur. Untuk menghindarinya, Sedulur dapat mengatur koneksi tersebut dengan membuka pengaturan HP.

Sedulur dapat mengatur agar HP selalu menggunakan jaringan WiFi yang baik dan menghindari jaringan yang buruk. Caranya adalah dengan membuka Settings >> WiFi >> Advanced Settings. Setelah itu, pilih kotak yang bertuliskan Avoid poor connections.

BACA JUGA: 10 Cara Minta Maaf ke Pasangan dengan Tulus, Agar Baikan

5. Ubah frekuensi menjadi 5 GHz

Depositphotos

Mengubah frekuensi perangkat menjadi 5 GHz menjadi cara stabilkan WiFi di Android yang dapat Sedulur coba. Pada HP buatan tahun lama, biasanya pengaturan default perihal frekuensi WiFi adalah 2.4 GHz. Memang, frekuensi tersebut memiliki cakupan yang luas serta sinyal yang kuat. Tetapi, sudah banyak pengguna yang menggunakan frekuensi tersebut.

Dengan mengubahnya ke 5 GHz, Sedulur dapat menerima sinyal yang tidak terlalu banyak penggunanya, alhasil akses internet menjadi lebih lancar. Caranya adalah dengan membuka Settings >> WiFi >> Advanced Settings >> WiFi Frequency Band.

6. Pindahkan router

penguat sinyal wifi handphone
Depositphotos

Apabila Sedulur mengalami masalah dengan sinyal WiFi, mungkin cara penguat sinyal WiFi HP iPhone dan Android ini dapat menjadi solusinya. Tidak perlu ribet-ribet membuka pengaturan perangkat atau menggunakan aplikasi pihak ketiga, Sedulur hanya perlu memindahkan lokasi router ke tempat yang strategis. Dengan begitu, perangkat HP yang Sedulur gunakan dapat menerima sinyal yang lebih baik.

BACA JUGA: Cara Mengurus KTP Hilang dengan Mudah, Jangan Panik!

7. Jangan sampai WiFi dipakai oleh orang lain

penguat sinyal wifi handphone
Depositphotos

Salah satu cara alternatif sebagai penguat sinyal WiFi handphone adalah dengan memastikan WiFi tidak dipakai ramai-ramai oleh orang lain. WiFi memang dapat menyambungkan beberapa perangkat sekaligus ke jaringan internet. Namun di sisi lain, semakin banyak perangkat yang tersambung maka akan semakin lambat juga akses internet yang kita terima.

Oleh karenanya, pastikan WiFi Sedulur hanya digunakan oleh orang-orang yang benar-benar membutuhkan jaringan internet agar kualitasnya dapat selalu terjaga.

8. Gunakan custom kernel

TechLatest

Custom kernel dalam HP Sedulur dapat berfungsi sebagai penguat sinyal WiFi handphone yang ampuh. Menggunakan custom kernel sama halnya dengan memunculkan beberapa fitur tambahan di HP yang sejatinya tidak ada. Beberapa HP Android memiliki cara custom kernel-nya sendiri, beberapa tidak bisa sama sekali. Custom kernel dapat menjadi cara Sedulur untuk mendapatkan sinyal WiFi yang bagus di HP. 

BACA JUGA: Cara Mengetahui HP Disadap Beserta Cara Mengatasinya

9. Atur ulang WiFi

penguat sinyal wifi handphone
Depositphotos

Cara terakhir apabila langkah-langkah di atas tidak bisa digunakan sebagai penguat sinyal WiFi handphone adalah dengan mengatur ulang router WiFi. Mungkin saja, letak inti permasalahan sinyal internet ini tidak terletak pada perangkat smartphone Sedulur, tetapi justru pada router WiFi itu sendiri.

Coba lakukan reset di router WiFi, membuatnya kembali ke pengaturan semula dari awal keluar pabrik. Dengan begitu, sinyal Wifi akan kembali membaik.

Nah Sedulur, di atas merupakan beberapa cara untuk memperkuat sinyal WiFi di smartphone Sedulur. Cara penguat sinyal WiFi handphone tersebut dapat Sedulur coba satu per satu, cari cara mana yang berhasil dan paling cocok dengan Sedulur. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.