cara agar baju putih tidak kuning

Pakaian berwarna putih memang rentan terkena noda. Bahkan, jika tidak dirawat dengan benar, warna baju akan berubah menjadi kekuningan. Hal ini jelas membuat Sedulur kesal karena warna baju tidak seperti saat pertama kali dibeli. Maka dari itu, baju putih perlu penanganan khusus dengan mengetahui cara agar baju putih tidak kuning paling efektif dan mudah.

Ada beberapa tips dan cara yang bisa Sedulur lakukan. Nah, supaya tidak bingung bagaimana cara baju agar baju tidak kuning yuk simak artikel berikut ini!

BACA JUGA : Cara Ampuh Mengembalikan Warna Pakaian Yang Memudar

1. Pisahkan baju putih dan warna lain

cara agar baju putih tidak kuning
iStock

Cara pertama yang dapat Sedulur lakukan agar baju putih tidak menguning adalah mimisahkannya dengan baju berwarna lain.  Hal ini karena warna baju lain bisa luntur dan membuat baju berwarna putih terkena bahan kimia warna tersebut.

-->

Selain faktor warna, Sedulur juga harus memperhatikan bahan pakaian seperti katun, satin, atau woll. Jenis pakaian ini ternyata juga bisa membuat warna pakaian luntur lantaran kemampuan penyerapan bahan yang berbeda-beda. Jadi sebaiknya pisahkan setiap pakaian yang akan dicuci sesuai dengan warna dan jenisnya.

2. Sesuaikan kapasitas mesin cuci

cara agar baju putih tidak kuning
iStock

Cara agar baju putih tidak kuning yang selanjutnya yaitu hindari mencuci baju terlalu banyak dalam mesin cuci. Teknik mencuci sperti ini berpotensi akan membuat baju tidak bersih. Jika jumlah baju melebihi takaran air, deterjen justru akan menempel dan tidak terbilas sempurna. Alangkah baiknya Sedulur mengikuti  petunjuk pemakaian yang tertera pada mesin cuci dengan baik.

3. Gunakan deterjen khusus

iStock

Semakin berkembangnya zaman, banyak juga produsen deterjen yang mulai memperhatikan permasalah ini. Beberapa deterjen kini sudah dibuat khusus untuk mencuci baju berwarna putih. Salah satu formulasi deterjen yang baik untuk mencuci baju putih adalah kandungan bahan aktif seperti alkylbenzene sulfonate atau natrium fosfat. Zat tersebut bisa membantu agar warna baju putih tidak berubah. Jadi jangan sampai Sedulur salah menggunakan deterjen ini untuk baju-baju yang berwarna ya!

4. Gunakan suhu air sesuai label baju

iStock

Tips selanjutnya adalah memperhatikan petujuk pada label. Beberapa baju dianjurkan untuk dicuci dengan air suhu tertentu. Tujuannya adalah untuk menghilangkan noda minyak dan keringat yang menempel dengan lebih mudah. Selain warna, Sedulur juga dapat mengelompokkan baju sesuai dengan teknik mencucinya.

BACA JUGA : Cara Mudah Membersihkan Kran Air, Nggak Repot!

5. Gunakan pemutih jika diperlukan

cara agar baju putih tidak kuning
iStock

Cara selanjutnya adalah Sedulur dapat gunakan pemutih jika diperlukan terlebih jika Sedulur menemukan sisa noda pada baju putih yang susah di cuci. Sebelum menjemurnya, bersihkan kembali menggunakan sabun pemutih atau cairan pemutih yang banyak Sedulur temui di pasaran. Hal ini penting sekali karena jika noda sudah terkena panas dari luar akan lebih sulit untuk dihilangkan.

6. Keringkan sesuai petunjuk sesuai label

Pixabay

Mengeringkan pakaian secara berlebihan justru akan membuatnya terlihat lebih kusam. Untuk menghindari hal ini, pastikan Sedulur untuk selalu periksa label perawatan pakaian untuk menentukan bagaimana Sedulur harus mengeringkan baju. 

7. Hindari menggunan pelembut

iStock

Menambahkan pelembut berguna ketika mecuci pakaian memang membuat tekstur kain tetap lembut. Akan tetapi ternyata pelembut bisa menyebabkan perubahan warna dan membuat pakaian menjadi kusam. Dikutip dari American Two Shot, Sedulur dapat menggantinya dengan cuka putih ketika pakaian akan dibilas.

8. Setrika dengan suhu sedang

iStock

Perlu Sedulur perhatikan bahwa sebaiknya Sedulur menghindari menyetrika baju putih dengan suhu yang terlalu panas. Hal ini bisa menyebabkan baju putih akan kusam atau bahkan timbul noda kekuningan. Sedulur dapat menyetrika baju putih dengan suhu sedang atau menyesuaikan dengan perawatan yang tertera dengan label baju.

BACA JUGA : 10 Cara Mudah Mengatasi WC Mampet Tanpa Perlu Bongkar

Cara menghilangkan noda kuning di baju putih

iStock

Berikut cara yang dapat Sedulur lakukan untuk menghilangkan noda kuning pada baju putih. 

1. Rendam dengan perasan lemon

Tips pertama menghilangkan noda kuning pada baju putih adalah Sedulur dapat menggunakan lemon. Caranya cukup ambil 3 buah lemon dan peras air lemon, setelah itu campurkan air lemon yang sudah diperas dengan air panas. Ketika kedua cairan sudah tercampur merata, Sedulur dapat merendam baju putih pada air rendaman tersebut. Tunggu hingga 30 menit lalu lanjutkan dengan mengucek pakaian kemudian bilas. Jemur di bawah sinar matahari. 

2. Oleskan pasta gigi

Sedulur tentu tidak menyangkan jika pasta gigi manfaatkan untuk menghilangkan noda kuning pada baju putih. Sedulur hanya perlu mengaplikasikan pasta gigi pada pakaian yang terkena noda, lalu gosok hingga noda kuning hilang.

3. Gunakan baking soda

Baking soda memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mengembangkan kue ternyata juga memiliki fungsi antiseptik ringan yang bermanfaat mengangkat bakteri pada pakaian. Caranya pun cukup mudah, cukup campurkan baking soda ke dalam air dan oleskan pasta baking soda pada baju yang terdapat noda kekuningan. Setelah itu rendam baju putih ke dalam larutan baking soda selama 30 menit. Sebaiknya Sedulur  menggunakan air hangat agar noda cepat hilang.

4. Gunakan sabun cuci piring

Tahukan Sedulur bahwa kandungan yang dapat menghilangkan lemak pada sabun cuci piring juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan noda hitam pada baju putih lho Sedulur. Sedulur hanya perlu mengoleskan sabun pencuci piring ke noda pakaian yang menguning, lalu mendiamkannya selama 10-15 menit sebelum dibilas hingga bersih.

5. Atasi dengan aseton

Aseton atau pembersih cat kuku juga bisa Sedulur gunakan untuk menghilangkan noda membandel pada baju putih. Caranya, larutkan cairan aseton dengan air dengan perbandingan 1:2, setelah itu gunakan kain atau kapas untuk mengoleskan larutan aseton hingga noda kuning hilang.

6. Gunakan deterjen dan pemuti

Cara selanjutnya untuk menghilangkan noda kuning pada baju putih yaitu dengan mencampurkan deterjen dengan pemutih yang memiliki kandungan hidrogen peroksida. Mencampurkan kedua bahan ini akan meluruhkan noda bandel yang ada di baju putih, jika dikucek dengan benar.

Demikianlah tips cara agar baju putih tidak kuning yang dapat Sedulur praktikkan. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Sedulur yang memiliki masalah baju putih yang menguning ya! Pastikan juga Sedulur memilih deterjen yang cocok ya!

Nah, Sedulur dapat berbelanja kebutuhan rumah tangga seperti deterjen, pewangi pakaian dan yang lainnya di Aplikasi Super lho. Belanja di Aplikasi Super ada banyak promo dan gartis ongkir setiap hari tanpa minimal pembelian. Tunggu apalagi, yuk donwload dan penuhi kebutuhan rumah tangga Sedulur di Aplikasi Super sekarang!