kelabang

Kelabang merupakan hewan dengan bentuk yang mengerikan dan membuat orang takut karena mempunyai kaki berjumlah seribu dan tubuh hitam gelap. Tak hanya itu, hewan yang disebut dengan lipan ini menyukai tempat tinggal gelap dan lembab. Hewan ini bisa saja sudah menjadi penghuni tetap di rumahmu.

Penyebab munculnya kelabang di rumah juga beragam. Bisa jadi karena habitatnya yang dirusak manusia atau karena kurang merawat kebersihan. Maka dari itu, hewan ini bisa tiba-tiba muncul di kamar tidur, ruang tamu, bahkan dapur.

Apabila menemui lipan di rumah, kamu bisa memakai tips dan trik sederhana cara mengusir kelabang di kasur ini. Simak dan terapkan, ya!

BACA JUGA: Cara Budidaya Jangkrik Untuk Pemula, Mudah & Dijamin Untung

-->

1. Perangkap lengket

penyebab munculnya kelabang
kompas

Cara mengusir kelabang di kasur bisa dengan memakai perangkap lengket. Perangkap lengket adalah jebakan yang difungsikan untuk menangkap hewan kecil seperti nyamuk, kecoak, hingga lipan. Cara kerjanya cukup sederhana. Kamu hanya perlu meletakan barang ini di tempat penyebab munculnya kelabang.

Tunggu beberapa jam atau beberapa hari, kemudian lihat hasilnya. Lipan akan terjebak dalam perangkap lengketmu dan selanjutya bisa dibuang ke tempat sampah. Buat yang ingin memakai perangkap ini, kamu dapat mencari dan membelinya terlebih dahulu di toko barang kebutuhan pokok.

Perihal soal harga, benda ini dibanderol dengan price yang bervariasi. Biasanya mulai dari Rp5 ribu. Selain praktis dan mudah, alat ini juga aman dan ramah lingkungan. Kamu bisa memasangnya setelah mengetahui letak dan cara mencari sarang kelabang.

2. Cairan insektisida

insektisida
kompas

Selain menggunakan lem perangkap, kamu bisa menggunakan bahan insektisida. Larutan borat dianggap cukup ampuh untuk dijadikan larutan pengusir kelabang. Ketika ada lipan muncul di kolong tempat tidur, langsung saja semprot dengan barang ini.

Lipan akan mati secara perlahan apabila terkena borat. Sebab, borat mengandung zat kimia yang berguna dalam membunuh lipan. Meski demikian, pakai sesuai dosis yang dianjurkan. Penggunaan dosis berlebihan dapat berdampak serius untuk kesehatan tubuh.

Jika menggunakan sebagai cara mengusir kelabang di kasur, pastikan kasur langsung dijemur dan seprai wajib dicuci. Langkah ini dilakukan agar mengurangi kontaminasi zat berbahaya dari insektisida ke dalam tubuh. Buat yang hendak mencari bahan ini, tinggal datangi toko bahan kimia.

BACA JUGA: 14 Hewan Paling Setia Pada Pasangannya, Termasuk Buaya!

3. Sabun cuci piring

Sabun cuci piring
kompas

Tak hanya menggunakan bahan insektisida untuk mengusir dan membunuh hewan ini, kamu bisa juga memanfaatkan sabun cuci piring. Cairan ini bisa menjadi larutan pengusir kelabang paling ampuh yang wajib dipakai.

Cara pakainya sangat mudah. Kamu hanya perlu mencampur air dan sabun cuci. Masukkan ke dalam alat semprot untuk memudahkan pemakaiannya.

4. Irisan cabe

cara mengusir lipan menurut islam
kompas

Selain memberikan citarasa pedas pada masakan, cabe juga berguna dalam mengusir lipan. Cara mengusir kelabang kecil menggunakan cabe terbilang mudah dan praktis. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengiris tipis cabai kemudian ditaburkan di area yang sering dilewati lipan.

Jika kamu kreatif, letakkan irisan cabai di tempat penyebab munculnya kelabang. Efek pedas yang dihasilkan terbukti efektif dalam mengusir lipan. Biasanya hewan ini kerap muncul di tempat tidur, ruang tamu hingga area dapur. Saat menaburkan irisan cabe, pastikan selalu berhati-hati dalam menggunakannya. Efeknya dapat membuat telapak tanganmu memerah. Untuk itu agar lebih aman, gunakan peralatan perlindungan seperti sarung tangan. Fungsi sarung tangan tak lain adalah untuk mengurangi dampak pedas dan panas dari cabe agar tak terkena ke telapak tangan secara langsung.

BACA JUGA: 10 Cara Membasmi Kutu Kasur Sampai Tuntas Hingga Telurnya

5. Garam dapur

apakah kelabang takut garam
popmama

Garam dapur adalah bumbu dapur yang berguna dalam memberikan citarasa asin untuk masakan. Barang yang satu ini berguna dalam mengusir serangga, termasuk lipan.

Meski demikian, apakah kelabang takut garam? Jawabannya: iya. Garam memberikan efek panas apabila ada serangga yang terkena zat ini. Cara memakainya juga sangat mudah. Taburkan garam dapur ke tubuh kelabang agar membuatnya merasa tak nyaman.

Selain itu, garam bisa dicampurkan dengan cuka dan soda. Kamu hanya perlu mencampurkan 5 sdm garam, 5 sdm cuka, dan 2 sdm soda api. Lalu taburkan di atas tubuh kelabang.

6. Daun pandan

daun pandan
kompas

Daun pandan biasanya dipakai untuk memasak dan membuat kue. Daun in ijuga berfungsi untuk dijadikan sebagai cara mengusir kelabang kecil. Aroma wangi yang kuat ternyata sangat tidak disukai oleh hewan seperti lipan.

Buat yang mempunyai tanaman ini, cara menggunakannya sangat mudah. Cukup iris tipis daun pandan dan taburkan irisannya ke tempat munculnya lipan. Bisa juga ditaburkan di tempat yang kerap dilewati oleh hewan kaki seribu itu. Tunggu hasilnya, kelabang tak akan datang lagi.

BACA JUGA: 12 Jenis Ikan Oscar, Ikan Predator Cantik yang Paling Dicari

7. Baygon

apakah kelabang mati dengan baygon
tribuntimur

Baygon tidak hanya dipakai untuk mengusir nyamuk. Ternyata, barang ini dapat juga untuk mengusir datangnya serangga lain seperti kecoak, lalat hingga semut. Lantas, apakah kelabang  mati dengan baygon? Jawabannta adalah bisa. Cairan ini terdiri dari zat kimia yang ampuh membunuh serangga, termasuk lipan. Tinggal disemprotkan pada bagian yang sering dilewati dan jadi jalur keluar masuk lipan.

Cara mengusir lipan menurut Islam

Setelah membahas mengenai obat kimia dan alami yang ampuh untuk membunuh lipan, kamu juga perlu memperluas pandangan menurut Islam terkait cara mengusir hewan yang satu ini.

Lipan memang berbahaya dan bisa mencederai manusia karena racunnya. Jika terkena sengatannya saja, bisa berakibat fatal dan berujung pada kematian. Dalam pandangan Islam, membunuh kelabang, kalajengking, hingga ular sangat diperbolehkan asalkan memang membahayakan. Berikut kajian yang membahas tentang hal ini.

Syaikh Abdul Aziz bin Baz pernah bertanya mengenai hukum membunuh hewan kecil seperti kecoak, semut. dan kelabang. Apakah hewan ini bisa dimusnahkan dengan cara dibakar atau dengan air? Syaikh Rahimahullah menjawab jika hewan semacam itu mengganggu, dianjurkan untuk dibunuh dengan catatan tidak dibakar dengan api. Hal ini berdasarkan sabda dari Rasulullah SAW:

“Lima hewan yang kesemuanya disebut hewan fasik yang boleh dibunuh di tanah halal maupun tanah haram, yaitu burung gagak, al hada-ah, tikus, kalajengking dan anjing galak.”

Rasulullah memberi kabar bahwa jin ada yang bisa berwujud hewan melata seperti kalajengking, ular, dan kelabang. Oleh karena itu, hukum membunuh kelabang dalam Islam diperbolehkan.

“Rasulullah SAW telah menghabarkan kepada kami bahwasanya jin itu terdiri dari tiga kelompok. Pertama, jin yang selalu beterbangan (melayang) di udara. Kedua, jin dalam wujud hewan melata. Ketiga, jin yang mempunyai tempat tinggal dan suka bepergian.” (HR. Thabrani, Hakim, Baihaki dengan sanad yang shahih)

Demikian ulasan mengenai kelabang dan cara menjauhkannya dari jangkauan rumahmu agar terhindar dari gangguan. Tinggal cari benda yang bisa membuatnya tidak nyaman dan mati, urusan selesai!