kutu kasur

Keberadaan kutu kasur jangan pernah dianggap sepele. Sebab, serangga ini ternyata bisa menjadi vampire karena menghisap darah. Biasanya, hewan ini sering bersembunyi di tempat tidur dan tanpa disadari bisa menghisap darah tubuhmu.

Ciri-ciri hewan yang satu ini berbentuk pipih dan memiliki warna kecoklatan. Mereka sangat jarang membangun sarang seperti halnya semut dan rayap. Kutu ini hidup berkelompok di tempat yang dianggap gelap dan cukup tersembunyi. Inilah menjadi penyebab kutu busuk berasal dari mana masih menjadi misteri.

Satu lagi, kutu kasur sangat menyukai panas dan gas karbondioksida yang dikeluarkan oleh tubuh manusia. Mereka pada umumnya  sangat  tahan dengan lingkungan dengan suhu panas dan lembap hingga dapat hidup di ruangan yang memiliki suhu rendah yaitu 7 drajat celcius.

Meski demikian, kamu tak perlu khawatir jika menemui hewan ini. Sebab, kami memiliki tips bagaimana cara mengatasi keberadaan kutu kasur. Penasaran apa saja tipsnya, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

-->

BACA JUGA: 12 Cara Menghilangkan Kutu Rambut Sampai Telurnya, Ampuh!

1. Periksa setiap sudut kasur

kutu kasur spring bed
kompas

Cara membasmi kutu kasur yang pertama adalah dengan mengecek kasur karena hewan kecil ini tinggal di sela-sela kasur. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi sumber datangnya kutu kasur. Cek bantal, tempat tidur, dan furnitur lain. Ada beberapa tanda jika hewan yang satu ini hidup di bawah kasur dan bantal:

  • Ada noda seperti bekas karat pada seprai dan kasur. Ini menjadi penanda bila pernah ada tungau yang hancur tergencet
  • Ada noda hitam seperti bintik spidol. Tanda ini bisa jadi tungau sedang buang kotoran

Jika menemui tanda di atas, cara menghilangkan kutu kasur adalah jemurlah kasur beserta bantal atau guling di bawah sinar matahari langsung. Tungau sangat rentan terhadap suhu tinggi.

Namun, ada baiknya kamu memeriksa setiap area sempit pada sekitar kasur seperti celah antara dipan dan kepala kasur. Kamu juga bisa melakukan pengecekan di antara bantal hingga di balik pigura dinding.

Jangan lupa juga untuk memakai kaca pembesar dan peralatan penerangan seperti senter. Fungsi dua alat ini adalah untuk memastikan ada atau tidaknya kutu kasur karena ukuran hewan yang satu ini sangat kecil. Jadi jika hanya menggunakan mata telanjang,  akan sangat sulit untuk mencarinya. Bila digigit, kamu perlu melakukan pengobatan dan mencari cara mengobati gatal akibat kutu kasur. 

2. Pakai cairan cuka

cara membasmi kutu kasur
suara

Cuka di rumah jangan hanya dipakai untuk memasak. Cuka bisa dijadikan cara membasmi kutu kasur dan telurnya. Cairan cuka ini terbilang ampuh membasmi serangga lainnya. Cara membasmi kutu kasur spring bed bisa dengan cuka juga terbilang mudah. Cukup semprotkan cairan cuka di sarang tungau dan tungau pun akan mati.

BACA JUGA: 12 Cara Menghilangkan Kutu Kucing yang Ampuh dan Praktis

3. Campuran air garam

gigitan kutu kasur
alodokter

Ini adalah cara sederhana dalam mengilangkan kutu kasur. Menggunakan bumbu dapur seperti garam dan dicampur air ternyata ampuh digunakan sebagai salah satu cara membasmi kutu kasur. Cara membuat dan mempraktekannya terbilang sangat mudah. Cukup campurkan air bersih dan garam dengan perbandingan 1: 1. Lalu masukkan ke dalam botol dan semprotkan ke sarang kutu kasur spring bed. Terapkan cara ini secara rutin supaya hewan kecil berwarna coklat  ini tak menghinggapi kasur lagi agar kamu bisa tidur nyeyak.

4. Manfaatkan kulit durian

cara menghilangkan kutu kasur
greener

Setelah puas makan durian, jangan buang dulu kulit luarnya. Sebab, kulit durian cukup ampuh untuk cara membasmi kutu kasur. Mengapa kulit durian dapat digunakan untuk membasmi kutu kasur spring bed? Sebab baunya yang menyengat dan sangat tidak disukai hewan kecil ini. Cara mengaplikasikannya sangat mudah. Cukup letakkan kulit durian di dekat sarang hewan kecil ini. Maka sang kutu ini bisa mati dengan sendirinya.

5. Lilin

cara mengobati gatal akibat kutu kasur
liputan6

Lilin banyak digunakan untuk menerangi gelapnya malam. Bisa dinyalakan saat mati lampu atau saat perayaan ulang tahun. Namun, tahukah kamu kalau lilin ternyata bisa dijadikan alternatif untuk cara membasmi kutu kasur dan telurnya. Cara menggunakan lilin untuk membasmi kutu kasur sangat mudah. Cukup teteskan cairan lilin panas di ke celah tempat kutu kasur muncul. Maka hewan yang satu ini bisa mati dan hilang begitu saja.

6. Insektisida

cara membasmi kutu kasur dan telurnya
kliktani

Jika penggunaan bahan alami dirasa kurang maksimal untuk dijadikan cara membasmi kutu kasur, kamu dapat menggunakan cara terakhir dengan memakai insektida. Bahan yang dikandung sangat berguna untuk membunuh serangga kecil seperti kecoak, semut, laba-laba, bahkan hewan kecil yang satu ini.

Pakai obat pembasmi kutu kasur spring bed dengan kadar racun yang tidak terlalu keras. Selanjutnya, semprotkan ke area permukaan kasur dan jangan lupa lakukan cara yang satu ini secara berkala untuk mendapatkan hasil maksimal yang diinginkan. Hal ini dilakukan supaya tungau tidak akan berkembang biak.

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Kutu Beras, Alami dan Cepat

7. Semprotkan cairan minyak tanah

penyebab kutu kasur
topsatu

Bila punya minyak tanah di rumah, cobalah untuk dipakai sebagai cara menghilangkan kutu kasur. Terlebih lagi jika hewan ini tinggal lama di kasur, bisa jadi malapetaka. Sebab, hewan ini sangat menyukai darah dan gigitannya cukup berbahaya karena berpotensi memunculkan penyakit.

Berkaitan penggunaan minyak tanah untuk dijadikan cara membasmi kutu kasur, kamu hanya perlu menyemprotkan ke area sarang. Sebelum disemprotkan, jangan lupa campurkan dulu dengan kapur barus. Ini merupakan alternatif dalam mengusir hewan penyedot darah ini.

8. Taburkan gel silika

silica gel
kompas

Cara membasmi kutu kasur dan telurnya dapat memakai gel silika. Serbuk putih berbentuk bulat ini dapat ditemukan pada setiap barang yang dibeli seperti tas, sepatu. atau peralatan lain. Isi dari sekantong gel silika merupakan butiran berpori yang dibuat secara sintets dari natrium silikat. Fungsi dari serbuk ini adalah untuk membasmi hewan kecil ini.

Terkait cara penggunaan gel silika untuk keperluan menghilangkan tungau, kamu hanya perlu menaburkan gel silik dan hewan yang satu ini akan menempel dan mati. Namun untuk penggunaan gel silika harus tetap hati-hati dan wajib jauhkan dari jangkauan anak kecil.

9. Cuci dan keringkan pakaian dengan suhu tinggi

jaga kebersihan pakaian
popbela

Cara menghilangkan kutu kasur selanjutnya dengan mencuci dan keringkan pakaian dalam  suhu tinggi. Hal ini dilakukan jika upaya di atas dianggap kurang ampuh dalam membasmi tungau ini. Ketika baru saja pulang dari bepergian, usahakan gantilah baju dan masukkan ke dalam mesin cuci. Tindakan ini perlu dilakukan agar menghambat perkembang hewan yang satu ini.

Cara membasmi kutu kasur dengan langsung mencuci pakaian menggunakan alat cuci. Kamu harus mengatur suhu tertinggi pada mesin cuci selama  kurang lebih 30 menit. Atur suhu paling tinggi pada fase pengeringan pakaian selama 30 menit juga.

Jika dalam mesin cucimu tidak ada pengaturan suhu, Sedulur bisa menggunakan cara sebelumnya yaitu memjemur pakaian dalam plastik di bawah terik panas matahari. Selain itu, mencuci pakaian dengan air panas juga ampuh untuk dijadikan cara menghilangkan kutu air. Pastikan jika kain pakaianmu sangat tahan terhadap bahan bersuhu panas.

Kutu busuk tidak hanya  tinggal di baju, namun bisa juga hidup lama di kasur, bantal atau guling kamu.  Pasalnya, lokasi ini menjadi tempat paling nyaman untuk keberadaan hewan kecil itu.

BACA JUGA : 12 Manfaat Minyak Kutus Kutus Untuk Kesehatan & Cara Pakai

10. Isolasi benda yang terkena kontak

kontak benda kotor
klikdokter

Hewan ini sangat mudah hinggap pada barang yang mudah dibawa seperti baju,  sarung, bantal, dan boneka. Maka salah satu cara membasmi kutu kasur yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari memindahkan benda yang dicurigai sebagai tempat yang sudah dihinggapi kutu.

Sebaliknya, masukkan benda yang berukuran kecil dalam sebuah kantung plastik. Kamu bisa menjemurnya beberapa hari atau berminggu-minggu sampai kutu benar-benar mati dan meninggalkan benda yang dianggap sudah terkontaminasi oleh hewan kecil yang satu ini

Bahaya gigitan kutu kasur atau kutu busuk

Setelah membahas mengenai cara atau tips membasmi hewan ini, selanjutnya kamu harus mengetahui seberapa bahayanya hewan ini bagi manusia. Kutu busuk sangat menyukai darah manusia dan gigitan dari hewan ini bisa mengakibatkan efek yang fatal. Dampak paling berbahaya dari gigitan hewan ini adalah menyebabkan penyakit kulit atau mulai menyerang penyakit pernapasan.

Selain menyerang pernapasan, ternyata gigitan hewan kecil ini bisa menyerang saluran pencernaan.  Berikut adalah penyakit yang bisa akibat dari gigitan kutu busuk:

  • Gatal dan infeksi pada kulit di tubuh
  • Mual
  • Muntah
  • Demam tinggi
  • Menggigil
  • Pusing
  • Sesak nafas

Demikian ulasan mengenai kutu kasur mulai habitat, tips membasmi, dan efek dari gigitannya. Syarat agar terbebas dari hewan yang satu ini adalah disiplin dalam menjaga kebersihan. Maka dari itu, mulai biasakan secara rutin untuk membersihkan tempat tidur agar kutuk busuk tak hinggap  di badan dan menimbulkan penyakit baru.