kamar mandi sederhana

Kamar mandi merupakan bagian penting di dalam rumah, banyak orang yang membuat kamar mandi senyaman mungkin agar dapat membersihkan tubuh dengan maksimal. Nah, sebagai referensi Sedulur, ada beberapa desain kamar mandti sederhana yang bisa jadi referensi Sedulur.

Berikut ini adalah desain kamar mandi sederhana yang bisa jadi referensi Sedulur. Apa saja desainnya? Yuk, kita simak!

BACA JUGA: 10 Inspirasi Kamar Mandi Warna Pink jadi Cantik Terbaru 2023

1. Desain kamar mandi minimalis gaya scandinavian

merk closet terbaik dunia 2023
Pinterest

Gaya skandinavia sering menjadi salah satu inspirasi desain kamar mandi minimalis modern dan kekinian. Selain toilet, gaya ini juga bisa menjadi rujukan untuk ruang tamu, kamar tidur, hingga kamar bersantai.

-->

2. Minimalis bernuansa kayu

Jika Sedulur sedang mencari rekomendasi desain kamar mandi kecil, coba saja menggunakan nuansa kayu. Mempunyai luas ruangan yang tergolong kecil tidak menjadi suatu halangan untuk menambahkan bathtub dan shower room di dalamnya.

3. Menambahkan unsur natural dan alami

Apakah Sedulur merupakan seorang yang menyukai sentuhan alami? Jika jawabannya iya, maka salah salah satu model yang bisa dicoba adalah dengan menambahkan unsur alami atau natural. Keberadaan tanaman hijau sangat cocok untuk membuat ruangan menjadi lebih segar.

4. Minimalis gaya vintage

Inspirasi desain kamar mandi selanjutnya adalah minimalis gaya vintage. Kebanyakan orang berfikir bahwa desain retro tidak dapat digabungkan dengan minimalis modern. Pada kenyataannya, minimalis gaya vintage sangat cocok dan malah terlihat kekinian serta baru.

5. Memilih furniture bentuk lingkaran

Perlengkapan rumah seperti laci dan rak berbentuk persegi dinilai bisa lebih memakan tempat, apabila dibandingkan dengan yang berbentuk bulat. Secara sekilas, mungkin hal kecil seperti ini tidak terasa dan tidak begitu terlihat.

6. Kamar mandi tanpa menggunakan wastafel

Real Homes

Jika Sedulur memiliki ruangan yang sempit, maka bisa memilih desain kamar mandi minimalis 2×2 yang tidak memerlukan penggunaan wastafel. Hilangkan bagian ini supaya ruangan memiliki kesan yang lebih luas.

7. Kombinasi batu alam pada dinding

Mempunyai area ruangan yang bersentuhan dengan material alam memang menjadikan suasana hati terasa nyaman dan senang. Selain itu, penggunaan batu alam pada dinding toilet juga memberikan kesan yang alami. Letakkan batu-batuan alam yang senada dengan ruangan supaya lebih menarik.

8. Kamar mandi memanjang

Umumnya, desain kamar mandi minimalis 2×3 meter dibuat memanjang dengan posisi wastafel di dekat pintu, area mandi pada sudut pojok, serta kloset di tengah. Alasannya, supaya air pada area mandi tidak dibasahi dengan kloset ataupun wastafel.

9. Kamar mandi minimalis konsep industrialis

Terdapat daya tarik tersendiri jika Sedulur memutuskan untuk memilih desain kamar mandi minimalis modern dengan gaya minimalis ini. Kesan yang didapatkan adalah maskulin, namun tetap elegan. Tidak perlu lagi menggunakan banyak cat untuk melapisi dinding, jadi lebih sederhana.

10. Dominasi cat warna putih

Warna yang paling sering dijadikan sebagai alternatif dan solusi dari pemecahan masalah ruangan adalah putih. Alasannya, warna putih termasuk elegan serta bersifat netral. Sehingga, mudah untuk dipadukan dengan warna lainnya.

BACA JUGA: 25 Desain Kamar Mandi Minimalis Nyaman dan Fungsional

11. Menambahkan cermin berukuran besar

bak mandi minimalis
Pinterest

Salah satu perlengkapan yang bisa dijadikan solusi untuk memberikan kesan luas pada desain kamar mandi dengan area terbatas adalah penggunaan cermin. Cermin cocok dan bisa digunakan untuk membuat pantulan bayangan. Sehingga, ruangan akan memiliki efek lebih luas.

12. Kamar mandi atap terbuka

Sering menjadi bahan perdebatan mengenai ukuran ideal kamar mandi karena kenyamanan yang akan dihasilkannya. Padahal, toilet dengan ukuran yang kecil juga dapat dibuat nyaman tanpa harus mempunyai ruangan yang besar.

13. Dominasi cat warna hitam

Sebagian besar orang mungkin akan menyukai warna monokrom atau bahkan warna hitam secara keseluruhan. Inspirasi desain kamar mandi yang satu ini cocok untuk Sedulur yang memang menyukai warna hitam atau warna gelap.

14. Gaya outdoor ala Bali

Desain kamar mandi minimalis cocok untuk digunakan jika Sedulur merindukan suasana Bali. Netralisir rasa rindu tersebut dengan cara memberikan renovasi atau menyulap toilet menjadi sebuah ruangan yang modern, minimalis, serta bergaya outdoor.

15. Konsep corak dinding simetris

Konsep corak dinding simetris bisa digunakan sebagai salah satu inspirasi desain kamar mandi yang modern serta minimalis. Pilih saja corak sederhana dengan garis simetris yang tidak berlebihan. Contohnya adalah garis lurus atau kotak-kotak dan segi enam.

16. Kamar mandi model coastal

merk closet terbaik dunia 2023
Storable

Rekomendasi dan inspirasi desain kamar mandi mewah selanjutnya adalah model coastal yang tentunya menarik perhatian. Secara penampilan, model yang satu ini memang terkesan mirip dengan gaya skandinavia dan vintage.

17. Menambahkan bilik

Kebanyakan orang berpikir bahwa penggunaan bilik pada toilet pada desain kamar mandi minimalis justru akan membuatnya menjadi terlihat lebih kecil. Padahal, penggunaan bilik yang tepat bisa membuat toilet justru menjadi lebih tertata antar spotnya.

18. Minimalis dengan kombinasi cat hijau-biru

Minimalis dengan kombinasi cat hijau dan biru merupakan contoh pemanfaatan ruang yang sangat cerdas dan efisien. Apalagi jika ditambah dengan menggunakan rak putih yang dipasang di atas toilet. Maka, penghuninya akan memiliki area penyimpanan yang mudah diraih.

19. Minimalis cerah dengan tegel unik

Jika Sedulur suka dengan motif unik tegel, maka ini  bisa jadi referensi tepat untuk menghias desain kamar mandi. Penggunaan warna cerah pada interiornya bisa membuat area ini semakin nyaman ketika digunakan. Jadi, melakukan aktivitas membersihkan diri akan semakin menyenangkan.

20. Menggunakan rak sudut

Memilih rak sudut bisa menjadi inspirasi desain kamar mandi modern yang patut dicoba. Tempelkan atau letakkan rak sudut di dinding area sekitar shower. Tujuannya adalah supaya ruangan menjadi tampak lebih luas dan masih lega.

BACA JUGA: Biaya Membuat Kamar Mandi Sederhana, Cuma 2 Jutaan!

21. Penambahan kendi besar sebagai bak air

Pinterest

Sebagian desain kamar mandi yang modern mungkin telah memanfaatkan shower sebagai media saluran air ketika sedang mandi. Akan tetapi, menggunakan metode lama seperti meletakkan bak masih dapat menjadi opsi yang menarik.

22. Pemilihan warna merah muda yang cantik

Apabila Sedulur ingin sentuhan yang feminim namun tidak terlalu berlebihan, maka bisa memilih warna pink pastel untuk desain kamar mandimu. Warna pastel cocok untuk dicampur dengan warna pastel yang lainnya.

23. Gaya oriental sederhana ala Jepang

Gaya oriental sederhana ala Jepang sangat menonjolkan kesan yang tenang dan sederhana. Ukurannya biasanya berbentuk memanjang ke samping atau depan dan belakang. Maka dari itu, gaya ini cocok untuk desain kamar mandi kecil.

24. Minimalis warna netral

Gunakan warna yang netral sebagai desain kamar mandi minimalis supaya kesannya semakin menarik dan cerah. Contohnya adalah putih, krem, dan abu-abu. Tambahkan ornamen kecil supaya menambah kesan elegan.

25. Minimalis di bawah tangga

Pilihan desain kamar mandi sederhana dan murah dengan meletakkannya di bawah tangga sangat cocok untuk menghemat penggunaan ruangan dalam hunian. Apalagi, jika huniannya memiliki ruangan yang terbatas. Maka, inspirasi ini cocok untuk dipilih.

26. Kamar mandi minimalis dengan kloset duduk + bathup

Pinterest

Bila dahulu desain banyak yang menghindarkan penggunaan warna hitam dengan alasan tampak kotor berbeda dengan waktu sekarang. Warna hitam mulai menjadi primadona sebagai warna primer karena kesan mewah dan elegan yang dipancarkan.

27. Kamar mandi minimalis mewah dengan sentuhan elemen kayu

Untuk desain kamar mandi yang satu ini bisa dibilang cukup unik. Tampak lebih berbeda dari biasanya, Anda bisa menambahkan beberapa aksesoris dengan material kayu. serta corak pada lantai keramik kamar mandi.

28. Kamar mandi sederhana dengan kloset jongkok

Kamar mandi Anda menggunakan toilet jongkok? Nah, semoga desain di atas bisa menjadi inspirasi ya. Layaknya kamar mandi yang ada di Indonesia, kamar mandi dengan desain di atas begitu familiar. Perbedaan hanya terdapat pada motif lantai yang digunakan.

29. Kamar mandi minimalis kloset jongkok

Tak berbeda jauh dari gambar sebelumnya. Gambar ini mengoptimalkan dinding dan lantai sebagai elemen dekorasi agar toilet tak tampak monoton. Hanya saja. Toilet yang Anda gunakan bisa sedikit modern, yakni tuas untuk mengalirkan air bukan gayung seperti pada umumnya.

30. Kamar mandi sederhana dengan kloset duduk yang bersih

Terdapat kelebihan dan kekurangan dari masing-masing bentuk toilet ini (jongkok atau duduk). Hal yang kerap akhir-akhir ini menjadi isu, yakni penggunaan kloset duduk tidak baik bagi kesehatan karena postur yang kurang tepat.

31. Desain kamar mandi minimalis tanpa bathtub

CP Hart

Nah, jika Anda tidak terlalu suka untuk menggunakan bak mandi, mungkin ide kamar mandi yang dilengkapi dengan shower layak dicoba. Agar makin modern, pintu kaca bisa digunakan sebagai sekat dengan kloset. Jadi, area yang sempit dapat dimanipulasi dengan hadirnya pintu kaca tersebut.

32. Desain kamar mandi minimalis dengan ukuran 1x2m

Walau kecil penataan dan dekorasi yang pas mampu menghilangkan kekurangan-kekurangan desainnya. Warna biru yang menyegarkan melalui mozaik keramik ini. Kecil dan berisi.

33. Desain kamar mandi minimalis 2×1,5m

Mewah, terasa luas, dan nyaman. Tiga kata yang menggambarkan kamar mandi ini. Finishing yang sangat elok mampu menghipnotis setiap penggunanya sehingga tujuan berelaksasi dapat tercapai.

34. Desain kamar mandi minimalis 2x2m

Ukuran yang terbatas bukanlah alasan untuk mewujudkan kamar mandi 2×2 yang cantik ini. Contohnya saja desain bernuansa monokrom di bawah ini. Komposisi warna putih dan hitam yang pas membuat desain ini begitu ciamik.

35. Konsep kamar mandi mewah seperti hotel/apartment

Penggunaan furniture minim namun tetap fungsionalitas mampu meningkatkan efesiensi dalam beraktivitas. Seperti, penggunaan bak air yang diganti shower. Poin lain dari desain ini, gunakan kayu palet sebagai lantai agar nuansa hangat lahir dan tampilan lebih kece.

36. Kamar mandi dengan memanfaatkan area sempit di bawah tangga

Pinterest

Area kosong di bawah tangga bisa dioptimalkan dengan membangun kamar mandi mungil di bawahnya. Karena ruang yang lebih mungil sebaiknya gunakan saja kamar mandi tersebut sebagai tempat kloset saja. Namun, bila memungkinkan tak ada salahnya menambahkan bak.

37. Kamar mandi dengan finishing batu alam

Ini adalah desain bagi Anda yang suka dengan kesan natural atau alami.  Penggunaan batu alam sebagai aksesoris landscape inilah yang memberikan kesan dekat dengan alam. Hanya saja, budget yang dikeluarkan lebih besar sehingga Anda perlu mengalokasikan uang lebih.

38. Desain kamar mandi minimalis batu alam alternatif

Bagi Sedulur yang menginginkan sebuah desain kamar mandi yang tampak natural, Anda bisa menggunakan desain kamar mandi minimalis yang satu ini.

39. Kamar mandi minimalis serba putih

Salah satu trik membuat kamar mandi terlihat lega adalah pemilihan warna putih, baik pada lantai, dinding kamar mandi, hinga bathtub dan shower. Warna ini mampu memberikan ilusi lapang pada ruangan.

40. Kamar mandi sederhana serba hitam

Desain kamar mandi sederhana tapi mewah adalah toilet dengan dominasi warna hitam. Tak hanya itu, penggunaan warna hitam juga akan memberikan kesan tegas dan mewah. Anda bisa mengaplikasikan lantai kamar mandi dan keramik dinding menggunakan motif hexagonal hitam.

41. Kamar mandi bergaya modern

kamar mandi sederhana
Real Home

Jika Anda mencari desain kamar mandi sederhana tetapi modern, maka model satu ini bisa menjadi inspirasi Anda. Didominasi oleh material kayu dan besi, konsep dapat diwujudkan dengan budget yang terbatas karena tak membutuhkan banyak furniture.

42. Kamar mandi gaya industrial sederhana

Gaya industrial tidak melulu menggunakan metal mahal sebagai materialnya. Anda dapat menggunakan kombinasi warna hitam dan putih pada dinding dan lantai yang diapdukan dengan kaca besar di tengah untuk menambah kesan gaya industrial.

43. Kamar mandi sederhana ala japandi

Kamar mandi ala Japandi memiliki ciri khas pada pemakaian aksen kayu yang dominan serta simpel ala interior Jepang. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan pintu geser kayu sederhana untuk mempercantik kamar mandi Anda.

44. Kamar mandi gaya shabby chic

Konsep interior shabby chic merupakan gaya yang banyak menonjolkan sisi feminin. Gunakanlah warna menyenangkan, seperti warna pastel untuk mempercantik kamar mandi Anda yang dipadukan dengan dekorasi bunga-bunga dan penggunaan laci atau gantungan bergaya vintage.

45.Kamar mandi sederhana dengan batu alam

Pemakaian batu alam asli mungkin cukup mahal. Oleh karena itu, gunakanlah keramik dengan motif batu alam untuk tetap menghemat biaya. Penggunaan motif batu alam pada kamar mandi dapat memberikan kesan tenang dan sejuk.

46. Kamar mandi natural

kamar mandi sederhana
Apartement Therapy

Untuk menciptakan kesan natural yang nyaman pada kamar mandi, Anda hanya perlu menggunakan interior dengan aksen kayu dan tambahan tanaman hijau. Konsep natural ini cukup banyak digemari karena dapat memberikan kesan sejuk dan menenangkan.

47. Kamar mandi modern minimalis

Kamar mandi dengan konsep modern minimalis memiliki ciri khas pada minimnya hiasan dan lebih memaksimalkan fungsi pada suatu interior. Hasilnya adalah kamar mandi sederhana dengan sedikit interior yang terasa luas dan nyaman.

48. Kamar mandi sederhana dengan keramik motif tegel

Kamar mandi dengan motif tegel juga cukup banyak digemari. Keramik motif ini dapat Anda kombinasikan dengan keramik putih polos untuk memberikan variasi hiasan yang sederhana dan indah. Pastikan untuk merawat keramik kamar mandi agar tetap awet dan tidak cepat berlumut.

49. Kamar mandi bergaya industrialis dengan dinding motif bata putih

Sedulur menyukai desain industrialis? Nah, mungkin desain kamar mandi ini cocok untuk Pins. Kombinasi warna putih dan hitam menonjolkan kesan minimalis. Selain itu pemilihan keran, shower, bingkai kaca, dan lampu pada kamar mandi semakin menegaskan industrialis yang indah di kamar mandi.

50. Kamar mandi simpel dengan warna biru langit

kamar mandi sederhana
LivSpace

Desain kamar mandi Ini adalah cara cerdas dalam memanfaatkan ruangan kamar mandi atau toilet. Ruang toilet sengaja dibangun dekat dengan jendela. Hal ini tentu bisa menghemat lampu ketika di pagi hingga sore hari.

Nah itulah rekomendasi desain kamar mandi sederhana yang bisa jadi pilihan Sedulur. Semoga daftar desain di atas ada yang cocok untuk Sedulur adaptasi di rumah ya!