Walaupun tidak terlihat dari luar, desain kamar mandi yang indah sekaligus fungsional akan membuat penghuninya betah. Salah satu konsep yang saat ini sedang marak dipilih dan digunakan adalah minimalis. Selain karena sederhana, konsep minimalis juga terkenal dengan penggunaan budget yang tidak banyak.

Kamar mandi merupakan suatu ruangan yang digunakan untuk membersihkan diri. Sehingga, perlu dijaga kebersihan, kenyamanan, serta keindahannya. Maka dari itu, pemilihan desain kamar mandi yang tepat sangat diperlukan untuk menunjang ketiga hal tersebut.

Ingin tahu inspirasi desain kamar mandi yang minimalis sekaligus modern dan terkesan mewah? Yuk, kita simak rekomendasinya berikut ini.

BACA JUGA: 25 Desain Kamar Anak Perempuan yang Menggemaskan

-->

1. Desain kamar mandi minimalis gaya scandinavian

desain kamar mandi
Rupa Rupa

Gaya skandinavia sering menjadi salah satu inspirasi desain kamar mandi minimalis modern dan kekinian. Selain toilet, gaya ini juga bisa menjadi rujukan untuk ruang tamu, kamar tidur, hingga kamar bersantai. Alasannya, scandinavian memiliki tampilan yang sederhana, elegan, dan menyimpan keindahan tersendiri. 

Ketika menonjolkan gaya ini, maka ruangan akan memancarkan atmosfer dan kesan yang mewah namun tetap sederhana. Apabila interiornya seperti ini, bisa-bisa penghuninya betah untuk terus berada di toilet. 

Supaya lebih menawan, kombinasikan dengan warna dinding putih polos, keramik abu-abu atau keramik putih. Selain itu, Sedulur juga bisa meletakkan beberapa ornamen seperti meja kayu, perabotan kayu, lemari berwarna coklat, serta kursi untuk meletakkan handuk. 

2. Minimalis bernuansa kayu

desain kamar mandi
Rumah 123

Jika Sedulur sedang mencari rekomendasi desain kamar mandi kecil, coba saja menggunakan nuansa kayu. Mempunyai luas ruangan yang tergolong kecil tidak menjadi suatu halangan untuk menambahkan bathtub dan shower room di dalamnya. Asalkan penataan letaknya sesuai, maka Sedulur bisa mewujudkan interior toilet yang nyaman dan indah. 

Dengan menambahkan nuansa kayu, maka bisa membuat waktu bersantai di toilet menjadi nyaman dengan dilengkapi berbagai macam peralatan yang menunjang. Apabila ingin menghadirkan dan menambahkan shower room, maka Sedulur dapat memilih produk yang memiliki ukuran tidak terlalu besar. Sehingga, tidak akan memenuhi ruangan. Jangan lupa untuk memilih tata ruangan yang sesuai dengan kebutuhan supaya lebih mudah lagi untuk digunakan.

BACA JUGA: Magnet: Pengertian, Sifat, Jenis-jenis & Bentuknya

3. Menambahkan unsur natural dan alami

desain kamar mandi
99

Apakah Sedulur merupakan seorang yang menyukai sentuhan alami? Jika jawabannya iya, maka salah salah satu model yang bisa dicoba adalah dengan menambahkan unsur alami atau natural. Keberadaan tanaman hijau sangat cocok untuk membuat ruangan menjadi lebih segar. Tak sampai disitu saja, pemberian tanaman hijau juga bisa menambah daya tarik dan estetika suatu ruangan. Jika Sedulur tidak ingin repot untuk menyiramnya, maka bisa memilih tanaman artifisial. 

Tanaman artifisial dengan warna yang cerah dijadikan sebagai pilihan. Contohnya adalah dengan tanaman bunga artifisial berwarna merah. Tak cuma bisa membuat ruangan menjadi terlihat lebih segar dan alami, toilet juga akan menjadi lebih menarik. 

Jika nuansa toilet Sedulur terlihat sangat sederhana dan terkesan monoton, maka bisa menambahkan unsur tanaman hidup sebagai hiasan yang cocok. Apalagi jika toilet memiliki warna netral dan polos seperti putih. Maka jika ditambahkan dengan tanaman hias, akan memberikan kesan minimalis.

Contoh tanaman yang dapat ditambahkan adalah janda bolong, monstera adansonii, kaktus, sansevieria, dan tanaman lidah mertua. Apabila menambahkan tanaman lidah mertua pada toilet, maka ini juga bisa berfungsi sebagai penyerap racun. Cukup fungsional, bukan?

BACA JUGA: 20 Desain Tangga Rumah Sempit yang Unik, Cantik & Mewah

4. Minimalis gaya vintage

desain kamar mandi
Grid

Inspirasi desain kamar mandi selanjutnya adalah minimalis gaya vintage. Kebanyakan orang berfikir bahwa desain retro tidak dapat digabungkan dengan minimalis modern. Pada kenyataannya, minimalis gaya vintage sangat cocok dan malah terlihat kekinian serta baru. 

Sedulur bisa menambahkan warna-warna yang terkesan klasik lengkap bersama ornamennya. Selain itu, kombinasikan juga lantai toiletnya dengan gaya yang sama serta lukisan yang lawas. Sehingga, tampilan minimalis modern akan semakin diperkuat. 

5. Memilih furniture bentuk lingkaran

cara menaikkan resolusi foto
Tokopedia

Perlengkapan rumah seperti laci dan rak berbentuk persegi dinilai bisa lebih memakan tempat, apabila dibandingkan dengan yang berbentuk bulat. Secara sekilas, mungkin hal kecil seperti ini tidak terasa dan tidak begitu terlihat. 

Akan tetapi, jika dicermati dan diulik lebih dalam, maka perbedaan yang ada cukup signifikan. Tak sampai disitu saja, Sedulur juga bisa memilih untuk menggunakan wastafel atau bathtub yang memiliki bentuk sama. 

Tak lupa, tambahkan pula dekorasi yang menunjang seperti lampu, cermin, dan aksesoris lainnya supaya terlihat lebih senada. Nah, hal seperti ini juga dapat menjadi sebuah pertimbangan jika Sedulur sedang mencari perlengkapan rumah untuk diletakkan di toilet.

6. Kamar mandi tanpa menggunakan wastafel

desain kamar mandi
Pinterest

Jika Sedulur memiliki ruangan yang sempit, maka bisa memilih desain kamar mandi minimalis 2×2 yang tidak memerlukan penggunaan wastafel. Hilangkan bagian ini supaya ruangan memiliki kesan yang lebih luas. 

BACA JUGA: 12 Desain Pintu Kamar Mandi Terbaik yang Awet dan Mewah

7. Kombinasi batu alam pada dinding

desain kamar mandi
Dekoruma

Mempunyai area ruangan yang bersentuhan dengan material alam memang menjadikan suasana hati terasa nyaman dan senang. Selain itu, penggunaan batu alam pada dinding toilet juga memberikan kesan yang alami. Letakkan batu-batuan alam yang senada dengan ruangan supaya lebih menarik. 

8. Kamar mandi memanjang

desain kamar mandi
Ndekor Rumah

Umumnya, desain kamar mandi minimalis 2×3 meter dibuat memanjang dengan posisi wastafel di dekat pintu, area mandi pada sudut pojok, serta kloset di tengah. Alasannya, supaya air pada area mandi tidak dibasahi dengan kloset ataupun wastafel. 

Terdapat berbagai pilihan tema yang bisa digunakan pada toilet kecil ini, contohnya adalah modern atau modern. Untuk pilihan seperti gambar di atas, coba saja untuk menempatkan satu tanaman hias daun supaya ruangan tidak terkesan monoton. Selain itu, Sedulur juga bisa menempatkan frame pada bagian atas atau sekitar area wastafel. 

9. Kamar mandi minimalis konsep industrialis

desain kamar mandi
Interior Design

Terdapat daya tarik tersendiri jika Sedulur memutuskan untuk memilih desain kamar mandi minimalis modern dengan gaya minimalis ini. Kesan yang didapatkan adalah maskulin, namun tetap elegan. Tidak perlu lagi menggunakan banyak cat untuk melapisi dinding, karena cukup membutuhkan unsur batu bata, area dinding tanpa cat, serta hiasan-hiasan yang mendukung saja. Supaya semakin menunjukkan konsep industrialis, siasati dengan semen supaya menciptakan dinding dengan gaya industrialis. 

10. Dominasi cat warna putih

desain kamar mandi
Rumah 123

Warna yang paling sering dijadikan sebagai alternatif dan solusi dari pemecahan masalah ruangan adalah putih. Alasannya, warna putih termasuk elegan serta bersifat netral. Sehingga, mudah untuk dipadukan dengan warna lainnya. 

Selain termasuk elegan dan netral, suasana pada sebuah ruangan akan menjadi lebih cerah dan bersih. Sedulur bisa menggunakan warna ini pada ukuran kamar mandi minimalis berapapun. Jadi, tidak perlu lagi khawatir jika penggunaannya bisa membuat toilet menjadi terlihat biasa saja. Untuk menambah kesan indah dan menawan, tambahkan dengan beberapa interior lainnya seperti cermin berukuran sedang supaya menjadi lebih estetik. 

BACA JUGA: Scandinavian Desain Rumah Minimalis yang Sedang Populer

11. Menambahkan cermin berukuran besar

cara menaikkan resolusi foto
Toko Kaca Medan

Salah satu perlengkapan yang bisa dijadikan solusi untuk memberikan kesan luas pada desain kamar mandi dengan area terbatas adalah penggunaan cermin. Cermin cocok dan bisa digunakan untuk membuat pantulan bayangan. Sehingga, ruangan akan memiliki efek lebih luas. 

Sedulur bisa menggunakan berbagai macam model cermin yang cuma perlu disesuaikan dengan selera serta penempatannya. Cermin yang besar ini bisa ditempatkan di wastafel supaya bisa memaksimalkan fungsinya. Jadi, ketika penghuni sedang mencuci muka, bisa sambil bercermin.

12. Kamar mandi atap terbuka

desain kamar mandi
Kompas Properti

Sering menjadi bahan perdebatan mengenai ukuran ideal kamar mandi karena kenyamanan yang akan dihasilkannya. Padahal, toilet dengan ukuran yang kecil juga dapat dibuat nyaman tanpa harus mempunyai ruangan yang besar. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan dan memanfaatkan pencahayaan alami. 

Sedulur dapat menggunakan kaca jendela yang memiliki ukuran besar maupun atap transparan yang bisa memungkinkan cahaya sinar matahari dapat masuk ke dalam toilet dengan mudah. Sehingga, toilet akan menjadi lebih sehat dengan adanya cahaya matahari yang masuk. Tak cuma itu saja, cahaya matahari yang khas juga dapat membuat suasana menjadi lebih segar tanpa terpikirkan luasnya yang sempit. 

13. Dominasi cat warna hitam

desain kamar mandi
Kompas Properti

Sebagian besar orang mungkin akan menyukai warna monokrom atau bahkan warna hitam secara keseluruhan. Inspirasi desain kamar mandi yang satu ini cocok untuk Sedulur yang memang menyukai warna hitam atau warna gelap. Supaya semakin elegan dan sempurna, maka bisa memilih perabotan dan furnitur yang mendukung dengan warna gelap seperti dinding dengan batu granit yang gelap. Selain itu, Sedulur juga bisa mengkombinasikan cat warna hitam dengan warna abu-abu dan putih. 

Tak cukup sampai disitu saja, Sedulur juga dapat memilih peralatannya dengan warna yang sama, seperti wadah sikat gigi, handuk, sabun, sampai cairan shampo. Umumnya, shampo atau sabun dengan kandungan coral lah yang memiliki warna dasar hitam. 

Hal ini juga bisa menjadi salah satu elemen yang menarik apabila diletakkan pada toilet. Selain memiliki fungsi sebagai cairan pembersih tubuh, ini juga bisa digunakan untuk memperkuat elemen hitam. Tertarik untuk mencobanya?

Inspirasi ini juga cocok untuk digunakan jika Sedulur ingin mendapatkan kesan maskulin. Kombinasikan saja warna-warna yang gelap seperti hitam dan abu-abu. Supaya semakin menarik, berikan pula sentuhan lantainya dengan material keramik atau granit supaya semakin sempurna. 

BACA JUGA: 14 Desain Kolam Ikan Mini di Teras Rumah Modern & Kekinian

14. Gaya outdoor ala Bali

desain kamar mandi
Kompas Properti

Desain kamar mandi minimalis cocok untuk digunakan jika Sedulur merindukan suasana Bali. Netralisir rasa rindu tersebut dengan cara memberikan renovasi atau menyulap toilet menjadi sebuah ruangan yang modern, minimalis, serta bergaya outdoor

Dengan memilih gaya ala Bali ini, maka Sedulur akan merasakan atmosfer Bali dengan toilet yang menyatu dengan alam. Toilet yang terbuka seperti gambar di atas bisa mempunyai keuntungan tersendiri, yaitu hemat listrik. Alasannya, dari pagi sampai sore tidak perlu lagi menyalakan lampu karena menyatu dengan alam. Akan tetapi, Sedulur juga harus memastikan bahwa ada kanopi atau penghalang pada bagian atas toilet. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi apabila sedang hujan. 

15. Konsep corak dinding simetris

Tokopedia

Konsep corak dinding simetris bisa digunakan sebagai salah satu inspirasi desain kamar mandi yang modern serta minimalis. Pilih saja corak sederhana dengan garis simetris yang tidak berlebihan. Contohnya adalah garis lurus atau kotak-kotak dan segi enam. Dengan menggunakan konsep ini, maka penampilan akan menjadi semakin unik namun tetap minimalis tanpa harus membuatnya terlalu polos. Supaya toilet menjadi terasa lebih besar, maka jangan lupa untuk menempatkan cermin pada sepanjang dindingnya. Dengan melakukan hal ini, bisa sekaligus memberikan pantulan cahaya yang baik dari jendela atau lampu yang terpasang.

16. Kamar mandi model coastal

Pinhome

Rekomendasi dan inspirasi desain kamar mandi mewah selanjutnya adalah model coastal yang tentunya menarik perhatian. Secara penampilan, model yang satu ini memang terkesan mirip dengan gaya skandinavia dan vintage. Akan tetapi, toilet dengan gaya coastal ini tentunya diperkuat dengan pilihan warna yang menenangkan karena terdapat kombinasi antara abu muda dan putih. 

Sedulur juga dapat menambahkan perabotan dengan berbagai ornamen kayu jenis rotan atau damar sebagai wadah untuk menaruh pakaian kotor atau handuk bersih. Dengan memilih model coastal, maka tentunya penghuni akan makin betah berlama-lama di toilet. 

Supaya memberikan kesan bersih pada toilet, maka pilihlah lantai berwarna putih bersih. Kelebihan dari pemberian warna putih ini supaya penghuninya semakin mudah untuk membersihkan lantai yang putih. Alasannya, Sedulur akan menjadi lebih cepat untuk mengetahui bagian mana saja yang masih ada noda. 

17. Menambahkan bilik

Pola Rumah

Kebanyakan orang berpikir bahwa penggunaan bilik pada toilet pada desain kamar mandi minimalis justru akan membuatnya menjadi terlihat lebih kecil. Padahal, penggunaan bilik yang tepat bisa membuat toilet justru menjadi lebih tertata antar spotnya.

Apalagi, penggunaan bilik mandi ini memiliki arti bahwa penghuninya  menggunakan shower yang tidak memakan tempat seperti penggunaan bak mandi.Tak hanya itu saja,  dengan menggunakan  bilik mandi juga bisa membuat spot lain di sekitarnya kering. Jadi, Sedulur tidak perlu lagi khawatir akan toilet yang sering basah dan licin karena penggunaan bilik mandi minimalis ini bisa menetralisirnya.

BACA JUGA: 10 Desain Handle Pintu Terbaik dengan Harganya Terbaru 2022

18. Minimalis dengan kombinasi cat hijau-biru

Dekoruma

Minimalis dengan kombinasi cat hijau dan biru merupakan contoh pemanfaatan ruang yang sangat cerdas dan efisien. Apalagi jika ditambah dengan menggunakan rak putih yang dipasang di atas toilet. Maka, penghuninya akan memiliki area penyimpanan yang mudah diraih. Rak berwarna putih ini bisa dijadikan tempat untuk meletakkan shampo, berbagai sabun, serta cairan lainnya untuk membersihkan diri. Tak sampai disitu saja, kesan keindahan akan semakin bertambah jika Sedulur meletakkan tanaman hijau di dalamnya. Kombinasi warna biru dan hijau juga membuat toilet menjadi semakin cerah.

19. Minimalis cerah dengan tegel unik

Rumah 123

Jika Sedulur suka dengan motif unik tegel, maka ini  bisa jadi referensi tepat untuk menghias desain kamar mandi. Penggunaan warna cerah pada interiornya bisa membuat area ini semakin nyaman ketika digunakan. Jadi, melakukan aktivitas membersihkan diri akan semakin menyenangkan.

20. Menggunakan rak sudut

Hipwee

Memilih rak sudut bisa menjadi inspirasi desain kamar mandi modern yang patut dicoba. Tempelkan atau letakkan rak sudut di dinding area sekitar shower. Tujuannya adalah supaya ruangan menjadi tampak lebih luas dan masih lega. 

Selain menghemat ruangan, penggunaannya juga bisa berguna untuk meletakkan benda-benda yang mendukung seperti tempat sabun cuci tangan, tisu, bahkan tanaman kecil. Yang satu ini sangat mudah untuk direalisasikan, karena tidak perlu mendekorasi ulang.

BACA JUGA: 15 Aplikasi Desain Rumah Terbaik yang Mudah & Gratis

21. Penambahan kendi besar sebagai bak air

Pinterest

Sebagian desain kamar mandi yang modern mungkin telah memanfaatkan shower sebagai media saluran air ketika sedang mandi. Akan tetapi, menggunakan metode lama seperti meletakkan bak masih dapat menjadi opsi yang menarik. Supaya semakin unik, pasang saja kendi besar sebagai baknya. Selain unik, toilet akan menjadi semakin cantik dan menarik. 

22. Pemilihan warna merah muda yang cantik

Baru Aja

Apabila Sedulur ingin sentuhan yang feminim namun tidak terlalu berlebihan, maka bisa memilih warna pink pastel untuk desain kamar mandimu. Warna pastel cocok untuk dicampur dengan warna pastel yang lainnya. Tambahkan juga warna yang cocok seperti emas atau krem supaya lebih menarik. 

23. Gaya oriental sederhana ala Jepang

Dekoruma

Gaya oriental sederhana ala Jepang sangat menonjolkan kesan yang tenang dan sederhana. Ukurannya biasanya berbentuk memanjang ke samping atau depan dan belakang. Maka dari itu, gaya ini cocok untuk desain kamar mandi kecil.

BACA JUGA: 20 Desain Dapur Cantik dan Elegan Idaman di Tahun 2022

24. Minimalis warna netral

Yeah Arip Blog

Gunakan warna yang netral sebagai desain kamar mandi minimalis supaya kesannya semakin menarik dan cerah. Contohnya adalah putih, krem, dan abu-abu. Tambahkan ornamen kecil supaya menambah kesan elegan.

25. Minimalis di bawah tangga

99

Pilihan desain kamar mandi sederhana dan murah dengan meletakkannya di bawah tangga sangat cocok untuk menghemat penggunaan ruangan dalam hunian. Apalagi, jika huniannya memiliki ruangan yang terbatas. Maka, inspirasi ini cocok untuk dipilih.

Nah, demikian berbagai rekomendasi desain kamar mandi minimalis yang bisa Sedulur jadikan patokan ketika sedang bingung memilih. Sebelum memutuskan untuk memilih seperti apa desain yang cocok, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan konsep utama dari hunian, ya. Selain itu, sesuaikan pula dengan budget yang sudah disiapkan. Semoga membantu!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!