Berfoto adalah hal yang lumrah dilakukan di masa kini. Tak perlu modal kamera belasan juta, Sedulur bisa memanfaatkan fitur kamera di ponsel pintar. Praktis, bisa dikantongi dengan mudah, dan kualitas fotonya pun tak kalah keren. Banyak pula influencer atau selebgram yang memulai karir mereka dengan modal kamera ponsel, lho. 

Kuncinya bukan hanya di kamera yang bagus, tetapi estetika gaya dan cerita yang mereka tawarkan. Tentu impresi pertama datang dari foto, tetapi bagaimana kita menceritakan apa yang di balik foto ternyata berpengaruh pada tingkat engagement sebuah unggahan. Nah, penasaran nggak sih sama gaya foto ala selebgram yang tampilannya bikin orang pengen menekan tombol hati? Ini dia rangkumannya. 

BACA JUGA: 20+ Tutorial Hijab Pashmina Stylish Ala Selebgram yang Mudah

1. Barbie feet 

instagram.com/megaiskanti

Gaya gaya foto ala selebgram yang paling sering dan mudah dilakukan adalah berjinjit di satu kaki sambil menempatkannya di depan kaki lainnya. Pose ini bisa memperbaiki postur tubuhmu agar tampak lebih tegak. Tidak harus mengenakan high heels, kamu bisa mencoba pose ini saat mengenakan sneakers atau sandal sekalipun. 

2. Butt pop 

instagram.com/ayudiac

Pose ini bertujuan memberikan detail yang menarik di fotomu. Daripada berdiri tegak lurus, foto akan lebih menarik saat kamu berdiri agak menyamping dan menempatkan beban pada satu kaki. Dengan begitu, kamu akan menonjolkan sedikit bagian pinggul dan pantat untuk menampilkan siluet tubuh yang oke. Ini bisa bikin fotomu tak terlalu bland atau hambar. 

3. Ambil gambar saat berjalan 

gaya foto ala selebgram
instagram.com/kinandtam

Minta fotografermu untuk mengambil foto saat kamu berjalan. Ini akan memberikan efek alami dan stylist dalam satu waktu. Berjalanlah beberapa langkah, kemudian tempatkan satu kaki di depan kaki lainnya dan berhenti sejenak agar foto tidak kabur. 

BACA JUGA: Apa Itu Thrift? Bisnis Baju Besar yang Populer, Bisa Jadi Peluang

4. Side stretch 

gaya foto ala selebgram
instagram.com/freepeople

Ini sering jadi gaya foto ala selebgram di pantai. Gaya ini dimulai dengan duduk dengan kaki membujur ke samping dan tubuh condong ke satu arah. Bak putri duyung yang anggun, pose ini bisa memberikan kesan tubuh lebih panjang dan kaki semampai. 

5. Armpit out 

gaya foto ala selebgram
instagram.com/titantyra

Ini bisa dijadikan pose untuk foto setengah badan. Intinya tangan diangkat entah ke belakang kepala atau menutupi sebagian dahi. Pose ini cocok diambil sebagai gaya foto selfie ala selebgram yang bisa kamu ambil sendiri dengan bantuan tripod bila memang belum ada orang yang bisa membantumu saat itu. Apalagi kalau diambil dengan latar dinding atau jendela yang terpapar matahari, hasilnya pun tampak profesional. 

6. Satu kaki di depan

gaya foto ala selebgram
instagram.com/dwihandaanda

Ini gaya foto selfie ala selebgram berhijab yang paling sering kita temui. Mudah saja, tinggal berdiri di depan latar yang dikehendaki dan tempatkan satu kaki di depan. Mirip dengan pose barbie feet, ia bisa memperbaiki postur tubuh yang agak bungkuk karena kebiasaan. 

BACA JUGA: 20+ Tutorial Hijab Pashmina Stylish Ala Selebgram yang Mudah

7. Berjongkok dengan elegan 

gaya foto ala selebgram
instagram.com/emmachamberlain

Gaya foto ala selebgram lainnya adalah berjongkok dengan elegan dan estetik. Pose tersebut banyak dipakai oleh clothing line untuk menampilkan pakaian yang mereka jual dengan cara yang lebih fun dan santai. Kamu pun bisa menirunya dengan mudah, meski berjongkok, semua pakaianmu akan tampak di foto. Cocok jika kamu ingin memamerkan outfit yang kamu pakai di hari itu. 

8. Mengintip dari balik bahu 

instagram.com/maudyayunda

Untuk gaya foto ala selebgram hijab lainnya, Sedulur boleh mencoba pose manis mengintip dari balik bahu seperti ini. Selain manis, ia bisa ciptakan siluet ramping dan semampai pada fotomu. Foto ini bisa diambil dengan proses candid, misal kamu berjalan santai dan minta fotografer memanggil namamu agar kamu menoleh ke belakang tanpa membalikkan badan sepenuhnya. Menarik idenya. 

9. Mengangkat kaki 

instagram.com/zendaya

Pose berikutnya adalah mengangkat satu kaki ke pijakan di dekatmu. Bisa platform atau stool misalnya. Gaya ini sering digunakan model-model clothing line papan atas. Mudah dan tentunya jadi cara jitu memamerkan outfit yang sedang dikenakan. 

BACA JUGA: Mengenal Sisca Kohl, Profil dan Sumber Kekayaannya, Crazy Rich!

10. Duduk santai 

instagram.com/whatbethsreading

 

Kamu bisa juga berpose duduk santai baik di kursi atau sofa. Tambahkan properti seperti buku atau minuman untuk berimprovisasi. Misal foto yang dihasilkan bisa saja menampilkanmu duduk sambil minum atau membaca, bisa juga tak melakukan apapun tetapi melihat tajam ke kamera. Terserah, deh. 

BACA JUGA: 14 Rekomendasi Kutek Halal Untuk Beribadah, Cocok Untuk Muslimah

Tips berfoto ala selebgram 

Setelah tahu gaya-gaya yang sedang diminati dan sering dipakai para selebgram. Ini saatnya Sedulur tahu beberapa tips membuat foto keren buat Instagram ala mereka. 

Hindari selfie, minta orang lain mengambil fotomu 

Agar tampak profesional seperti selebgram atau influencer kamu disarankan menghindari selfie yang hanya menampakkan muka. Coba minta teman atau seseorang untuk memotretmu. Dengan begitu kamu bahkan bisa mengambil foto seluruh badan untuk mengekspos pakaian yang kamu pakai serta latar yang ada di belakangmu. Bila terpaksa, gunakan tripod saat harus ambil gambar sendiri.  

Gunakan rule of thirds untuk dapat komposisi yang pas 

Manfaatkan pula garis bantu untuk tahu apakah fotomu sudah lurus dan sejajar serta apakah kamu sebagai titik fokus sudah berada di tempat yang benar. Rule of thirds merupakan sembilan kotak yang biasa jadi pedoman saat kamu mengambil foto agar tampak lurus, rapi, dan komposisinya seimbang. 

Ambil gambar dengan pencahayaan natural 

Pencahayaan juga penting, foto akan lebih estetik dan tampak natural saat pencahayaannya alami. Kecuali kamu menggunakan latar studio dengan properti yang mumpuni, cahaya matahari bisa mengalahkan efek dan filter apapun. Ia bisa meng-enhance fotomu jadi lebih indah tanpa editing sekalipun. Tak heran banyak gaya foto selebgram yang diambil luar ruangan saat matahari bersinar dengan baik. 

BACA JUGA: 20+ Peluang Usaha Rumahan & Online Paling Menjanjikan 2022

Jangan lakukan editing yang berlebihan 

Editing sebenarnya bukan masalah, tetapi lebih Sedulur baik tidak melakukannya dengan berlebihan. Kamu bisa menambahkan kadar brightness dan kontras misalnya, tetapi jangan sampai mengubah banyak hal dan akhirnya jadi bumerang sendiri saat ada orang lain yang menandainya. Sudah banyak kejadian selebgram yang ketahuan melakukan manipulasi foto berlebihan dan akhirnya jadi bulan-bulanan warganet. 

Cari tahu angle terbaikmu 

Setiap orang punya angle terbaik mereka. Kecuali Dua Lipa yang mengaku tak masalah dipotret dari angle apapun. Untuk tahu, Sedulur memang harus melakukan banyak latihan dan percobaan. Coba lakukan berbagai macam pose dari sudut mana saja dan lihat mana yang menurutmu bikin kamu makin percaya diri. 

Perhatikan color grading 

Komposisi lainnya yang penting tentu masalah warna. Kamu memang bisa pilih memasaukkan sebanyak apapun warna dalam foto yang akan kamu unggah. Namun, ada baiknya untuk memilih warna-warna yang natural. Jangan terlalu mencolok dan ramai karena akan menampilkan kesan yang kurang alami dan anggun. Color grading yang imbang dan pas bisa kamu ciptakan dari pemilihan kostum dan latar yang tepat. 

Kumpulan pose seru ala selebgram tadi tentu bisa jadi referensi Sedulur saat akan mengunggah potret diri di media sosial. Tetap perlu jam terbang dan latihan untuk bisa berpose seluwes mereka. Namun, kalau niat pasti ada jalan. Selamat mencoba, Sedulur.