dapur outdoor

Dapur outdoor atau terbuka dengan desain minimalis sedang banyak diminati. Hal ini dikarenakan dapur terbuka memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga membuat nyaman saat memasak. Apalagi jika harus membuat olahan makanan dengan cara dipanggang atau dibakar. Konsep dapur yang terbuka dan bahkan berada di luar rumah tentu bisa menjadi solusi agar bau maupun asap tidak masuk ke ruangan sehingga penghuni rumah tetap nyaman beraktivitas.

Bagi Sedulur yang sedang merencanakan untuk membangun rumah ataupun sekadar renovasi pada bagian dapur, tak ada salahnya mempertimbangkan konsep dapur terbuka ataupun dapur outdoor. Sebagai referensi, berikut sudah dirangkum 10 inspirasi desain dapur terbuka minimalis. Yuk, langsung disimak informasinya!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Rak Bumbu Dapur untuk Percantik Dapurmu

1. Dapur outdoor minimalis

dapur outdoor
iStock

Inspirasi desain dapur outdoor yang pertama cocok untuk Sedulur yang memiliki halaman belakang cukup luas. Dapur bisa dibangun dengan langsung terhubung ke area taman. Aneka tanaman yang berada di sekeliling dapur pun dapat menjadi hiasan sekaligus ornamen untuk menciptakan suasana sejuk.

Untuk menambahkan kesan alam, Sedulur bisa memilih atap kaca yang dapat memudahkan masuknya pencahayaan alami. Selain itu, Sedulur juga bisa menggabungkan area ruang makan pada dapur outdoor seperti pada gambar di atas. Penggabungan dapur dengan ruang makan tentu akan memudahkan proses distribusi makanan dari dapur untuk disajikan di meja makan.

2. Dapur semi terbuka serba putih

Mustika Land

Warna putih banyak dipilih dalam dekorasi hunian karena memberikan kesan bersih. Sedulur juga bisa mengaplikasikan warna putih pada desain dapur outdoor maupun semi outdoor seperti inspirasi satu ini. Pemilihan warna terang juga membuat dapur mungilmu terlihat lebih luas.

Sedulur dapat memberikan sekat pintu kaca untuk memisahkan area dapur dan taman. Dengan begitu, tak perlu khawatir dapur menjadi basah saat hujan turun. Selain itu, sekat berupa pintu kaca juga membuat area dapur tetap memiliki kesan terbuka meski pintu ditutup.

3. Dapur minimalis di luar rumah

iStock

Bagi sebagian orang, acara makan bersama dengan mengundang saudara ataupun kerabat dekat merupakan agenda yang rutin dilakukan. Biasanya, acara makan bersama juga diikuti dengan masak bersama sehingga agenda makin meriah. Jika Sedulur juga kerap menggelar acara serupa, tak ada salahnya membuat dapur tambahan di luar rumah.

Adanya dapur tambahan ini sekaligus bisa memberikan privasi untuk keluarga dan juga menjaga dapur utama tetap bersih. Karena seperti diketahui, kegiatan makan bersama dan masak bersama kerap membuat dapur menjadi kotor mengingat ada banyak orang di dapur. Tak hanya itu, dapur di luar rumah dengan konsep terbuka juga lebih nyaman untuk masak bersama.

BACA JUGA: 12 Ide Desain Batu Alam Dinding Teras Depan yang Bikin Wah!

4. Dapur terbuka dengan desain batu bata

dapur outdoor
iStock

Sedulur yang menyukai konsep alam pada hunian bisa memilih desain dapur terbuka satu ini. Dominasi warna merah – cokelat dari dinding batu bata dan kayu pada perabotan tentu akan memanjakan mata. Tak hanya itu, konsep dapur yang dibuat terbuka dan langsung terhubung dengan area taman akan menciptakan sirkulasi udara yang baik.

5. Dapur terbuka dengan perabotan kayu

Archify

Perabotan berbahan kayu masih menjadi pilihan banyak orang. Sedulur juga bisa memilih kitchen set dari kayu untuk dapur semi outdoor. Namun pastikan bahan kayu yang dipilih aman untuk area yang lembab agar peralatan tidak mudah rusak. Sedulur juga bisa membuat atap kaca untuk area taman yang berdekatan dengan dapur agar perabotan terlindung dari air hujan.

6. Dapur outdoor dengan batu alam

Belgard Pavers

Selain batu bata, Sedulur juga bisa memilih batu alam untuk dekorasi dapur outdoor. Agar batu alam tidak ditumbuhi lumut akibat terguyur hujan, Sedulur bisa melapisinya dengan cairan anti lumut yang banyak tersedia di pasaran. Adapun batu alam pada dinding dapur akan sangat cantik jika dipadukan dengan kompor maupun peralatan dapur berwarna silver.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Dispenser Galon Bawah dan Tips Memilihnya

7. Dapur outdoor bergaya minimalis modern

Sub Zero

Gaya minimalis dengan sentuhan modern juga sedang tren beberapa tahun belakangan. Sedulur bisa memilih konsep tersebut untuk membuat dapur outdoor yang cantik seperti gambar di atas. Peralatan dapur berwarna silver tentu akan membuat dapurmu tidak hanya terlihat modern namun juga elegan. Peralatan dapur tersebut akan semakin memukau jika dipadukan dengan meja dapur dari batu marmer yang mengkilap.

8. Dapur terbuka di teras rumah

Rumah.com

Area teras belakang juga bisa dimanfaatkan untuk membuat dapur terbuka. Sedulur bisa mengisi dapur dengan peralatan untuk memanggang dan peralatan pendukung lainnya. Agar area dapur tetap terhubung dengan dalam rumah, berikan sekat berupa pintu kaca. Hal ini juga bisa membuat area dalam rumah menjadi lebih luas.

9. Dapur semi terbuka untuk rumah mungil

dapur outdoor
Mustika Land

Sedulur yang memiliki rumah mungil bisa membuat dapur terbuka yang langsung terhubung dengan taman belakang. Hal ini sekaligus bisa menjadi solusi untuk menciptakan kesan luas pada area dapur.

Jika ruangan dapur memiliki bentuk panjang seperti koridor, Sedulur bisa meletakkan perabotan menempel dinding. Dengan begitu akan ada sisa ruang yang cukup luas untuk area meja makan.

10. Dapur outdoor dengan atap kaca

dapur outdoor
Archify

Dapur outdoor tak melulu harus beratapkan langit, Sedulur juga bisa membuatnya lebih nyaman dengan menggunakan atap kaca. Ini tentu bisa menjadi pilihan terbaik mengingat hujan di Indonesia kerap tidak bisa diprediksi. Tak hanya itu, atap kaca juga memungkinkan masuknya cahaya alami dari luar sehingga area dapur menjadi terang pada siang hari. Sedulur pun masih bisa menikmati langit malam hari sembari bersantai di meja makan.

BACA JUGA: Ampuh, 6 Tips Menyimpan Bumbu Dapur Agar Awet dan Tahan Lama!

Tips membuat dapur outdoor

House & Home

Selain menyimak referensi desain dapur di atas, Sedulur juga perlu mempertimbangkan sejumlah hal sebelum memutuskan membuat dapur dengan konsep outdoor. Dengan begitu, kehadiran dapur outdoor bisa benar-benar memberikan manfaat terutama bagi penghuni rumah.

  • Pertimbangkan iklim dan lingkungan rumah. Sedulur tentu tidak mau bukan saat sedang asyik memasak tiba-tiba diguyur hujan. Untuk itu perhatikan iklim dan lingkungan rumah sebelum menentukan desain dapur yang akan dibuat.
  • Pertimbangkan tujuan membuat dapur. Dapur outdoor biasanya tidak lebih nyaman untuk digunakan memasak sehari-hari dibandingkan dapur di dalam rumah. Apalagi jika dapur dibuat terpisah dari bangunan utama. Sedulur perlu mempertimbangkan tujuan membuat dapur, apakah untuk memasak sehari-hari atau memang hanya untuk momen tertentu.
  • Pahami gaya memasak sehari-hari. Sedulur perlu memahami jenis makanan seperti apa yang biasa dibuat sehari-hari. Apakah cara memasaknya lebih nyaman dilakukan di dalam rumah atau di luar rumah?
  • Perhatikan material untuk perabotan dapur. Seperti disampaikan sebelumnya, dapur terbuka apalagi yang berada di luar rumah rawan untuk mengalami kerusakan karena pengaruh cuaca. Oleh karenanya, penting untuk memilih material yang tepat agar perabotan dapur tidak mudah rusak.

Itu dia 10 inspirasi desain dapur outdoor yang bisa Sedulur jadikan referensi. Sedulur bisa memilih desain sesuai dengan konsep hunian agar semakin ciamik. Selain itu, juga telah dipaparkan beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membuat dapur outdoor.

Selain memilih desain yang cantik, jangan lupa untuk melengkapi kebutuhan dapur agar kegiatan memasak makin menyenangkan. Sedulur bisa belanja berbagai kebutuhan dapur maupun rumah tangga di Aplikasi Super. Apalagi ada banyak keuntungan yang bisa Sedulur peroleh dengan berbelanja di Aplikasi Super.

Pertama, harga kebutuhan dapur dan rumah tangga dijamin murah. Kedua, ada banyak promo diskon, cashback, hingga gratis ongkir yang bikin belanja makin untung. Ketiga, Sedulur tidak perlu repot keluar rumah. Cukup pesan melalui aplikasi dan barang akan dikirim sampai depan rumah.

Menarik bukan? Yuk, langsung unduh dan gunakan Aplikasi Super untuk belanja kebutuhan dapurmu!