cat warna kamar

Memilih cat warna kamar bukan hal yang mudah. Beberapa orang sangat kesulitan memilih warna cat kamar, terutama warna cat yang sesuai dengan ruangan dan sesuai dengan selera pribadi. Karena cat kamar dapat mempengaruhi suasana hati dan juga memberikan efek psikologis.

Maka dari itu, pertimbangan warna cat kamar memang harus sangat hati-hati. Tentu tujuannya agar tidak salah memilih warna dan dengan warna kamar yang tepat dapat mempengaruhi suasana hati pemilik ruangan.

Dalam kesempatan ini, kita akan cek bersama rekomendasi ide cat warna kamar terbaik yang bisa jadi rekomendasi Sedulur agar tidak salah pilih warna. Terutama warna-warna cat kama yang dapat membuat nyama dan memberikan efek menenangkan. Yuk, mari langsung kita simak daftarnya!

BACA JUGA: Inspirasi Cat Kamar 2 Gari yang Aesthetic dan Cantik

-->

Cat warna kamar yang menenangkan

Dalam pembahasan pertama, kita akan bahas bersama daftar warna cat kamar yang menenangkan serta depat memberikan kenyamanan ketika Sedulur berada di dalamnya. Daftar warna-warna yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Terraccota

cat warna kamar
Mad About the House

Rekomendasi cat warna kamar pertama yang bisa Sedulur gunakan agar dapat memberikan efek menenangkan yaitu warna terraccota. Sedulur bisa mengaplikasikan warna terraccota pada kamar tidur untuk menciptakan kesan hangat dan modern.

Pasalnya, warna ini dapat membantu mengoptimalkan pencahayaan, serta membuat ruangan terlihat sempurna. Warna ini cocok digunakan bagi Sedulur yang menyukai warna terang, tetapi tidak mencolok. Serta bagi Sedulur dengan pribadi yang santai dan tidak kaku, sangat cocok menggunakan warna satu ini.

2. Kuning lemon

Ruparupa

Sedulur yang ingin mendapatkan suasana ceria dengan hati yang cerah, warna kunng lemon sangat cocok dan bisa jadi rekomendasi Sedulur. Agar terlihat tetap seimbang, padukan warna yang menyebarkan kehangatan ini dengan warna netral, seperti putih dan abu-abu.

Namun, jika Sedulur bosan dengan gaya kamar tidur yang biasa dan itu-itu saja, Sedulur bisa coba aplikasikan motif untuk  menghadirkan kesan yang lebih menyenangkan. Atau Sedulur bisa memainkan dengan menggunakan interior yang berwarna padu dengan warna kuning lemon.

3. Abu-abu muda

Pinterest

Sedulur mencari rekomendasi warna yang netral? Abu-abu muda mungkin bisa jadi rekomendasi bagi Sedulur. Karena warna ini sangat netral dan tidak terlalu mencolok dipandang dibandingkan dengan warna lainnya.

Agar lebih menarik dan tidak begitu bosan, Sedulur bisa mengkombinasikan dengan menggunakan beberapa warna lain untuk interiornya, seperti warna hijau, pink, kuning dan nila. Banyak warna yang cocok dikombinasikan dengan warna abu-abu muda, hal tersebut menunjukan bahwa warna ini sangat netral.

4. Lavender

Pinterest

Warna lavender terkenal dengan warna yang dapat memberikan ketenangan, umumnya warna ini sangat identik dengan perempuan dan cocok dijadikan sebagai warna cat kamar perempuan. Warna lavender juga cocok bagi penyuka warna ungu tapi tidak menyukai warna yang mencolok.

Warna lavender dapat memancarkan energi yang dapat memberikan ketenangan. Warna lavender juga memberikan kemudahan bagi Sedulur untuk mengatur interior karena cocok diterapkan untuk interior dengan warna kontras.

5. Biru muda

Interior Design Ideas

Rekomendasi warna cat kamar selanjutnya yaitu warna biru muda. Jika warna lavender identik dengan perempuan, warna biru muda sebaliknya yaitu identik dengan laki-laki. Sedulur bisa menjadikan warna ini sebagai warna untuk kamar anak Sedulur yang laki-laki.

Warna biru muda memberikan kesan menenangkan, layaknya menghirup udara segar ketika berada di lautan. Tidak hanya bisa memberikan efek positif pada suasana hati, warna ini juga cocok digunakan untuk kamar anak-anak maupun orang dewasa.

6. Merah terang

Ruparupa

Rekomendasi lainnya yaitu warna merah terang. Warna merah bisa memberikan energi tinggi, menenangkan jiwa, dan menonjolkan kesan kuat. Warna ini sangat pas untuk kamar tidur, ruang tamu, dan ruang keluarga, yang membutuhkan kehangatan dan tetap bisa menonjol.

7. Ungu terang

cat warna kamar
Interior Design Ideas

Rekomendasi selain warna lavender bagi Sedulur yang menyukai ungu yaitu warna ungu terang. Untuk membuat kamar tidur lebih nyaman setiap saat, Sedulur bisa mengaplikasikan warna ungu terang yang kuat dengan kesan elegan.

Keunggulan lainnya, warna ini juga dapat membantu mengoptimalkan cahaya pada ruangan. Agar tetap menghasilkan ruangan yang seimbang, Sedulur bisa memadukan warna lembut, seperti putih dan krem atau warna netral seperti abu-abu untuk memberikan kesan semakin nyaman.

8. Coklat tua

Ruparupa

Warna yang sebenarnya melambangkan ketenangan dan ketegasan adalah warna coklat. Selain itu, warna coklat tua dapat memberikan efek dramatis pada ruangan. Agar kamar tidak memberikan kesan yang monoton, Sedulur bisa memberikan sentuhan oranye atau putih di salah satu sisi kamar.

Pilihan lain, Sedulur bisa menggunakan furnitur atau interior yang memiliki warna metalik atau keemasan. Dengan begitu kesan dramatis akan semakin mendukung dan menimbulkan kesan mewah pada ruangan.

9. Steel blue

cat warna kamar
Hips Hearstapps

Selanjutnya rekomendasi warna dengan nuansa dan sentuhan warna biru, yaitu warna steel blue. Warna ini sangat cocok bagi Sedulur untuk menghadirkan kesan modern dan terbuka. Sedulur bisa menambahkan dengan beberapa warna terang agar ruangan terlihat cerah.

Sedulur juga bisa menggunakan trik yang sama untuk mengaplikasikannya sama dengan warna lavender atau warna-warna biru lainnya.

10. Sage green

Kompas

Rekomendasi selanjutnya yaitu sage green yang merupakan warna yang dijamin dapat memberikan ketenangan dan juga dapat memberikan kesan menyenangkan. Sage green juga merupakan warna yang indah sekaligus membumi.

Cat warna kamar ini juga dapat memberikan kesan tegas pada kamar tidur, terutama jika Sedulur memadukan warna ini dengan warna lain untuk beberapa bagian dinding kamar lainnya.

11. Marigold

cat warna kamar
Ruparupa

Kamar tidur ini membuktikan betapa indahnya perpaduan warna marigold dengan warna biru laut dan hijau zaitun. Warna cerah ini juga bekerja dengan baik saat Sedulur menggabungkan dekorasi yang terbuat dari metalik untuk memberikan kesan glamor.

Tambahkan lampu gantung perunggu atau dan set meja besi untuk memberikan hasil akhir yang indah, atau Sedulur bisa benar-benar mengikuti rekomendasi sebagaimana yang tampak pada gambar di atas.

12. Beige

Ruparupa

Bagi Sedulur yang ingin mendapatkan suasana kamar tidur hangat dengan rekomendasi warna selain warna terraccota, Sedulur bisa menggunakan rekomendasi warna beige. Karena warna cat ini dapat memberikan kesan klasik dan lembut.

Dengan perpaduan warna biru, putih, dan abu-abu, maka ruangan akan terasa lebih sejuk. Aplikasikan juga beberapa perabotan dari kayu dan kuningan untuk melengkapi ruangan ini.

13. Greige

cat warna kamar
Trendecours

Jika menurut Sedulur interior serba putih terlalu mencolok, tetapi Sedulur tetap menyukai tampilan dan nuansa netral ringan, pilihlah warna greige, yang merupakan perpaduan abu-abu dan beige. Warna ini cocok dipadukan dengan furnitur bergaya industrial.

14. Biru charcoal

Design Corral

Bagi Sedulur yang mencari rekomendasi cat warna kamar netral yang menenangkan, biru charcoa bisa jadi rekomendasi Sedulur. Warna ini juga bisa memberikan kesan klasik dan modern. Warna biru charcoal juga sangat mudah dipadukan dengan furnitur warna netral seperti putih dan abu-abu.

Bukan hanya itu, warna ini juga bisa memberikan kesan ketenangan dan kedamaian karena mengingatkan kita akan warna kedalaman laut yang memberikan kesunyian dan ketenangan. Cocok bagi Sedulur dengan karakter yang pendiam dan tidak banyak bicara.

BACA JUGA: Rekomendasi Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Elegan

Cat warna kamar dengan 2 warna

Rekomendasi pertama telah disajikan warna cat kamar yang sederhana namun sangat efektif beberikan kenyamanan dan ketenangan. Dari beberapa rekomendasi warna-warna kamar yang telah disampaikan di atas juga, terdapat beberapa warna yang dipadukan dengan warna lain.

Nah untuk itu, dalam kesempatan kali ini kita akan cek daftar cat warna kamar dengan 2 warna atau variasi motif yang bisa jadi rekomendasi Sedulur. Yuk, mari langsung kita simak pembahasannya di bawha ini:

15. Pink pastel dan putih

cat warna kamar
Delikatissen

Rekomendasi pertama yaitu perpaduan warna pink pastel dan putih. Warna ini juga sangat cocok untuk rekomendasi warna kamar anak. Kamar anak tidak selalu harus mencolok warnanya. Sedulur bisa pilihkan warna pink pastel yang adem seperti ini.

Warna atau cat ini mengusung konsep two tones yang simetris. Serasikan dengan warna pintunya biar makin cantik. Tinggal masukkan perabot yang dibutuhkan dan ornamen pendukung lainnya. Minimalis tapi tetap berwarna, si kecil pasti akan senang dan dijamin sangat nyaman. Untuk kamar remaja dan dewasa pun cocok.

16. Abu-abu dan warna putih

Solebich

Perpaduan lainnya adalah abu-abu dan putih yang bersahaja ini. Boleh ditempatkan di mana saja, mau kamar, ruang kerja, lorong setelah pintu masuk atau bahkan ruang tengah dan dapur. Silakan pilih tone apa saja sesuai selera, mau yang solid atau gelap.

Atau justru ingin yang lebih kalem dengan warna pastel grey seperti ilustrasi di atas. Tergantung selera Sedulur saja. Warna seperti ini cocok dipadu dengan perabot kayu bergaya Skandinavia akan lebih cocok dan dapat memberikan kesan yang nyaman.

17. Perpaduan warna lavender

cat warna kamar
Madedotcom

Rekomendasi lainnya bagi Sedulur yang menyukai warna lavender, yaitu dengan mencoba perpauan warna satu ini. Akan sangat terlihat cantik jika diwarna dengan bentuk simetris di sudut ruangan. Kebetulan dinding yang dicat berbentuk segitiga karena ruangannya berada di atap atau loteng, justru jadi aksen yang kece, bukan?

Si penghuni memadukannya dengan perabot-perabot antik dan modern sekaligus. Ada lampu jamur dan sofa kerang kekinian yang beradu dengan lemari antiknya. Bukan main estetiknya dan dapat memberikan kenyamanan yang pas untuk istirahat.

18. Motif kamar polka dot

Line Today

Bagi Sedulur yang ingin membuat kamar lebih menarik dan unik, Sedulur bisa menggunakan motif kamar polka dot seperti di atas. Ini merupakan salah satu motif yang umum digunakan sebagai desain pakaian atau celana hingga desain tas. Sedulur bisa berkreasi menggunakan pattern ini sebagai motif untuk kamar.

Polka dot juga cocok dijadikan motif cat kamar anak perempuan karena akan membangkitkan suasana ceria yang girly. Ditambah lagi, kamu bisa membuat motif kamar ini dengan sangat mudah tanpa harus menggunakan peralatan khusus. Pilihan warnanya juga sangat fleksibel dikombinasikan dengan warna kesukaan.

19. Perpaduan warna putih dan biru

cat warna kamar
Homify

Berikutnya merupakan rekomendasi perpaduan warna cat sekaligus motif kamar yang unik. Contohnya ketika Sedulur melihat potret d atas, perpaduan warna dimulai degan warna daun pintu yang berbeda dan kemudian merambat ke dinding ruangan.

Bagi yang ingin mencari motif kamar yang anti mainstream, motif ini bisa jadi rekomendasi. Motif di atas merupakan perpaduan dari motif geometri dan garis lengkung dan menghasilkan motif yang super keren.

20. Motif warna pink

Desain Rumahnya

Pada bagian sebelumnya warna pink termasuk salah satu rekomendasi warna yang dapat memberikan ketenangan. Berikut ini merupakan rekomendasi warna pink untuk kamar namun dipadukan dengan motif-motif yang menarik.

Jika dilihat dari gambar di atas, terlihat sebuah kamar hotel dengan motif cat kamar unik warna pink. Motif di atas bisa Sedulur tiru untuk kamar di rumah. Meskipun penekanannya terdapat pada warna pink, pada dasarnya desain kamar di atas merupakan perpaduan dari garis geometri.

Gradasi warna merupakan hal penting dalam permainan motif warna di dalam kamar. Jangan lupa untuk memilih warna yang berdekatan dengan warna utama. Jika penggunaan warna pink, maka warna gradasi yang bisa Sedulur gunakan adalah merah, ungu, dan putih.

BACA JUGA: Desain Teras Rumah Minimalis dan Modern

21. Motif kamar floral

cat warna kamar
Desain Kamar Tidur

Ingin memiliki motif cat kamar keren simple? Motif kamar floral atau dedaunan bisa jadi rekomendasi. Bukan hanya untuk wallpaper ruang tamu, untuk wallpaper kamar juga sangat cocok digunakan. Warna yang dominan saat menggunakan motif gambar ini adalah warna hijau dan warna kuning.

Kedua warna tersebut merupakan warna yang identik dengan warna dedaunan. Hal tersebut dapat memberikan kesan ceria saat menggunakan warna ini. Tentu saja dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan sebagaimana saat kita melihat tanaman dan tumbuhan berwarna hijau di alam bebas.

22. Motif kamar lukisan awan

Kevin Barry

Rekomendasi selanjutnya yatu motif kamar lukisan awan. Gambar ini terinspirasi dari seniman mural internasipnal bernama Tiffany Lusteg. Dia melukis ruangannya menggunakan motif goresan kuas lukis. Kemudian menumpuk goresan tersebut dengan memanfaatkan permainan gradasi warna dan sentuhan warna.

Lukisan yang dihasilkan sangat menakjubkan. Terdapat tumpukan motif goresan kuas yang menghasilkan bentuk seperti lukisan awan.Hal ini membuat kamar bisa menjadi lebih luas, selayaknya kita melihat awan di langit.

23. Motif garis chevron

cat warna kamar
Etsy

Corak chevron pernah jadi primadona di era 2010-an. Seiring berjalannya waktu, corak ini sudah tak lagi diminati. Namun, ada beberapa modifikasi yang bisa Sedulur lakukan. Misalnya dengan membuatnya jadi artsy seperti pada gambar di atas ketimbang dilukis dengan rapi dan simetris.

Sederhana dan bisa digunakan lukisan tangan saja. Pemilihan warnanya juga sempurna, serasi dengan warna perabot-perabot kayunya. Kamar anak jadi lebih seru dengan gaya ini dan tentu saja dapat membuat anak merasa nyaman.

24. Motif garis-garis

Lonnymag

Rekomendasi selanjutnya yaitu motif garis dengan menggunakan warna sage green yang masuk dalam golongan warna earthy. Sedulur bisa menggunakan kombinasi garis-garis non simetris seperti corak yang terlihat pada gambar di atas. Disarankan Sedulr menggunakan satu dinding saja sebagai akse, sementara dinding lain dibiarkan polos tanpa motif.

25. Kamar dengan nuansa dark turquoise

cat warna kamar
Reciclare Decorar

Cat kamar aesthetic 2 warna yang bernuansa gelap bisa Sedulur wujudkan dengan mendapuk warna dark turquoise. Warna ini akan sangat sempurna saat dipadu dengan warna putih dan perabot-perabot kayu. Pun dengan lantai kayu, warna bisa berbaur dengan baik.

Warna yang solid dan jangan khawatir mudah kotor. Namun, untuk cat-cat gelap seperti ini, Sedulur harus memastikan kondisi dinding prima betul dan kualitas catnya bagus agar tidak bertekstur. Perlu penanganan khusus untuk menerapkan warna gelap di dalam kamar. Jadi Sedulur perlu untuk berhati-hati, ya!

Nah itulah rekomendasi cat warna kamar yang bisa jadi referensi Sedulur agar bisa mendapatkan ketenangan dan kenyamanan saat beristirahat. Semoga dari daftar di atas, terdapat beberapa rekomendasi warna yang cocok bagi Sedulur.

Memikirkan betul warna kamar merupakan hal yang wajib dilakukan, karena tujuannya untuk mendapatkan ketenangan dan kenyamanan saat istirahat. Jangan lupa juga dirawat dan dijaga kebersihan kamar agar tetap dapat memberikan kenyamanan saat istirahat.