fakta unik piala dunia

Semarak Piala Dunia 2022 akan segera berakhir setelah kompetisi ini memasuki babak terakhir yaitu final antara Argentina vs Perancis dan perebutan juara ketiga antara Maroko vs Kroasia. Namun, setiap keseuran yang terjadi tidak akan hilang begitu saja. Semua momen tersebut akan menjadi fakta unik Piala Dunia yang selalu dikenang sepanjang masa.

Sejak pertama kali digelar pada tahun 1930 silam, hingga akhirnya Piala Dunia Qatar menjadi seri ke-22 yang diadakan oleh FIFA. Selama itu pula, sudah ada ratusan momen yang tidak akan pernah dilupakan oleh para pecinta sepak bola di seluruh dunia. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama apa saja fakta unik Piala Dunia sepanjang masa yang menarik untuk Sedulur ketahui.

BACA JUGA: 10 Fakta Tentang Piala Dunia 2022, Piala Dunia Paling Mahal!

Turnamen paling bergengsi di dunia

fakta unik piala dunia
Micky

Sebelum membahas daftar fakta unik Piala Dunia, perlu dibahas terlebih dahulu bahwa Piala Dunia adalah turnamen olahraga paling bergengsi di dunia. Setiap orang pasti mengamini hal tersebut dan tidak ada yang berani menyangkal.

-->

Apalagi predikat sepak bola sebagai salah satu olahraga paling populer di dunia ini. Hal tersebut secara otomatis membuat Piala Dunia menjadi turnamen yang paling bergengsi. Ini sebabnya setiap helatan Piala Dunia selalu digelar dengan mewah dan meriah.

Bukan hanya dari segi perayaannya saja yang spektakuler, terkadang setiap pemain dan negara selalu berjuang untuk menciptakan rekornya masing-masing dalam Piala Dunia. Hal ini tak hanya akan menjadi kenangan dalam fakta unik Piala Dunia tapi juga meningkatkan citra dari negara tersebut secara global. Lantas apa saja fakta-fakta unik Piala Dunia yang tercatat selama ini? Mari simak daftarnya berikut ini.

1. Piala Dunia 2010 ditonton hampir 50% populasi dunia

Sansekerta

Fakta unik Piala Dunia yang pertama yaitu pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. Hampir sekitar 3,2 miliar orang di selulur dunia menonton setidaknya satu hingga lima menit Piala Dunia. Bila dihitung dengan skala matematika, maka 3,2 miliar orang tersebut setara dengan 46% populasi dunia.

Tentu hal tersebut merupakan prestasi yang sangat luar biasa dan sulit untuk dicapai oleh turnamen dari olahraga lainnya. Data-data ini dikumpulkan oleh FIFA setelah Piala Dunia 2010 usai.

2. Inggris tidak mengikuti tiga gelaran awal Piala Dunia

fakta unik piala dunia
Okezone

Inggris merupakan negara papan atas dalam dunia sepakbola, selain itu Inggris juga menjadi negara asal sepakbola lahir. Namun, di tiga gelaran awal Piala Dunia, Inggris justru tidak mengikutinya. Pada Piala Dunia pertama Inggris merasa mereka teralalu hebat untuk Piala Dunia.

Sementara pada Piala Dunia 1934 yang berlangsung di Italia dan Piala Dunia 1938 yang berlangsung di Prancis, Inggris juga tidak mengikuti Piala Dunia tanpa alasan yang jelas. Inggris baru ikut Piala Dunia pada tahun 1950.

3. Piala Dunia 1942 dan 1946 tidak dilaksanakan

Kompas

Ini mungkin menjadi fakta unik Piala Dunia yang baru Sedulur ketahui. Bahwa ada saatnya Piala Dunia tidak dilaksanakan, hal ini terjadi pada Piala Dunia 1942 dan 1946. Hal tersebut disebabkan karena kondisi dunia yang tengah berlangsungnya Perang Dunia II.

FIFA sebagai organisasi yang mengatur sepakbola dunia sekaligus penyelenggara Piala Dunia, memutuskan untuk tidak menggelar Piala Dunia hingga perang selesai dan kondisi dunia cukup kondusif. Akhirnya, pada tahun 1950, Piala Dunia kembali digelar setelah absen dua kali.

4. Negara paling banyak menang

fakta unik piala dunia
Akseleran

Selama perhelatan Piala Dunia berlangsung, Brasil merupakan negara yang paling banyak menang. Tercatat, 73 kemenangan berhasil ditorehkan oleh Brasil. Brasil juga merupakan negara yang paling banyak memenangkan Piala Dunia, yaitu sebanyak 5 kali.

Diurutan selanjutnya diduduki oleh Jerman yang mengantongi 67 kemenangan, urutan ketiga ada Italia yang mengantongi 45 kemenangan.

5. Penampilan final terbanyak

Okezone

Fakta unik Piala Dunia selanjutnya yaitu berkaitan dengan negara yang berhasil masuk final terbanyak. Meskipun Brasil merupakan negara yang banyak memenangkan gelar Piala Dunia, namun ternyata Jerman merupakan negara yang paling sering masuk final.

Tercatat Jerman memasuki babak final Piala Dunia sebanyak 8 kali, hal tersebut terjadi pada gelaran Piala Dunia tahun 1954, 1966, 1974, 1982, 1986, 1990, 2002 dan 2014.

6. Negara paling banyak kalah

fakta unik piala dunia
Detik

Jika Brasil negara paling banyak menang dalam pertandingan sekaligus yang paling banyak meraih gelar juara dan Jerman negara paling banyak masuk final, nasib buruk bagi Meksiko yang tercatat sebagai negara yang paling banyak kalah.

Tercatat sebagai fakta unik Piala Dunia, Meksiko mengantongi 27 kekalahan selama mereka mengikuti Piala Dunia.

7. Pertandingan terbanyak

Bola

Brasil dan Jerman merupakan negara papan atas dan paling sukses selama gelaran Piala Dunia. Tidak heran kedua negara tersebut seringkali berbagi rekor. Tercatat Brasil dan Jerman merupakan negara yang mengikuti pertandingan terbanyak, yaitu sekitar 109 pertandingan selama Piala Dunia.

Wajar jika Brasil dan Jerman selalu masuk dalam rekor-rekor yang dicatat oleh FIFA untuk Piala Dunia, karena dua negara tersebut merupakan negara yang paling unggul mencatat rekor dalam Piala Dunia.

8. Trofi dan uang tunai

fakta unik piala dunia
Liputan6

Fakta unik Piala Dunia selanjutnya yaitu berkaitan dengan trofi dan bonus uang tunai. Trofi yang didapatkan pemenang Piala Dunia menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Pemenang pun akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai.

Total hadia yang dikeluarkan untuk gelaran Piala Dunia yaitu £335 juta atau setara dengan Rp5,4 triliun. Pada Piala Dunia tahun 2022 ini, pemenang akan menerima £32 juta atau setara dengan Rp521 milyar, sementara setiap tim di bawahnya juga akan mendapatkan hadiah jutaan poundsterling.

9. Piala Dunia identik dengan kelahiran bayi

JPNN

Fakta unik Piala Dunia ini sangat menarik. Terdapat beberapa peneliti yang melakukan riset dan menunjukan bahwa Piala Dunia dapat menyebabkan angka kelahiran bayi yang meningkat, terutama di negara yang menjadi tuan rumah Piala Dunia. Fakta Piala Dunia memicu kehamilan tidak bisa dipercaya.

Pada Piala Dunia 2006 yang berlangsung di Jerman, sembilan bulan setelah kompetisi, Jerman mengalami lonjakan kelahiran bayi. Sekitar 10% tingkat kelahiran Jerma meningkat.a

10. Piala Dunia Wanita terselenggara untuk pertama kali

fakta unik piala dunia
Pojoksatu

Meskipun sepakbola identik dengan olahraga untuk pria, namun bukan berarti wanita tidak boleh memainkan olahraga satu ini. Dari serangkaian gelaran Piala Dunia, turnamen Piala Dunia Wanita untuk pertama kalinya terselenggara pada tahun 1991.

Pada gelaran Piala Dunia Wanita 1991, pertandingan hanya berlangsung selama 80 menit. 10 menit lebih singkat dari sepakbola pria. Banyak pertimbangan yang terjadi, salah satunya mungkin karena kondisi fisik wanita itu sendiri.

BACA JUGA: Daftar Juara Piala Dunia Terbanyak Sejak 1930, Ada yang 5 Kali!

Piala Dunia 2022 menjadi yang paling mahal

FIFA

Di luar fakta di atas, rekor baru tercipta. Piala Dunia 2022 di Qatar menjadi salah satu helatan Piala Dunia yang paling mahal jika dibandingkan dengan Piala Dunia sebelumnya. Sebelum ditunjuk sebagai tuan rumah, Qatar baru memiliki stadion sepakbola.

Setelah resmi ditunjuk, Qatar melakukan pembangunan besar-besaran dan mengeluarkan dana sekitar 200 miliar USD, semuanya dilakukan agar Piala Dunia bisa berlangsung dengan lancar. Hal ini tentu saja akan dicatat dalam sejarah Piala Dunia dan akan menjadi fakta unik sekaligus menarik.

Piala Dunia 2022 di Qatar saat ini hampir usai, hanya tersisa laga final yang akan tayang pada 18 Desember 2022 yang lalu. Tentu Sedulur jangan sampai melewatkan pertandingan penting tersebut dan ikut bagian menjadi saksi negara yang akan menjadi juara Piala Dunia 2022.

Untuk menemani menonton final Piala Dunia 2022, Sedulur bisa menyiapkan camilan pelengkap agar suasana menonton semakin meriah lagi. Lagi pula, akan hambar rasanya jika nonton bola tidak dilengkapi dengan berbagai camilan.

Sedulur bisa pesan camilan nonton final Piala Dunia di Aplikasi Super. Mulai dari aneka camilan kacang-kacangan, hingga berbagai minuman kemasan tersedia di sini. Sedulur hanya tinggal memilih pesanan, lalu order dan camilan akan tiba di rumah Sedulur tanpa harus repot membeli langsung.

Manfaatkan kemudahan belanja aneka camilan hanya di Aplikasi Super, Sedulur juga bisa mendapatkan manfaat lain seperti harga murah, gratis ongkir dan banyak promo hingga cashback yang bisa Sedulur dapatkan. Jadi buruan download dan belanja di Aplikasi Super sekarang juga!