Ingin mempunyai ladang cuan yang melimpah? Simak cara budidaya udang vaname, bisa jadi alternatif pemasukan bulanan!

Udang vaname merupakan salah satu makanan laut yang memiliki cita rasa nikmat. Banyak yang telah melakukan budidaya udang air tawar dan mendapatkan keuntungan. Sedulur bisa mengikuti langkah tersebut dan melakukan cara budidaya udang vaname untuk tambahan pemasukan bulanan.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas beberapa tips dan trik cara ternak udang vaname. Bisnis tambak udang bisa semakin berkembang dan Sedulur bisa mengajukan proposal usaha tambak udang vaname agar bisa lebih berkembang.

Agar semakin mantap dan stabil usaha budidaya udang vaname, Sedulur juga bisa melakukan analisa usaha tambak udang vaname. Seperti apa tips dan trik budidaya udang air tawar di kolam terpal atau juga cara budidaya udang vaname di tambak? Yuk, simak langkahnya di bawah ini.

-->

Baca Juga: 11 Cara Jitu Budidaya Tanaman Obat di Rumah

Tips dan Trik Budidaya Udang Vaname, Alternatif Penghasilan Tambahan!

1. Persiapan Lokasi Budidaya

1. Persiapan Lokasi Budidaya
bulelengkab.go.id

Langkah pertama yang harus Sedulur lakukan adalah dengan mempersiapkan lokasi budidaya. Dengan itu Sedulur bisa memperkirakan ukuran kolam. Jika Sedulur memiliki lahan yang cukup luas di rumah, Sedulur bisa melakukan budidaya udang air tawar di rumah.

Sedulur bisa memilih lokasi tambak udang vaname menggunakan air tawar di kolam terpal atau juga kolam biasa. Biasanya, budidaya udang vaname menggunakan air tawar. Namun saat ini, kolam terpal merupakan lokasi dan media yang paling tepat untuk digunakan untuk budidaya udang.

Sebelum memulai untuk budidaya, jangan lupa untuk melakukan pemberantasan hama. Karena hama bisa memangsa udang vaname kapan saja. Jangan sampai, hama bisa menyebabkan kegagalan budidaya.

2. Pengisian Air Kolam

2. Pengisian Air Kolam
tanilogic.com

Langkah selanjutnya budidaya udang vaname adalah mengisi air kolam. Perhatikan air kolam dan isi dengan secara bertahap. Diamkan air kolam selama 1 minggu hingga 2 minggu. Hal ini bisa menghilangkan bau karet pada air kolam. Sebelum memasukkan bibit udang vaname, Sedulur bisa membuat air kolam dan diganti dengan air baru.

Lalu, lakukan juga fermentasi kolam yang digunakan untuk budidaya udang vaname. Fermentasi dengan menggunakan probiotik dan ditambahkan garam agar air kolam menjadi payau. Hal ini baik untuk pertumbuhan bibit udang dalam melakukan budidaya udang vaname.

3. Masukkan Bibit Udang Vaname

3. Masukkan Bibit Udang Vaname
8villages.com

Langkah selanjutnya dalam budidaya udang vaname memasukkan bibit udang, namun jangan lupa juga untuk memilih bibit unggul. Pilih bibit unggul, pertimbangkan usia bibit udang dan juga ukurannya. Sedulur bisa melakukan pembibitan udang dengan cara melihat bibit udang dari cara berenangnya, jika bibit berenang melawan arus, hal tersebut menunjukan bibit udang vaname tidak cacat dan memiliki luka.

Lalu selanjutnya melakukan penebaran bibit udang. Benur merupakan nama anak udang vaname yang bisa disebar kapan saja, jika beberapa langkah di atas telah dilakukan. Namun jangan lupa memperhatikan aklimatisasi suhu air dalam kolam. Perhatikan waktu penebaran bibit udang vaname, sebaiknya dilakukan sore hari agar sinar matahari tidak terlalu menyengat.

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Lele Super Mudah & Modal Kecil

4. Pemeliharaan Udang Vaname

4. Pemeliharaan Udang Vaname
tribunnews.com

Langkah selanjutnya dalam budidaya udang vaname adalah melakukan pemeliharaan. Pemeliharaan yang wajib Sedulur lakukan adalah dengan memantau dan memelihara suhu air pada kolam. Terutama kandungan PH air dalam kolam dan juga kandungan oksigen yang terdapat dalam kolam

Hal ini penting dalam masa pertumbuhan udang vaname dalam budidaya udang vaname. Kandungan PH dan oksigen dalam air kolam merupakan hal yang penting dalam mendukung pertumbuhan udang vaname. Sedulur bisa memperhatikan hal ini, agar saat panen bisa mendapatkan udang dengan ukuran yang besar.

5. Waktu Pemberian Pakan Udang Vaname

5. Waktu Pemberian Pakan Udang Vaname
detik.com

Langkah selanjutnya yang wajib Sedulur lakukan budidaya udang vaname adalah memberikan pakan udang. Hal ini penting, agar udang dapat tumbuh dengan baik dan dipanen dengan sukses. Sedulur bisa memberikan protein tinggi dengan persentase 30%, Sedulur bisa memberikan pakan untuk udang sebanyak 3 hingga 4 kali sehari.

Udang vaname yang baik saat panen adalah udang yang mendapatkan pakan yang cukup dan sesuai takaran. Maka dari itu hal ini merupakan langkah yang paling penting.

6. Pembersihan Air Kolam

6. Pembersihan Air Kolam
kompas.com

Langkah penting dalam melakukan budidaya udang adalah melakukan pembersihan air kolam, hal ini sangat penting karena akan mempengaruhi kesehatan udang. Udang yang sehat akan siap panen, sedangkan udang yang sakit tidak layak untuk dipanen. Untuk menjaga kesehatan udang, pembersihan air kolam sangat penting.

7. Proses Panen

7. Proses Panen
bisnis.com

Langkah selanjutnya adalah proses panen. Udang Vaname bisa dipanen ketika sudah berusia 4-6 bulan. Kriteria dari ukuran udang vaname yang ideal sehingga lebih mudah untuk dikuras dengan baik. Proses panen merupakan akhir dari proses budidaya udang vaname, dan Sedulur bisa menjualnya ke pasar dan menghitung pemasukan yang didapat. Lalu berapa modal yang harus disiapkan untuk melakukan budidaya udang vaname? Simak perkiraannya di bawah ini.

Estimasi Modal untuk Budidaya Udang Vaname

Estimasi Modal untuk Budidaya Udang Vaname
channel8.id

Berikut ini daftar perkiraan untuk melakukan pembibitan udang vaname, wajib Sedulur catat

Modal Tempat dan Alat

LahanRp
KolamRp 7.000.000 x 3 = Rp 21.000.000
BlowerRp 4.500.000
Peralatan suplai oksigen kolam Rp 5.000.000

Modal/ Biaya

Harga telur udang vaname 1 juta telurRp 650.000
Ambil 2,5 juta untuk telur makanRp 1.625.000 x 3 (kolam) = Rp 4.875.000
Pakan flekRp 1.500.000
Tenaga kerja/panenRp 750.000

TOTAL = Rp 37.625.000

Perkiraan harga di atas merupakan gambaran umum dan gambaran kasar. Sedulur tentu saja bisa menghemat pengeluaran jika Sedulur memiliki lahan tempat kolam untuk udang. Karena biaya untuk kolam atau tambak merupakan biaya yang paling mahal dalam melakukan budidaya udang.

Sedulur bisa melakukannya secara bertahap, dan bisa mengumpulkan uang terlebih dahulu. Menabung merupakan cara yang tepat untuk dapat mengumpulkan uang agar bisa melakukan budidaya udang. Sedulur bisa mendapatkan uang untuk modal dengan mengumpulkan sedikit demi sedikit.

Hal tersebut bisa Sedulur dapatkan dengan membeli kebutuhan sehari-hari yang hemat. Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super menyediakan setiap kebutuhan sehari-hari dengan harga murah dan kualitas yang baik, hal ini akan sangat membantu dalam proses menabung. Sedulur bisa mendapatkan uang dengan cepat.

Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super. Gunakan Aplikasi Super mulai dari sekarang agar bisa mendapatkan uang untuk memulai budidaya udang seperti dalam langkah yang dijelaskan di atas. Selamat mencoba dan semoga Sedulur bisa mendapatkan keuntungan yang melimpah setiap bulannya, atau bahkan setiap harinya.