cara menghilangkan tahi lalat

Tahi lalat merupakan bercak atau benjolan kecil dengan warna coklat atau hitam pada kulit. Tahi lalat bisa berada atau terbentuk dimana saja, baik tunggal atau berkelompok. Sebagian besar orang akan memiliki 10 hingga 40 tahi lalat yang biasanya akan berubah atau memudar seiring berjalannya waktu. Bagi sebagian orang tahi lalat bersifat mengganggu, sehingga mereka sering mencari cara menghilangkan tahi lalat tersebut. 

Tahi lalat biasanya bersifat jinak dan tidak berbahaya. Meskipun begitu, tahi lalat juga dapat bersifat ganas karena merupakan salah satu ciri-ciri melanoma. Tahi lalat yang ganas ini harus segera dihilangkan karena merupakan ciri-ciri timbulnya kanker pada kulit. Namun, tahi lalat yang tidak ganas dapat dibiarkan saja atau dihilangkan sesuai dengan keputusan masing-masing.

Selain cara menghilangkan tahi lalat mati dengan pasta gigi, berikut adalah beberapa cara menghilangkan tahi lalat dengan cepat secara alami yang dapat Sedulur coba lakukan di rumah.

BACA JUGA: 10 Manfaat Skipping untuk Kesehatan dan Cara Melakukannya

-->

1. Bawang putih

cara menghilangkan tahi lalat
iStock

Cara cara menghilangkan tahi lalat dengan bawang putih dipercaya beberapa orang mampu mengurangi atau menghilangkan total tahi lalat yang ada pada tubuh. Hal ini karena bawang putih mengandung enzim yang dapat melarutkan enzim yang mampu melarutkan gugus se; penyebab tahi lalat.

Caranya dengan menumbuk bawang putih hingga halus lalu mengoleskannya pada tahi lalat dan menutupnya dengan perban. Biarkan selama beberapa jam atau semalaman supaya enzim mampu meresap secara maksimal. Langkah tersebut dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu hingga ukuran dan warna tahi lalat dapat menghilang dengan sendirinya. 

2. Minyak oregano

cara menghilangkan tahi lalat
iStock

Cara kedua adalah menggunakan minyak esensial oregano. Karena minyak ini memiliki efek keras untuk kulit, maka harus diencerkan dengan minyak lain, seperti minyak jarak. Kombinasi kedua minyak tersebut dipercaya dapat membantu menghilangkan tahi lalat secara alami. Sedulur dapat mengoleskan kombinasi minyak tersebut beberapa kali dalam sehari selama beberapa minggu untuk hasil yang memuaskan. 

BACA JUGA: 13 Cara Membuat Jus Buah Naga Enak, Segar & Sehat

3. Campuran baking soda dan minyak jarak

cara menghilangkan tahi lalat
iStock

Selain kombinasi antara minyak oregano dengan minyak jarak, salah satu cara lain yang dapat digunakan adalah dengan mencampurkan baking soda dengan minyak jarak. Hal ini karena campuran minyak jarak dan baking soda akan menghasilkan sediaan berbentuk salep yang dapat digunakan untuk menghilangkan tahi lalat jika dioleskan secara teratur selama beberapa minggu. Baking soda akan mengeringkan tahi lalat, sementara minyak jarak akan membantu melindungi kulit. 

4. Tea tree oil

cara menghilangkan tahi lalat
iStock

Selanjutnya adalah menggunakan minyak esensial tea tree oil. Cara ini dipercaya sebagian orang karena minyak esensial tea tree telah diteliti dan terkenal memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi. Beberapa orang bahkan mengklaim bahwa mengoleskan minyak esensial tea tree beberapa hari sekali dalam beberapa bulan dapat membuat tahi lalat menghilang. Namun, Sedulur tetap harus memperhatikan bahwa minyak ini sangat kuat dan akan beracun ketika tidak sengaja tertelan. 

5. Iodine

cara menghilangkan tahi lalat
iStock

Cara selanjutnya adalah menggunakan iodine. Cara ini biasa digunakan bersama dengan petroleum jelly untuk melindungi kulit karena iodine bisa membakar kulit. Selain itu, iodin juga beracun sehingga tidak disarankan untuk diaplikasikan pada kulit yang rusak. Cara penggunaannya cukup mudah, yakni dengan mengoleskan iodine dalam konsentrasi tertentu selama beberapa minggu hingga tahi lalat mengelupas. 

BACA JUGA: 10 Manfaat Plank untuk Kesehatan Tubuh Beserta Caranya

6. Lidah buaya

cara menghilangkan tahi lalat
iStock

Cara alami menghilangkan tahi lalat selanjutnya adalah menggunakan lidah buaya. Tanaman ini telah diakui memiliki banyak khasiat pada kulit sehingga beberapa orang mempercayai bahwa gel lidah buaya dapat membantu menghilangkan tahi lalat jika digunakan secara teratur. 

Tidak hanya menggunakan tanaman secara langsung, Sedulur juga dapat menggunakan produk yang mengandung gel lidah buaya dalam treatment menghilangkan tahi lalat ini. Namun perlu diperhatikan bahwa Sedulur tidak memiliki alergi terhadap lidah buaya sebelum menggunakannya. 

7. Minyak kelapa

cara menghilangkan tahi lalat
iStock

Selain minyak jarak dan minyak oregano, minyak kelapa juga dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti menghilangkan tahi lalat. Meskipun belum ada penelitian yang menyatakan keakuratan asumsi ini, namun sebagian orang percaya bahwa mengoleskan minyak kelapa setiap hari dapat membantu memperkecil ukuran tahi lalat yang dimiliki.

8. Lemon

cara menghilangkan tahi lalat
iStock

Cara menghilangkan tahi lalat kecil di wajah juga dapat menggunakan sari lemon. Perasan air lemon diyakini mampu menghilangkan tahi lalat jika digunakan secara teratur. Caranya dengan mengoleskan air perasan lemon pada tahi lalat beberapa kali dalam sehari hingga tahi lalat tersebut memudar dan benar-benar hilang. 

BACA JUGA: 20 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan & Cara Mengolahnya

9. Kentang

cara menghilangkan tahi lalat
iStock

Meskipun terdengar asing, namun penggunaan kentang sebagai cara menghilangkan tahi lalat hidup di mata menjadi salah satu yang cara yang dapat dicoba. Kentang dipercaya memiliki efek pemutih alami. Meskipun tidak sepenuhnya hilang, namun cara ini mampu memudarkan tahi lalat seiring berjalannya waktu. 

10. Minyak esensial Frankincense

cara menghilangkan tahi lalat
iStock

Minyak lain yang dapat digunakan dalam menghilangkan tahi lalat adalah minyak esensial Frankincense atau kemenyan. Hal ini karena minyak esensial frankincense dilaporkan memiliki khasiat untuk membantu menyerap minyak dan mengeringkan kulit. 

Sedulur dapat mengoleskan minyak kemenyan setiap hari karena dipercaya mampu membuat tahi lalat mengering, mengelupas, dan hilang. Namun, perlu diperhatikan bahwa minyak kemenyan harus selalu diencerkan dengan minyak pembawa seperti minyak almond atau minyak kelapa sebelum dioleskan ke kulit untuk mencegah terjadinya iritasi.

11. Cuka apel

cara menghilangkan tahi lalat
iStock

Cara lain untuk menghilangkan tahi lalat secara alami yaitu dengan menggunakan cuka apel. Cara ini dapat Sedulur gunakan karena cuka apel memiliki jenis zat asam yang mampu menyamarkan tahi lalat hingga benar-benar hilang dari permukaan kulit. Sedulur dapat mengaplikasikan cuka apel secara langsung pada tahi lalat yang ingin dihilangkan. Namun, yang perlu diperhatikan para pemilik kulit sensitif adalah jangan lupa untuk mengencerkan konsentrasi cuka apel terlebih dahulu.

BACA JUGA: 14 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Cepat, Sehat & Aman

12. Minyak biji rami

cara menghilangkan tahi lalat
iStock

Cara selanjutnya adalah menggunakan minyak biji rami. Hal ini karena menurut beberapa penelitian, minyak biji rami diketahui memiliki khasiat yang bisa membantu menyembuhkan luka dan mengatasi masalah kulit lain lainnya. Oleh karena itu, orang-orang juga menggunakan minyak biji rami untuk menghilangkan flek hitam, noda di wajah, hingga tahi lalat. 

13. Madu

cara menghilangkan tahi lalat
iStock

Madu merupakan salah satu cairan penuh khasiat yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan tahi lalat hidup di wajah tanpa bekas. Hal ini karena madu memiliki sifat antioksidan dan sifat anti inflamasi. Beberapa orang bahkan percaya bahwa mengoleskan madu akan membuat tahi lalat memudar dalam beberapa hari saja. Namun untuk hasil yang maksimal, Sedulur dapat menggunakannya secara teratur. 

14. Kulit pisang

cara menghilangkan tahi lalat
iStock

Cara terakhir adalah dengan kulit pisang. Hal demikian dapat dilakukan karena kulit pisang mengandung enzim dan asam tertentu yang dapat membantu menghilangkan tahi lalat. Selain itu, manfaat pisang pada kulit juga dapat digunakan sebagai pelembab pada kulit kering.

BACA JUGA: 18 Manfaat Renang Secara Rutin, Baik untuk Kesehatan Tubuh

Meskipun Sedulur bisa menggunakan 14 cara menghilangkan tahi lalat di atas, namun alangkah lebih baik jika Sedulur menggunakan cara medis untuk yang lebih jelas khasiatnya. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan.

Cara menghilangkan tahi lalat dengan bantuan medis

cara menghilangkan tahi lalat
iStock

1. Eksisi cukur

Cara menghilangkan tahi lalat dengan bantuan medis yang pertama adalah menggunakan alat tipis seperti pisau cukur dengan elektroda kecil pada bagian ujungnya untuk mengiris tahi lalat. Setelah langkah tersebut dilakukan, dokter biasanya akan memeriksa tahi lalat di bawah mikroskop untuk melihat ada atau tidaknya tanda-tanda melanoma atau kanker kulit. 

2. Eksisi bedah

Selain metode eksisi cukur, dokter biasanya juga akan menggunakan metode eksisi bedah jika tahi lalat yang akan dihilangkan berukuran besar. Dokter akan membius area di sekitar tahi lalat lalu memotong tahi lalat beserta jaringan kulit di sekitarnya dengan pisau bedah. Selanjutnya, dokter akan menutup luka bekas pembedahan dengan jahitan dan akan melakukan pemeriksaan ada tidaknya kanker kulit pada jaringan tersebut.  

3. Bedah laser

Merupakan cara menghilangkan tahi lalat dengan laser untuk menghancurkan sel-sel tahi lalat yang ada di permukaan kulit. Akan tetapi, cara ini dapat menimbulkan risiko terbentuknya jaringan parut dan hiperpigmentasi pada kulit. Oleh karena itu, Sedulur dapat mempertimbangkan lagi bila ingin menggunakan cara ini.

Karena risiko yang biasanya muncul setelah menjalani cara menghilangkan tahi lalat secara medis adalah infeksi bekas luka, maka Sedulur harus sebisa mungkin menjaga luka agar tetap bersih dan tertutup. Prosedur penghilangan tahi lalat adalah tindakan medis yang harus dilakukan oleh dokter spesialis kulit atau dokter bedah. Oleh sebab itu, sebenarnya Sedulur tidak disarankan untuk menghilangkannya sendiri di rumah karena akan berisiko menimbulkan infeksi dan perdarahan.

Nah, itulah informasi mengenai cara menghilangkan tahi lalat dengan cara yang alami secara aman. Meskipun beberapa cara di atas dapat dilakukan sendiri, namun alangkah lebih baik jika Sedulur meminta bantuan kepada dokter atau tenaga profesional. Pertimbangan dan penjelasan dokter mengenai cara menghilangkan tahi lalat juga perlu dijadikan rujukan agar Sedulur tidak merasa ragu atau menyesalinya di kemudian hari. Selamat mencoba!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.