cara menghilangkan karang gigi

Banyak orang yang sampai saat ini masih mengalami masalah dengan karang gigi. Walaupun terkesan sederhana dan seringkali diabaikan, ternyata karang gigi dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan mulut. Lalu bagaimana cara menghilangkan karang gigi? 

Sejatinya, gigi itu ditutupi oleh enamel, zat paling keras yang ada di dalam tubuh manusia. Meskpun begitu, gigi tak serta merta bebas dari berbagai hal yang mengancam kesehatannya. Apabila plak dibiarkan menumpuk dan akhirnya mengeras, tentunya berisiko terkena karang gigi.

Sebenarnya cara untuk mencegah karang gigi ini adalah dengan selalu menjaga kebersihan mulut. Jika karang gigi sudah menyebar, perlu segera dibersihkan. Bagi Sedulur yang tidak mau ke dokter gigi, tidak usah khawatir. Berikut ini cara menghilangkan karang gigi yang sudah keras secara ampuh.

BACA JUGA: 7 Cara memutihkan Gigi Kuning Membandel di Rumah, Ampuh!

-->

1. Soda kue

cara menghilangkan karang gigi secara alami
pixabay

Penggunaan soda kue atau juga sering disebut sebagai baking soda merupakan cara menghilangkan karang gigi yang sudah menebal paling aman dan ampuh. Bahan ini akan berperan dengan menghilangkan plak tanpa merusak bagian email.

Menurut studi dari Science Direct berhasil menunjukkan jika pasta gigi yang mengandung soda kue mungkin lebih efektif dalam menghilangkan plak dalam mulut dibandingkan dengan pasta gigi konvensional. Soda kue ini juga dapat melindungi dari demineralisasi, yaitu sebuah proses kimia yang dapat menghilangkan kalsium pada email gigi. Ini bisa terjadi karena kandungan pH dalam baking soda yang amat tinggi tinggi.

Jadi soda kue ini membantu menyeimbangkan tingkat pH pada mulut dan menjaga agar email tidak hilang. Cara yang satu ini memang sangat efektif karena soda kue juga bersifat antimikroba yang bisa mencegah kerusakan pada gigi. Bahkan menurut penelitian yang lain berhasil menunjukkan jika soda kue dapat  mengurangi jumlah Streptococcus mutan secara signifikan.

2. Cuka putih

cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras
pixabay

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras berikutnya adalah dengan menggunakan cuka putih. Cuka putih sendiri merupakan cairan asam asetat dan dinilai sangat efektif untuk membasmi berbagai bakteri di mulut dan mencegah timbulnya infeksi.

Untuk membersihkan karang gigi dengan cuka putih ini cukup mudah, kok. Langsung saja, simak beberapa langkah yang ada di bawah ini:

  1. Masukkan 2 sdm cuka putih ke dalam setengah cangkir air hangat
  2. Setelah itu, tambahkan satu sendok garam lalu aduk hingga merata
  3. Gunakan campuran tersebut untuk berkumur sekali sehari

Supaya karang gigi yang menumpuk di antara gigi dan gusi bisa lebih cepat hilang, maka Sedulur bisa berkumur dengan campuran cuka putih dan garam ini secara rutin dan teratur.

3. Minyak kelapa

cara menghilangkan karang gigi dalam 1 hari
pixabay

Bisa dibilang minyak kelapa memiliki manfaat yang sangat penting dalam melindungi gigi. Hal ini karena minyak kelapa mampu menghilangkan bakteri dan juga menjaga kesehatan mulut. Pembersihan karang gigi dengan menggunakan minyak kepala cukup ampuh karena minyak yang tertimbun akan ditarik.

Itu bisa terjadi lantaran sifat antiinflamasi dan antioksidan yang terkandung dalam minyak kelapa. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung asam lemak dan asam laurat yang bersifat antimikroba. Cara menghilangkan karang gigi secara alami dengan minyak kelapa adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan 1 satu sendok makan minyak kelapa lalu hangatkan
  2. Jika sudah, gunakan minyak kelapa tersebut untuk kumur antara 5-10 menit
  3. Jangan ludahkan minyak tersbebut ke dalam WC atau wastafel karena bisa menyumbat pipa air

Tidak hanya minyak kelapa, ada beberapa jenis minyak lain yang juga efektif untuk menghilangkan karang gigi. Beberapa di antaranya seperti minyak zaitun, minyak almond, juga minyak wijen.

4. Lidah buaya

cara menghilangkan karang gigi dengan garam
pixabay

Lidah buaya sangat terkenal dengan berbagai manfaatnya untuk kesehatan manusia. Hal itu juga termasuk manfaat untuk membersihkan karang gigi. Melansir dari Abdoney Orthodentics, sifat antimikroba dalam lidah buaya ini mampu membunuh bakteri yang menyebabkan karang gigi dan juga melawan bau mulut. Berikut ini cara membersihkan karang gigi dengan menggunakan lidah buaya dan gliserin:

  1. Pertama, campurkan 1/2 sdm cangkir baking soda dengan air satu cangkir
  2. Kemudian masukkan 1 sdm gel lidah buaya
  3. Tambahkan 4 sdmta gliserin nabati
  4. Campur semua bahan hingga merata dan gunakan campuran ini untuk menggosok gigi.

Jika Sedulur tidak mau terlalu ribet, maka bisa langsung mengaplikasikan gel lidah buaya ke bagian gigi. Tunggu saja selama kurang lebih 10 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air sampai bersih.

5. Buah yang tinggi vitamin C

cara menghilangkan karang gigi yang sudah menebal
pixabay

Bagi Sedulur yang merasa khawatir dengan penggunaan cuka atau cairan asam lainnya, ada alternatif lain yang bagus dan juga sangat aman untuk membersihkan karang gigi. Alternatif yang dimaksud adalah dengan menggunakan makanan yang kaya vitamin c.

Buah-buahan semacam jeruk dan lemon adalah sumber vitamin c yang sangat baik, terlebih lagi dengan sifatnya yang sedikit asam. Hanya dengan satu buah, Sedulur akan memperoleh kalsium dan sifat antimikroba. Untuk membersihkan karang gigi dengan buah bervitamin c, adalah seperti berikut.

  1. Cukup siapkan kulit jeruk atau lemon yang masih segar
  2. Kemudian oleskan kulit tersebut di bagian dekat dengan garis gusi
  3. Lalu diamkan saja sampai kurang lebih 15 menit
  4. Jika sudah, bilas dengan berkumur air hingga bersih
  5. Kemudian hancurkan daging buah lemon atau jeruk tersebut
  6. Tambahkan sedikit garam dan air untuk membuat sebuah larutan pasta gigi
  7. Sedulur bisa menggunakannya untuk menggosok gigi

Banyak yang mengatakan jika metode ini adalah cara menghilangkan karang gigi dalam 1 hari. Ya, walaupun tidak benar-benar hanya dalam 1 hari, namun paling tidak proses penghilangan karang gigi terjadi dalam waktu yang cepat.

6. Mempraktikkan kebersihan mulut

kebersihan mulut
pixabay

Selanjutnya adalah dengan mempraktikkan kebersihan mulut yang baik secara teratur. Oleh sebab itu, American Dental Association (ADA) juga merekomendasikan untuk menyikat gigi minimal dua kali dalam satu hari dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Dilansir dari Medical News Today, menyarankan untuk menggunakan flossing atau benang gigi sekali dalam sehari. Flossing akan membantu menghilangkan plak dan sisa makanan di sela-sela gigi dan juga area yang sulit dijangkau oleh sikat gigi.

Jika flossing sudah dilakukan, maka sikat gigi juga akan menghilangkan plak di bagian permukaan gigi. Jika semua sudah dilakukan, akhiri dengan membilas mulut dengan obat kumur, agar mulut mendapat perlindungan secara ekstra.

BACA JUGA: Arti Mimpi Gigi Copot Menurut Islam dan Psikologi, Pertanda Apa?

7. Biji Wijen

biji wijen
pixabay

Cara alami menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras berikutnya adalah dengan menggunakan biji wijen. Nantinya, biji wijen akan diaplikasikan sebagai scrub. Sedulur hanya perlu mengunyah segenggam biji wijen selama beberapa saat. Namun jangan sampai wijen tersebut tertelan, ya.

Dengan kondisi biji wijen yang masih ada di dalam mulut, Sedulur bisa sembari menyikat gigi untuk menggosok karang gigi. Scrub dari biji wijen ini, akan membantu Sedulur dalam membersihkan noda secara hati-hati.

8. Daun dan buah jambu biji

jambu biji
pixabay

Mungkin banyak yang tidak menyangka jika hasil perpaduan dari buah dan daun jambu biji cukup efektif dalam membersihkan karang gigi. Jadi, kamu hanya perlu mencuci beberapa lembar daun jambu biji dengan air bersih. Setelah itu, kunyah daun tersebut dan buang.

Tidak hanya itu, Sedulur juga bisa memakan jambu biji yang masih mentah. Namun sebelum itu, taburkan sedikit garam di atasnya buah tersebut. Jambu biji ini memang dipercaya mampu meredakan masalah gusi karena sifat antiinflamasi yang dimilikinya. Pembengkakan dan nyeri pada gusi pun bisa diantisipasi.

9. Minyak esensial rosemary

Minyak esensial rosemary
pixabay

Ramuan dari minyak esensial rosemary juga bisa Sedulur manfaatkan untuk membersihkan dan menghilangkan karang gigi. Caranya juga cukup mudah yakni dengan memasukkan dua tetes minyak rosemary ke dalam 1 sdm air atau bisa juga menggunakan minyak kelapa.

Gunakan ramuan tersebut untuk berkumur dua kali sehari. Lakukan hal tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Nah, minyak rosemary ini mempunyai sifat antibakteri yang bisa membantu Sedulur dalam mengatasi masalah gigi, termasuk juga dengan karang gigi.

BACA JUGA: Kisaran Biaya Tambal Gigi, Jenis dan Prosedurnya, Bisa Mahal & Murah

10. Cengkeh

Cengkeh
pixabay

Cengkeh merupakan kuncup bunga kering yang mampu mengeluarkan aroma khas yang terasa sangat menenangkan. Selain untuk ketenangan, ternyata ada juga manfaatkan bubuk cengkeh untuk membersihkan karang gigi di mulut kita. Bagi yang belum tahu, berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan:

  1. Pertama, ambil 1 sdm bubuk cengkeh
  2. Kemudian masukkan minyak zaitun secukupnya, sampai membentuk seperti pasta
  3. Setelah itu, oleskan campuran tersebut pada area gigi
  4. Biarkan saja selama beberapa menit
  5. Jika sudah, langsung bilas dengan berkumur-kumur menggunakan air hangat sampai benar-benar bersih

Cengkeh ini akan berperan dalam melawan mikroba penyebab karang gigi yang ada di mulut. Jadi untuk mendapat hasil yang maksimal, tentu saja Sedulur harus melakukannya secara rutin.

11. Teh hitam

teh hitam
pixabay

Cara untuk membersihkan karang gigi yang berikutnya yakni dengan menggunakan teh hitam. Selain menghilangkan, teh hitam ini juga bisa mencegahnya datangnya lagi karang gigi di dalam mulut. Bisa dikatakan jika the hitam ini akan membantu dalam menghilangkan bakteri dan plak dalam mulut.

Sebenarnya tidak ada ketentuan atau tata cara khusus untuk menghilangkan karang gigi menggunakan teh hitam. Sedulur cukup menyeduh teh hitam ke dalam sebuah gelas. Kemudian gunakan seduhan tersebut untuk berkumur secara rutin.

12. Garam

garam
pixabay

Yang terakhir, ada cara menghilangkan karang gigi dengan garam. Tidak hanya menghilangkan, garam ini juga sangat efektif untuk mencegah timbulkan karang gigi dalam mulut. Ikut beberapa langkah berikut ini untuk menghilangkan karang gigi dengan garam.

  1. Siapkan dulu 1 sdm baking soda
  2. Kemudian masukkan sejumput garam, dan aduk hingga merata
  3. Gunakan pasta yang dihasilkan untuk menyikat gigi seperti biasa
  4. Pastikan seluruh permukaan gigi telah terkena, terutama pada bagian karang gigi
  5. Terakhir, kumur-kumur dengan air hingga bersih kembali

Itulah beberapa cara menghilangkan karang gigi yang bisa dicoba sendiri di rumah. Seperti yang telah diketahui, pembersihan karang gigi sendiri secara alami itu tidak akan secepat seperti ketika Sedulur pergi ke dokter gigi.

Namun tentu saja metode-metode di atas jauh lebih murah, jika dibandingkan menghilangkan karang gigi di dokter gigi. Jadi Sedulur memang dituntut untuk lebih bersabar, dan melakukan cara-cara di atas secara rutin.