cara memutihkan gigi

Cara memutihkan gigi mungkin menjadi pertanyaan bagi Sedulur. Sebab memiliki gigi yang putih, bersih, dan sehat adalah impian Sedulur bukan? Namun, faktor usia yang bertambah bisa membuat gigi menguning. Dilansir dari Kompas.com, gigi yang menguning karena pertambahan usia ini bisa terjadi karena ausnya enamel atau pelapis gigi. Saat enamel aus, jaringan di bawahnya yang disebut dentin jadi lebih kentara. Dentin ini yang biasanya berwarna kekuningan.

Namun, gigi yang menguning tak selalu disebabkan oleh pertambahan usia saja. Faktor pola hidup pun bisa membuat warna gigi berubah. Antara lain kebiasaan merokok, minum kopi dan teh, serta penumpukan karang gigi yang tidak ditangani. Agar kondisi tak semakin parah, Sedulur bisa mencoba cara memutihkan gigi dengan cepat yang kali ini akan dibahas oleh Aplikasi Super. Yuk simak!

BACA JUGA: Ini Dia 10 Manfaat Masker Beras Untuk Kulit Wajah Sehat Alami

1. Cara memutihkan gigi dengan baking soda

cara memutihkan gigi
Rafael Rocha from Unsplash

Hingga saat ini memang belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan bahwa baking soda bisa memutihkan gigi. Namun dilansir dari Halodoc, studi yang dipublikasikan di The Journal of Clinical Dentistry menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda secara signifikan lebih efektif menghilangkan noda kuning pada gigi daripada pasta gigi tanpa baking soda.

-->

Bagi Sedulur yang ingin mencoba memutihkan gigi dengan baking soda, Sedulur bisa mencampurkan 1 sendok teh baking soda dengan 2 sendok teh air pada sikat gigi. Kemudian sikat gigi dengan campuran tersebut. Sikat gigi Sedulur dengan campuran tersebut minimal dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Cara memutihkan gigi dengan lemon

cara memutihkan gigi dengan lemon
Julia Peretiatko from Unsplash

Tahukah Sedulur bahwa buah lemon ternyata memiliki zat pemutih alami. Dengan menggunakan lemon, Sedulur bisa coba untuk memutihkan gigi. Caranya pun mudah, yakni dengan menggosokkan kulit lemon pada gigi. Lalu setelah selesai, bilas gigi dan mulut sampai bersih.

BACA JUGA: 8 Manfaat Ikan Gindara Untuk Kesehatan Yang Harus Kamu Tahu

3. Memutihkan gigi dengan minyak kelapa

cara memutihkan gigi
Tijana Drndarski from Unsplash

Cara lain yang bisa Sedulur coba adalah dengan mengoleskan gigi dengan minyak kelapa. Minyak kelapa disebut dapat membantu menghilangkan plak dan bakteri di mulut, sehingga gigi tampak lebih putih. Caranya pun sangat mudah. Sedulur bisa berkumur dengan 1 atau 2 sendok teh minyak kelapa. Tapi yang perlu diperhatikan, saat Sedulur berkumur dengan minyak kelapa, jangan sampai tertelan.

Selain dengan cara berkumur, Sedulur juga bisa mengoleskan minyak kelapa ke semua bagian gigi, tunggu sampai 20 menit, lalu berkumur sampai bersih.

4. Berkumur dengan cuka apel

clear glass bottle with red liquid beside sliced lemon on blue textile
Towfiqu barbhuiya from Unsplash

Cuka apel bisa Sedulur gunakan sebagai obat kumur untuk memutihkan gigi yang kuning. Caranya adalah dengan mencampur 2 sendok teh cuka apel dengan 170 mililiter air bersih, campuran inilah yang bisa Sedulur gunakan sebagai obat kumur.

Namun hal penting yang perlu Sedulur perhatikan adalah jangan sampai terlalu lama berkumur dengan cuka apel. Gunakan hanya maksimal selama 30 detik saja, bilas air, lalu sikat gigi dengan bersih. Sebab cuka apel bersifat asam, sehingga bisa merusak gigi jika terlalu lama digunakan.

5. Sikat gigi dengan bubuk kunyit

Chinh Le Duc from Unsplash

Sedulur mungkin berpikir bahwa kunyit bisa membuat gigi jadi semakin kuning. Karena memang karakteristik kunyit berwarna kuning. Namun dilansir dari Halodoc, kunyit yang berwarna kuning ternyata bisa membantu memutihkan gigi. Caranya, basahi sikat gigi dan balurkan bubuk kunyit pada sikat gigi, lalu sikatlah gigi Sedulur seperti biasa.

Setelah itu diamkan selama 5 menit, lalu kumur-kumur hingga bersih. Langkah terakhir, Sedulur bisa kembali menyikat gigi dengan pasta gigi seperti biasa. Lakukan secara rutin hingga mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Menggunakan arang aktif

cara memutihkan gigi
Kuchihige Saboten from Unsplash

Dikutip dari Halodoc, arang aktif atau activated charcoal memiliki pori dengan daya serap tinggi untuk mengikat zat yang mampu membuat gigi berubah warna menjadi kuning atau kecoklatan, seperti misalnya tanin. Caranya, Sedulur bisa menaburkan bubuk arang aktif di atas sikat gigi, lalu gunakan untuk menyikat gigi. Selain itu, bubuk arang aktif juga bisa dicampurkan dengan air bersih lalu gunakan untuk berkumur.

7. Makan buah-buahan yang mengandung banyak air

cara memutihkan gigi
engin akyurt from Unsplash

Jika gigi Sedulur belum terlalu menguning, Sedulur bisa rajin mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air. Seperti apel, strawberry, atau pear. Dilansir dari Kompas.com, buah yang banyak mengandung air dapat membantu menjaga kesehatan gigi, sekaligus membersihkan gigi dan gusi dari plak penyebab gigi kuning. Tak hanya buah-buahan, sayur juga baik untuk menjaga kesehatan gigi.

Selain itu, mengunyah buah dan sayur bisa meningkatkan produksi air liur dan membantu membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan dan menghilangkan asam yang menyebabkan gigi menguning.

Nah itu dia sejumlah cara memutihkan gigi yang bisa Sedulur coba. Agar hasil lebih maksimal, Sedulur bisa mencoba cara-cara tersebut secara rutin. Tak hanya itu, Sedulur juga harus tetap rajin menyikat gigi setelah sarapan pagi dan sebelum tidur ya. Biar mudah, jangan lupa berbelanja sikat dan pasta gigi di Aplikasi Super ya!