biaya tambal gigi

Range harga dan biaya tambal gigi di puskesmas, klinik, maupun rumah sakit. Berikut detailnya sesuai dengan jenis kerusakannya.

Gigi adalah bagian penting dari organ tubuh manusia. Fungsi utamanya adalah mengunyah makanan sebelum masuk ke kerongkongan dan lambung. Di sisi lain, gigi juga berpengaruh dalam fungsi berbicara seseorang serta mempengaruhi pula bentuk wajah. Kehilangan gigi bisa menyebabkan banyak kesulitan dan perubahan dalam hidup seseorang. 

Menjaga kesehatan gigi adalah suatu kewajiban jika tak mau kehilangan fungsi krusial di atas. Salah satu masalah gigi yang paling awam terjadi adalah gigi berlubang. Lubang pada gigi lama kelamaan akan terus membesar karena sisa makanan yang terus menumpuk. Ada baiknya saat Sedulur menemukan lubang setitik saja, segera melakukan prosedur tambal gigi. Kira-kira berapa biaya tambal gigi berlubang di puskesmas atau fasilitas kesehatan lain yang tersedia? 

BACA JUGA: 12 Manfaat Susu Kambing Etawa Untuk Kesehatan Tubuh

-->

1. Tanda gigi berlubang dan harus ditambal 

biaya tambal gigi permanen
unsplash.com

Gigi berlubang atau cavities adalah kerusakan permanen pada permukaan keras gigi yang menyebabkannya munculnya rongga atau lubang. Penyebabnya mulai dari bakteri pada mulut, kebiasaan makan camilan dan minuman manis yang tidak disertai prosedur pembersihan yang baik. Gigi berlubang adalah masalah yang sangat sering ditemukan di dunia. Tak terbatas pada anak-anak, tetapi juga remaja dan orang dewasa. Semua punya risiko yang sama. 

Berikut beberapa gejala gigi berlubang yang mungkin Sedulur rasakan. 

  • Sakit pada bagian gigi tertentu, rasa sakitnya datang spontan tanpa ada penyebab sebelumnya 
  • Gigi menjadi lebih sensitif atau merasakan sakit pada dingin, panas, atau makanan yang keras bahkan manis. Rasa sakitnya bisa lembut dan sebentar, tetapi bisa juga terasa tajam menggigit 
  • Terlihat lubang atau garis hitam pada permukaan gigi 
  • Adanya warna hitam atau kecoklatan pada permukaan gigi 
  • Rasa sakit saat gigi dipakai untuk menggigit 

2. Bahaya gigi berlubang bila dibiarkan

biaya tambal gigi depan keropos hitam
unsplash.com

Kadang Sedulur tidak menyadari keberadaan lubang pada gigi. Bisa karena kamu tidak merasakan gejala di atas atau lubangnya belum terlihat. Namun jika dibiarkan, gigi berlubang akan terus membesar dan membuat rasa sakit makin menjadi. Bahkan dalam beberapa kasus, bila lubangnya sudah dalam dan besar harus dilakukan pencabutan. Tentu, Sedulur menghindari efek fatal tersebut.

Untuk mengetahui apakah kita memiliki lubang pada gigi, berkunjung ke dokter gigi secara teratur setidaknya enam bulan sekali sangat disarankan. Di sana dokter akan mengecek kondisi gigi dan menyarankan beberapa tindakan bila memang ada masalah. 

BACA JUGA: Obat Sakit Gigi Paling Ampuh Pereda Nyeri Bisa Dibeli di Apotek

3. Penyebab gigi berlubang 

penyebab gigi berlubang
unsplash.com

Sebelum terbentuk lubang, memang lebih baik dilakukan pencegahan. Berikut beberapa penyebab gigi bolong yang wajib kamu tahu dan ingat. 

Sisa makanan yang tertinggal di gigi belakang

Banyak terjadi di gigi belakang karena lokasinya yang susah dijangkau sikat gigi sehingga rentan menumpuk sisa makanan. Ritual membersihkan gigi dengan seksama dua kali sehari tidak boleh dilewatkan. 

Makanan dan minuman manis

Soda, permen, kue, keripik, dan sereal seringkali jadi kambing hitamnya. Hal ini terjadi karena makanan ini tak hanya bergula tetapi juga susah dibersihkan otomatis oleh ludah dan kadang tertinggal di gigi dalam waktu lama. Makanan manis juga mengundang datangnya bakteri jahat yang memicu produksi asam. Asam akan menyerang gigi dan mengikis kekuatannya. Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi sayuran dan minuman yang tidak berpemanis. 

Makan dan minum yang manis sebelum tidur 

Sering terjadi pada anak-anak atau bahkan dewasa sekalipun. Makanan manis bahkan susu akan tertinggal di gigi dalam waktu lama karena tidak mudah diguyur oleh saliva atau ludah. Jika tak segera dibersihkan dengan menyikat gigi, akan memicu pengeroposan gigi akibat bakteri jahat. Menyikat gigi dan membersihkannya dengan benang gigi sebelum tidur adalah hal wajib, ya Sedulur. 

Kurang flouride 

Flouride bisa kita temukan di pasta gigi dan air. Jadi, cara terbaik adalah menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung flouride serta berkumur. 

Mulut kering 

Penyebab lainnya adalah kondisi mulut yang kering. Situasi ini disebabkan kurangnya kadar ludah di mulut. Padahal kita tahu ludah memiliki fungsi penting dalam membasmi bakteri jahat yang memproduksi asam dan memicu pengeroposan gigi. Minum banyak air putih bisa membantu, tetapi jika ternyata ada kondisi medis di balik kurangnya kadar ludah Sedulur, tentu konsultasi dokter dan pengobatan medis sangat dianjurkan. 

Gangguan makan 

Apapun yang berlebihan memang tidak baik, Sedulur. Termasuk tidak makan sama sekali. Orang-orang yang mengidap gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia ternyata punya risiko mengalami gigi berlubang. Ini karena naiknya asam lambung karena muntah yang bisa mengikis enamel gigi dan mempengaruhi produksi ludah. 

Heartburn 

Heartburn adalah kondisi medis yang ditandai rasa sakit seperti terbakar di bagian dada. Rasa sakitnya bisa makin menjadi saat pengidapnya makan atau berbaring. Selain itu, mereka juga merasakan rasa asam dan pahit di mulut yang disebabkan asam lambung yang naik ke mulut. Asam inilah yang memicu terjadinya pengikisan pada gigi. Pengidap penyakit ini dianjurkan untuk berkonsultasi rutin ke dokter. 

Hindari sebab-sebab di atas agar Sedulur tidak perlu menggelontorkan dana untuk biaya tambal gigi berlubang. Namun jika masalahnya adalah kondisi medis lain seperti heartburn dan bulimia, Sedulur diharapkan tidak ragu  untuk mencari  penanganan medis yang tepat dari ahli yang kompeten. 

BACA JUGA: Rekomendasi Pasta Gigi Terbaik Untuk Memutihkan Gigi Kuning

4. Prosedur tambal gigi 

prosedur tambal gigi
instagram.com/studentofdentistry

Untuk menangani gigi bolong, dokter gigi akan membuang bagian gigi yang sudah busuk atau rusak dan menambal area tersisa dengan bahan khusus. Lebih jelasnya, baca urutan berikut.. 

  • Dokter akan menginspeksi kondisi gigi dan mengecek bagian yang perlu ditambal 
  • Dilakukan bius lokal di bagian gusi dan sekitar gigi yang akan ditangani
  • Pengeboran atau pengikisan bagian gigi yang sudah rusak. Dokter bisa menggunakan bor, laser, atau bahkan instrumen air abrasion tergantung ketersediaan alat 
  • Setelah bagian yang rusak terbuang, dokter akan melihat seberapa jauh lubang yang dihasilkan pengikisan tersebut. Jika dekat dengan akar perlu dilakukan prosedur tambahan sebelum penambalan seperti penambahan alat pelindung untuk melindungi saraf gigi. Bahkan mungkin dokter akan menyarankan tambalan sementara karena masih perlu dilakukan perawatan saluran akar. 
  • Setelah dilakukan pengisian lubang dengan material khusus, pengerasan, serta pemolesan agar tidak ada kelebihan material yang mengganggu kenyamanan pasien. 
  • Ada beberapa material yang dipakai untuk menambal gigi, dulu mungkin logam seperti emas dan perak sering dipakai. Di masa kini, pasien bisa memilih komposit yang warnanya menyerupai gigi sehingga tampak natural. Ada juga yang dibuat dari material porselen dan ionomer. Sejauh ini komposit masih jadi favorit karena tidak mengganggu penampilan dan cukup kuat. 
  • Tergantung seberapa parah dan dalam lubang gigi, proses tambal ini sebenarnya tidak memakan banyak waktu. Setelah prosedur dilakukan, Sedulur bisa langsung meninggalkan klinik, tetapi disarankan untuk tidak makan dulu dalam waktu beberapa jam. Saran dokter hendaknya dipatuhi agar Sedulur tak perlu mengeluarkan biaya tambal gigi depan lagi. 

5. Kisaran biaya tambal gigi

biaya tambal gigi permanen
unsplash.com

Akhirnya sampai pada rincian dana yang harus disiapkan, nih. Untuk biaya tambal gigi permanen normalnya ada di angka Rp150-300 ribu per gigi. Beberapa rumah sakit negeri atau klinik swasta mematok harga terendah Rp250 ribu. Ini tergantung pada seberapa susah prosedur yang harus dilakukan dokter. Makin ringan tentunya semakin murah. 

Di fasilitas kesehatan yang lebih elit seperti rumah sakit swasta plus, biaya tambal gigi depan keropos hitam atau posisi gigi yang termurah bisa mencapai Rp350-400 ribu. Bila ingin lebih murah, melakukan prosedur menambal gigi bisa pula dilakukan di puskesmas dengan dan tanpa BPJS. Harganya tidak jauh beda masih di kisaran Rp150-300 ribu. Bila Sedulur adalah peserta BPJS yang membayar iuran rutin, tidak akan biaya yang dikenakan alias gratis. 

Sudah tahu serba-serbi gigi bolong, mulai dari penyebab, komplikasi, hingga biaya yang dikenakan di Indonesia. Sedulur pun bisa menggunakannya sebagai referensi sebelum pergi ke faskes atau klinik terdekat. 

Sedulur perlu meluangkan waktu setidaknya beberapa jam dalam sehari untuk mendapatkan pelayanan ini. Padahal jadwalmu pasti sudah padat. Tenang, untuk beli sembako dan kebutuhan sehari-hari Aplikasi Super siap membantumu belanja praktis tanpa harus pergi ke toko fisik. Unduh langsung aplikasinya di ponsel Sedulur.