cara menghilangkan jamur pada pakaian

Sedulur memiliki banyak pakaian yang sudah tidak digunakan? Jangan sembarangan dalam menyimpannya di lemari ya! Hal ini karena jamur akan mudah tumbuh di pakaian yang bersih sekalipun. Untuk itu, penting bagi Sedulur mengetahui cara menghilangkan jamur pada pakaian.

Pakaian yang berjamur tentunya bisa berbahaya bagi kesehatan dan penampilan. Apalagi jamur yang termasuk golongan ganas, bisa membuat kulit menjadi iritas dan mengalami gatal yang sangat mengganggu. Nah, agar Sedulur bisa terhindar dari jamur yang tumbuh dipakaian, coba cara menghilangkan jamur pada pakaian dan tips-tipsnya berikut ini!

BACA JUGA : 7 Bahan Alami Pembasmi Serangga di Rumah Paling Ampuh!

Cara menghilangkan jamur pada pakaian

Berikut beberapa cara yang dapat Sedulur lakukan untuk menghilangkan jamur pada pakaian. 

-->

1. Soda kue

cara menghilangkan jamur pada pakaian
iStock

Bahan pertama yang dapat Sedulur manfaatkan untuk menghilangkan jamur pada pakaian adalah dengan menggunakan soda kue. Soda kue mengandung antifungal yang bermanfaat untuk membasmi pertumbuhan jamur pada pakaian. Berikut cara menghilangkan jamur pada pakaian menggunakan soda kue.

  1. Larutkan soda kue dengan air secukupnya.
  2. Oleskan larutan tersebut ke noda jamur pada pakaian.
  3. Diamkan selama 15 menit, kemudian gosok dengan sikat gigi secara perlahan agar bahan pakaian tidak rusak.
  4. Bilas atau rendam dengan air, lalu lanjutkan proses mencuci baju seperti biasa.

2. Cuka

cara menghilangkan jamur pada pakaian
iStock

Bahan alami selanjutnya yang dapat Sedulur manfaatkan untuk menghilangkan jamur pada pakaian adalah cuka. Cuka mnegandung zat asam yang cukup kuat untuk membasmi jamur pada pakaian. Tak hanya itu, larutan cuka juga dapat mengentikan perumbuhan jamur jenis tertentu. Berikut cara membersihkan jamur pada pakaian menggunakan cuka.

  1. Rendam baju yang berjamur ke dalam larutan air dan cuka.
  2. Larutan tersebut bisa Sedulur buat dari seember air dan segelas cuka.
  3. Setelah direndam semalaman, cuci pakaian seperti biasa.

3. Lemon

cara menghilangkan jamur pada pakaian
iStock

Air perasan lemon juga dapat Sedulur dimanfaatkan untuk menghilangkan jamur pada pakaian lho. Lemon mengandung asam yang cukup ampuh untuk menghentikan pertumbuhan jamur pada pakaian. Cara menghilangkan jamur pada pakaian menggunakan lemon di antaranya yaitu sebagai berikut. 

  1. Campurkan air perasan lemon ke dalam air hangat.
  2. Rendam pakaian berjamur ke air hangat yang sudah tercampur lemon.
  3. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Angkat pakaian untuk mengecek apakah noda jamur masih tersisa.
  4. Jika masih tersisa, gosok noda tersebut dengan sikat gigi dan tambahkan sedikit deterjen.
  5. Lanjutkan proses mencuci pakaian seperti biasa.

BACA JUGA : 7 Benda Ini Bisa Jadi Pengganti Setrika Disaat Genting!

4. Obat kumur

cara menghilangkan jamur pada pakaian
iStcok

Bahan yang dapat Sedulur manfaatkan untuk membasmi jamur pada pakaian adalah obat kumur. Hal ini karena pada obat kumur mengandung zat anti jamur. Cara menghilangkan jamur pada pakaiaan menggunakan obat kumur pun cukup mudah, hanya dengan melarutkan obat kumur dengan air dan merendam pakaian yang terkena jamur. Setelah itu, tunggu kurang lebih selama setengah jam. Selanjutnya, tinggal sikat pada bagian berjamur dan cuci seperti biasa. Sedulur dapat  menggunakan pelembut pakaian setelah mencucinya dengan obat kumur agar pakaian menjadi lebih lembut.

5. Air panas

iSock

Selain beberapa bahan di atas, Sedulur juga bisa menggunakan air panas untuk menghilangkan jamur pada pakaian. Cara menghilangkan jamur pada pakaian dengan air panas ini cukup efektif dan tentunya mudah diterapkan karena tidak membutuhkan banyak bahan tambahan. 

Caranya yaitu, cucilah kain dalam air panas sesegera mungkin untuk menyelamatkan pakaian dari noda jamur. Ini dapat menghilangkan jamur lebih efisien dan cepat daripada menggunakan air dingin. Tak hanya itu, hal ini juga membantu menghilangkan alergen dan spora jamur. Akan tetapi, Sedulur harus memastikan bahwa airnya tidak terlalu panas sehingga tidak merusak kain.

6. Boraks

iStock

Boraks merupakan bahan kimia yang cukup ampuh melawan jamur dan bisa dibeli dalam bentuk bubuk di banyak toko plastik atau bahan makanan. Sebagian detergen juga mengandung boraks. Pastikan Sedulur mengikuti petunjuk pemakaian boraks bubuk di kemasannya ya.

Pada umumnya, serbuk kimia ini perlu dicampur dengan air untuk membuat pasta. Setelah itu oleskan campuran ini pada noda jamur dengan sikat gigi bekas. Diamkan selama beberapa jam, kemudian cuci di mesin cuci. Sedulur juga dapat menambahkan campuran air dan boraks langsung ke laci mesin cuci jika mencuci beberapa baju berjamur secara bersamaan. Setelah dicuci, jemur pakaian di bawah sinar matahari terik karena dapat turut membantu membasmi jamur.

7. Pemutih

cara menghilangkan jamur pada pakaian
iStock

Cara lain yang sudah pasti berhasil membasmi jamur di pakaian adalah dengan menggunakan memakai pemutih. Namun, pemutih hanya bisa digunakan pada pakaian tertentu saja, khususnya pada pakaian yang berwarna putih. Oleh karena itu, penggunaan pemutih tidak disarankan jika Sedulur ingin menghilangkan jamur pada pakaian berwarna selain putih. 

BACA JUGA : Cara Ampuh Mengembalikan Warna Pakaian Yang Memudar

8. Sitrun

iStock

Sitrun merupakan sejenis jeruk yang buahnya dapat digunakan sebagai penyedap dan penyegar rasa. Selain itu sitrun juga dapat mengatasi berbagai permasalahan dalam rumah tangga seperti membersihkan noda lemak pada piring, hingga menghilangkan jamur pada pakaian.

Jeruk lemon atau sitrun memiliki kandungan asam alami sebanyak 5% yang membuatnya efektif dalam menghilangkan jamur. Selain digunakan sebagai cairan pembersih dalam berbagai peralatan rumah tangga, jus lemon juga membantu mencegah jamur di berbagai area di rumah, terutama di dapur, kamar mandi dan ubin kamar mandi. Selain itu, buah sitrun ini juga beraroma menyegarkan sehingga dapat dijadikan alternatif pengharum ruangan maupun lemari pakaian.

Langkah-langkah menghilangkan jamur dengan sitrun:

  1. Dalam membersihkan jamur, gunakan botol semprot atau bisa dengan spons scrubber.
  2. Penggunaan jus lemon sebagai cara menghilangkan jamur pada pakaian harus dimulai dengan menggunakan sabun dan air untuk memulai proses pembersihan.
  3. Setelah dibilas, oleskan jus lemon langsung ke area pakaian yang berjamur.
  4. Gosok area tersebut segera dengan sikat atau spons. Ulangi proses ini hingga jamur benar-benar hilang.

9. Menggunakan mesin cuci

Harapan Rakyat

Cara menghilangkan jamur pada pakaian dengan menggunakan mesin cuci adalah sebagai berikut.

  • Gunakan air panas di atas 60o C karena jamur tidak akan mati oleh air hangat atau dingin.
  • Masukkan detergen dan siram dengan air panas.
  • Setelah air penuh, tambahkan salah satu bahan pembasmi jamur.
  • Bilas pakaian sebanyak dua kali.
  • Jika menggunakan pengering, segera keringkan setelah selesai dibilas.
  • Jemur pakaian di bawah sinar matahari yang terik.
  • Jika aroma jamur di pakaian masih ada setelah dicuci, jangan langsung dijemur. Rendam pakaian dengan cuka putih selama 20 menit dan cuci kembali.

10. Garam 

iStock

Siapa sangka jika garam Sedulur dapat manfaatkan untuk menghilangkan jamur pada pakaian. Sedulur dapat mengkombinasikan gram dengan lemon untuk hasil yang maksimal. Caranya pun cukup sederhana. Cukup peras air lemon kemudian campur dengan garam. Pastikan kedua bahan tersebut tercampur dengan rata ya! 

Setelah itu rendam pakaian yang berjamur ke dalam larutan tersebut. Diamkan selama 20-30 menit. Kemudian cuci dan bilas dengan air bersih. Jika masih ada noda jamur yang tertinggal, Sedulur dapat menambahkan deterjen cair pada bagian yang masoh ada noda, kemudian gosok dengan sikat secara perlahan agar tidak merusak kain pakaian. Pastikan Sedulur menyikat noda yang tersisa hingga hilang sempurna ya.

BACA JUGA : Cara Menjaga Baju Putih Agar Tak Menguning, Ampuh!

Cara mencegah jamur pada pakaian

iStock

Berikut beberapa cara yang dapat Sedulur lakukan untuk mencegah tumbuhnya jamur pada pakaian. 

1. Jangan biarkan pakaian basah didiamkan terlalu lama 

Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan adalah membiarkan pakaian yang masih basah setelah dicuci tidak segera dijemu. Hal inilah yang menyebabkan tumbuhnya jamur pada pakaian. Jadi sebaiknya Sedulur segera menjemur pakaian basah yang sudah selesai dicuci. Semakin lama pakaian dibiarkan dalam keadaan lembap atau basah, maka kemungkinan jamur akan tumbuh juga semakin besar. Ingatlah bahwa jamur berkembang biak di tempat yang lembab.

2. Semprot pakaian dengan campuran tea tree oil dengan air

Pakaian yang diletakkan di lemari atau tempat yang lembap tak hanya akan mudah berjamur akan tetapi juga mudah bau apek. Untuk mengatasi hal tersebut, Sedulur dapat menyemprotkan pakaian dengan campuran tea tree oil dan air setiap 2 hari sekali. Jika spora jamur berhasil masuk ke dalam lemari, cairan iniefektif  akan membunuh jamur bahkan sebelum mereka menyebar. 

3. Setrika pakaian

Setelah pakaian yang sudah dijemur kering secara keseluruhan, jangan lupa setrika pakaian sebelum disimpan dalam lemari ya Sedulur! Selain membuat pakaian menjadi lebih rapi, menyetrika pakaian sebelum digunakan juga membantu membunuh bakteri yang tertinggal dan melekat pada pakaian setelah dijemur.

4. Jangan menumpuk pakaian terlalu banyak di lemari

Tips selanjutya agar jamur tidak mudah tumbuh di pakaianlah adalah hindari menumpuk pakaian terlalu banyak di dalam lemari. Pasalnya, baju yang bertumpuk-tumpuk di dalam satu lemari dapat membuat ruangan jadi lebih lembap. Apabila lemari dibiarkan dalam kondisi lembap, hal tersebut akan membuat jamur dapat dengan mudah untuk berkembang biak. Kondisi ini akan semakin parah jika lemari baju terbuat dari kayu dan tripleks. 

Demikianlah rangkuman informasi tentang cara menghilangkan jamur pada pakaian yang dapat Sedulur praktikkan. Pastikan juga Sedulur menerapka tips di atas agar jamur tidak mudah tumbuh di pakaian ya!

Nah, agar pakaian tidak mudah berjamur, pastikan juga Sedulur menggunakan deterjen serta pemutih yang berkualitas ya! Sedulur dapat berbelanja kebutuhan mencuci seperti deterjen, pewangi dan pelembut di Aplikasi Super. Produknya super lengkap dan harganya sudah pasti terjangkau. Yuk langsung donwload dan belanja di Aplikasi Super sekarang! Ada banyak promo menarik dan juga gratis ongkir tiap hari lho!