cara mengeringkan sepatu dalam semalam

Memasuki musim hujan, wajar saja jika Sedulur mencari cara mengeringkan sepatu dalam semalam. Selain karena kebutuhan menggunakan sepatu untuk berkegiatan, hal ini juga bisa membuat sepatu awet dan terhindar dari bau apek serta jamur.

Kondisi sepatu lembab memang sangat rawan membuat Sedulur merasa tidak nyaman ketika menggunakannya. Apalagi kalau sepatu yang basah juga membuat kesehatan terganggu seperti memunculkan jamur atau infeksi pada kaki.

Jadi tidak heran jika mengetahui cara mengeringkan sepatu dalam semalam bisa menjadi solusi di saat musim hujan. Kalau Sedulur penasaran, simak ulasan tentang caranya berikut ini ya!

BACA JUGA: 5+ Tips Cara Merawat Sepatu Kulit Sintetis agar Lebih Awet

Trik Cara Keringkan Sepatu dalam Semalam

Unsplash/Camila Damasio

Sepatu yang basah akibat hujan atau aktivitas olahraga bisa menjadi masalah yang menjengkelkan. Oleh karena itu, mengeringkannya dengan benar adalah langkah penting untuk menjaga kualitas sepatu dan mencegah timbulnya bau tak sedap atau kerusakan pada bagian lapisan luar. 

Sedulur pun bisa mencari cara mengeringkan sepatu dalam semalam dan tips mencuci sepatu dengan benar. Langkah ini juga bisa menjadi cara perawatan sepatu kesayangan agar bisa cepat kering saat Sedulur pakai. Jadi, sepatu Sedulur siap digunakan untuk beraktivitas di keesokan harinya.

Tak usah khawatir, ada beberapa cara mengeringkan sepatu dengan cepat tanpa sinar matahari. Meski sepatu tidak kering di siang hari, Sedulur bisa mengeringkannya di malam hari menggunakan alat-alat yang ada di rumah. Berikut ini cara mengeringkan sepatu dalam semalam yang bisa Sedulur coba!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Parfum Sepatu Terbaik dan Tahan Lama

1. Pakai microwave

Unsplash/Vlad Zaytsev

Sepatu basah akan menjadi permasalahan sehari-hari yang akan Sedulur temui. Apalagi hujan mengguyur dalam waktu yang tidak terduga-duga. Banyaknya genangan juga bisa membuat sepatumu basah. Ingin mengeringkan sepatu tapi di luar juga masih hujan? Sedulur bisa memanfaatkan microwave yang ada di rumahmu untuk mengeringkan sepatu yang basah. 

Memang cara yang satu ini agak aneh, tapi setidaknya bisa menjadi cara alternatif. Microwave akan membuat menguapkan kandungan air yang ada di sepatumu. Sedulur bisa memasukan sepatumu selama 15-30 menit dengan suhu sedang. Tapi, jangan sampai Sedulur tinggalkan ya, takut-takut sepatu rusak karena terlalu lama atau terlalu panas di dalam.

2. Gunakan hair dryer

Cara ini nggak bisa digunakan untuk mengeringkan sepatu basah kuyup. Namun, kalau sepatumu sudah setengah kering Sedulur bisa menggunakan pengering rambut untuk menyempurnakannya. Panas dari pengering rambut membantu menguapkan kelembaban yang ada di dalam sepatu. Butuh waktu agak lama, tapi worth trying apalagi saat nggak ada matahari.

Salah satu yang perlu Sedulur perhatikan adalah pengering rambut punya masa pemakaian tertentu dalam sekali penggunaan, biasanya 15 hingga 30 menit. Lebih dari itu, jangan kaget kalau Sedulur merasakan panas mesinnya atau bau gosong yang bikin deg-degan.

Untuk menghindarinya, Sedulur bisa mematikan pengering setiap 30 menit penggunaan lalu menyalakannya lagi.

3. Manfaatkan kipas angin

Kalau Sedulur punya kipas angin lantai atau kipas angin meja, Sedulur bisa memanfaatkan kipas tersebut sebagai alat untuk mengeringkan sepatu. Sebisa mungkin untuk menggunakan kipas yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan sepatumu agar lebih efektif.

Sedulur bisa mengeringkan dengan cara menggantung sepatu di sela-sela jeruji kipas angin menggunakan kaitan. Selain cara tersebut, Sedulur bisa kok hanya menaruh sepatu di lantai lalu mengarahkan kipas angin ke bawah.

4. Coba pakai pengering mesin cuci

Sedulur juga bisa memanfaatkan pengering di mesin cuci untuk mengeringkan sepatu basahmu. Tapi ingat, sepatu yang bisa dikeringkan di mesin cuci hanyalah model sepatu yang terbuat dari bahan kanvas, sintetis, katun, dengan sol yang tidak keras dan tidak dibuat dari gel.

Jika sepatu basah di luar dari spesifikasi tersebut, sebaiknya jangan lakukan cara ini. Selain bisa merusak sepatu, mesin cuci juga bisa ikutan rusak. Selain itu alasi mesin pengering dengan beberapa handuk yang agak dibasahi, sepatu pun jangan lupa untuk dimasukan ke dalam kantung jaring agar lebih aman.

5. Pakai handuk

Kondisi sepatu Sedulur tidak terlalu basah atau sudah setengah kering, namun harus diangkat dari jemuran karena hujan? Sedulur cukup mengeringkannya dengan handuk saja.

Seperti pada kulit tubuh kita, handuk tentu saja dapat menyerap air pada sepatu dengan baik. Untuk mengeringkan sepatu menggunakan handuk, caranya mudah. Sedulur cukup menekan-nekan sepatumu menggunakan handuk sampai air terserap, lalu masukkan handuk tersebut ke dalam sepatu.

6. Koran bisa membantu

Pexels/Brotin Biswas

Kalau Sedulur punya koran yang tak terpakai, ini juga bisa dipakai untuk mengeringkan sepatu. Tapi jangan gunakan koran yang memiliki banyak gambar, apalagi gambarnya berwarna hitam, karena bisa membuat sepatumu menjadi hitam. Pilihlah koran yang agak bersih dari tulisan dan gambar. 

Lalu gulung, dan remas koran menjadi berbentuk bola dan masukan ke dalam sepatu. Ulangi hingga sepatu benar-benar terisi penuh. Setelah dalamnya penuh, bungkus sepatu dari luar menggunakan koran juga. Sedulur bisa mengikatnya menggunakan tali atau karet, agar koran tidak berpindah posisi.

7. Gunakan alat penyedot debu

Punya penyedot debu di rumah, gunakan buat mengeringkan sepatumu yang basah. Penyedot debu memiliki daya hisap kuat yang bukan hanya bagus buat menyedot debu di lantai, namun juga menyedot kelembaban di sepatumu. Pasalnya, saat proses penyedotan dilakukan ada hawa hangat yang dihasilkan sehingga sepatu lembab bisa kering dengan cepat.

Sebelum menggunakan penyedot debu, pastikan Sedulur udah mengurangi kadar air dalam sepatu menggunakan handuk ataupun koran. Setelah lebih kering, Sedulur bisa memasukkan corong penyedot debu ke bagian dalam sepatu. Gerakkan ke bagian dalam supaya sepatumu bisa kering sempurna di semua detailnya.

8. Pakai belakang kulkas

Jika kebetulan Sedulur nggak punya perangkat apa pun di atas, Sedulur masih bisa mencoba mengeringkan sepatu dengan memanfaatkan panas dari kulkasmu. Lemari es memang berfungsi untuk mendinginkan bahan makanan, namun di bagian belakang luar biasanya terasa panas karena mesin yang bekerja.

Sedulur bisa memanfaatkan panas mesin kulkas ini untuk menguapkan kelembaban di sepatumu yang basah. Jika sepatu bertali, lepas semua talinya lalu buka lidah sepatu agar bagian dalamnya bisa terbuka sempurna dan menerima panas dari kulkas. Biarkan semalaman dan sepatumu akan lebih kering keesokan harinya.

9. Pakai lampu bohlam

Kalau Sedulur memiliki meja belajar dengan lampu yang memiliki bohlam panjang, mungkin Sedulur bisa mengeringkan sepatu dengan lampu ini. Memang lebih memakan waktu dari langkah-langkah di atas.

Namun, penggunaan bohlam dengan watt yang tinggi bisa juga mengeringkan sepatu yang basah tanpa mengalami efek samping seperti kerusakan terhadap sepatu. Tinggal diamkan sepatu yang basah di bawah lampu belajar yang sedang menyala sampai mengering. 

10. Masukan ke dalam beras

Siapa yang pernah mengeringkan handphone yang basah ke dalam beras? Kalau Sedulur pernah melakukannya, hal ini juga menyerupai cara mengeringkan sepatu dengan beras.

Caranya, tinggal masukan sepatu ke dalam wadah besar berisi beras lalu tutup wadah supaya area sepatu yang basah cepat mengering. Tapi sebelumnya keringkan sedikit dulu ya, sepatu yang basah kuyup akan membuat beras lengket di sepatu.

BACA JUGA: 14 Cara Mengatasi Sepatu Kebesaran agar Pas, Tanpa Ribet!

11. Gunakan tisu kering

Pexels/Vlada Karpovich

Tisu kering bisa menjadi salah satu opsi yang tepat untuk mengeringkan sepatu yang basah. Apalagi kalau sepatumu basah karena becek atau kehujanan. Tisu bisa jadi pilihan yang mudah karena bentuknya lebih compact dibandingkan handuk atau alat pengering lainnya. Coba gunakan tisu WC yang harganya jauh lebih murah dan teksturnya mudah menyerap air. 

12. Coba dengan rice cooker

Ternyata penanak nasi juga cukup efektif untuk mengeringkan sepatu. Tapi tindakan ini bisa digunakan untuk kondisi sepatu yang lembab atau tidak terlalu basah. Misalnya ketika kaki sedikit berkeringat dan menyebabkan sol sepatu lembab, Sedulur bisa mengeringkan sepatu di sekitar uap yang dikeluarkan rice cooker.

Panas yang dikeluarkan uap penanak nasi akan membuat sepatumu yang lembab jadi lebih cepat kering. Hindari meletakkan sepatu terlalu dekat dengan rice cooker supaya penanak nasi tidak berbau. 

13. Pakai pengering sepatu elektrik

Cara mengeringkan sepatu basah dengan cepat yang tentunya harus Sedulur coba adalah menggunakan pengering sepatu elektrik. Sesuai dengan namanya, alat pengering ini mampu mengeluarkan udara panas yang efektif mengeringkan sepatu dalam kondisi basah.

Dengan teknologi fast dry, alat elektronik ini dapat mengeringkan sepatu lembab dalam waktu 1 jam. Sedangkan sepatu yang kondisinya basah memakan waktu hingga 3 jam. Selain mengeringkan sepatu, alat ini juga bisa menghilangkan bakteri serta bau sepatu yang disebabkan kondisi yang basah atau lembab. 

14. Diangin-anginkan di bawah ac

Jika cuaca tidak mendukung atau Sedulur ingin lebih cepat mengeringkan sepatu, Sedulur bisa menggunakan AC. Letakkan sepatu di bawah AC dalam ruangan. Namun, pastikan AC menggunakan mode kipas agar sepatu terkena anginnya dan cepat kering.

15. Manfaatkan ventilasi udara

Untuk melakukan cara ini, pastikan sepatu ditempatkan di area dengan sirkulasi udara yang baik. Sebuah ruangan yang tertutup dan tanpa ventilasi akan menghambat proses pengeringan. Letakkan sepatu di tempat yang cukup terbuka, misalnya dekat jendela atau pintu terbuka, untuk memastikan aliran udara yang cukup.

BACA JUGA: 9 Perbedaan Sepatu Kets dan Sneaker yang Wajib Kamu Tahu!

Tips Mencuci Sepatu Sesuai Jenis Bahan

cara mengeringkan sepatu dalam semalam
Pexels/Kampus Production

Cara mencuci sepatu yang benar penting diketahui. Tiap jenis sepatu memiliki perlakuan yang berbeda. Cara mencuci sepatu bukan hal yang bisa dilakukan sembarangan dan perlu disesuaikan dengan jenisnya. Dengan tips mencuci sepatu yang benar, sepatu akan terlihat bagus dan awet. Simak tipsnya di bawah ini!

1. Cara mencuci sepatu kulit

Cara mencuci sepatu yang pertama adalah mencuci sepatu yang terbuat dari bahan kulit. Cara mencuci sepatu bahan kulit bisa dengan menggunakan kain lap berbahan katun. Karena jika menggunakan sikat akan merusak tekstur kulit. 

Jika terdapat kotoran yang menempel di kulit sepatu, bersihkan dengan sabun atau sampo. Sabun atau sampo memiliki deterjen yang lebih lembut daripada deterjen biasanya. Selain itu, menggunakan shoe polish juga bisa membantu menghilangkan goresan, yang terdapat pada sepatu berbahan kulit. 

Cara mencuci sepatu kulit juga bisa menggunakan bahan dapur. Salah satunya adalah menggunakan air dan cuka. Setelah itu, celupkan kain atau lap pada campuran air tersebut, lalu keringkan dengan lap kain kering.

2. Cara mencuci sepatu patent leather

Patent Leather adalah jenis sepatu yang berbahan lak atau mengkilap. Walaupun bahannya hampir sama dengan bahan kulit, tetapi patent leather memiliki bahan yang lebih lembut dan mengkilap. Sehingga cara mencuci sepatu bahan ini harus diperhatikan dengan benar.

Untuk mencuci sepatu berbahan patent leather, gunakan lap yang berbahan lembut agar permukaan sepatu tidak rusak. Lap bisa membantu membersihkan kotoran yang bentuknya besar. Bisa juga menggunakan cotton bud untuk membersihkan area yang kecil atau sempit.

Saat membersihkan kotoran, Sedulur bisa menggunakan petroleum jelly yang lembut dan membuat sepatu tetap mengkilap. Selain itu, menggunakan spray khusus sepatu atau spray cairan pembersih kaca juga bisa digunakan untuk membuat bahan sepatu tetap mengkilap.

3. Cara mencuci sepatu suede

Mencuci sepatu dengan bahan suede atau beludru harus dengan cara yang hati-hati. Karena bahan bludru ini, sangat mudah rusak dan rontok. Pastikan mencuci sepatu dengan sangat lembut. Gunakan sikat yang bahannya halus dan lembut untuk mencuci sepatu. Lalu gunakan sabun yang lembut dan tidak mengandung alkohol berlebih. 

Agar lebih aman, gunakan sikat gigi yang bulunya halus. Pada saat menyikat, gosokkan sikat dengan gerakan satu arah. Hal ini dilakukan agar tekstur beludru tidak rusak. Untuk kotoran yang membandel, Sedulur bisa membersihkan dengan air cuka putih.

4. Cara mencuci sepatu kanvas

Sepatu sneakers adalah sepatu yang sering digunakan. Sepatu ini memiliki bahan yang terbuat dari kain kanvas. Bahan ini sangat mudah untuk dibersihkan, seperti kain yang biasanya.

Namun untuk membuat kanvas lebih awet, sebaiknya gunakan air hangat yang dicampur dengan sabun. Lalu rendam sepatu sebentar saja. Setelah itu gosok dengan sikat halus secara perlahan.

Sepatu dengan bahan kain kanvas ini juga sangat mudah untuk di keringkan. Bagian sol sepatu bisa dibersihkan dengan diberi air hangat saja. Kemudian keringkan sepatu dengan dijemur, tapi jangan terkena sinar matahari.

Itulah tadi cara mengeringkan sepatu dalam semalam dan tips mencuci sepatu dengan benar. Semoga artikel ini bisa membantu Sedulur di musim hujan ini ya. Selamat mencoba!